header the thought journal

All About My Thought Journal

Konten [Tampil]
Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh…


Welcome to My Blog..!!

Terima kasih telah berkunjung ke “Jurnal Digital” ku ini yaa... 
Semoga isi dari blog ini bisa memberi manfaat, inspirasi, atau pun sekadar menjadi teman bacaan untuk mengisi hari dengan tulisan ringan yang berpadu dengan opini.

Jika ingin berkenalan dan tau lebih dalam tentang ku dan segala seluk beluk blog ungu ku ini, keep reading hingga akhir yaa...

All About Me

Bernama lengkap Ivayana C Wichayanti, seorang wanita yang terlahir di Kota Semarang dari sebuah keluarga sederhana namun penuh cinta❤. Seorang Aquarian berijazah Sarjana Ekonomi, yang dulunya adalah seorang banker. Namun setelah menikah ikhlas melepas blazer dan sepatu pantofelnya, demi peran baru sebagai Fulltime Mom and Wife yang merantau dari satu kota ke kota lain mengikuti dinas pak suam tercinta❤.

Adhiyana's family
Adhiyana's Family

Setelah 2 tahun fokus mendampingi 1000 hari pertama kehidupan si Kecil. Dengan segala kesibukan mengurus rumah dan juga suami, akhirnya blog ini lahir sebagai “ruang khusus” untuk berbagi. Untuk cerita lengkap alasan blog ini dibuat, bisa langsung mampir ke My Blog Journey.

Activity and Society

Walau pun hampir seluruh aktivitas keseharian hanya #diRumahSaja, alhamdulillah masih bisa bersosialisasi online dalam beberapa komunitas yang tidak hanya menambah ilmu, tetapi juga teman yang saling memotivasi.

Beberapa kelas online dan komunitas yang saya ikuti hingga saat ini:
  • Sekolah Online Bengkel Diri level 1 dan 2 (certified) dan tergabung dalam komunitasnya
  • Sekolah Online”Kelas Mendidik” (certified)
  • Kelas Montessori with Miss Ursulla Rebecca (certified)
  • Sekolah Menulis Indonesia (SMI) dan tergabung dalam komunitasnya
  • ISB Course (certified) dan tergabung dalam komunitas Indonesian Social Blogpreneur
  • Komunitas Blogger Bengkel Diri
  • Komunitas Indonesian Hijab Blogger (IHB)
  • Komunitas Ibuku Content Creator (ICC)
  • Komunitas Smart Mums ID (SMID)
  • Komunitas Mom Academy (MoMA Regional Bekasi)
Dari ilmu dan pengalaman membersamai anak, sedikit pencapaian diri sebagai Full Time Mom hingga saat ini adalah:
  • Narasumber sharing session "Tips Me Time Produktif dengan Menulis" di aplikasi Orami Parenting - Lincah Komunitas 
  • Narasumber sharing session "Preparation to Toilet Training" di WAG Orami Parenting
  • Narasumber sharing session "Fun Learning" di WAG Fun With Momi
  • KetuWA group Komunitas Orami Parenting Jilid 2
  • Buku Antologi "Pesan Cinta untuk Allah"
  • Buku Antologi "Agar Ramadhan Tak Sekadar Lapar dan Haus"
Narsum kulwap
ivacwicha as narsum

Nah, setelah mengenal lebih jauh tentang profil ku tadi,sekarang saatnya membongkar isi dari blog ini yaa…


All About My Blog

“The Thought Journal by Iva C Wicha”


Judul dari blog ini sebagai gambaran sebuah jurnal digital yang berisi hasil pemikiran seorang Fulltime Mom yang bernama Iva C Wicha. Sebagai tempat berbagi opini, informasi, inspirasi dan semoga bisa menghasilkan manfaat juga. Karena blog ini merupakan sebuah harapan dan juga ikhtiar untuk meninggalkan jejak tulisan yang kaya makna namun mudah dipahami. 
Berhubung nama lengkap terlalu panjang, biar lebih singkat dan mudah diingat jadi nama yang ku sematkan di blog maupun social media adalah Iva C Wicha.

Jadi untuk menemukan blog ini cukup ketikan www.ivacwicha.com saja kalian sudah bisa langsung mendarat ke blog ini. Jangan lupa sering-sering mampir yaa, untuk menemukan bacaan baru dari ku..

Pemilihan tagline,

“Writing is Healing and Sharing for Inspiring”

yang menjadi penguat dari alasan kenapa menulis di blog ini. Berawal dari hobi berbagi cerita tentang pengalaman membersamai seorang anak di beberapa komunitas parenting dan juga media sosial. Mulai dari pembahasan soal tumbuh kembang anak, gaya pengasuhan, metode dalam mendidik anak, dan juga ide bermain dengan tema #FunLearning dan #QuranBasedPlay
Dari sharing dalam lingkup kecil itulah, mendapat respon positif dan jadi termotivasi untuk menuliskannya lebih lengkap dan detail di blog ini. Dimana dengan menuliskan secara panjang dan detail, bisa menjadi self healing dan juga ilmu yang didapat akan lebih terikat. Dan semoga apa yang dituliskan dalam blog ini bisa menginspirasi atau memotivasi pembaca dalam jangkauan yang lebih besar.

A lifestyle blog

Sebagai Fulltime Mom yang concern utama adalah membersamai anak mencapai tumbuh kembang yang optimal. Awalnya tulisan dalam blog ini lebih banyak membahas parenting saja. Tapi lambat laun, mencoba menuangkan pemikiran yang lebih luas lagi. Jadi tenang saja ya, karena sekarang niche blog ini adalah lifestyle blog dimana kalian bisa menemukan tulisan yang membahas hal lain yang tidak kalah menarik.

My Blog Category

Untuk mempermudah menemukan tulisan yang kalian minati, blog ini sudah aku kategorikan dalam beberapa label berikut,
  • Parenting
Pembahasan tentang tumbuh kembang anak, metode pendidikan, gaya pengasuhan, hingga peran pasangan, bisa ditemukan di label ini. Karena sebelum mengasuh anak harusnya sebagai orang tua sudah tuntas dengan innerchildnya dan juga komitmen antar pasangan sangatlah penting..
  • Home Education
Pendidikan anak usia dini dimulai dari dalam rumah. Berbagai ide bermain sambil belajar yang menyenangkan, aku bagian dalam label ini. Selain itu, ada juga beberapa rangkuman tentang homeschooling hingga DIY permainan yang mudah dan simple, untuk anak balita yang sedang aktif-aktifnya di rumah.
  • Spiritual
Sesuai dengan alasan blog ini dibuat, banyak materi dan ilmu dari berbagai sumber mengenai habluminallah dan habluminannas yang aku tuliskan disini.
  • Thought to Share
Hasil pemikiran seorang ibu rumah tangga mengenai berbagai hal yang ingin kubagikan melalui blog ini.
  • Mom's Daily
Segala aktivitas harian sebagai Ibu Rumah Tangga, mulai urusan dapur, pernak-pernik rumah, gardening, dan jaga kesehatan dan kecantikan aku satukan dalam kategori ini.
  • Review
Semakin percaya diri untuk menyampaikan opini dalam sebuah tulisan, kategori ini ku buat untuk berbagi ulasan tentang sebuah produk atau layanan yang pernah ku coba.
  • Other Things
Berbagai tema lain yang terkadang ku tulis karena kebutuhan komunitas atau pun mendapat ide yang terlintas begitu saja aku kumpulkan dengan label ini. Mulai dari teknik blogging dan hasil belajar lain yang telah aku dapatkan dari sekolah online yang aku ikuti.


My Blog Display

Sedikit cerita, setting template blog ini yang paling menguras waktu dan tenaga. Sebagai seorang wanita, pasti selalu ingin tampil rapi kan? begitu juga untuk tampilan blog agar nyaman dibaca. Mencoba berbagai template, mulai dari template gratis dari blogspot maupun penyedia lainnya. Rela berkutat dari malam hingga fajar, bahkan sampai berusaha baca coding untuk merubah html yang diharapkan.
Tapi tidak ada usaha yang sia-sia, dari berbagai percobaan itulah akhirnya bisa menemukan template (yang terakhir dan mungkin seterusnya) yang cukup responsif dan loading cepat. Walaupun masih perlu dirombak lagi dalam settingan yang lebih dalam agar mencapai perfoma yang optimal agar lebih SEO Friendly.
Yang paling ku suka dari template Fiksioner ini, selain terlihat rapi untuk setting warna tampilan, jenis huruf, dan warna bisa diubah dengan mudah sesuai keinginan kita. Dari tampilan blog yang penuh nuansa lilac ini, pasti sudah ketebak kan apa warna favoritku?

Yups, sesimple itu aja sih dasar pemilihan warna untuk tampilan blog ini. Tapi tidak memikirkan diri sendiri donk, pemilihan background putih dengan warna tulisan hitam berukuran normal untuk tujuan kenyamanan pembaca semata. Jadi, ga bikin pedih di mata kaan?

Blog ivacwicha
Header Blog

Setiap membuka artikel dalam blog ini, pasti disuguhi dengan gambar di atas sebagai header blog yang berisi tulisan dari Judul dan Tagline blog ini sendiri. Sebagai pemanis, aku tambahkan beberapa gambar yang mengandung arti lhoo. Di atas tulisan “Journal” ada gambar jurnal dan tangan yang sedang menulis sebagai menandakan bahwa blog ini layaknya sebuah jurnal yang ingin terus diisi.

Sebagai latar tulisan dalam header tersebut, aku pilih nuansa kebun lavender yang terkenal dengan aromanya yang bikin rileks. Jadi, selain karena warnya ungu dan aku sendiri pecinta lavender, aku pun berharap para pembaca bisa nyaman dan rileks saat mampir ke blog ku ini.

Bagian pojok bawah kanan, ada watermark untuk setiap gambar dalam tulisan di blog. Selain itu, inisial nama “ICW” ini juga ku pasang dalam favicon blog ini.

Jadi, kalau ada kata “ICW” auto inget Ivayana C Wichayanti ga nih? Hehhehe


Kalau kalian ingin tahu lebih dalam tentang keseharian dan cerita-cerita singkat dariku, bisa langsung mampir, follow, like, or DM ke Instagram @ivacwicha karena disana banyak berbagai ide mainan DIY untuk si Kecil. Atau yang mau kerja sama bisa langsung kirim email ke ivacwicha@gmail.com

Socmed IVACWICHA
Contact Me


Ok, karena dirasa sudah terlalu panjang, sekian dulu ya bongkar kisah The Thought Journal by Iva C Wicha. Sekali lagi, terima kasih sudah berkenan berkunjung dan berkenalan lebih jauh dengan ku. Happy reading and sharing ;)


Wassalam.

7 komentar

  1. ICW ... kayaknya musti setting memory lagi nih... ingetannya masih masih ke corruption 😀

    BalasHapus
  2. Kereen ah.. Bankir yang beralih profesi jadi ibu rumh tangga, sungguh pilihan yang sangay berat. Trus berkarya ya mom Iva.

    BalasHapus
  3. Keren deh mba iba,,, langsung mampir ke instagramnya banyak ide bermain anak keren 😍

    BalasHapus
  4. Mba iva keren banget nih pengalaman berkomunitas dan jadi narsum nya. Sukses terus ya :D

    BalasHapus
  5. Punya identitas sedari awal, blog manis nan elegan ungu + lavender. Huhu, belum lagi sosok di baliknya concern di dunia parenting ☆

    BalasHapus
  6. Rumah keduanya soft bgt ya mbak, pasti selembut orangnya. Pasti seruh nih next time ada obral obrol seputar parenting narsumnya mnak ICW 🥰

    BalasHapus
  7. Masya Allah blognya secantik yg punyaa😍

    BalasHapus

Posting Komentar