ivacwicha-header

Mengenal lebih dalam tentang Homeschooling secara Islami

Konten [Tampil]

Belakangan ini makin marak pembahasan soal Homeschooling di negara kita Indonesia. Efek dari pandemi yang membuat anak kita harus Sekolah dari Rumah yang justru membuat sebagian orangtua khususnya Ibu kewalahan atau bahkan stress dalam mengajari anak. Padahal sebetulnya sudah menjadi tugas seorang ibu menjadi madrasah pertama bagi anak-anaknya. Jadi sudah menjadi kewajiban kita untuk menjadi pengajar dan membersamai kegiatan belajar anak.


Lalu apa sih sebenarnya homeschooling itu?
Setelah berselancar di google, secara garis besar pengertian homeschooling adalah suatu model pendidikan alternatif yang berbasis di rumah dan diselenggarakan oleh keluarga. Jadi homeschooling bukanlah suatu lembaga yang menyerupai sekolah melainkan suatu metode pendidikan yang berbasis di rumah dengan berbagai kegiatan yang sangat bervariasi. Ada yang dibuat terstruktur seperti di sekolah, ada yang menggunakan metode-metode tertentu, tergantung dari keputusan orangtua yang tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak. 

Alhamulillah, bulan ini menjadi rejeki saya untuk bisa mempelajari lebih jauh tentang seluk beluk pengajaran dan pendidikan anak, terutama mengenai homeschooling. Melalui kuliah online Bengkel Diri Kelas Siap Mendidik, ada 13 materi yang dibahas secara tuntas dengan fasilitator yang mumpuni dan sayang sekali jika saya simpan sendiri. Oleh karena itu, insya Allah saya akan mencoba menuliskan rangkuman dari materi-materi yang telah dibahas dalam tulisan blog saya ini. Jadi stay tuned terus dan doakan saya istiqomah ya..😊

Materi pertama membahas tentang Pengenalan Homeschooling yang dipaparkan oleh Teh Karin (Karina Hakman) yang mana seorang penulis dan juga pelaku homeschooler untuk ke3 anaknya. 

Homeschooling


Bentuk Homeschooling

Ada berbagai bentuk dan penerapan homeschooling, setiap orangtua memiliki landasan dan penerapan masing-masing. Tetapi sebagai umat muslim, dalam menentukan sistem pengajaran perlu diperhatikan 2 faktor utama, yaitu antara kebutuhan dan keinginan.
  • Kebutuhan pokok, yang tentunya tidak bertentangan dengan akhlak islamiyah yang berupa akhlak (adab), ibadah, aqidah, jasadiyah, dan tsaqafah.
  • Keinginan, yang terdiri dari berbagai faktor berikut:
    1. Harapan Orang tua sebagai Kepala Sekolah dalam pendidikan anak. Kita wajib merumuskannya, baik berupa visi dan misi atau mudahnya kita sebut sebagai harapan. Harapan atau doa-doa yang kita panjatkan untuk anak kita, dapat kita realisasikan dalam bentuk pengajaran yang kita berikan dirumah. Dimana banyak hal yang tidak terakomodasi dalam sitem pengajaran di sekolah.
    2. Harapan Anak, seiring dengan anak yang semakin bertumbuh besar maka anak akan mempunyai keinginan-keinginan dan harapannya sendiri, tentunya kita sebagai orang tua bisa mengarahkannya.
    3. Minat Bakat Anak, dimana anak bisa menyampaikan langsung minatnya dalam bidang apa. Jika anak kita masih kecil dan belum bisa menyampaian secara langsung, kita sebagai orang tua bisa mengenali apa-apa yang cocok dengan keunikan dan kebutuhan anak.
    4. Ekonomi Keluarga, dimana homeschooling bisa disesuaikan dengan kemampuan ekonomi keluarga masing-masing. Tidak benar bahwa homeschooling lebih mahal dari sekolah formal, karena penggunaan materi dan bahan pengajaran bisa kita sesuaikan tidak melulu menggunakan buku yang mahal.
    5. Komitmen Waktu, yang sangat fleksibel dan bisa kita sesuaikan dengan kemampuan anak dan kesanggupan pengajar. 
    6. Support System, termasuk suami yang bisa mengambil peran dalam materi tertentu atau memberikan full dana. Selain itu, saudara/kakak dari anak tersebut yang bisa memotivasi dan membantu mengajarkan atau menemani sesekali waktu. Orangtua atau mertua kita, bahkan ART yang membantu pekerjaan domestik dirumah merupakan sebuah support system yang membantu jalannya homeschooling.

Kurikulum Homeschooling

Dalam membuat kurikulum homeschooling tidak ada ilmu yang paten, karena pada dasarnya homeschooling sangat fleksibel dimana kurikulum ini harus menyesuaikan dengan kondisi dan kemampuan masing-masing anak. Jadi yang perlu kita perhatikan dan jadi bahan pertimbangan dalam membuat kurikulum anak adalah sebagai berikut:
1. Mempelajari tahapan perkembangan anak dari berbagai sumber
Banyak pendapat yang berbeda mengenai penerapan homeschooling, agar pikiran kita tidak terkotak-kotak, kita harus mencari referensi dari berbagai sumber. Melalui buku yang membahas tentang perkembangan anak dalam Islam, buku tahapan perkembangan secara psikologis anak, atau buku-buku lain yang berkaitan dengan sistem pendidikan anak bisa kita pelajari sebagai referensi.
2. Mengenali anak dalam tahapan
Karena tiap anak adalah unik yang mempunyai cara dan waktu konsentrasi yang berbeda dalam belajar. Kuncinya adalah kita harus mengenali anak kita dengan sangat detail, dengan cara selalu membersamai anak untuk membangun kedekatan emosional. Homeschooling menjadi sulit saat kita tidak mengenal bagaimana karakter anak kita sendiri.
3. Mempelajari gaya belajar anak
Melalui proses yang tidak singkat, kita bisa mengenali dan paham kebutuhan anak kita dengan memperhatikan kesehariannya. Dengan memahami karakter anak, kita jadi tau cara apa yang cocok untuk sistem pengajaran yang akan kita berikan.
4. Waktu belajar efektif anak
Yang bisa kita sesuaikan setelah kita paham betul bagaimana anak kita melalui tahapan-tahapan di atas. Sehingga kita bisa mendapatkan golden moment anak dimana sangat dibutuhkan kepekaan kita sebagai orangtua. Sebagai contoh: ada anak yang mempunyai konsentrasi tinggi pada saat pagi jadi langsung menyodorkan buku untuk belajar tahsin, tetapi saat siang akan aktif bergerak kesana-kemari, sehingga membutuhkan cara belajar yang seru dengan berbagai kegiatan yang membutuhkan gerak tubuh. Dengan waktu yang efektif diharapkan ilmu yang kita ajarkan dapat terserap secara sempurna daripada kita memaksakan anak untuk duduk berjam-jam tetapi anak tidak bisa memahami sama sekali.
5. Jadwal dan rutinitas
Hal ini harus kita sesuaikan dengan kebutuhan pokok kita sebagai umat islam yang sudah dibahas di awal tadi, dimana waktu belajar tidak mengganggu waktu ibadah shalat. Disini kita sekaligus mengajarkan ilmu tauhid kepada anak, bahwa kewajiban kita sebagai umat muslim untuk menyegerakan shalat ketika waktunya sudah tiba. 
6. Sumber dan Penyusunan Materi
Sumber pengajaran dan pengajar bisa kita sesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas kita masing-masing. Jika dirasa ilmu kita belum mumpuni dalam mengajarkan suatu materi, kita bisa memanggil atau mendatangi pengajar yang ahli dalam bidang tersebut.

Metode Homeschooling

  1. Talaqqi, metode ini biasa digunakan saat anak belum bisa membaca, jadi kita sebagai pengajar membacakan kepada anak dan kemudian anak mengikuti. Cara ini cocok digunakan untuk hafalan, jika ingin bacaan Al Quran yang pas kita bisa memperdengarkan murotal saat anak-anak sedang bermain dengan suasana yang tenang.
  2. Ngobrol/Diskusi, cara ini bisa digunakan setiap saat saat kita membersamai anak. Anak dibawah 5 tahun sangat aktif bertanya akan banyak hal, disaat itulah kita bisa memberikan banyak penjelasan secara santai seperti halnya kita mengobrol sehari-hari.
  3. Bermain, ini cocok untuk anak-anak dibawah 5 tahun, dimana fitrah mereka adalah bermain dan mencari tau akan segala sesuatu. Melalui permainan anak akan tertarik dan lebih bisa memahami sesuatu yang kita ajarka dengan cara yang menyenangkan.
  4. Story Telling/Baca Buku, ini tidak melulu menggunakan buku yang mahal. Yang terpenting adalah bagaimana kita menyampaikannya ke anak.
  5. Pemaparan/Penjelasan, saat anak menanyakan sesuatu kita bisa menjelaskannya secara langsung. Jika dirasa kita tidak yakin dengan jawaban yang akan kita berikan, kita bisa bilang secara jujur kepada anak bahwa kita belum tahu dan akan segera mecari tau kepastiannya, melalui internet atau buku yang kita miliki di rumah.
  6. Studi Kasus, untuk menjelaskan berdasarkan kejadian yang sedang atau sudah terjadi dan kita jelaskan prosesnya secara mendalam.
  7. Percobaan/uji coba mengenai sains, yang bisa kita pelajari terlebih dahulu untuk menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
  8. Rihlah/ Jalan-jalan, cara ini bisa sesekali kita lakukan, sekaligus untuk mentadaburi ciptaan Allah dengan berbagai kondisi dengan melihat dan berinteraksi secara langsung.  
  9. Praktek Keseharian, sebagaimana kebutuhan pokok dimana ibadah shalat dilakukan saat waktunya tiba, pembiasaan mengucapkan tolong maaf dan terimakasih, mengajarkan akhlak baik yang bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari.
  10. Keteladanan, memberi contoh akan lebih mengena daripada kita hanya memerintah anak saja.

Dengan berbagai kapasitas BIAYA,  kita bisa menyesuaikan sesuai kemampuan kita masing-masing.

1. Pengajar, dengan pertimbangan: 
  • kesesuaian nilai
  • kesesuaian materi
  • pembekalan materi
2. Bahan, yang disesuaikan dengan kapasitas dan budget kita masing-masing.
  • Mandiri, dengan cara kita kumpulkan sendiri dengan berbagai kreatifitas yang kita miliki 
  • Eksternal yang sudah tersedia secara lengkap dalam bentuk buku atau modul dengan berbagai biaya. 
3. Jadwal, yang disesuaikan dengan kemampuan anak.
  • waktu shalat
  • kebutuhan orang tua
  • materi/metode/pengajar/anak

Sosialisasi Anak yang Homeschooling

Hal ini menjadi pertanyaan yang paling sering ditanyakan mengenai homeschooling. Dimana orangtua merasa takut anaknya kurang terpenuhi kebutuhan sosial karena paradigma anak homeschooling belajar sendirian dirumah. Padahal saat ini sudah banyak acara playdate sesama homeschooler dan berbagai komunitas homeschooler yang bisa kita ikuti untuk memenuhi kebutuhan interaksi anak dengan tema sebayanya. Yang perlu dan penting untuk diingat adalah:
  • Tujuan Sosialisasi: saling mengenal, saling belajar dan tolong menolong, sehingga ada hubungan interaksi dengan orang lain secara global. 
  • Objek Sosialisasi: mulai dari teman sebaya, tetangga, orang yang lebih tua, guru, saudara, sesama jenis dan lawan jenis, bahkan orang yang baru dikenal.
  • Adab Sosialisasi: dimana kita akan lebih banyak mengajarkan adab-adab yang semestinya sesuai syariat Islam yang mana saat bersekolah formal kita kurang bisa mengontrolnya.

Legalisasi/Ijazah

Ada beberapa opsi yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan ijazah untuk anak kita yang homeschooling, diantaranya:
  • Sekolah Induk
  • Ujian Persamaan
  • Portofolio
  • Ujian Internasional
  • Sertifikasi Homeschooling Formal

Nah, demikian berbagai informasi yang bisa kita jadikan bahan pertimbangan untuk memutuskan apakah anak kita akan homeschooling atau tidak.
Yang terpenting adalah kita harus menyesuaikan dengan tahapan perkembangan anak kita masing-masing, tanpa membandingan dengan anak orang lain. Karena pada dasarnya setiap anak adalah unik dan tidak ada sistem pengajaran yang terbaik melainkan satu sama lain saling melengkapi dengan mengutamakan nilai-nilai harapan yang ingin kita capai dan kapasitas serta kemampuan kita sebagai orangtua. 

Semoga kita semua diberikan kemampuan untuk memberikan pengajaran yang sesuai dengan fitrah anak dan selalu mendapatkan ridha Allah Subhanahu wa ta'ala.

Akhir kata, wassalamualaikum.















Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

29 komentar

  1. yang aku ga paham untuk ijazahnya ini sistemnya gimana ya mba. proses untuk dapatnya itu gimana? pr banget nih sekarang. punya anak yang beda usia ngajarinnya agak kewalahan. haha

    BalasHapus
  2. Aku merasa dimasa pandemi ini memang waktunya kita untuk belajar tentang homescholing sih. Menarik ya bahasannya, yang aku bingung soal ijazah dan kesetaraannya itu mba...penasaran deh.

    BalasHapus
  3. Pencerahan baru tentang metode dan teknis pelaksanaan pembelajaran secara homeschooling ini. Saya yakin, setiap orang tua ingin memberikan pendidikan yang terbaik utk putra-putrinya, terlepas itu melalui homeschooling ataupun di lembaga pendidikan yang kita biasa sebut "sekolah".

    BalasHapus
  4. Bengkel diri ini punya Ummu Balqis?
    Bahas homeschooling juga yaa.
    Aku sendiri menjalani homeschooling usia dini pake metode entah apa pokoke nyaman bahagia, hahaha. Ya enaknya gitu sih bisa disesuaikan kondisi keluarga dan mengikuti minat anak.

    BalasHapus
  5. Ditunggu materi homeschooling selanjutnya Mbak. Saya melakukan praktik homeschooling dengan ank saat usia 3-6 tahun. Saat masuk SD, anak tidak masuk TK dulu. Alhamdulillah. Saya merasa makin banyak kekurangan ilmu ttg homeschooling nih

    BalasHapus
  6. Wah menarik juga nih. Aku juga mau sekolah dari rumah dulu buat anakku yang harusnya tahun ini masuk playgroup. Karena di rumah bisa memasukkan unsur agama kaya jam sholat juga yaa. Baguuus hehehe.

    BalasHapus
  7. Wah aku baru tau nih kalo ternyata kita bisa urus untuk ijazah dan dokumen untuk kelanjutan sekolah ke jenjang selanjutnya walopun homeschooling. Dulu aku ragunya karena persoalan itu.

    BalasHapus
  8. Home schooling bisa jadi pilihan jika memang diinginkan ya, informasi lengkap terkait metode dan kurikulum homeschooling yang di share ini tentunya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  9. minggu lalu sharing dengan teman yang sudah menjalankan homeschooling untuk ketiga anaknya, meskipun awalnya lumayan tricky tapi ternyata menarik unutk diikuti ya

    BalasHapus
  10. Kalau dulu sempat gak suka dengan Home Schooling, pengennya tuh anak sekolah ya ke sekolah berinteraksi dengan temannya. Tapi disaat pandemi sekarang ini anak belajar di rumah dan kita sebagai gurunya juga kalau di rumah. Tapi kemarin waktu Collaboration Day sekolah anakku, gurunya selalu bilang "jangan menjadi kita sebagai guru di rumah" tapi tetap menjadi madrasahnya.

    BalasHapus
  11. Menarik sekali sih mbak homeschooling cuman masih tetep yang di pertanyakan tentang sosialisasi anak, masih takut jadi ansos

    BalasHapus
  12. MasyaAllah, semoga kita orangtua bisa jd sekolah terbaik buat anak yaa :) meski memang tidak ada yg sempurna tp berusaha ngasih yg terbaik :)

    BalasHapus
  13. Beberapa temanku ada yang model homeschooling untuk anak-anaknya Mba, jadi bisa ngawasin anak-anak secara langsung ya kan. Semoga kita bisa menjadi orang tua yang terbaik untuk anak2 aamiin

    BalasHapus
  14. Aku pribadi memang takut kalau di skeolah anak-anak tidak bisa mendapatkan yang terbaik, aplagi soal lingkungan gampang terpengaruh. Dalam hati pengen homschooling, tapi diri sendiri merasa belum mampu membangun kurikulum yang tepat huhu

    BalasHapus
  15. aku tadi pagi baru aja dari sekolahan anak-anak dapat info kalau sekolah senin depan mulai aktif. metodenya selang seling. sehari di sekolah sehari home schooling

    BalasHapus
  16. Sering2 sharing ttg ini ya mbaa..bermanfaat banget untuk sayaa :)

    BalasHapus
  17. Nice share mbak. Untuk sekarang, Homeschooling bisa jadi alternatif juga ya. Apalagi mulai banyak orang tua Indonesia yang memilihkan metode Homeschooling untuk anaknya.

    BalasHapus
  18. Maa syaa allah bermanfaat bgt ini infonya..
    Mau tanya mba.. klo mencari pengajar homescooling ada website / komunitas khisus kah?

    BalasHapus
  19. Terima Kasih sharingnya mb aku jg lagi belajar tentang HS.. sejauh ini tokoh HS panutan ku masih Ummi Kiki barkiah

    BalasHapus
  20. Nice sharing mba
    Jazakillah u ilmunya😊🙏

    BalasHapus
  21. Ilmu yg penting banget di tengah pandemi begini, mau sekolahin tapi takut.. Semoga qta sbg ibu bisa menjadi sebaik-baik madrasah utk ank qta. Amiin 🙏

    BalasHapus
  22. Terima kasih sharingnya mba

    BalasHapus
  23. Jazaakillahu khairan sharingnya

    BalasHapus
  24. Mba, itu jadwal kegiatannya d buat satu bulan atau gmna? Sama Tau Gaya belajar anak itu Dr usia brp y? Makasih sblmny

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah ya mbak. Materinya keren banget ini. Tapi aku jujur belum berani ambil langkah HS, masih banyak repotnya.

    BalasHapus
  26. Wa'alaykumsalam... MasyaAllah... rangkumannya ❤️

    BalasHapus

Posting Komentar