ivacwicha-header

Cara Mengatasi Asam Lambung Tanpa Obat yang Aman

1 komentar
Konten [Tampil]

Asam lambung yang kambuh seringkali membuat rasa tidak nyaman pada penderitanya. Penyakit ini seringkali menyerang saat seseorang tidak menjaga pola makan dengan baik. Pun bisa terjadi karena seringnya mengonsumsi makanan pedas atau asam secara berlebihan.

Sebagai coffee addict dan juga pecinta pedas dengan riwayat lambung bermasalah, rasanya sungguh bergejolak. Satu sisi tak selera makan jika tak ada rasa pedas, ditambah butuh minum kopi saat dikejar deadline. Namun apa daya, organ tubuh tak mampu mentolerirnya dengan baik.

Lambung merupakan organ dalam tubuh yang memiliki peranan penting untuk manusia. Selain menerima makanan yang masuk dari kerongkongan, lambung juga berfungsi mengeluarkan asam dan enzim untuk mencerna makanan yang masuk.

Akan tetapi, akibat gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, lambung pun bisa bermasalah. Mulai dari naiknya asam lambung hingga maag kronis. Meski serupa karena sama-sama penyakit yang menyerang lambung. Penyakit asam lambung dan maag ini adalah kondisi penyakit yang berbeda lhoo.
Bedanya maag dengan asam lambung

Perbedaan Asam Lambung dan Maag

Banyak yang mengira penyakit asam lambung dan maag adalah kondisi penyakit yang sama. Padahal gejala yang dirasakan cukup berbeda. Tak hanya gejala dan penyebabnya saja yang berbeda, pengobatan dua penyakit ini pun juga tidak bisa disamakan.

Asam lambung yang disebut juga GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah kondisi dimana asam dalam lambung naik ke kerongkongan akibat katup antara kerongkongan dan lambung melemah. Dalam kata lain, otot kerongkongan bawah mengerut.

Sedangkan penyakit maag atau disebut juga dispepsia merupakan gangguan pada organ lambung akibat terjadinya peradangan pada dinding asam lambung. Gejala yang sering dirasakan saat maag adalah perut terasa kembung, mual hingga muntah, tidak nafsu makan, hingga nyeri pada ulu hati.

Gejala Asam Lambung

Sedikit berbeda dengan penyakit maag, asam lambung atau GERD memiliki gejala seperti berikut:
  • Jantung berdebar kencang
  • Mulut terasa asam dan pahit
  • Sensasi panas dan perih di dada hingga kerongkongan
  • Sulit menelan
  • Muntah dan nyeri di dada

Penyebab Asam Lambung

Naiknya asam dalam lambung tentu terjadi karena ada pemicunya. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab penyakit asam lambung seringkali kambuh: 
  • Kebiasaan atau pola makan yang buruk
  • Makan dalam porsi yang terlalu banyak dalam satu waktu
  • Kelainan bawaan pada saluran cerna
  • Efek obat-obatan tertentu
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
Melihat beberapa perbedaan di atas, semoga tidak bingung lagi ya membedakan antara sakit maag atau justru asam lambung yang naik. Karena beda gejala, beda pula penanganannya. Jenis obatnya pun berbeda antara asam lambung dan mengobati maag.
 
Tak ingin ketergantungan obat ketika asam lambung kambuh. Teman saya Rani Noona memberi saran untuk mencoba ramuan herbal. Ternyata tak hanya satu dua orang saja yang juga sependapat, banyak juga yang menyatakan bahwa minum air rebusan daun sirsak bisa mengobati asam lambung.

Akhirnya aku pun mencari tahu cara merebus daun sirsak untuk asam lambung. Dari channel YouTube Lismanian Watch, rasa penasaran ku pun terobati. Dalam video berdurasi 4 menit 19 detik, ditampilkan cara mengolah daun sirsak untuk mengatasi sakit maag dan asam lambung kronis. Nah biar ga penasaran juga, aku rangkumkan dalam infografis di bawah ini yaa.

Cara Merebus Daun Sirsak untuk Asam Lambung

Cara merebus daun sirsak untuk asam lambung
Meskipun warnanya seperti air teh, rebusan air daun sirsak ini rasanya seperti air putih biasa. Dijelaskan pula dalam keterangan video tersebut, rebusan daun sirsak juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit lainnya. Bahkan akun tersebut berani mengklaim khasiat rebusan daun sirsak ini terbukti manjur, jika dikonsumsi secara rutin 3x dalam sehari selama satu bulan.

Tak berhenti melihat video itu saja, karena masih ragu-ragu aku pun mencari tahu di kolom komentar. Dengan jumlah penanyangan lebih dari 348k, ada 219 komentar yang ternyata isinya pro dan kontra dengan khasiat rebusan daun sirsak. Meski ada beberapa testimoni yang sependapat, namun ada juga yang menyatakan kalau air rebusan air daun sirsak lebih cocok untuk mengobati penyakit asam urat dan kolesterol.

Hhmm, jadi semakin bingung dan tak berani asal ikut-ikutan. Apalagi untuk kesehatan organ dalam. Aku pun mencoba alternatif lain yang lebih aman dan terjamin.

Nutriflakes, Sereal Herbal untuk Mengatasi Masalah Lambung

Masih berbau herbal, tapi kali ini sudah terbukti aman karena sudah tersertifikasi BPOM. Nutriflakes merupakan minuman sereal dengan 5 bahan alami: Umbi Garut, Psylium Husk, Gula Aren, Susu Etawa, dan Daun Kelor. Dengan kandungan tersebut, Nutriflakes Sereal Asam Lambung memberikan banyak manfaat bagi kesehatan lambung lhooo.
Nutriflakes Sereal Asam Lambung
Dengan rasa yang enak, Nutriflakes menjadi salah satu cara mudah dan praktis untuk mengatasi asam lambung. Jadi ga perlu takut dan khawatir lagi akan ketergantungan obat asam lambung. Pun tak perlu repot merebus daun sirsak yang belum diketahui dengan jelas tentang keamanannya untuk tubuh. 

Pastikan membeli produk Nutriflakes yang asli yaa. Produk-produk Nutriflakes bisa dibeli secara online melalui Nutriflakes Shopee supaya bebas ongkir. Disitu juga bisa mengecek langsung review dan testimoni dari para pengguna Nutriflakes yang lain.

Oiya, selain mengonsumsi Nutriflakes secara rutin, untuk mencegah dan mengobati asam lambung ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaa. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?
  • Menghindari pemicu naiknya asam lambung, seperti makanan pedas, berlemak, dan minuman mengandung kafein atau soda
  • Berhenti merokok dan menghindari paparan asap rokok
  • Tidak memakai pakaian yang terlalu ketat yang bisa menekan perut, sehingga lambung pun bisa tertekan
  • Tidur dalam posisi kepala dan dada yang lebih tinggi
  • Konsumsi makanan yang bisa menurunkan asam lambung, seperti sayuran hijau, jahe, pisang, putih telur, dan yogurt 
  • Atur pola makan, makan dengan porsi kecil tapi sering
  • Makan secara perlahan dan jangan langsung tidur
  • Hindari stress dan overthinking
Yups, kesehatan mental juga bisa menjadi pencetus kambuhnya penyakit asam lambung yang diderita. Oleh karena itu, wajib untuk selalu bersyukur (jika perlu, buatlah jurnal syukur) agar stress pun tak kunjung melanda. Semoga dengan memperhatikan pola makan dan juga menjaga kondisi jiwa, penyakit asam lambung tidak kambuh lagi yaa.
Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Mbaaaak.. njenengan kok tahu kalau aku suka ngasih saran minum minuman herbal. Selama ini kalau maagku kumat (aku masih bingung, apakah aku ini kena maag atau kena asam lambung), aku selalu iris-iris kunyit lalu direbus. Sekarnag malah ada yg lebih praktis ya pakai Nurtiflakes

    BalasHapus

Posting Komentar