header the thought journal

Tulisan makin Berkesan dengan Handmade Journal Hibrkraft

Konten [Tampil]

Ilmu itu bagaikan panen atau buruan dalam karung, menulis adalah ikatnya. ~ Imam Syafi’i

Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan kata-kata di atas?

Menulis sangat membantu kita untuk mengikat ilmu yang kita dapatkan dalam berbagai kesempatan. Tak hanya anak di bangku sekolah saja yang wajib menulis, tetapi menulis juga menjadi suatu kebutuhan hingga kita menua nanti.


MANFAAT MENULIS

Di sisi lain, menulis juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental kita lho. Dirangkum dari doktersehat.com ada beberapa manfaat dari kegiatan menulis yang kita lakukan sehari-hari.

1. Meningkatkan Daya Ingat

Dengan menulis kita akan lebih berkonsentrasi dan fokus untuk dapat memahami informasi yang kita terima. Dengan demikian, otak akan lebih aktif untuk menyaring informasi tersebut sehingga kita akan lebih mudah mengingatnya.

2. Meredakan Stress

Menulis diyakini mampu mengurangi pikiran-pikiran negatif yang sedang kita alami. Kegiatan menulis secara rutin mampu membantu memperbaiki emosi dan mendeteksi pola tidak sehat pada perilaku dan pikiran kita. Cara ini banyak digunakan untuk menyembuhkan mereka yang sedang mengalami depresi atau cemas yang berlebihan.

3. Memperkuat Sistem Imun

Melanjutkan manfaat di atas,  menuliskan jurnal kegiatan sehari-hari atau sering kita sebut dengan menulis diary mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan dalam suatu penelitian, ditemukan bahwa mereka yang menulis diary selama tiga hari berturut-turut selama 20 menit per hari, menunjukkan bahwa menulis dapat membantu pemulihan fisik yang lebih cepat.

4. Memperbaiki Suasana Hati

Selain meredakan stress dan meningkatkan sistem imun, menulis bisa menjadi sarana untuk menuangkan ekspresi. Saat segala uneg-uneg dalam hati dan pikiran berhasil kita luapkan dalam sebuah tulisan, maka perasaan akan lebih lega dan membuat lebih bahagia. Menuliskan impian masa depan atau hanya sekadar gratitude journal setiap hari, mampu membuat seseorang lebih percaya diri dan berpikiran positif.

5. Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas

Menulis di awal hari bisa menjadi pemanasan untuk otak kita agar lebih fokus. Sehingga saat menjalani hari kita lebih bersemangat dan terkontrol dengan tulisan agenda yang sudah kita buat. Selain itu, saat kita sudah rajin menulis, maka ide-ide akan lebih mudah keluar sehingga kreativitas pun akan semakin terasah.

6. Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Semakin banyak menulis maka semakin baik pula susunan kata yang kita pelajari tanpa kita sadari. Sebagaimana saat kita ingin menuliskan suatu cerita yang lengkap, maka kita akan menyusun kata demi kata dengan hati-hati agar tidak terjadi pengulangan dan cerita yang kita tuliskan bisa berurutan dengan baik. Dengan begitu, akan ada kosa kata baru yang akan kita pelajari dan otomatis meningkatkan kemampuan berbahasa kita menjadi lebih baik.

 

TULISAN TANGAN DI ERA DIGITAL

Walau di era digital saat ini kita bisa lebih mudah mencatat dengan beragam media untuk tempat menulis. Menulis tangan ternyata memiliki manfaat yang lebih besar untuk otak kita. Tak heran jika banyak para ahli yang  masih menulis dalam buku catatan atau jurnal khusus. Banyak bukti yang menunjukkan bahwa menulis dengan media elektronik tidak sehebat kemampuan pena dan kertas dalam membantu otak untuk fokus.

Menulis tangan mampu mengaktifkan pusat emosi pada otak dan juga sistem visual maupun motorik. Maka dari itu, menulis menjadi salah satu terapi bagi mereka yang sedang mengalami depresi atau trauma. 

Menulis tangan merupakan bentuk ekspresi yang tidak hanya sekadar berbentuk garis lurus. Setiap tulisan tangan kita mampu memunculkan jaringan neuron yang bisa meningkatkan imajinasi. Setiap torehan bisa mengungkapkan kepribadian, mood, ketidaksukaan , dan maksud dari si penulis.

Hasil tulisan tangan akan lebih otentik dan juga intim jika dibandingkan ketikan digital. Dengan menulis tangan kita jadi lebih ingat apa yang kita tuliskan. Seperti saat menuliskan jadwal atau agenda pada kalender, menulis ide yang terlintas dalam notes kecil (yang jika tidak segera ditulis akan menguap begitu saja), dan menuliskan hal-hal penting dalam sebuah buku jurnal.

Agar semua catatan tersebut bisa tersimpan dengan rapi, kita pasti membutuhkan sebuah buku jurnal untuk menuliskannya dengan mudah. Nah, belum lama ini saya menemukan sebuah buku jurnal handmade yang bisa membuat tulisan kita semakin estetik dan memorable untuk disimpan.

Handmade Journal by Hibrkraft

Kali ini saya memilih produk Hibrkraft dengan cover kain tenun dan isi kertas jenis kraftpaper ukuran A5 yang Indonesia banget..

Buku catatan yang didesain dengan gaya old world binding, dimana tepian kertas disobek secara manual dengan tangan. Jadi sangat terlihat klasik dan menimbulkan kesan vintage yang estetik untuk catatan kita. 

Handmade journal dengan ukuran yang sangat pas untuk masuk dalam tas kita saat bepergian dan manis juga saat kita letakkan di meja. Sangat pas untuk menuliskan segala macam catatan yang ingin kita abadikan. Mulai dari agenda penting, ide atau gagasan penting, diary pribadi, hingga bullet journal buat kalian yang jago lettering.

Karena tampilan buku jurnal Hibrkraft ini sangat unik, saya pun tak ingin menggunakannya hanya sekadar untuk menulis coretan biasa. Jurnal ini khusus untuk tulisan dan catatan yang penuh makna, seperti:

  • Quote penyemangat diri

Kata-kata bijak yang saya dapatkan baik dari hasil membaca, menyimak kajian, atau bahkan hasil pemikiran sendiri sebisa mungkin saya tuliskan dalam jurnal Hibrkraft ini. Tidak hanya karena saya pelupa, tapi juga bisa menjadi penyemangat diri saat down atau malas melanda.
  • My Gratitude Journal
Siapa disini yang rajin menulis Gratitude Journal tiap hari? Patut diacungin 2 jempol deh...
Menuliskan hal-hal yang patut disyukuri setiap harinya sebelum tidur sangat lah membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik. Kita akan jauh dari rasa iri atau mengeluhkan tentang sesuatu yang mungkin tidak sesuai dengan harapan kita. Dengan menuliskan dalam buku jurnal seperti ini, kita akan tersadar dengan banyaknya nikmat yang telah kita dapatkan. Doakan yaa supaya saya pun bisa istiqomah selalu menjadi pribadi yang bersyukur baik dalam lisan maupun tulisan yang akan saya torehkan di buku Hibrkraft ini.
  • Moment penting
Sejauh ini My Gratitude Journal masih sebatas jika ada moment penting saja. Jujur belum mampu untuk menuliskan setiap hari karena masih sering ketiduran saat ngelonin bocil bobo malam (jangan ditiru yaak). Jadi, saat ada moment yang spesial otak ini lebih aktif untuk menuliskannya. Seperti moment-moment saat mudik beberapa waktu yang lalu.
  • Scrap book 
  • Scrapbook
    Source:Pinterest

Satu lagi keunggulan dari Handmade Journal Hibrkraft, dimana produknya dibuat dengan teknik single thread longstitch binding. Jadi, teknik binding dalam buku jurnal Hibrkraft ini diberikan jarak antara tumpukan kertas yang lumayan besar. Sehingga cocok untuk menyematkan foto atau tempelan lain. dengan begitu struktur buku tidak akan mudah rusak dan bisa tertutup sempurna. Harapannya bisa membuat scrap book tentang tumbuh kembang di Kecil.


SEKILAS TENTANG HIBRKRAFT

Saya pun penasaran dengan handmade journal yang satu ini, lalu saya pun mencari tahu tentang sejarah berdirinya. Jadi, Hibrkraft merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang produksi buku jurnal dan paket merchandise. Hibrkraft sendiri sudah dirintis sejak 2011 dengan nama Hibrcraft. Hingga akhirnya pada 1 Mei 2013 resmi didirikan oleh Ibrahim Anwar dengan nama Hibrkraft.

Hibr merupakan akronim dari Haji Ibrahim Anwar yang merupakan nama pemilik yang berkeinginan berangkat ke tanah suci. Hingga saat ini, Hibrkraft berlokasi di Bojonggede, Bogor tetapi produk-produknya sudah terkirim ke seluruh penjuru Nusantara hingga mancanegara. Dengan visi “mengembalikan kecintaan masyarakat Indonesia pada dunia tulis menulis” Hibrkraft berhasil menarik berbagai customer, baik personal maupun institusi dan perusahaan.

 

PANDUAN PEMILIHAN JURNAL HIBRKRAFT

1. Pilih Ukuran Kertas

Pilih ukuran jurnal atau pun agenda yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan dari buku tersebut. Hibrkraft memberikan 6 pilihan ukuran sebagai berikut:

  • Pocket, dengan ukuran 11 cm x 8 cm
  • A6, dengan ukuran 15 cm x 10,5 cm
  • Medium, dengan ukuran 18 cm x 13 cm
  • A5, dengan ukuran 21 cm x 15 cm
  • Large, dengan ukuran 25 cm x 18 cm
  • A4, dengan ukuran 30 cm x 21 cm

Biar ga bingung atau hanya mengira-ngira, bisa langsung cek gambar berikut ya..

Jurnal-hibrkraft
Source: hibrkraft.com

Selain ke enam pilihan ukuran di atas, Hibrkraft juga bisa menerima ukuran custome by request lho. Jadi ga perlu khawatir jika ingin membuat ukuran yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

2. Jenis Kertas Hibrkraft

  • Kertas kraft (brownpaper)
  • Kertas CW 150 (Sketchpaper)
  • Kertas Bookpaper 80 gsm (Crema)
  • Kertas HVS Import 80 gsm (HVS Crema)

Sama halnya dengan pemilihan ukuran kertas, untuk jenis kertasnya pun kita bisa request khusus juga. Seperti kertas Canson, kertas daur ulang, aged paper (kertas using), manila, linen, dan masih  banyak lagi.

3.Tentukan Jenis Cover dan Jenis Potongan Kertas

  • Cover Handmade Journal Hibrkraft tersedia dalam dua pilihan bahan, yaitu cover bahan kulit dan kain tenun. 
Untuk cover kain tenun, Hibrkraft menggunakan kain tenun khas berbagai daerah dengan berbagai warna.  Salah satu motifnya seperti foto yang saya gunakan di atas. 

Sedangkan untuk cover bahan kulit, Hibrkraft memiliki banyak seri model yang beragam dengan pilihan warna yang berbeda. 
Hibrkraft-journal
  • Jenis potongan kertas: Torn Edge dan Fine Edge

Torn Edge adalah jenis potongan tepian kertas dipotong secara manual dengan sobekan tangan seperti jenin kain tenun yang saya pakai.  

Sedangkan jenis Fine Edge, bagian tepian kertas dipotong dengan mesin seperti jenis buku jurnal pada umumnya yang beredar di pasaran. 

Untuk gambar detail dari tiap produk Hibrkraft bisa langsung kepoin  ke akun Instagram @hibrkraft atau bisa langsung hubungi via telepon atau WA ke nomor 081511190336

Gimana? Tertarik juga menorehkan catatan dalam handmade journal Hibrkraft?

Menulis jadi makin menyenangkan dan akan lebih berkesan dengan menggunakan buku jurnal Hibrkraft. Tulisan kita pun akan tersimpan rapi dan bisa menjadi buku kenangan yang memorable, dimana suatu saat akan membuat kita tersenyum sendiri ketika membacanya.


Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

48 komentar

  1. Wuih cakep banget itu jurnalnya. Handmade itu emang beda sih 👍 setiap produk pasti khusus

    BalasHapus
  2. Banyak banget manfaat dari menulis ya. Aku penasaran deh sama hibrkraft pengen nyoba juga.

    BalasHapus
  3. huwaaa bagus juga rupanya journalnya, jadi gak sabar punyaku datang jg hihiii pengen cepetan nyobain nulis yaaa biar makin rajin nulis hehe

    BalasHapus
  4. Cakeeeppp

    Menulis dengan tangan masih aku pertahankan juga sampai hari ini, walaupun bentukan tulisanku nggak bagus bagus amat.

    Selalu tiap mau bikin postingan pasti bikin outline dulu di kertas.

    Unik banget sih buku catatannya.

    BalasHapus

  5. Aduh itu cover hibkraft bisa begitu bagus ya. saya juga mau coba pakai ah buku sejenis itu. Jadi ingat masa kecil dulu, menulis dalam buku diari, hehehe ...

    BalasHapus
  6. Dari aku SD aku sika bgt ngoleksi notes. Aaah liat ini kataku shining. Mana covernya lucu bgt. Paling seneng nulis mimpi2, quotes, to do list, pokoknya journaling di buku gini :) bakal ak intip sih ini notesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah iya, kalau liat buku journal gini emang jadi keinget SD pakai buku diary buat curhat hehehe

      Hapus
    2. Samaaaa. Hihihi dan masih mencoba membiasakan sampai sekarang.

      Paling tergoda karena bisa pesan ukuran sama jenis kertasnya juga biar sesuai kebutuhan.

      Hapus
  7. Aku juga masih suka nulis di buku. Lebih enak aja, bisa aku buka nanti lagi. Kalau di gawai kan suka ke hapus dll.
    Bagus juga, ya produk-produk dari hibrkarft. Apalagi yang tenun aku suka.

    BalasHapus
  8. Aww.. jurnal tenunnya keren banget sih ini. Rasanya pengen punya juga, supaya makin semangat nulis 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii kalau jurnalknya sekeren ini bikin makin semangat nulisnya ya :)

      Hapus
  9. dulu pernah punya buku binder, buku diary. sekarang nulisnya di blog. tapi kok jadi kepincut ini. pengen nyona yg gratitude journal. sepertinya bagus buat pengingat diri sendiri

    BalasHapus
  10. Duhh pengen bangett punya iniii, sebagai penggemar jurnal seneng banget nuli2 kek gini, tapi masalahnya cuma soal kekonsitenan itu loh wkwk

    BalasHapus
  11. seneng banget liatin orang yang bisa ulet bikin scrap book, keren dan kreatif banget :D

    BalasHapus
  12. Waaa makin semangat dan rajin ya mba kalo joirnalnya model ini. Aku belum punya jadi pengen juga

    BalasHapus
  13. cantik sekali handmade journal hibrkraft, bisa rekues gak isi atau desainnya? jadi makin semangat nih buat bikin jurnal setiap harinya

    BalasHapus
  14. Lah kupikir produk luar, ternyata bikinan bojonggede. Dan kepanjangannya unik pula. Sungguh tak terduga.

    Bagus2 yaa... Ini sih bikin semangat nulis tangan naik lagi.

    BalasHapus
  15. Wah bermacam2 ukurannya dan sampulnya bagus2 ya mbak? AKu jd keinget zaman aku nulis diaryu dan bikin scrap book semua ditempel2. Seru juga nih kalau beli journal kyk gtu dan mulai nglemesin tangan lg buat menulis :D

    BalasHapus
  16. Luci banget mbak journalnya. Memang benar sih journalling atau menulis langsung itu salah satu bentuk healing juga. Sampai sekarang saya masih mempertahankan kebiasaan itu

    BalasHapus
  17. Luci banget mbak journalnya. Memang benar sih journalling atau menulis langsung itu salah satu bentuk healing juga. Sampai sekarang saya masih mempertahankan kebiasaan itu

    BalasHapus
  18. Wwaa.. cakep2 banget sih jurnalnya.. ini nih yg bikin semangat nulis..

    BalasHapus
  19. hibkraft ini jurnalnya cantik cantik ya mbak, jadi semangat buat nulis jurnal tiap hari deh

    BalasHapus
  20. Nulis tangan katanya lebih membantu kita mengingat yg kita tulis juga. Kalau jurnalnya cakep-cakep begini jadi semangat menulis yaa

    BalasHapus
  21. Aku juga mulai menulis gratitude sebelum tidur nih, semoga konsisten. Menulis sebagai healing tu bener banget. Menulis juga membantu aku untuk selftalk

    BalasHapus
  22. Ini bagus banget mbak. Bisa jadi ide buat kado teman atau buat suvenir2 juga. Kesannya klasik dan mevvah, dan pastinya membantu UMKM juga kan..

    BalasHapus
  23. Cantik dan bagus sekali ide untuk menulis dalam handmade journal Hibrkraft. Bagaikan tulisan yang bisa dibaca kembali dan jadi memorable. Thanks atas infonya.

    BalasHapus
  24. Suka sampulnya dengan balutan tenun makin menampakan keIndonesiaan banget. Keren emang hibrkraft ini.

    BalasHapus
  25. Kreatif sekali jika bisa menulis dalam handmade journal seperti ini. Anakku juga pastinya suka karena dia lebih kreatif

    BalasHapus
  26. Aku juga masih menulis di handmade journal seperti ini. Kesannya sangat ekslusif dan personal. Selalu ada sensasi yang membahagiakan ketika menulis dengan tangan dan pena.

    Bolehlah Hibrkraft ini saya kepoin lebih lanjut.

    BalasHapus
  27. dulu sering beliin scrap book buat anak ak, dan hasilnya mereka lebih kreatif

    bisa jadi alternatif hadiah ya?

    Mau kepoin Hibrkraft ah, agar bisa beri hadiah yang memicu kreativitas keponakan2 saya

    BalasHapus
  28. Gemas semali ini jurnal nya. Bisa dibawa kemana-mana, bisa buat Bank Draft tulisan juga nih. Handmade lagi, wow banget mba ;)

    BalasHapus
  29. Akhir-akjir ini jarang banget nulis di kertas :(

    BalasHapus
  30. Hahahaa, akuu masih nulis gratitude jurnal..
    Udah kebiasaan, menuliskan challenge dari coach beberapa tahun yang lalu, dan harus di tulis tangan biar present an energinya dapet , eh sekaarang malah udah auto.
    Emang seruu banget

    BalasHapus
  31. sebagai tim pengisi diary sedari kecil, suka banget punya jurnal gini. dan hibrkraft ini aku naksir yang kulit.. pengen punya ddeh

    BalasHapus
  32. sejujurnya saya sudah lama tidak menulis di kertas, karena semua serba digital. ide bags nih punya jurnal supaya menulis bsa berkembang, tidak hanya di dunia maya saja

    BalasHapus
  33. Kalaj istri saya cocok nih pakai seperti ini karena masih sering nulis di jurnal harian gitu. Kalau saya sendiri sudah beralih ke digital semua.

    BalasHapus
  34. Aku coba deh nanti buka webnya. Sebagai pecinta bujo,, buku yg kosongan gitu lebih enak sih daripada planner. Aku pun tim isi pagi hari, lebih mindful sih

    BalasHapus
  35. Aku jadi pengen beli Journal ini, cakep juga mba. Mau beli ah

    BalasHapus
  36. Keren banget cover-nya.. Journal kaya gini selalu menarik hati orang yang masih demen nulis di kertas fisik kaya aku :)))

    BalasHapus
  37. Cakep-cakep banget journalnya. Covernya bikin mupeng apalagi pake motif tradisional begitu.

    BalasHapus
  38. Awalnya aku tuh males menulis, tapi setelah terjun mencoba dunia blog,ternyata asik juga ya, bisa sambil belajar menambah kosakata baku, juga emang bener ilmu yang pernah kita dapat ga mudah hilang,bisa dibaca2 kembali.

    BalasHapus
  39. Menulis itu memang banyak manfaatnya, dan saya sudah merasakan itu, dengan menulis pemikiran jadi luas, tidak mudah lupa dan dapat menghilangkan stress. Terus menulis ya...

    BalasHapus
  40. Ide bisa dating daei mana saja. Inilah yang bikin kita happy. Bisa langsung nulis di note hibrkraft

    BalasHapus
  41. Keren bangett
    Kalau sy isi bukunya all about kerjaan. Pingin banget belajar rapih nulis di buku seperti ini

    BalasHapus
  42. Kreatif dan unik, jadi makin senang dengan produk lokal kita ya

    BalasHapus
  43. Lucu banget si mba jurnalnya. Aku suka nih jurnal yang polos tanpa garis. Bisa bebas nulis dan nempelin sesuatu. Jadi pengen punya handmade journal hibrkraft juga deh.

    BalasHapus
  44. Aku juga yang termasuk masih suka bikin journaling hatian, itu bener-bener bikin happy mommy nurut aku wkwk... Apalagi kalo pake buku kek hibrkraft ini ya, duh bisa bikin makin happy deh, so far tema vintage ku sukaa

    BalasHapus
  45. Aku suka banget liat jurnal yang lucu-lucu gitu mba. Tapi pas udah beli susah banget konsisten nulisnya..

    BalasHapus

Posting Komentar