ivacwicha-header

5 Permainan untuk Anak Mengaji dan Mempelajari Isi Al-Quran

Konten [Tampil]

Melatih anak belajar mengaji, sebaiknya dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Banyak permainan untuk anak mengaji yang bisa orang tua berikan. Dengan bermain bersama, anak akan lebih bersemangat dan menikmati proses belajarnya.

Dunia anak adalah dunia bermain, lantas tak begitu saja membiarkan anak bebas bermain tanpa pendampingan. Masa emas anak, dimana mereka mampu menyerap berbagai informasi dengan mudah, menjadi waktu yang tepat untuk orang tua mengajarkan berbagai hal kebaikan.

Terlebih dalam hal keimanan. Mengenalkan dan mengajarkan anak mengaji bisa menjadi salah satu cara agar keimanan dalam diri anak terus bertumbuh dengan baik. Karena dalam diri setiap anak sudah tertanam keimanan yang sesuai dengan fitrah-Nya.

Oleh karena itu, menjadi kewajiban bagi orang tua untuk merawat dan menjaga keimanan tersebut agar terus tumbuh dan semakin kuat. Mengajarkan anak mengaji bisa dilakukan sedini mungkin, namun tentu dengan cara yang menyenangkan sesuai dengan usia si anak.

Berikut beberapa cara dan permainan untuk anak mengaji, agar anak tidak merasa terbebani. Bahkan anak tidak menyadari bahwa dirinya sedang belajar. Namun baiknya perlu dimengerti dahulu, bahwa mengaji bukan hanya perkara membaca Al-Quran saja.

Mengaji memang sudah identik dengan membaca Al-Quran. Tetapi, mengaji bukan sekadar itu. Aktifitas mengaji juga bisa dilakukan untuk mempelajari isi dari Al-Quran itu sendiri. Jadi saat mengajarkan anak mengaji, tidak hanya sekadar mengajarinya membaca ayat demi ayat saja. 

Mengaji juga bisa sebagai bentuk dalam mengajarkan tentang Al-Quran yang berisi tentang: 
  • Petunjuk bagi umat manusia, yang berupa: akidah, ibadah, akhlak
  • Perintah dan larangan beserta hukum-hukumnya
  • Kisah para Nabi dan umat manusia di masa lampau
  • Sifat-sifat Allah
  • Berita tentang jaman yang akan datang dan kehidupan akhirat, termasuk surga dan neraka
  • Dasar-dasar ilmu pengetahuan dan alam semesta
Lalu untuk cara dan permainan untuk anak mengaji bisa dilakukan dengan cara berikut.

Story telling kisah dalam Al-Quran

Meski mengaji memiliki pengertian membaca Al-Quran, belajar mengaji untuk anak usia dini bukan berarti membaca Al-Quran saja. Anak-anak usia dini yang belum bisa dan memang belum waktunya membaca, namun bisa menangkap apa yang dia lihat dan didengarnya.

bookish play

Dengan menceritakan berbagai ciptaan Allah atau kisah-kisah para Nabi yang disebutkan dalam Al-Quran, baik secara langsung maupun dengan membacakan buku. Ibu juga bisa sambil bookish play yang berisi tentang ayat-ayat Al-Quran. Selain itu, Ibu juga bisa mengajarkan beberapa doa atau bahkan surah pendek sebagai latihan hafalan ayat Al-Quran untuk anak.

Tebak Huruf Hijaiyah

Untuk permulaan latihan anak mengaji, Ibu bisa mengenalkan huruf hijaiyah beserta cara membacanya. Saat ini sudah banyak berbagai permainan yang menyenangkan untuk mengajarkan anak bisa membaca Al-Quran. Baik permainan digital maupun mainan konvensional.

Bermain tebak huruf hijaiyah bisa dilakukan dengan menggunakan flash card hijaiyah atau puzzle knob yang mudah digenggam anak. Ibu pun juga bisa membuat DIY permainan sederhana sebagai media bermain tebak huruf hijaiyah tanpa harus membeli mainan baru.

Sambung Ayat-Ayat Al-Quran

Permainan selanjutnya untuk anak belajar mengaji adalah dengan mengajak anak melanjutkan ayat-ayat Al-Quran yang sedang atau sudah dihafalkannya. Otak anak balita, paling mudah untuk mengingat dan menghafalkan sesuatu.

Menjadi masa emas yang sayang dilewatkan untuk mengisi dengan hafalan ayat Al-Quran atau pun doa-doa harian. Nah, permainan ini anak akan membuat anak semakin kuat hafalannya.

Quran Based Play

Sudah pernah mendengar tentang Quran Based Play? Permainan bermakna yang bisa diberikan ke anak untuk mentadaburi isi Al-Quran. Jika Ibu sering membuat Fun Learning untuk anak, cobalah mencari ide bermain yang bisa dijadikan media belajar anak dalam mempelajari isi Al-Quran.

Bukan hal yang sulit untuk dilakukan, quran based play bisa diberikan ke anak dengan alat dan bahan sederhana yang ada di rumah. Pun Ibu bisa melakukan aktifitas outdoor untuk mengajarkan anak tentang ciptaan-ciptaan Allah. Tak perlu jauh-jauh, Ibu bisa mengamati tumbuhan atau binatang yang berada di lingkungan sekitar.

Sebagai Blog Homeschooling, pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang cara belajar mengajar untuk anak. Nah sebagai referensi lebih lanjut, Ibu bisa mencoba beberapa permainan untuk anak mengaji berikut dengan konsep Quran Based Play.

Permainan-permainan ini dimaksudkan untuk mengajarkan ke anak tentang isi dari Al-Quran itu sendiri. Untuk anak-anak, membahas mengenai alam semesta beserta isinya sebagai ciptaan Allah, menjadi tema permainan yang paling mudah. Tenang saja, alat dan bahan yang diperlukan sangat sederhana.

#1 Mengurutkan proses tumbuh tanaman

diy permainan tumbuhan

#2 Mempelajari laut dan isinya

permainan sederhana untuk anak

#3 Mempelajari tata surya

ide main tentang tata surya

#4 Mengenal lebah dan manfaatnya

ide main tentang binatang

#5 Mempelajari hewan dan manfaatnya

fun learning tema hewan

Penutup

Mengajarkan anak mengaji sejak dini, menjadi salah satu cara untuk membentuk karakter anak menjadi shalih/ah. Pun menjadi ladang amalan bagi Ibu yang bernilai pahala. Karena pada dasarnya Ibu adalah madrasatun'ula bagi anak-anaknya. Memberikan permainan untuk anak mengaji seperti contoh-contoh di atas, juga bisa menjadi materi yang cocok untuk homeshooling secara Islami untuk anak. Rumah pun bisa sekaligus menjadi Home Education Centre bagi anak-anak kita. 
Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

31 komentar

  1. Site contains valuable info

    BalasHapus
  2. Keep on blogging, its great!

    BalasHapus
  3. Just desire to say your article is as surprising.

    BalasHapus
  4. The clearness on your publish is simply spectacular.

    BalasHapus
  5. You certainly understand how to bring a problem to light and make it important.

    BalasHapus
  6. A lot more peoople must read his and understand this side of thhe story.

    BalasHapus

  7. I really happy found this website eventually. Really informative.

    BalasHapus

  8. Thank you so much for this wonderful post and all the best for your future.

    BalasHapus

  9. I am satisfied with the arrangement of your post.

    BalasHapus
  10. Thank you for some other informative blog.

    BalasHapus
  11. This is really helpful post and very informative there is no doubt about it.

    BalasHapus
  12. Great content from the author which is useful for us. Keep posting many more good informative blogs. Human Trafficking Lawyer

    BalasHapus
  13. Quranic Memory Game:
    This game combines the fun of a memory game with Quranic verses. Create pairs of cards, each featuring a Quranic verse and its corresponding translation. Children take turns flipping the cards, aiming to match verses with their translations. It's an excellent way for kids to familiarize themselves with the verses and their meanings.... divorce attorney in Fairfax

    BalasHapus
  14. Excellent and very exciting site. Love to watch. Keep Rocking

    BalasHapus
  15. Some truly choice articles on this site, saved to favorites.

    BalasHapus
  16. Thankyou for this marvellous post, I am glad I found this web site on yahoo.

    BalasHapus
  17. But wanna comment that you have a very decent web site, I love the layout it really stands out.

    BalasHapus
  18. Veryy well-written. I am really thankful for sharing your quality words with us.

    BalasHapus
  19. What a fantastic and informative blog post! Your approach to teaching children about their faith in a fun and engaging way is truly commendable. I appreciate the diverse methods you've outlined for making learning enjoyable for kids. New Jersey Domestic Violence Act It's evident that you're not just imparting knowledge but also nurturing their spiritual growth. Keep up the great work! Middlesex County Reckless Driving Lawyer

    BalasHapus
  20. information is very nice. Feel free to visit my website

    BalasHapus
  21. Really a good informative post to read. The kid is curious to draw. Keep sharing more good blogs. Fairfax DUI Lawyer

    BalasHapus
  22. Dunia anak adalah dunia bermain, lantas tak begitu saja membiarkan anak bebas bermain tanpa pendampingan. Masa emas anak, dimana mereka mampu menyerap berbagai informasi dengan mudah, menjadi waktu yang tepat untuk orang tua mengajarkan berbagai hal kebaikan.

    BalasHapus

  23. "Permainan" is an Indonesian or Malay term that translates to "game" in English. It refers to any form of play, sport, or recreational activity with specific rules and objectives. Permainan can encompass a wide range of activities, from traditional games to modern sports and video games.
    uncontested divorce in virginia
    virginia statute of limitations personal injury
    northern virginia personal injury attorney

    BalasHapus

  24. There is a glimmer of light for people trapped in the criminal justice system within the maze-like passageways of Fairfax County's legal terrain, where complexity and high stakes abound. Presenting the exceptional Fairfax County Criminal Defence Attorney, a shining example of legal skill and steadfast dedication to defending each client's liberties and rights.Fairfax County Criminal Defense Lawyer

    BalasHapus
  25. "Thank you for this insightful post! The depth of information you've provided here is impressive. I particularly resonated with [specific point or section]. It sheds light on a topic I've been curious about.
    Nicholai Sachdev

    BalasHapus
  26. It can be difficult to navigate Loudoun County's maze-like traffic laws and legal complexities. Being in trouble with the law while operating a vehicle is a typical occurrence due to the busy roads and constantly changing laws. Having the correct legal representation can make all the difference when it comes to a traffic infraction, be it a speeding ticket, DUI charge, or something more complicated.loudoun county traffic attorney

    BalasHapus

Posting Komentar