Weaning with Love, Awali dengan Cinta, Akhiri dengan Lebih Banyak Cinta.


بسم الله الرحمن الرحيم 


Assalamualaikum Mommy Hebat,


Yuks, yang baby nya mau jadi toddler, dah persiapan sejauh apa nih untuk menyapih anaknya?
Sebenernya saat berhenti menyusui, secara tidak langsung berkuranglah amalan tabungan pahala kita. Tapi jangan sedih, karena masih banyak amalan-amalan lain yang tidak kalah besar pahalanya.
Jadi, tetap semangat ya Mommy...

Pasti mellow deh saat masa menyusui akan berakhir, seperti ada rasa kehilangan, udah ga bisa bonding lagi sama si kecil. Tapi itulah babak baru menjadi seorang Ibu, dimana kita harus tega tidak menyusuinya saat anak meronta-ronta minta nenen.

Pada dasarnya menyusui anak adalah moment berharga yang penuh cinta dan disitulah bonding terjadi sangat kuat. Terbayang langsung saat dulu melahirkan anak kita dan dokter memberi waktu untuk IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Saat itulah pondasi cinta saat buah hati dalam kandungan menjadi terbangun utuh. Moment yang diawali dengan penuh cinta ini sudah seharusnya diakhiri dengan penuh cinta pula ya..no drama bahkan tipu daya.

Lalu bagaimana caranya menyapih anak dengan penuh cinta?

1. Harus tega dan komit kapan waktunya untuk stop menyusui si kecil

Anak sangat paham perasaan Ibunya, karena ada keterikatan batin, jika Mommy sudah mantap dan tidak merasa setengah hati, maka anak akan paham dan tidak terus menerus minta nenen.



2. Kurangi frekuensi menyusui anak

Mendekati usia 2 tahun, biasanya anak akan minta menyusu saat hendak tidur atau terbangun di tengah tidurnya, baik tidur siang ataupun malam. Jadi mulai coba saat hendak tidur alihkan dengan membaca dongeng atau bernyanyi bersama.

3. Alihkan perhatian anak saat anak minta menyusu

Saat belum waktu tidur dan anak minta menyusu, alihkan dengan memberi cemilan atau buah favoritnya, ajak anak bermain yang menyenangkan sambil ngemil dan minum susu tambahan baik susu formula atau susu UHT.

4. Berikan penjelasan ke anak bahwa dia sudah besar
Lakukan sesering mungkin, berikan positive insight ketika anak sedang bermain atau anak hendak tidur. Cara ini dikenal dengan istilah hypnoterapy atau sounding. Cara ini bisa digunakan untuk berbagai hal untuk merubah perilaku anak. Saat hendak mau tidur atau saat anak sudah terlelap selama 5 menit, belai rambutnya dan bisikan kata-kata positif mengenai perilakunya yang ingin dirubah.

5. Saat terbangun tengah malam, jangan langsung menyusuinya
Coba tawarkan anak untuk minum air putih atau susu. Jika anak belum pernah pakai dot, langsung berikan minum dalam gelas atau dengan kemasan sedotan. Karena pemakaian dot dan minum susu  tengah malam akan berdampak pada kesehatan giginya. Jika anak tidak mau minum, coba gendong sebentar atau dipeluk belai dikasur dan bacakan dongeng kembali.
Yah, sounding itu ga bisa sekali 2x langsung berhasil, minimal 14hari berturut-turut dan konsisten tiap malam dilakukan.

Sedikit cerita pengalaman pribadi saat menyapih anak ni yaa...


Saat anak memasuki usia 21bulan, sudah mulai ku sounding untuk self weaning, tapi responnya selalu nangis seakan-akan mau berpisah jauh. Akhirnya fokus untuk mengurangi frekuensi nenennya dulu, dimulai dari bobo malem dicoba tanpa nenen dan berhasil bisa bobo malem hanya dengan dongeng atau cuma diajak berdoa sambil dipuk2 saja. Saat anak sudah terlelap baru deh dikasih insight positif, kurang lebih begini kata-katanya "Azka sudah besar yaa... sudah ga perlu ninen lgi, karena ninen untuk bayi kecil"
Jadilah PRnya ngilangin ninen pas bobo siang ma pas kebangun malem aja. Lalu, saat Azka sudah 22,5bulan rundingan dengan suami dan deal mau bener2 nyapih next weekend. Sambil terus sounding tiap malam untuk self weaning dan Azka sudah bisa menyikapinya sambil becanda. 
Beberapa hari kemudian, iseng nyoba bobo siang tanpa ninen, aku temani di kasur sambil tilawah dan tau-tau Azka sudah bobo sndiri. Sejam kebangun biasanya aku kasih ninen biar lanjut bobo lagi, tapi dengan sekuat hati aku niatin untuk ga ninen dan jadilah kebangun sambil cranky.
Malam harinya, setelah makan sore aku bikin full perutnya dengan cemilan dan susu. Lalu saat mau bobo seperti biasa, sambil cerita2 aku sounding lagi sambil becanda "Azka dah gedhe ya, dah bisa makan sndiri, minum sndiri, sikat gigi sndiri, kumur2 sndiri..bobo ga perlu ninen lagi ya"
Dan biidznillah, yang biasanya setelah lelap tidur malem aku tinggal keluar kamar sejam selalu bangun nyariin, ini bisa bertahan sampai 2,5jam kebangun terus dipuk2 lanjut bobo lgi. Langsung deh mnta approval pak suamik kalau mau dilanjut ga ni nyapihnya? Dan pak suami setuju, tengah malam kebangun nangis cuma  ku peluk-peluk sayang sambil diajak ngobrol dan akhirnya lanjut bobo lagi.
Alhamdulillah...satu hari itu berhasil weaning with love dan berlanjut ke hari-hari selanjutnya.

Semoga bisa memberi gambaran bagaimana memulai self weaning ke anaknya ya Mommy.
Dan bagi yang sudah siap dan mantap, semoga diberikan kelancaran oleh Allah Subhanallahi wa ta'ala. Pastinya, jangan lupa berdoa ya Moms, karena semua bisa terjadi atas ijin Allah Subhanallahi wa ta'ala.

Wassalam.

#weaningwithlove #selfweaning #Menyapih anak #Parenting #sharingforinspiring

48 komentar:

  1. perjuangan menyapih emang gak mudah yah butuh konsistensi.. semangat moms!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsistensi emg kunci penting dalam byk hal mba

      Hapus
  2. Masya Allah..saya juga udh 2 minggu lepas asi sama anak sy yg ke-2. Total 25 bln nenen..dan trnyata benar rasanya spt ada yg hiang ya, setelah 2 tahun akrab dg nenen kemudian selesai masa menyusui..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba,daya tahan tubuh sndiri pun berbeda saat jadi bumil dan busui

      Hapus
  3. WWL salah satu tahapan yang menurutku gampang-gampang susah...krn hrs didukung juga oleh keluarga, apalagi keluarga yg satu kamar (suami) jd pada saat malam hari anak rewel dan ibu mulai frustasi...suami bisa menggantikan terlebih dahulu, jadi si ibu waras kembali dan tetap bisa konsisten mengalihkan keinginan BF ke hal lain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, harus komit ma suami bisa kerja sama breng pas malem

      Hapus
  4. Cerita yg sangat bermanfaat sekali mbak.
    Semoga suatu saat, saya juga bisa menerapkanny.

    BalasHapus
  5. Sy belum bisa merasakannya... Hehehe... Btw, makasih sharing ilmunya mbak... Smg suatu saat nanti bisa sy terapkan..

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah nambah ilmu
    Semoga sehat selalu buat Azka & keluarga

    BalasHapus
  7. Ya Allaah mbaaakk aku baca paragraf pertama aja udah mellow ini. Pas bgt posisinya dlm tahap mau nyapih anak. Bismillah. Doakan aku berhasil kayak mba bisa menyapih anak dg cinta yaaaa 💙💙💙

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, smoga Allah mudah kan ya mba,semangat2 💜

      Hapus
  8. Btw. Terimakasih sudah berbagi mba. Step2 nya sangat applicable hhi. Aku suka kata2: awali dg cinta, akhiri dg lebih byk cinta 💙

    BalasHapus
  9. MasyaAllah, terima kasih tipsnya. Semoga segera merasakan ini. Aamiin

    BalasHapus
  10. MasyaaAllah...menginspirasi banget mbak 😍

    BalasHapus
  11. MasyaaAllah...anakku sampai 3 tahun mba😊

    BalasHapus
  12. Waaw,anak saya cowok soalnya mba, harus jaga aurat kan ya klo dah 2thn walau sama anak sndiri 😇

    BalasHapus
  13. Masya Allah. Nice sharing. Jadi kangen masa-masa jadi busui 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih byk ummu, jdi busui itu sungguh menyenangkan ya ummu

      Hapus
  14. 5 poin yang sama saya lakuin ketika nyapih anak ke2 😁 memang butuh kesabaran lebih,karna tiap anak punya respon yang berbeda,ada yang lebih mudah dan lbh susah 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pastinya ilmunya lebih mumpuni ya mba klo dah anak ke2

      Hapus
  15. Setuju dengan tips tipsnyaa... memang betul.. MasyaAllah..

    BalasHapus
  16. Makasih sharing ilmunya Mba..

    BalasHapus
  17. Wahhh pas bgt tulisannya mba, 2 bln lg nyapih si adek, dr skg udh sounding kalo nanti 2 th udh nggk nenen lg ya dek, smg bs weaning with love jg ya mba, menyapih kok rasanya kayak patah hati gt ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, smangat...banyak berdoa biar dimudahkan Allah ya mba

      Hapus
  18. MasyaAllah.. nice sharing mba.. jadi keinget-inget masa menyusui anak-anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jazakillah khair mba, masa menyusui memang begitu indah ya mba

      Hapus
  19. Nice sharing, mbak! Semoga nanti bs diterapkan ketika punya anak sendiri hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, smoga lancar saat waktunya tiba ya mba

      Hapus
  20. inget banget dulu pas proses weaning ini memanng kitanya harus tega sih yaaa, tapi akhirnya berakhir dengan happy krn tetep penuh cinta dan kasih sayang juga soalnya

    BalasHapus
  21. Q belum punya anak sih cuman bagus kak, makasih untuk masukan dan sharingnya ttg ini. Alu sering liat klo anak laki2 nyapihnya lbuh susah ya dr pada anak perempuan. Dulu temen kerja aq cerita waktu dia nyapih anaknya sampe dikasih bubuk kopi biar pahit

    BalasHapus
  22. Jadi keingetan waktu menyapih anakku, ini persiapan banget dan selalu punya side plan. Dan aku setuju, kalau menyapih anak itu memang harus tega, awalnya anakku nangis nyaris goyah nih tapi dengan semangat dan kemantapan alhamdulillah berjalan lancar.

    BalasHapus
  23. Jadi ingat aku dulu waktu menyapih anak, tiga kali merasakan yang sama, selalu sih setiap ibu ada rasa ga tega gitu. Memang niatlah yang paling utama. Semoga sehat selalu ya.

    BalasHapus
  24. Anakku 22 bulan dan sekarang aku merasakan kegalauan menyapih yang luar biasa. Masih nggak tega karena tiap mau tidur selalu nangis minta nenen huhu.. Bismillah semoga bisa menyapih dengan cinta juga :')

    BalasHapus
  25. Semangat untuk semua para ibu 😊

    BalasHapus
  26. I feel you Mbak. Augustus 2019 aku juga WWL anakku. Alhamdulillah tanpa ditakut-takuti dia berhasil. Sungguh luar biasa kuasa Allah menurutku karena aku sempet sangsi apalagi anakku lanang yang suka banget ngASI hehe

    BalasHapus
  27. Wah keren bisa WWL. Aku dulu cuma bertahan sebentar saja. Habisnya gak sabar, anaknya lama banget untuk bisa. Aakhirnya nyapih dengan sedikit 'paksaan'. Huhuhu, maafkan aku anak-anaku. :D

    BalasHapus
  28. Weaning with love masa yang luar biasa. ALhamdulillah 2 tahun anak-anakku ASI dan berhasil wwl. Butuh tekad ya kak

    BalasHapus
  29. Sharing pengalaman weaning with love yang mencerahkan, at least bagi saya yang belum punya pengalaman memberi ASI. Semoga kalau nanti punya baby, bisa memberikan ASI secara full dan berhasil dengan indah WWLnya, insyaAllah aamiin

    BalasHapus
  30. Wah jadi ingay moment nyapih sikecil tahun lalu. Aku kebetulan ga ada 'drama' waktu proses sapih. Alhamdulillah. Semoga yang lagi berjuang untuk nyapih, bisa sukses ya. Tips diatas bener-bener mirip proses aku nyapih. Hehehe

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah dapet ilmu lagi. Meskipun belum jadi mommy, aku suka banget baca-baca tips kayak gini karena menurutku berguna buat prepare sebelum jadi mommy🤭

    BalasHapus
  32. What? Kok gampang banget menyapih dengan cinta? Pengalamanku penuh tantangan menyapih sampai usia 35 bulan, hahaha .... seminggu baru beneran beres.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, dengan senang hati menerima masukan saran dan komentar Anda 😊🙏