The Tought Journal

6 Tips Blogging ala Blogspedia

5 komentar

Mempunyai blog sudah menjadi keinginan sejak lama, tapi sayangnya baru terlaksana akhir tahun 2019 lalu. Walau terbilang terlambat, justru aku bersyukur karena awal menulis di blog saat itu niatnya sebagai media dakwah dengan menuliskan hal-hal yang bermanfaat. Menulis dalam blog juga ku jadikan sebagai healing saat uneg-uneg dalam hati mulai bergejolak. Menulis bagaikan reminder pribadi yang bisa mengingatkan diri, bahwa apa yang dituliskan harus bisa juga dilakukan.

Namun semangat dan niat itu mulai memudar, kalau orang bilang “untuk memulai itu mudah, yang sulit itu istiqomah”. Makanya belum lama ini aku memberanikan diri untuk mengikuti kelas blogging bersama Coach Marita Ningtyas. Dengan modal nekad dan voucher yang kudapat dari teman di group Blogger Bengkel Diri, alhamdulillah lolos juga masuk ke kelas Blogspedia ini.

Kelas Blogspedia yang akan berlangsung selama 3 bulan ini, dimulai dengan materi pemanasan yang cukup membuatku on fire. Dalam materi Blogging: Passion, Skill, and Consistency, Coach Marita memberikan 6 tips lengkap untuk kita memulai ngeblog.

1. FOCUS

Seperti saat ini, menulis sebelum Subuh menjadi waktu yang paling tepat untukku bisa fokus dan tenang saat menulis. Maklum emak dengan satu anak balita ini belum sanggup menulis di waktu lain, karena berbagai tugas domestik dan ajakan si Kecil bermain. Saat tenang dan minim distrksi inilah kita akan lebih mudah menuangkan pikiran dalam uraian kata.

Kalau kata Coach Marita, 

“hasil tulisan kita nantinya mencerminkan kondisi kejiwaan saat proses penulisan”

Hhmmm, dalem banget kan? Makanya yuks, cari waktu prime time kita dan luangkan jadwal khusus untuk kita menulis. Jangan menunggu waktu luang, tapi jadwalkan!

Nah, untuk memulai blogging ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan.

- Memilih platform blog

Ada berbagai pilihan dengan keunggulan dan kelemahan masing-masing, diantaranya blogspot, wordpress.com, wordpress self hosted, medium, tumblr, wix, dsb.

Hingga saat ini platform blogspot menjadi pilihan yang belum mengecewakan buatku. Selain minim biaya, fitur dalam blogspot lebih mudah dikulik dan diaplikasikan.

- A good blog template

Masih teringat di awal ngeblog tahun lalu, mengganti dan setting printilan template membuatkan rajin begadang. Maklum, belajar otodidak hasil googling dan melihat tutorial youtube ada saja hal yang kurang saat memasang template baru. Hingga akhirnya ketemu yang “click” dan berpuas diri dengan template yang saat ini digunakan.

Buat kalian yang baru memulai ngeblog, agar tidak menguras waktu banyak dalam pemilihan template, bisa mengikuti syarat-syarat template yang baik berikut ini.

Tips-blogging

- Memilih Niche

Ada berbagai pilihan niche yang bisa kita pilih untuk mengisi blog kita, seperti parenting, foody, travelling, otomotif, healthy, beauty, dan masih banyak niche lainnya. Mau dikombinasikan (gado-gado) atau pun one segmented niche punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang terpenting jangn hanya profit oriented, tetapi sesuaikan dengan apa yang kita sukai dan menjadi passion kita.

- Kenali senjatamu

Eits, bukan senjata perang ya… tapi berbagai fitur yang ada dalam menu blog kita. Jangan malas atau pun takut untuk mempelajari fitur-fitur yang ada di dashboard blog. Dengan mencoba dan mengulik setiap fitur dalam blog, kita jadi akan lebih paham dan tahu kegunaan dari fitur tersebut.

 

2. Know what you do, do what you know

Menulis sesuatu yang sudah dipahami bahkan sudah dipraktekkan secara langsung akan lebih mudah. Makanya sebagian besar tulisan dalam blog ini adalah seputar parenting dan perkembangan anak, hehhehe. Karena memang inilah yang menjadi “makanan” keseharianku sehingga lebih mudah untuk dituliskan. Tidak hanya untuk catatan pribadi tentang milestone anak, tetapi juga diharapkan bisa membantu para orang tua lain yang sedang mencari tahu tentang perkembangan anak-anaknya.

Tapi selain dari pengalaman pribadi, kita bisa juga menulis hal lain yang bisa kita pelajari terlebih dahulu. Berikut panduan dalam menulis dari Coach Marita yaa…

Tips-blogging

3. Jangan jadikan uang sebagai tujuan utama

Tidak bisa dipungkiri, ketika hobi menjadi penghasilan terkadang membuat kita terlena dengan tujuan awal kita menulis. Alhasil semangat dalam menulis pun menjadi berbeda. Renew niat harus tetap dilakukan agar lebih banyak tulisan yang bermanfaat yang bisa kita hasilkan.

Banyak peluang yang bisa kita dapatkan dari blogging, tapi jangan dijadikan tujuan utama ya.. Anggap saja ini bonus yang bisa kita dapatkan atau memang yang dari awal ingin menjadikan blog sebagai sumber penghasilan.

  • placement content
  • job review
  • buzzing
  • blog competition
  • adsense
  • pemasangan banner

 

4. Learn under fire

Membuat perencanaan menjadi salah satu kunci agar blog kita terus update secara rutin. Jangan menunggu waktu luang untuk memikirkan ide, karena ide bisa datang kapan saja dan dimana saja. Ketika ide muncul segera tulis di kertas catatan atau notes gadget dan kembangkan saat jadwal menulis. Jika tidak segera dicatat,bisa dipastikan ide itu akan hilang begitu saja dan kita akan menyesal berusaha mengingat-ingat ide apa yang terlintas tadi (maklum pengalaman pribadi >.<)

Berikut langkah-langkah dalam membuat content plan dari materi pemanasan Blogspedia,

Tips-blogging


5. Build your personal branding

Layaknya suatu perusahaan atau produk yang dipasarkan, branding mempunyai peranan penting bagi seorang blogger. Agar personal branding semakin kuat, usahakan aktif dalam berbagai media social. Mulai dari facebook, twitter, Instagram bahkan mungkin juga tiktok (walau saya pun belum punya) karena saat ini sedang sangat happening. Walau pun saat ini belum bisa aktif di semua media tersebut, paling tidak aktif di salah satu atau duanya dengan mengisi postingan yang bermanfaat atau menginsipirasi.



6. Consistency

Hmmm… ini adalah PR untukku pribadi. Sejuh ini baru bisa menulis satu atau dua artikel dalam satu pekan. Itupun terkadang masih ada yang terlewat. Manajemen waktu harus sudah dikuasai dan harus bisa komit atas jadwal menulis yang sudah diagendakan.

Untuk menunjang konsistensi dalam menulis blog adalah dengan bergabung dalam komunitas blogger. Dengan bergabung dalam komunitas, kita akan terus mendapatkan info ataupun sharing yang bisa membuat kita lebih bersemangat untuk update blog kita. Dalam komunitas juga, kita bisa mengikuti Blog Walking yang bisa memunculkan ide-ide dan juga menambah kosa kata baru sehingga tulisan kita akan lebih kaya makna. Selain itu, dengan blogwalking kita juga bisa membangun networking dan juga branding diri kita.

Sebagaimana belajar, dalam blogwalking ada adab yang perlu kita perhatikan lhoo…

Adab-blogwalking


Gimana, sudah ada niatan untuk berkecimpung dalam dunia blogging? Semoga ke enam tips dari Blogspedia ini bisa membantu kalian yang sedang kebingungan untuk memulai ngeblog yaa.. Mohon doanya juga agar bisa lulus dalam kelas Blogspedia batch ke-2 ini dan bisa lebih konsisten update blog dengan tulisan yang bermanfaat. Aamiin

Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram @ivacwicha Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

5 komentar

  1. Suka sama resumenya... komplit. Semoga istiqomah ngeblognya ya, mbak.

    BalasHapus
  2. Jujur buat konsisten aku juga masih susah mba. Kadang bisa seminggu nulis sampe beberapa postingan. Kadang bisa sama sekali nggak nulis :")

    BalasHapus
  3. Keren ah, aku suka baca ginian, meski berada dikelas yang sama dan bahasan yang sama tapi tulisannya bisa beragam, inilah indahnya literasi. Masih belajar dan paling males ngulik itu ganti template wkwk... Puyeeeng blass mo tak suruh vendor aja tapi takut ga dapet feelnya, jadinya ku sabar aja nunggu mood ganti template.

    BalasHapus
  4. "Buat blog itu gampang, yang susah istiqomah nulisnya". Bener banget mba. Beratnya nahan rindu ala Dilan, masih belum sebanding dengan beratnya istiqomah ngisi blog. Apalagi kalu kerjaan lagi hectic. Jadi inget blogku yg hampir sebulan ga update

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email