ivacwicha-header

Sehat pangkal Cantik, no make up needed!

Konten [Tampil]

Assalamualaikum sahabat,

Bagaimana kabarnya hari ini?
Apapun kondisinya jangan lupa tetap jaga kesehatan dan kecantikan diri yaa, agar mood kita tetap terjaga dan lebih bersemangat menjalani hari-hari kita.

Tak terasa ya, saat ini sudah 2 bulan kita dalam masa pandemi COVID-19 yang bersamaan memasuki 10hari terakhir bulan Ramadhan 1441Hijriyah. Ayo kencangkan ikat pinggang ibadah kita karena tidak ada lagi kesibukan mengurusi mudik dan persiapan baju lebaran.

Walau hanya #dirumahAja dan tidak ada kumpul lebaran, yang namanya kecantikan diri tetap harus terjaga ya. Karena kecantikan itu hasil dari menjaga kebersihan, dan kebersihan itu adalah sebagian dari iman.

Sebagaimana dijelaskan dalam banyak hadits berikut ini:

"Bersuci (thaharah) itu setengah daripada iman." (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Ada lima macam fitrah, yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak." (HR. Bukhari dan Muslim).

Diriwayatkan Abu Hurairah r.a. dia berkata, Rasulullah saw bersabda, "Jika aku tidak menjadikan berat umatku, maka sungguh aku perintahkan bersiwak (menggosok gigi) setiap hendak shalat". (HR Bukhari)

"Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridhoi oleh Allah." (HR. An Nasa'i, Ahmad)
Dari sahabat Abi Hurairah ra: Rasulullah Shallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila salah seorang dari kalian hendak barbaring di tempat tidurnya hendaklah ia kibas-kibas kasur itu dengan sarungnya. Karena dia tidak tahu apa yang terjadi pada tempat tidurnya setelah ia tinggalkan sebelumnya." (HR Bukhari Muslim).

Dari hadits-hadits diatas dapat kita pahami bahwa menjaga kebersihan itu sangat penting, bahkan sedari kecil kita sudah diajarkan bahwa bersih itu pangkal sehat. Nah, selain membuat badan menjadi sehat, ada manfaat lain bagi kita kaum perempuan. Sebagaimana kodrat kita, bahwa setiap wanita itu cantik, dan kecantikan itu bisa kita dapatkan jika kita selalu menjaga kebersihan.

Jaga kebersihan diri dengan rajin mencuci muka, mandi minimal 2x dalam sehari, dan cuci rambut 2hari sekali.

Beruntung ya kita sebagai umat muslim, diwajibkan berwudhu 5x dalam sehari. Jadi secara tidak langsung kita menjadi sering bersihin muka kita kan?
Nah saat mandi, kita juga bisa mencuci muka kita dengan menggunakan sabun muka yang disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit kita masing-masing, pastikan produk yang kita pilih sudah bersertifikat halal yaa...

Source:Canva
Source:Canva

Berikut tips dalam pemilihan produk yang disesuaikan dengan jenis kulit menurut halodoc.com

Kandungan Pembersih untuk Kulit Sensitif
Disarankan untuk memilih produk:
  • Pembersih wajah bebas sabun atau deterjen.
  • Produk berlabel hypoallergenic, karena tidak mengandung zat yang menyebabkan alergi.
  • Produk tanpa pewangi, karena pewangi tambahan bisa menyebabkan alergi.
  • Hindari produk yang berbahan iritatif, seperti sulfat dan alkohol.

Kandungan Pembersih untuk Kulit berminyak 
Bagi yang memiliki kulit berminyak, hindari sabun pembersih wajah yang mengandung minyak mineral, petrolatum, dan petroleum, karena kandungan ini bersifat comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan risiko jerawat.

Sabun Pembersih untuk Kulit Kering
Untuk jenis kulit kering, hindari sabun pembersih wajah yang mengandung:
• Detergen/SLS (sodium laureth sulfate)
Sabun tanpa detergen mungkin tidak berbusa, namun hal ini tidak memengaruhi efektivitas produk dalam membersihkan kulit.
• Asam salisilat dan asam glikolat
Asam salisilat dan asam glikolat dianjurkan untuk pemilik kulit berminyak. Tapi jika digunakan oleh pemilik kulit kering, kedua zat ini dapat menyerap minyak yang justru dibutuhkan oleh kulit kering.
• Alkohol, pewangi tambahan, bahan antibakteri
Pilihlah produk bebas alkohol dan pewangi tambahan, karena kedua zat ini membuat kulit semakin kering. Sabun pembersih wajah antibakteri juga tidak dianjurkan bagi pemilik kulit kering karena dapat mengiritasi kulit sehingga memperparah kondisi kulit kering.

Pembersih Wajah untuk Kulit Kombinasi
Kulit kombinasi terasa berminyak di area T (kening, hidung, dan dagu), namun di area lainnya kering atau normal. Pemilik kulit kombinasi juga mungkin memiliki wajah yang mengkilap, berkomedo, dan pori-pori yang terlihat besar.
Karena tipe yang berbeda ini, Anda dapat menggunakan dua sabun pembersih wajah sesuai masalah pada kulit wajah. Namun tetap hindari pembersih wajah yang mengandung alkohol, pewangi, dan bersifat antibakteri. Pilihlah sabun pembersih wajah bertekstur gel yang dapat membersihkan dan melembapkan, namun tidak menyumbat pori-pori.

Kandungan Pembersih Wajah untuk Kulit Normal
Tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak merupakan karateristik kulit normal. Pada umumnya, kulit normal tidak memiliki masalah dengan tampilan pori-pori halus dan kulit yang bersih.
Pilihlah sabun pembersih wajah yang dapat menghidrasi kulit. Jika kulit terasa kering setelah mencuci muka, ganti dengan sabun pembersih wajah yang formulanya lebih lembut.
Selain kandungan, jenis dan tekstur sabun pembersih wajah juga penting. Sabun berbentuk batang dapat membuat kulit lebih rentan kering dan mengalami iritasi, karena formulanya yang keras. Gunakan sabun pembersih wajah bertekstur cair atau busa karena lebih lembut.

Selain wajah, kebersihan kepala juga ga kalah penting untuk selalu kita jaga. Rajin keramas dan menggunakan hair conditioner seminggu sekali juga penting kita lakukan di sela-sela kesibukan harian kita. Sebelumnya sudah saya bahas dalam tulisan sebelumnya 
bisa langsung mampir ya...

Jaga kelembapan wajah dan kulitmu.

Setelah wajah bersih, jangan lupa oleskan pelembap untuk mengembalikan kelembapan kulit dan boleh juga gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet saat pergi ke luar rumah. Hindari sinar matahari langsung terutama pukul 10 pagi sampai pukul 2 siang. Untungnya saat ini sudah banyak produk lokal yang berlabel halal, jadi kita semakin banyak pilihan yang bisa kita coba dan kita sesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit wajah kita. Berikut beberapa produk lokal maupun manca yang sudah berlabel halal dan mendapat sertifikasi MUI lengkap beserta linknya:
Merk diatas yang banyak dicari dan harganya masih terbilang wajar dan aman di kantong. Pada dasarnya yang paling penting adalah kecocokan dengan jenis kulit kita masing-masing, jadi tidak akan direview disini bagaimana produk-produk kecantikan di atas ya...(karena tidak diendorse bukan pakarnya juga, heheheh)

Perhatikan juga nutrisi kulit tubuh yang lain seperti tangan dan kaki, di cuaca yang ekstrim seperti saat ini kulit akan semakin mudah kering lho..makanya kita juga perlu gunakan lotion setelah selesai mandi agar kulit semakin lembab. Apalagi yang tiap hari tidur dan aktivitas di ruangan ber AC harus rutin pakai lotionnya yaa.. Yang masih beraktivitas keluar rumah saat pandemi dan Ramadhan seperti sekarang ini, jangan lupa gunakan sunblock 30menit sebelum keluar rumah. Oleskan secara merata di area kulit yang terpapar inar matahari secara langsung.

Imbangi dengan gaya hidup sehat.

Untuk kulit wajah yang bersih secara menyeluruh, imbangi perawatan kulit dengan gaya hidup sehat, seperti banyak minum air putih, berolahraga, dan mengonsumsi makanan sehat.
Dalam sehari minum air putih minimal sebanyak 2 liter atau mudahnya sebanyak 8 gelas air putih. Untuk mensiasati di Bulan Ramadhan agar kebutuhan mineral tubuh tetap tercukupi, yaitu dengan cara: 1 gelas saat bangun tidur sebelum sahur, 2 gelas saat makan sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas setelah shalat tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur. 
Selain itu, pilihlah makan yang kaya gizi dan seimbang, perbanyak makan sayur dan buah, kurangi gorengan dan makanan manis berlebih (padahal ini menu yang kebanyakan orang cari untuk berbuka ya 😆)
Lalu, yang tidak kalah penting, jangan lupa juga untuk rajin berolahraga. Walau sedang puasa Ramadhan, kita harus sempatkan waktu untuk berolahraga lho, dan waktu terbaik untuk olahraga adalah 1 jam sebelum berbuka. Hal ini sangat bagus untuk membakar lemak lebih banyak, sehingga efektif menurunkan berat badan. Selain itu, kita tidak perlu khawatir akan dehidrasai karena setelah selesai berolahraga kita hanya perlu menunggu waktu sebentar untuk bisa langsung minum. Tentunya sesuaikan jenis olahraga dan durasinya ya, pilih olahraga yang ringan dan tidak perlu terlalu lama agar tidak sampai kelelahan dan kehabisan tenaga.

untuk referensi olahraga yang simple dilakukan dirumah bisa langsung meluncur kesini yaa..


Berhias dan tampil rapi walau #diRumahAja

Nah, ini mungkin PR banget buat para emak2 yang masih bejibaku mengurus bayi atau batita tanpa bantuan asisten atau  saudara serumah. Karena saya pun pernah mengalaminya, tinggal di perantauan dan baru saja penyesuaian dengan status Ibu dan tanpa bantuan siapa-siapa, betul-betul menguras tenaga dan pikiran sehingga tanpa terasa tidak ada waktu lagi untuk mengurus diri dan  berada di rumah terus-terusan menjadi terlalu nyaman menggunakan baju minim anti gerah yang penting berkancing depan yang mudah untuk menyusui. (Nah kan jadi curcol..🙈)
Tapi, setelah waktu berganti tahun hingga anak sudah jadi toddler saat genap 2 tahun dan belajar manajemen waktu, akhirnya bisa juga kembali mengurus dan merawat diri. Apalagi pas dengerin kajian-kajian, seringkali dibahas bahwa sudah menjadi kewajiban istri untuk tampil cantik di depan suami. Langsung deh terbelalak dan harus gimana caranya bisa tampil cantik saat di rumah dengan segala pekerjaan domestik yang menanti. 
Eitss, tampil cantik disini bukan berarti yang harus full make up kayak orang mau nikahan gitu ya, cukup tampil rapi dengan mandi di awal hari, gunakan pelembap wajah dan riasan tipis-tipis agar terlihat fresh dan segar, pakai wewangian dan jangan pakai DASTER!!!
Siapa disini yang demen banget pake daster dirumah? 🙋‍♀️🙋‍♀️🙋‍♀️🙋‍♀️(saya pun seneng klo lagi uplek di dapur)
Nah usahakan waktu suami dirumah ga dipake dulu ya seragam kebesaran kita yang satu ini...usahakan saat suami dirumah kita selalu tampil rapi baik dalam busana atau pun gaya rambut kita. Nah, setelah kita mengantar suami ke depan pintu untuk berangkat kerja, baru deh kita ganti kostum kebesaran dan ikat rambut kuncir kuda dan berjibaku dengan urusan domestik dan "momong anak" 😁😁😁 
Sore harinya sebelum suami pulang, kita sudah kembali rapi dan wangi lagi untuk menyambut suami di depan pintu, tentunya siapkan juga makanan favoritnya yaa...
Karena menurut Ustadz Khalid Basalamah, "kebutuhan pria yang harus dipenuhi itu ada 3, matanya (dengan kita tampil cantik dan selalu tersenyum di depan suami), perutnya (dengan menyediakan makanan atau minuman favorit suami), kemaluannya (penuhi saat suami meminta "tidur bersama")."
Jadi, jangan sampe terbalik lagi ya, biasanya wanita itu akan tampil allout saat hendak pergi apalagi pergi kondangan, tapi malah awut-awutan saat dirumah padahal suami melihat kita setiap saat. Apalagi saat WFH seperti 2 bulanan ini, udah suami dirumah banyak tekanan pekerjaan, jangan sampai suami makin pusing karena melihat kita yang awut-awutan dan bau dapur.

Mungkin saat pandemi telah berakhir, kita juga bisa sesekali me time untuk perawatan diri seperti facial, creambath, atau body spa. Tapi untuk saat ini kita bisa juga bisa kok perawatan diri #dirumahAja seperti pake masker wajah yang bisa kita racik sendiri dari buah-buahan segar atau bahkan masker wajah kemasan dengan berbagai merk yang ada di pasaran. Lalu, 2 atau 3 kali dalam seminggu kita bisa luluran saat mandi dan pakai hairmask sendiri di rumah.


Intinya, cantik itu sudah fitrahnya kita sebagai perempuan. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita merawat kecantikan yang telah Allah titipkan kepada kita. Cantik bukanlah berarti harus berkulit putih, tanpa jerawat atau noda. Cantik itu bagaimana kita bersikap dalam keseharian saat berinteraksi dengan orang lain, karena inner beauty lebih memancarkan sinarnya daripada kecantikan make up semata.
@ivacwicha 

Nah, sekian dulu tips n trick simple yang INSYA Allah applicable dilakukan dirumah. Tulisan ini mungkin jauh dari yang diharapkan, karena pada dasarnya bukan bidang saya membahas masalah beauty lifestyle seperti ini. Jadi tulisan ini saya buat sesuai tema yang ditentukan dalam komunitas Blogger Bengkel Diri selama bulan Ramadhan tahun ini. 
Maka dari itu, kritik dan saran serta masukan boleh banget di tulis di kolom komentar di bawah ya...

Selamat menikmati hari-hari terkahir Ramadhan tahun ini, semoga ibadah kita semakin optimal saat mendekati Lebaran walau di tengah pandemi 😊



Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

17 komentar

  1. Setuju mba..
    Kadang suka lupa malah kebanyakan rapi dluar dbanding rapi drumah di depan suami

    BalasHapus
  2. Dapat tips milih2 sesuai jenis kulit nih. Makasih Mbak

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah dpt link produk kosmetik halal..jazakillah kahairan katsyiran teh

    BalasHapus
  4. Bener itu banget ini nasihat Ustadz Khalid Bassalamah.. Jazakillah khayr sharingnya mb❤️

    BalasHapus
  5. Suami liat istri dasteran mulu sampe bosan 🤣

    BalasHapus
  6. MasyaaAllah...lengkap banget
    thanks mba ;)

    BalasHapus
  7. Terimakasih sharingnya mba.. lengkapnya juara

    BalasHapus
  8. Waaahhh paket komplit ini mah Mba 😆. Makasih sharingnya Mba 😉

    BalasHapus
  9. Wa'alaikumsalam... semoga berjumpa kembali dengan Ramadhan... Aamiin Allahumma Aamiin...

    BalasHapus
  10. Suka sekali kalimat "cantik itu sudah fitrahnya wanita, tugas kita merawat dan menjaganya"💕💕

    BalasHapus
  11. Jangan pakai daster di depan suami! *nampol banget mbak. Makasih sudah diingatkan 😂

    BalasHapus
  12. aku setuju kalau di rumah mesti rapi. ini juga menaikkan mood banget sih kalau buat aku hahaha. kalau dari bangun tidur udah males mandi, seharian berantakan, udah gak ada semangat ngapa ngapain 😅

    BalasHapus
  13. Terimakasih sharingnya mbaa, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  14. Masya Allah, terima kasih sharingnya mba :)

    BalasHapus
  15. Betul Mba, tampil rapi di rumah itu memang harus ya sepertinya. Untuk diri sendiri pun, kalau berpakaian rapi, paling tidak bisa menambah semangat diri..hehe makasi Mba sharingnya yang detail..

    BalasHapus
  16. Masya Allah lengkapnya. Daftar brandnya yg belum nyoba dari Safi dan LT pro. Jadi pingin nyobain. Btw, nice tips

    BalasHapus
  17. Terima kasih sharingnya Mba

    BalasHapus

Posting Komentar