ivacwicha-header

Tips Menenangkan Bayi Rewel di Malam Hari, dengan Motherlove Calming Cream Jadi Lebih Mudah!

Konten [Tampil]

Mengurus newborn memang butuh kesabaran dan juga ilmu untuk menenangkan bayi rewel di malam hari. Tak jarang bayi baru lahir terbangun dan menangis di tengah malam. Biasanya karena haus ingin menyusu atau merasa tidak nyaman karena suatu hal. Bayi juga masih dalam masa penyesuaian dengan sekitarnya setelah 9 bulan di dalam rahim Ibu.

Namun selain alasan di atas, ada banyak penyebab lain yang bisa membuat bayi rewel di malam hari. Bayi yang menangis terus menerus dan tak kunjung berhenti bisa juga disebut dengan kolik. Sebagai newMom pasti akan dilanda panik melihat bayinya dalam kondisi tersebut.

Belum lagi banyak sekali mitos seputar newborn yang justru membuat kita semakin tidak tenang. Padahal bayi rewel itu pasti ada penyebabnya. Agar tidak salah penanganan, yuks Ibu kenali dulu tanda-tanda dan penyebab bayi yang terus menangis dan tak kunjung diam.

Penyebab Bayi Rewel, Kenali Tanda-tandanya!

Mengenal tangisan bayi


Untuk mengetahui penyebab bayi yang rewel, coba perhatikan dan bedakan terlebih dahulu beberapa tanda dan jenis tangisan bayi menurut penyebabnya.

Lapar atau haus

Saat bayi merasa lapar atau haus dan ingin menyusu, biasanya tangisan bayi terdengar nyaring dan berulang-ulang. Saat area pipinya disentuh, mulutnya akan terbuka dan mengarah ke bagian yang disentuh tadi.

Merasa tidak nyaman

Biasanya bayi merasa tidak nyaman karena popoknya basah atau kotor karena buang air. Pun bisa terjadi karena bayi merasa kedinginan atau justru kegerahan. Pada kondisi ini awalnya bayi menangis pelan, kemudian semakin lama tangisannya akan semakin kencang jika tidak segera ditangani.

Sakit

Saat bayi merasa kesakitan, bayi menangis dengan teriakan yang nyaring. Selain itu badan bayi juga lemas. Cek suhu tubuh bayi apakah mengalami demam atau tidak. Demam merupakan signal dari tubuh saat melawan “sesuatu”.

Bosan atau kesepian

Saat anak tidak ditemani di sampingnya, kebanyakan bayi akan menangis dan tidak akan berhenti sampai Ibu datang menghampirinya. Biasanya saat digendong bayi akan terdiam tapi kembali menangis saat lepas dari gendongan Ibu.

Kolik karena kembung

Bayi baru lahir yang berusia 2 pekan hingga 4 bulan memang sering mengalami kolik karena gas yang masuk dalam perutnya. Anak yang rewel karena kolik, kedua tangan dan kakinya akan mengangkat ke atas perut. Selain itu telapak tangannya pun mengepal dan wajah memerah. Saat kolik bayi akan menangis tak kunjung henti berjam-jam. Bahkan bisa sampai muntah dan kondisi ini butuh penanganan dokter dengan segera.

Dengan mengetahui beberapa tanda di atas, Ibu bisa segera memberi kebutuhannya dan bayi pun akan berhenti menangis. Namun jika bayi tetap menangis dan rewel dalam waktu yang cukup lama Ibu bisa coba lakukan beberapa hal di bawah ini ya.

Cara Menenangkan Bayi Rewel di Malam Hari

Oiya, sebelum Ibu berusaha menenangkan bayi yang rewel. Jangan lupa Ibu harus menenangkan diri terlebih dahulu ya. Bayi dapat merasakan apa yang Ibu rasakan lho. Semakin Ibu merasa panik, maka bayi pun akan semakin rewel dan menangis bertambah kencang.

Terkadang memang auto panic saat melihat dan mendengar bayi menangis tak kunjung berhenti. Saat itu terjadi, cobalah untuk tarik dan buang nafas panjang agar Ibu lebih rileks. Setelah itu coba lakukan beberapa langkah menenangkan bayi yang rewel berikut ini.

Lakukan skin to skin

Ketika bayi rewel dan tidak mau menyusu, Ibu bisa skin to skin dengan menggendong dan mendekap bayi dengan penuh kasih sayang. Arahkan telinga bayi pada dada Ibu. Bayi akan mendengar suara degup jantung Ibu yang bisa membuatnya lebih nyaman seperti dalam kandungan.

Gendong bayi dalam posisi tiger in tree

Menggendong Bayi gaya tiger in tree

Posisi menggendong seperti gambar di atas bisa membuat bayi lebih nyaman dan tenang. Cara ini yang sering suami praktikkan untuk menenangkan bayiku yang menangis dan terbangun di malam hari. Sambil menepuk dan mengelus perlahan punggungnya agar bayi bisa sendawa jika perutnya kembung.

Mengayunkan tubuh bayi

Langkah lain untuk menenangkan bayi rewel di malam hari adalah dengan mengayun-ayunkannya dengan posisi yang nyaman. Ibu bisa menggendongnya dengan menggunakan gendongan yang nyaman. Pun bisa juga menggunakan bouncer atau baby swing yang tersedia di rumah.

Kurangi stimulasi

Amati kondisi sekeliling saat bayi rewel dan menangis. Ibu bisa coba matikan lampu atau mematikan suara-suara yang ada agar bayi menjadi lebih tenang. Bayi yang terlalu banyak mendapat stimulasi, entah dari indra penglihatan atau pendengarannya bisa menjadi rewel karena kelelahan.

Berikan suara yang menenangkan bayi

Jika suara bising dan terlalu kencang bisa membuat bayi kaget dan menangis. Coba Ibu putarkan white noise atau suara yang tenang. Kalau aku pribadi lebih suka memperdengarkan murotal agar bayi menjadi lebih tenang. Memperdengarkan murotal pada bayi juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya memudahkan anak menghafal ayat-ayat Al-Quran.

Pijat tubuh bayi dengan lembut

Cara terakhir yang tidak kalah ampuh untuk mengatasi bayi yang rewel adalah dengan memijatnya. Gunakan oil atau cream yang aman untuk kulit bayi. Jika bayi baru saja menyusu, hindari memijat pada posisi tengkurap karena bisa membuat bayi justru muntah. Memijat bayi bisa membuatnya lebih rileks dan terlelap saat tidur.

Selain memijat bayi, Ibu juga bisa memberikan krim yang bisa membuat bayi merasa lebih tenang dan nyaman. Gunakan krim yang bisa memberikan sensasi hangat pada tubuh bayi untuk mencegah perut kembung yang seringkali membuat bayi menjadi rewel.
  
Menenangkan Bayi Rewel di Malam Hari
Salah satu produk baby yang aku gunakan sebagai calming cream untuk bayi ku adalah Motherlove. Sebagai pejuang eksim, Motherlove calming cream ini bagaikan jawaban atas kegundahan ku selama ini.

Memiliki riwayat dermatitis ektopik di bagian kulit telapak tangan sungguh ujian buat ku saat memiliki newborn. Banyak sekali pemicu munculnya alergi pada kulit yang harus aku hindari. Seperti sabun aroma fragrance, air hangat, serta minyak-minyakan dengan sensasi hangat di kulit.

Aku pun jadi tidak bisa memberikan minyak telon ke anak dan bayi ku. Padahal cuaca di penghujung tahun ini, sering sekali hujan dan udara terasa dingin. Semenjak tahu produk Motherlove jadi ga galau lagi deh. Sekarang bisa dengan tenang memberikan calming cream ke kulit bayiku sehingga terhindar dari kembung yang membuat bayi rewel bahkan kolik.

Motherlove Calming Cream for Babies & Toddlers

Motherlove merupakan produk perawatan bayi yang diformulasikan khusus menggunakan bahan alami dan organik, sehingga aman untuk bayi dan anak. Produk Motherlove Calming Cream merupakan krim untuk menghangatkan kulit bayi dan memberikan rasa nyaman di kulitnya. Produk Motherlove sudah teruji secara dermatologis, jadi aman untuk bayi yang baru lahir sekalipun.

Dengan kandungan utama Eucalyptus Oil yang mampu menghangatkan dan menenangkan kulit bayi Selain itu kandungan Organic Aloe Vera Extract dan juga Olive Husk Oil, yang mampu menjaga kulit bayi tetap halus dan lembab. Motherlove Calming Cream mampu memberikan rasa nyaman pada bayi saat cuaca dingin, pilek, dan perut kembung saat kolik.

Sensasi hangat dan lembut pada Motherlove Calming Cream, membuat Ibu ga perlu lagi menggunakan minyak telon atau minyak balur lainnya yang bisa membuat kulit kering pada kulit yang sensitif seperti aku. Teksturnya yang ringan tidak membuat lengket di kulit, karena cepat meresap kulit bayi.
Motherlove calming cream

Aku bisa pakaikan ke kulit bayiku 2x sehari setelah mandi. Cukup oleskan Motherlove Calming Cream secukupnya ke kulit area sekitar dada, punggung, dan leher bayi. Aromanya Eucalyptus yang khas membuat bayi menjadi lebih tenang dan juga wangi.

Dengan kemasan tube yang dilengkapi tutup flipflop, Motherlove Calming Cream ini sangat praktis digunakan. Selain itu bisa meminimalisir risiko terkontaminasi tangan dan udara luar. Ukurannya juga sangat pas untuk dibawa bepergian dan tidak mudah tumpah.

Sekarang ga perlu khawatir lagi bayi merasa kedinginan saat cuaca dingin. Dengan Motherlove Calming Cream bayi jadi minim rewel di malam hari. Fyi, ini dia alasan aku ga ragu untuk menggunakannya Motherlove Calming Cream ke kulit bayi aku yang baru saja memulai MPASI belum lama ini.
  • Hypoallergenic
  • Dermatologically Tested
  • Irritant Free
  • Plant Based actives
  • Suitable from birth
Selain keunggulan-keunggulan di atas, Motherlove Calming Cream ini sudah bersertifikasi Halal MUI dan juga BPOM RI ya Moms. Nilai plus lagi dari Motherlove Calming Cream adalah bebas dari animal tested. Jadi ga akan merasa bersalah dan tenang saat menggunakan produk ini ke anak-anak Moms.
Motherlove membangun menenangkan bayi rewel
Produk-produk Motherlove ini bisa dibeli secara online maupun offline, seperti Supermarket, baby Shop, dan juga apotek. Buat Ibu yang penasaran dan ingin tahu produk Motherlove yang lain, bisa langsung kunjungi website Motherlove di https://www.motherlove.id atau bisa juga akun Instagramnya di https://www.instagram.com/motherlove_id/


Penutup

Menangis adalah cara bayi untuk mengungkapkan perasaannya. Tugas Ibu untuk mengenali tangisan bayi dan mengetahui penyebabnya. Dengan demikian Ibu bisa lebih tepat dalam menenangkan bayi rewel di malam hari. Jangan lupa juga untuk mengatur waktu tidur bayi sejak awal kelahirannya. Usahakan bayi terbangun saat pagi hari dengan mengajaknya ‘bermain’. Sehingga bayi akan tidur terlelap saat malam. Dengan begitu bayi dan Ibu pun akan lebih sehat dan bebas dari begadang. Kalau pun tidak, tetap semangat ya Ibu! Karena masa-masa ini tidak akan berlangsung lama. Nikmati dan syukuri, kelak akan jadi memori indah yang akan kita rindukan.

Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

46 komentar

  1. hmm menyenangkan deh masa anak masi bayi bisa dicium, skin to skin, kalau sudah besar dikit ga mau biasanya hehehe
    bayi biasanya senang dipijat supaya dia merasa nyaman

    BalasHapus
  2. Duh, jadi ingat masa-masa dimana anak-anakku masih bayek. ANak pertama dan kedua selisih 13 bulan. JAdi kalau malam sering heboh penuh drama. Alhamdulillah sekarang sudah besar-besar, tapi masih saja penuh drama, hehehe...

    BalasHapus
  3. Iya mbak, kalau pengen menenangkan bayi, emang ibunya harus tenang dulu. Saya dulu kalau bayi nangis malah jadi panik, jadi biasanya kalau anak nangis, suami yang menangani.

    BalasHapus
  4. Bayi menangis gak selamanya karena satu hal aja ya, ada beragam juga penyebabnya. Jadi inget waktu ponakan daku masih bayi, kan daku yang pegang tapi sambil ngobrol eh dianya nangis, ternyata karena gak daku ajak ngobrol, hahaha

    BalasHapus
  5. wah cocok untuk kado ya?
    daripada bingung ngasih apa untuk yang baru lahiran
    Mending satu paket produk Motherlove , dan jangan lupa Motherlove calming cream nya

    BalasHapus
  6. Jadi ingat omar waktu kecil. Setiap malam pasti menangis. Dan ternyata dia kolik.

    Coba sejak dulu aku kenal motherlove. Pasti omar akan kupakaikan setiap malam agar perutnya menjadi enak.

    BalasHapus
  7. Intinya dinikmati perjuangannya ya mba. Masa-masa ribet kayak gitu hanya sekali seumur hidup anak. Setelah itu, justru kita yang bakal kangen menenangkan dia di malam hari. Hihihi.

    Enak banget bayi kalau dipijat. Apalagi abis mandi. Ini Motherlove Calming Cream bisa jadi bahan untuk pijat anak juga ya. Bisa bikin bayi tenang, terlebih saat cuaca dingin.

    BalasHapus
  8. Kalau perut bayi nyaman setelah diberi Motherlove Calming cream, bayi bakal tidur dengan nyenyak dan gak rewel dengan perut kembung. Kita aja orang dewasa gak nyaman dengan perut kembung, apalagi bayi yg hanya bisa mengungkapkan ketidaknyaman dengan tangisan.

    BalasHapus
  9. Anak rewel apalagi di malam hari memang memunculkan kekhawatiran ya. Apalagi kan bayi belum bisa bicara, menceritakan ketidaknyamanan yang sedang dia rasakan. Pengetahuan seperti ini nih akan sangat bermanfaat bagi mereka yang masih memiliki anak balita. Memanfaatkan Motherlove Calming Cream tentunya bisa menjadi salah satu solusi untuk keadaan dimana bayi rewel karena berbagai hal, salah satunya adalah gangguan pada kesehatan kulit.

    BalasHapus
  10. Bayi punya bahasa tubuhnya sendiri yang perlu dipahami orang tua ya, mba. Kalau bisa ngomong pasti maunya ngasi tahu, tapi karena masih bayi harus dipahami juga gimana mereka interaksi dengan ibunya.

    Pakai produk khusus untuk bayi pasti bikin nyaman sepanjang hari ya

    BalasHapus
  11. Kalo anak rewel malem2 itu selain kasian sama anaknya, aku kasian juga sama ibunya. Pasti serba salah dan biasanya panik bingung mau ngapain. Capek udah pasti...

    Semangatt untuk para ibu yang masih punya baby...

    BalasHapus
  12. Motherlove calming cream benar-benar membantu bunda untuk menenangkan dan membuat nyaman si kecil buah hati tercinta, ya mba, tentunya ditunjang juga dengan pengetahuan Bunda yang maksimal tentang pertumbuhan dan perkembangan anak.

    BalasHapus
  13. Selain biar anak nggak merasakan kepanikan ibu. Kadang kalau ibu nggak menenangkan diri terlebih dahulu saat menenangkan bayi. Malahan jadi emosi nggak sih. Marah-marah. Terus yang ada malah bikin bayi makin snewen dan rewel ua, Kak....

    BalasHapus
  14. Saya baru tahu ada krim ini. Produk baru ya? Anak kalau dibuat nyaman apalagi disertai kasih sayang dan perhatian tentunya akan lebih dirasanya nyaman. Gak rewel lagi deh ya kalau sudah menggunakan krim ini

    BalasHapus
  15. Betul sekali, bahasa yang dimiliki bayi memang baru menangis ya..
    Sehingga jangan keburu stres dulu, tetapi coba berkomunikasi dengan sang bayi apa yang sedang dirasakan.

    Alhamdulillah, ada penolong pertama yakni Motherlove Calming Cream.
    Yang bikin bayi hangat dan nyaman.

    BalasHapus
  16. Pernah banget bayiku rewel dan aku sibuk menenangkan, apalagi kalau udara panas, rewel banget. Senang kalau dipijat dan akhirnya tertidur pulas.

    BalasHapus
  17. Riskan bgt memang mengurus bayi itu. Apalagi bagi newbie kaya aku, sempet bingung kalau bayi nangis harus gimana. Tapi lama kelamaan sudah adaptasi jadi tau penyebab bayi nangis kenapa. Dan anakku juga termasuk yg sensitif kulitnya sampai DSA nya bilang ga boleh pake minyak telon. Aku baru tau ada konsep cream begini. Suka deh jadi pengen nyoba, enak bgt kayanya ke badan bayi jadi adem 😍

    BalasHapus
  18. kadang dalam mengurusi balita itu bikin insting kita harus lebih peka untuk tahu mereka itu butuh apa aja yaaa.. perlu banyak belajar ilmu parenting nih, salah satunya ya itu mengenali ciri saat bayi rewel di malam hari. untunglah motherlove calming cream bisa menjadi solusi.

    BalasHapus
  19. Iya sih Kadang sebagai new Mom langsung panik aja ketika bayi menangis. Bawaannya ngasih susu aja, Padahal banyak alasan yang bikin bayi nangis.
    Cara ampuh biar bayi idurnya enang emang paling sering aku pakai dengan melakukan pijatan lembut sebelum tidur. Udah pasti nyenyak deh sampai pagi, apalagi kalau pakai produk dari motherlove calming cream ini. Ada aloe Vera dan olive husk oil udah paling paten deh, bikin bayi nyaman dan tenang.

    BalasHapus
  20. Baby yang rewel bisa mengurangi kualitas tidur baby dan mommy nya ya. Motherlove Calming Cream bisa sangat membantu

    BalasHapus
  21. Waah motherlove calming cream sudah teruji secara dermatologis, bisa dipastikan sangat aman untuk kulit baby yaa mbaa

    Apalagi kandungan eucalyptus, aloe vera dan olive husk yang bagus untuk kulit bayi, ini sih cream yang dibutuhkan para Mom

    Ohya yang ga kalah penting sudah BPOM dan berserfikasi halal MUI. Worth it banget yaa mba.

    BalasHapus
  22. Bayi saat rewel orang tua kadang bingung, karena seperti di atas banyak yang jadi penyebabnya. Kuncinya orang tua kudu sabar dan temukan apa penyebabnya ya. Kalau cuaca dingin bisa pake Motherlove Calming Cream ya

    BalasHapus
  23. Solusi mudah dan tepat ya mba untuk si bayi kalo rewel dan gak nyaman, gak perlu dikit-dikit paje obat cukup oles calming cream motherlove deh

    BalasHapus
  24. Ya ampun, siksaan banget deh kalau bayi rewel di malam hari, aku inget banget jaman-jaman anak masih bayi. Alhamdulillah kalau Calming Cream bisa meredakan gejala kolik perut dan masuk angin ya

    BalasHapus
  25. penyebab bayi nangis padahal ada beberapa tapi kalau orang tua yang agak kolot suka bilang bayinya laper mulu, padahal kan engga ya, bisa jadi kolik. Sekarang banyak pengetahuan soal bayi kolik dan enaknya udah ada calming cream juga

    BalasHapus
  26. Saat awal-awal melahirkan, bingung sekali saat anak rewel di malam hari. Apalagi habis melahirkan badan tuh masih super capek ya kak. Sudah nenen masih rewel, cek popok aman tapi masih rewel juga.

    Nah makin kesini makin paham bahwa salah satu penyebab anak rewel tuh karena kolik. Untung waktu itu baca review soal calming cream dari Motherlove, ga pakai lama pesan dan udah dicobain. Ternyata memang semanjur itu. Anak jadi nyenyak juga tidurnya.

    BalasHapus
  27. Duuuh mbak, aku ngerasain banget kalau anak bayi nangis gak berhenti-henti di malam hari, itu rasanya wooow banget :(

    Popok udah diganti, minum susu juga udah tapi tetep aja nangis, ternyata bukan popoknya yang gak nyaman atau lapar dan haus. Ternyata kolik atau perut kembung bisa buat anak menangis tanpa henti ya :(

    BalasHapus
  28. Jadi ibu emang kudu sensitif dg tangisan bayi. Kudu tahu berbagai tangisan bayi, yang penyebabnya juga beda-beda. Apalagi, kalo nangisnya malem hari duh kadang bingung mau diapain. Semangat ibu-ibu semuaaa!

    BalasHapus
  29. Bayi rewel ini sesungguhnya bikin ibu yg baru punya baby panik loh, tapi untungnya ada Motherlove Calming Cream yg bisa meredakan beberapa masalah si kecil

    BalasHapus
  30. Wah, perlu nih aku punya calming cream dr Motherlove, persiapan menyambut bayi baru, jaga-jaga kalau mengalami kolik ya bun. Buat kakak2nya juga bisa banget ya, apalagi tipe tipe anak yg gak suka nelen obat, calming cream ini bs jadi solusi :)

    BalasHapus
  31. Dulu waktu baru jadi ibu, bingung banget pas bayi nangis kejer banget tiap malam. Clueless gitu deh gak tau kalau itu bisa jadi lagi kolik alias perut kembung.

    Nah sekarang udah paham jadi gak khawatir lagi deh karena kalau bayi lagi kolik, tipsnya ya cuma pijet lembut pakai calming cream ini salah satu caranya.

    BalasHapus
  32. waktu keponakanku rewel karena capek, aku kasih motherlove calming cream, eh dia lebih tenang

    BalasHapus
  33. Sama kaya Aisyah nih, ga bisa dipakein minyak telon karna rentan iritasi kulitnya. Alhamdulillah ada motherlove calming cream yang menenangkan bayi ya.

    BalasHapus
  34. Solusi ringkes buat si kecil rewel malem hari ya mba, tinggal balur langsung nyenyak tidurnya

    BalasHapus
  35. Duhm, bayi rewel di malam hari bikin panik dan lelah ya, mba. Alhamdullilah ada Motherlove Calming Cream

    BalasHapus
  36. Setuju mba akupun melakukan hal yg sama oles motherlove ini sebelum anakku bobo dimalam hari jd tenang dan nyaman saat bobo

    BalasHapus
  37. travel friendly banget ya, jadi pas dibawa-bawa nih :) memang harus stock kayanya buat di rumah kalau ada si kecil, musimnya sedang begini, biar si kecil lebih nyaman ya :)

    BalasHapus
  38. Aku ngga berani gendong Tiger in three mba hehehe, bayiku gede soalnya. Allhamdulillah diriku juga menggunakan motherlove ini. Bikin legaa

    BalasHapus
  39. Aku mau rekomendasi buat ponakanku yang bayi nih, kasian lagi batuk pilek, huhu jadi gak bisa tidur

    BalasHapus
  40. iya bener kalau bayi lapar atau pun haus dia akan menangis, apalagi popoknya sudah penuh pasti rewel, jadi sebagai ibu memang harus peka terhadap si kecil

    BalasHapus
  41. iya bener kalau bayi lapar atau pun haus dia akan menangis, apalagi popoknya sudah penuh pasti rewel, jadi sebagai ibu memang harus peka terhadap si kecil

    BalasHapus
  42. Kolik bikin anak rewel dimalam hari. Kita jadi gak bisa tidur juga kalau sudah pakai motherlove pasti tenang

    BalasHapus
  43. Ada aja ya penyebab bayi tidak rewel.
    Sehingga orangtua kudu peka melihatnya nih.
    Dan artikel ini jadi masukan daku sebagai calon orangtua nantinya

    BalasHapus
  44. Ingat beberapa tahun yang lalu,waktu anakku masih bayi. Suka panik kalau anak rewel malam hari.
    Terlebih aku belum ada pengalaman, jadi bingung

    BalasHapus
  45. Wah bisa buat baby ya...aku mau jenguk bayi nih. Bisa jadi kado juga ya...anakku juga mau aku kasih stok ini di rumah.

    BalasHapus
  46. Aku pakai calming cream ini juga, cocok buat zi, aku pakai setelah mandi

    BalasHapus

Posting Komentar