header blog ivacwicha

Timmyness, 10 Prinsip Kerja Dibalik Suksesnya IDN Media

Konten [Tampil]
Timmyness-10-Prinsip-suksesnya-IDN-Media


Sebagai Millenials yang punya mobilitas tinggi, pasti tidak akan bisa lepas genggaman dari gawai kesayangan kita kan..? Berbagai informasi dan hiburan bisa kita akses dengan mudahnya dengan bantuan internet. 

Sayangnya, tidak semua informasi yang disajikan 100% akurat dan juga aktual, tapi tidak dengan IDN Media

Kalau dengar kata IDN pasti auto inget IDN Times kan? Iya, betullll… platform-nya gen Z itu…


IDN Media merupakan sebuah perusahaan media berbasis teknologi yang menyediakan berbagai berita dan hiburan di berbagai platform yang target pasarnya adalah para Millenial dan Gen Z di Indonesia. IDN Media sendiri sudah mengoperasikan banyak platform, diantaranya IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, Yummy, GGWP.ID, Duniaku.com, IDN Creative, IDN Event, IDN Creator Network, IDN Pictures, dan IDN Programmatic OOH.

Hmmmm…banyak banget kan? Mana nih platform andalan mu?

Yang pasti apapun kebutuhan informasi yang kita butuhkan, disajikan secara akurat dan menarik oleh IDN Media.

Saya pun jadi penasaran, apa sih yang ada di balik IDN Media hingga bisa berkembang sangat pesat dengan berbagai platform yang sangat beragam ini?

Ternyata oh ternyata, ada 10 Nilai yang Wajib dimiliki para pekerja, yang sangat beruntung, bisa menjadi bagian dari suksesnya IDN Media ini.


Timmyness, 10 Nilai yang Wajib Dimiliki Pekerja IDN Media

Sebagai dasar dalam membentuk sistem, kebijakan, dan strategi perusahaan. Winston Utomo selaku Founder dan CEO IDN Media sejak IDN Media pertama kali berdiri, menciptakan beberapa nilai dasar yang terdiri dari sepuluh poin berikut.

Timmyness (Source:IDN Media)

10 Nilai di atas diberi nama Timmyness. Timmy sendiri merupakan sebutan untuk para karyawan IDN Media. Jadi Timmyness ini merupakan pedoman penting bagi Timmy dalam bekerja, agar menjadi suatu kebiasaan yang positif, sehingga dapat merepresentasikan nilai dan kultur perusahaan.

Yuk kita bahas satu per satu secara berurutan 10 poin dari Timmyness ini.

1. Membawa Kreativitas, Ketulusan, dan Semangat dalam Bekerja

Dalam bidang media, terutama media digital, kreativitas sangat diperlukan Timmy dalam berkarya. Ide-ide yang inovatif bisa diperoleh dengan lebih mudah saat kita bekerja dengan “passion”.

Dengan adanya semangat dalam diri atas apa yang kita kerjakan, kita pun akan lebih enjoy dan jauh dari rasa bosan. Selain itu, akan menumbuhkan keinginan untuk terus mengasah kreativitas dan menambah ilmu, dari berbagai literasi, berbagi pengalaman,dan juga mengikuti pelatihan. Dari situlah akan muncul berbagai ide yang menarik dan penuh inovatif.

Tentunya, kreativitas dan semangat dalam bekerja ini akan kurang tersampaikan ke pembaca tanpa adanya ketulusan dari hati.

 


2. Berkomunikasi dengan Benar dan Bertindak secara Etis

Komunikasi adalah kunci penting dalam sebuah organisasi, dimana dalam sebuah tim akan banyak sekali ragam opini dari antar anggota. Oleh karena itu, komunikasi menjadi substansial yang menentukan keberhasilan sebuah tim dan juga dalam menjalin hubungan ekternal.

Dengan tetap menjaga komunikasi yang baik dan etis dalam bersikap, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya konflik saat ada perbedaan pendapat. Komunikasi secara langsung dengan cara yang baik, dan juga bisa menghargai pendapat orang lain tanpa perlu memaksakan opini kita sendiri.

Baca juga: 


3. Berkembang di Tengah Ambiguitas dan Perubahan yang Dinamis

Perkembangan teknologi yang pesat, akan membawa perubahan yang dinamis dan penuh ketidakpastian. Secara tidak langsung menuntut Timmy agar mampu beradaptasi dengan cepat agar mampu bertahan di tengah persaingan global.

Diharapkan Timmy mampu dan berani mengambil risiko yang ada agar proses adaptasi di lingkungan kerja pun dapat dilewati dengan sukses.

 

4. Bersikap Aktif dan Kolaboratif, Bukan Kompetitif

Dalam sebuah tim, setiap individu sudah selayaknya bersikap aktif dan mampu berkolaborasi membangun suatu tim yang solid. Sudah bukan jamannya para pekerja saling berkompetisi dengan berbagai cara hingga menjatuhkan rekan kerja sendiri. IDN Media percaya bahwa sikap kolaboratif ini mampu menumbuhkan kesadaran setiap Timmy untuk bisa saling membantu dan mendukung. Sehingga pekerjaan akan dapat terselesaikan secara lebih efektif dan efisien.

Winston pun mengatakan bahwa “kompetitif itu sudah out-of-date. Kita malah harus terus berupaya untuk meminimalisasi adanya persaingan yang tak sehat…”

 

5. Menghargai Perbedaan

Prinsip Bhineka Tunggal Ika menjadi landasan fundamental yang dilestarikan IDN Media. Agar tercipta lingkungan kerja yang nyaman, Timmy pun harus bisa saling menghargai satu sama lain. Tanpa memandang latar belakang  ras, etnis, agama, atau bahkan warna kulit seperti yang sedang ramai di negara maju saat ini.

Beruntungnya para Timmy, dimana Founder IDN menjadikan ini sebagai salah satu landasan yang fundamental dimana hal ini menjadi krisis di negara maju.

 

6. Mempertahankan Sikap Positif, bahkan Ketika Sesuatu tidak Berjalan sesuai dengan Harapan

Timmyness (Source:IDN Media)

Positif Thinking dalam setiap keadaan akan membantu kita terbebas dari perasaan marah dan menyalahkan orang lain atas apa yang kita alami. Tidak semua hal yang telah kita rencanakan dapat berjalan mulus dan lancar. Akan kita jumpa berbagai kendala di luar ekspektasi kita sebagai manusia. Tapi jika kita mampu untuk terus berpikiran positif, maka akan lebih mudah untuk menemukan alternatif lain agar bisa mencapai apa yang diharapkan.

Percaya atau tidak, pikiran dan sikap positif yang kita lakukan mampu memberikan positive vibe ke orang-orang yang ada di sekitar kita. Begitu pula sebaliknya.

 

7. Membantu Rekan Kerja demi Kepentingan Kelompok

Setiap individu diciptakan sebagai makhluk sosial. Maka sudah seharusnya saling membantu jika ada yang kesulitan. Hidup bersosialisasi terutama dalam pekerjaan, wajib memiliki kemampuan bekerja sama dengan baik antar anggota suatu tim.

Sikap egois atau masa bodoh harus dibuang jauh-jauh oleh Timmy, karena keberhasilan suatu kelompok bisa terjadi jika semua anggota bisa saling mendukung dan saling membantu.

 

8. Memuji Rekan Kerja saat Mereka Sukses dan Membantu saat Mereka Membutuhkan

Lingkungan kerja tidak seramah lingkungan sekolah memang lah nyata adanya. Beruntungnya para Timmy, dimana IDN Media menjadikan budaya apresiatif dan saling membantu menjadi salah satu poin dari Timmyness ini.

Bentuk apresiasi terhadap orang lain bisa diberikan melalui pujian, saran, dan kritik yang membangun. Apresiasi ini merupakan bentuk penghargaan yang bisa kita berikan atas hasil kerja keras orang lain. Saat ada yang kesulitan pun, sudah sepatutnya pula kita ringan tangan untuk membantu mereka sebagai bentuk dukungan.

 

9. Melakukan Hal yang Benar bahkan Ketika tidak Ada yang Melihat

Hal dasar untuk bisa melakukan ini adalah kejujuran. Integritas merupakan hal yang sulit ditemukan dewasa ini. Banyak pekerja yang hanya melakukan hal besar untuk mencari simpati dari atasan. Padahal atasan tertinggi adalah Sang Pencipta yang Maha Melihat di saat orang lain tidak melihat.

Landasan inilah yang bisa menjadi pengingat untuk selalu bersikap benar dalam setiap kondisi. Sehingga orang lain pun mampu memberi kepercayaan yang lebih, karena reputasi baik yang dibangun atas nilai kejujuran.

 

10. Melihat Kesuksesan Perusahaan sebagai Kesuksesan Diri

Visi dan misi IDN Media adalah untuk membawa dampak positif bagi masyarakat dan mendemokratisasikan akses pada informasi yang akurat, seimbang, bermanfaat dan positif dalam upaya menjadi suara Millenial dan Gen Z di Indonesia.

Melalui visi dan misi perusahaan dan seiring berjalannya waktu, setiap Timmy diharapkan bisa merasa memiliki dan ikut terlibat dalam kesuksesan IDN Media. Dengan Timmyness pamungkas ini, Pak Winston menjelaskan bahwa “Hal ini akan meningkatkan sense of belonging, rasa bangga mereka terhadap perusahaan juga.”

 

Nah, tuntas sudah rasa penasaran saya akan kunci sukses dari perusahaan media yang satu ini. No wonder kalau bisa berkembang pesat dan terus bertahan di tengah persaingan dunia digital yang sangat keras ini. Nilai-nilai yang agak sulit ditemukan dewasa ini, tapi justru dipikirkan dengan matang oleh Pak Winston. Hingga terbentuk Timmyness yang menjadi bagian penting dari IDN Media sehingga bisa merepresentasikan nilai dan kultur perusahaan.

Walaupun saya saat ini sudah tidak menjadi karyawan dan pekerja lagi, tapi nilai-nilai Timmyness ini patut dan bisa banget diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yang pastinya akan bermanfaat juga bagi personal branding kita sendiri.

 

Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

25 komentar

  1. Wow jadi itu rahasianya. Memang betul bisa diterpkan untuk kita juga ya.

    BalasHapus
  2. Timmyness keren banget.. Kompak dan solid, walaupun banyak perbedaan. Salut nih sama Timmy.. Sukses terus buat Timmyness 7 dan seterusnya..

    BalasHapus
  3. IDN Media sangat kreatif dan inovatif bukan hanya di kontennya tapi juga di soal treatment ke para karyawannya yang bisa kita adaptasi juga Timmyness nya ini :)

    BalasHapus
  4. Prinsip timmyness ini sangat bagus untuk diterapkan buat kehidupan sehari hari

    BalasHapus
  5. Mestinya poin2 ini bisa kita aplikasikan juga ya dalam kehidupan kita

    BalasHapus
  6. Ini prinsip dasar yang wajib dimiliki dan bisa diterapkan dalam kehidupan Sehari-hari meski Aku juga udah ga bekerja lagi.

    BalasHapus
  7. membranding nilai-nilai baik untuk kerja di suatu lingkungan memang diperlukan ya mbak. semoga tidak sekadar tulisan tapi bisa diaplikasikan juga dalam kehidupan ya

    BalasHapus
  8. pas aku baca timmyness aku auto pengen kerja di sana deh mbak, hihi,..

    ngebayangin suasana kerja yg poduktif, saling support, mendukung kreativitas dan menghargai perbedaan ini adalah memberi kenyamanan buat pekerja. Makanya, pantesan idn media nih tumbuh dengan cepat yaa. moga kita bisa niru beberapa diantaranya

    BalasHapus
  9. Biasanya kantoran akan kasih reward ini dan itu bagi siapa saja yang blablabla. Tapi reward ini lebih ke individu yah. Makanya kompetitif banget kadang. Beda sama idn yak mereka mengutamakan kolaborasi kerja Tim. Jadi lebih semangat kerjanya kalo kayak gni

    BalasHapus
  10. Bangga pernah jadi bagian anak media meskipun bukan sebagai Timmy. Jadi kangen ih hehe. Dan memang bener, spuluh karakteristik di atas sangat berguna kalau diterapkan di lingkup lingkungan lain.

    BalasHapus
  11. Kalau di tempat kerja punya prinsip yang kaya gini kita paati bakalan kerja sepenuh hati ya.

    BalasHapus
  12. Poin poin diatas akan sangat baik jika dijalankan di setiap perusahaan dan di dalam diri masing masing orang. Keren banget dah

    BalasHapus
  13. Selama ini tahunya IDN Times saja ternyata platform ini bagian dari IDN Media yang juga memiliki platform ternama lainnya seperti Yummy dan Popbela. Perusahaan yang cukup besar ya IDN Media ini dan salut dengan prinspip kerja yang diterapkannya

    BalasHapus
  14. Inilah kunci sukses IDN. Melalui konsep dan nilai2 yg wajib dimiliki para timmy-nya, maka tak heran jika media ini maju pesat. Terutama nilai pada poi ke-5. Karena jika tak mampu menghargai perbedaan, maka akan mudah tercerai berai

    BalasHapus
  15. nggak heran kalau IDN berkembang pesat ya, karena foundernya sudah memikirkan jauh ke depan terkait visi, misi dan goal yang akan diraih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya teh. Foundernya futuristik dan humanis bgt. Moga bnyk perusahaan yg menancaokan nilai2 yg variatif dan berkembang seperti atas

      Hapus
  16. Nilai-nilai Timmyness ini sarat dengan kehidupan yah jika diterapkan makan feed back positif akan selalu kt dapatkan,, dan untuk personal branding sangat baik diterapkan

    BalasHapus
  17. Perusahaan sukses berkat karyawannya telah menerapkan ke-10 timmyness yang dibangun oleh perusahaan.

    BalasHapus
  18. IDN ini emang termasuk media yang berkembang pesat menurutku. Aku bahkan duku nggaa tau Popmama dan Yummy itu satu naungan. Ternyata iya, besar banget berarti dan memang timmyness ini point yang krusial dalam pekerjaan.

    BalasHapus
  19. Konsep aturan visi misi nya keren banget nih, dan sangat bermanfaat buat para pekerja sehingga menjadi semangat untuk bekerjanya.

    Suka banget nih saya baca-baca artikel di IDN times !

    BalasHapus
  20. Kalo sebuah perusahaan telah memiliki ketulusan serta kreativitas, maka akan bisa maju. Dan terbukti pada IDN

    BalasHapus
  21. Inovatif juga Kreatif, aq dah bergabung di popmama

    BalasHapus
  22. IDNTimes selalu jadi rujukan kalo cari data nih
    Karena lengkap semua ada
    Mungkin faktor atasan bawahan berjalan 2 arah. Sehingga mereka kreatif ya?

    BalasHapus
  23. Nilai di IDN ini hampir sama dengan nilai Pancasila. Pas banget buat diterapkan untuk tenaga kerjanya

    BalasHapus

Posting Komentar