ivacwicha-header

Perlengkapan Traveling Bayi

Konten [Tampil]


Hai, hai, haiiii. Siapa nih yang sudah gatel banget pengen liburan setelah hamil dan melahirkan? Yuk, yuks cek list dulu perlengkapan traveling bayi yang perlu dipersiapkan agar liburan menjadi lebih tenang dan nyaman.

Setelah proses melahirkan yang penuh drama, ditambah masa-masa mengurus newborn. Pasti Moms ingin refreshing dan merasakan liburan ke suatu tempat yaa. Hal yang lumrah bin wajar. Berlibur atau traveling bersama keluarga bisa banget buat ngilangin stres dan membuat produksi ASI semakin melimpah.

Tapi, tapi, mikirin rempongnya kok sudah mager duluan ya? Eits, hempaskan saja pikiran-pikiran seperti itu ya Moms. Bepergian bersama bayi pastinya ribet dan ga bisa leluasa seperti waktu single dulu. Belum lagi soal perlengkapan yang harus dibawa. Rasanya satu rumah ingin dibawa saja yaaa.

Tapi insya Allah segala kerempongan dan keribetan saat bepergian bersama bayi kita, kelak akan menjadi memori manis untuk dikenang. Nah, biar liburan atau bepergian bersama bayi jadi aman, tenang, dan tentram. Moms harus persiapkan dulu beberapa hal penting di bawah ini ya.
Tips Travelling Bersama Bayi

Persiapan Traveling Bersama Bayi

1. Tentukan tujuan, waktu, dan akomodasi yang baby friendly

Namanya liburan sama bayi, ga bisa asal menentukan tujuan liburan seperti dulu lagi. Hindari wisata ekstrem, seperti cuaca, medan perjalanan, dan juga kelengkapan fasilitas. Tentukan juga akan menggunakan kendaraan pribadi atau akomodasi umum.

Pilih juga waktu berangkat atau jadwal perjalanan yang beririsan dengan jam tidur baby kita untuk meminimalisir baby rewel karena mengantuk. Waktu berangkat siang hari menjadi pilihan yang paling aman.

2. Jaga kesehatan dan stamina yang lebih

Setelah menentukan jadwal liburan, usahakan untuk lebih memperhatikan kondisi fisik Moms dan juga baby yaa. Pastikan Moms tidur yang cukup, makan makanan gizi tinggi dan seimbang, serta rajin olahraga. Kenapa? Ya namanya juga liburan, pasti tak luput dari jalan-jalan dan gendong menggendong bayi bukan?

3. Sounding ke anak jauh-jauh hari

Hah, anak kan masih bayi, emang ngerti kalau dikasih tahu? Jangan salah ya Moms, meski masih bayi dan belum bisa berbicara. Mengajak bicara atau ngobrol ke bayi adalah salah satu stimulasi penting yang tidak boleh dilewatkan.

Hal ini bisa menjadi salah satu cara yang memberi sumbangan besar untuk kemampuan anak berbicara nantinya. Jadi sounding sesering mungkin ke bayi kita bahwa kita akan melakukan perjalanan dan berdoa agar diberi kelancaran sehingga bayi tidak mudah rewel saat di perjalanan atau pun di tempat tujuan.

4. Siapkan perlengkapan traveling bayi yang dibutuhkan

Yuhuuu, ini dia yang menjadi momok Momies saat akan bepergian bersama bayi. Bawaannya segambreng >.<

Ga usah kesalahan dulu sebelum berperang ya Moms. Tetap tenang dan lakukan persiapan segala kebutuhan bayi dengan bijak. Membuat list perlengkapan sangat membantu dan juga memudahkan kita agar tidak ada perlengkapan yang terlewat atau pun over muatan.


List Perlengkapan Traveling Bayi 

Nah biar Moms ga repot sendirian, bisa nih gunakan list perlengkapan di bawah ini. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan atau pun kondisi dan gaya parenting Moms masing-masing yaa.

1. Pakaian bayi

  • Baju
  • Celana
  • Baju tidur
  • Kaos kaki
  • Baju hangat & topi
  • Diapers (popok sekali pakai)
  • Alas ganti popok
  • Selimut

2. Perlengkapan Mandi

  • Sabun bayi
  • Shampoo bayi
  • Minyak telon
  • Baby oil 
  • Rashcream (Krim ruam popok)
  • Handuk
  • Waslap + wadah plastik untuk air 
  • Tissue basah (baby wipes)

3. Perlengkapan lainnya

  • Kotak P3K yang berisi termometer, obat penurun panas, antiseptik, balsem
  • Mainan bayi
  • Baby carier atau stroller
  • Tissue kering
  • Plastik kresek
  • Botol minum dan perlengkapan makan

4. Perlengkapan Moms untuk keperluan si Kecil

  • Nursing cover
  • Breastpad
  • Pompa ASI

Tips Traveling Bersama Bayi

Jika semua kebutuhan perlengkapan sudah disiapkan, agar perjalanan dan liburan semakin tenang dan minim drama. Moms bisa ikuti tips traveling bersama bayi berikut ini.

Hindari waktu berangkat perjalanan saat jam tidur anak

Menjelang tidur anak biasanya membutuhkan suasana yang nyaman. Tak jarang beberapa anak yang lebih cranky saat mengantuk. Maka dari itu, pilih waktu berangkat di luar jam tidur anak. 

Itulah pentingnya mengatur dan membiasakan pola aktifitas anak sedari bayi. Sehingga lebih mudah untuk kita mengatur waktu saat akan bepergian seperti ini.

Bawa perlengkapan portable agar praktis

Beruntung ya kita sebagai Moms Milenial dimana perlengkapan bayi makin canggih dan bisa dibawa dengan mudah saat bepergian. Seperti stroller, bak mandi, food proccesor, dan peralatan lainnya dalam bentuk portable. 

Jadi sangat membantu saat dibawa bepergian dengan lebih mudah dan praktis. Memang harganya cukup mahal dengan masa pakai yang hanya sebentar. Tapi jangan sedih ya Moms, karena sekarang sudah banyak persewaan perlengkapan bayi yang bisa dijadikan pilihan saat akan traveling bersama bayi.

Siapkan mainan dan cemilan kesukaan anak

Selama perjalanan yang tidak sebentar, agar anak tidak merasa bosan dan lebih tenang. Moms bisa membawa beberapa mainan atau buku yang menarik dalam ukuran yang kecil sehingga mudah dibawa dan digunakan selama perjalanan.

Jika bayi sudah 6 bulan ke atas, maka jangan lupa untuk membawa cemilan favorit anak. Dengan begitu anak akan lebih anteng dan menikmati perjalanan traveling bersama kita.

Meminta bantuan pasangan 

Sebelum berangkat traveling, Moms bisa komunikasikan terlebih dahulu ke suami untuk pembagian tugas mengurus si Kecil. 

Kalau aku pribadi, saat bepergian tugas menggendong si Kecil diambil alih oleh suami. Lalu ketika anak mulai lapar dan ingin menyusu, barulah anak kembali ke dekapan ku lagi. Pun saat makan, alhamdulillah suami sudah peka tanpa dikode maupun diminta, suami memberikan kesempatan aku untuk menyantap makanan hingga habis terlebih dahulu. Ya meskipun kadang ga tega, akhirnya kita suap-suapan juga, hehehe.

Jangan sampai niat liburan sebagai healing menjadi boomerang karena kita terlalu lelah mengurus bayi seorang diri selama perjalanan atau di tempat tujuan. Jadi jangan ragu untuk meminta kerja sama dengan pasangan selama bepergian.

Kesimpulan 

Hadirnya buah hati di tengah kehidupan kita memanglah hal yang membahagiakan namun juga butuh banyak penyesuaian. Tak jarang membuat Lifestyle dan Travelling kita pun berubah, tidak sebebas waktu masih berdua dengan pasangan saja.

Untuk itu komitmen bersama pasangan tentang hak dan kewajiban sebagai suami istri pun perlu dibicarakan sejak awal agar tidak merasa berjuang seorang diri dalam mengurus buah hati. 

Melakukan traveling pun menjadi satu momen spesial yang bisa memperkuat bonding sekaligus healing untuk Moms dari penatnya rutinitas harian dan mengurus bayi di rumah. Asalkan Moms tetap memperhatikan kondisi bayi dan mempersiapkan perlengkapan traveling bayi sebelum bepergian.

Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar