No ribet, bikin sambal awet tahan lama.


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Assalamualaikum...

Tulisan pertama membahas masak memasak, awalnya ga ada niatan nulis resep..
Berhubung kemarin posting foto stock sambal 3 jar, eh langsung diserbu chat nanyain resep dan caranya. Mungkin untuk resep sambal udah jadi rahasia umum ya, cuma banyak yang belum tau gimana caranya biar awet tahan lama. Bagi pecinta sambal wajib banget nyetok sambal kayak gini, biar tiap hari ga capek ngulek kayak tukang pecel...😁 maklum, buat saya dan suami makan tanpa sambal itu kurang nikmat rasanya..
Apalagi di bulan Ramadhan seperti sekarang ini, sangat praktis banget nyetok seperti ini.
Maka dari itu, sekalian aja aku tulis di blog ini biar bisa terjawab secara lengkap ya Mommies...


Nah, ini dia penampakan sambalnya


Sambal bawang, sambal ijo, sambal terasi (dokpri)
Foto belepotan karena ga niat buat properti blog 🙈

Bahan dan takaran bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya..karena aku kalo masak pake ilmu kira-kira aja (main feeling gitu) 🤭
Yang penting antara cabai dan bawang merah takarannya 1:1 yaa biar rasanya mantaaaps..

Pertama, sambal bawang

ini yang paling netral dan paling banyak orang suka..
Soalnya cocok banget buat semua jenis sayur dan lauk. 

Bahan:
  • 250gr cabai rawit merah (me:campur cabai merah keriting biar ga terlalu pedas)
  • 250gr bawang merah, kupas
  • 4 siung bawang putih, kupas
  • Garam, gula secukupnya
  • Kaldu bubuk totole (opsional, boleh juga saori)
  • Minyak goreng secukupnya

Cara:
  • Cuci bersih cabai dan bawang 
  • Potong2 agar mudah dihaluskan dan tidak meletus saat digoreng
  • Panaskan minyak, tumis cabai dan bawang sampai agak layu dan harum, lalu tiriskan
  • Haluskan, boleh manual pake ulangan atau pake blender (me:pake blender ditambah sedikit minyak, tapi jangan sampe halus ya, biar cakep masih setengah kasar)
  • Tuang ke wajan, nyalakan kompor. Tambahkan minyak, Garam, gula, dan kaldu bubuk. Masak sampai minyak bewarna kemerahan dan meletup. Cicip sedikit dan koreksi rasa.
  • Matikan kompor, biarkan dingin lalu masukan ke dlam jar.
  • Setelah benar-benar dingin, tutup rapat wadah lalu simpan dalam kulkas.

Sambal ijo

Sesuai namanya, sambal ijo ini bewarna hijau dari full cabai hijau. Sambal ini cocok banget buat sayuran berempah seperti menu nasi padang. Bikin sambal ini buat mengobati rindu makan nasi padang Citra Bundo di Semarang. Pecinta Padang wajib coba ya..

Bahan:
  • 200gr cabai hijau mix cabai besar, cabai keriting dan rawit 
  • 12 siung bawang merah, kupas
  • 2 buah tomat hijau, potong 4
  • Garam, gula secukupnya
  • Kaldu bubuk totole (opsional, boleh juga saori)
  • Minyak goreng secukupnya

Cara:
  • Cuci bersih cabai, tomat dan bawang 
  • Potong2 agar mudah dihaluskan dan tidak meletus saat digoreng
  • Panaskan minyak, tumis cabai, tomat, dan bawang sampai agak layu dan harum, lalu tiriskan
  • Haluskan, boleh manual pake ulangan atau pake blender (me:pake blender ditambah sedikit minyak, tapi jangan sampe halus ya, biar cakep masih setengah kasar)
  • Tuang ke wajan, nyalakan kompor. Tambahkan minyak, Garam, gula, dan kaldu bubuk. Masak sampai minyak bewarna kemerahan dan meletup. Cicip sedikit dan koreksi rasa.
  • Matikan kompor, biarkan dingin lalu masukan ke dalam jar.
  • Setelah benar-benar dingin, tutup rapat wadah lalu simpan dalam kulkas.

Sambal terasi

Kalo ini pastinya buat pecinta terasi...
(Favoritnya pak suam deh kalo ini)

Bahan:
  • 250gr cabai rawit merah (me:campur cabai merah keriting biar ga terlalu pedas)
  • 250gr bawang merah, kupas
  • 2 buah tomat ukuran besar, potong 4
  • Terasi secukupnya, bakar sebentar sampai semerbak aromanya 😆
  • Garam, gula secukupnya
  • Kaldu bubuk totole (opsional, boleh juga saori)
  • Minyak goreng secukupnya

Cara:
  • Cuci bersih cabai, tomat dan bawang 
  • Potong2 agar mudah dihaluskan dan tidak meletus saat digoreng
  • Panaskan minyak, tumis cabai, tomat dan bawang sampai agak layu dan harum, lalu tiriskan
  • Haluskan, boleh manual pake ulangan atau pake blender (me:pake blender ditambah sedikit minyak, tapi jangan sampe halus ya, biar cakep masih setengah kasar)
  • Tuang ke wajan, nyalakan kompor. Tambahkan minyak, terasi yang sudah dihaluskan manual, Garam, gula, dan kaldu bubuk. Masak sampai minyak bewarna kemerahan dan meletup. Cicip sedikit dan koreksi rasa.
  • Matikan kompor, biarkan dingin lalu masukan ke dalam jar.
  • Setelah benar-benar dingin, tutup rapat wadah lalu simpan dalam kulkas.

Kuncinya agar bisa awet lama adalah masak sambal sampai matang , tunggu benar-benar dingin lalu masukan dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara. Simpan dalam kulkas dan sambal pun akan awet sampai 2minggu bahkan lebih. Yang penting saat mau menyajikan untuk makan, ambil dengan sendok bersih lalu tutup rapat dan masukan kulkas kembali. Sebelum disiapkan untuk makan, taruh sambal dalam wadah saji, bisa diamkan hingga dingin atau bisa juga tambahkan sedikit minyak goreng panas.

Nah sekian dulu sharing resep kali ini, semoga bisa bermanfaat ya Mommies..


😊💜

8 komentar:

  1. Tos mbak! Aku juga tiap bulan nyetok sambal bikinan sendiri. Sambel terasi sih mbak, akunya ga kuat kalau tanpa tomat :p
    Btw aku pakai gula merah mbak, monggo bisa dicoba, lebih sedap lho :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah ga nyampe 2 minggu dah bkin lagi mbak, padahal serumah cma berdua yg makan sambelnya...

      Hapus
  2. Waahh... aku baru tau ada rumus 1:1. Tar coba ah. Terima kasih ilmu persambelannya, mba 😘😘

    BalasHapus
  3. Bisa dicoba nih mbak. Jadi ga perlu ngulek tiap hari :)

    BalasHapus
  4. Ku ss mb mo nyobain nanti hihi.. Nice💞

    BalasHapus
  5. ku baru tauuu sambal bisa awet sampai berminggu minggu gitu. lumayan ya jadi gak repot nyambel dulu setiap mau makan hihi

    BalasHapus
  6. Wah ini menarik mbaa, walaupun ngga terlalu suka sambel tp kayaknya lebih sehat dibanding beli sachetan hehe.
    Thanks for sharing mbaa

    BalasHapus
  7. Wah, samaan, saya juga kadang suka bikin sambal begini. Lumayan untuk stok. Maklum, penggemar sambal kelas agak berat. Hehe. Makasih resep-resepnya ya

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, dengan senang hati menerima masukan saran dan komentar Anda 😊🙏