header the thought journal

Panduan Lengkap Menggunakan Fitur Google Search Console

Konten [Tampil]

Sebagai pemilik blog rasanya akan merugi jika tidak memanfaatkan fitur Google Search Console atau yang sering disingkat GSC ini. Google Search Console sangat membantu dan memudahkan blogger dalam menganalisis performa blognya. Setelah sebelumnya kita membahas tentang cara pasang Google Analytics di blogspot, kini saatnya kita berjibaku dengan lawan duetnya yaitu Google Search Console.

Sama halnya dengan Google Analytics, GSC juga merupakan tools yang diberikan secara cuma-cuma oleh Google. Dulunya Google Search Console disebut dengan Google Webmaster Tools, yang memberikan kemudahan pemilik website untuk memonitor bagaimana kinerja website di ranah organik Google.

fungsi fitur google search console

FUNGSI GOOGLE SEARCH CONSOLE

Berbeda dari artikel sebelumnya, dimana Google Analytics memberikan informasi mengenai traffic blog dari berbagai channel seperti halaman pencarian google, link, media sosial dan juga referral. Pada Google Search Console ini justru memberikan informasi tentang kualitas blog di mata Google.

Dalam Google Search Console kita dapat melihat halaman atau artikel mana di blog kita yang masuk halaman pertama Google. Lebih dari itu, GSC juga menampilkan jumlah klik pembaca dari artikel yang muncul tersebut. Selain fungsi tersebut, Google Search Console juga mempunyai beberapa manfaat dan juga fungsi bagi para pemilik website, khusunya blogger. 
  1. Mengetahui performa website (blog) dari segi SEO dan cara memperbaikinya
  2. Mempercepat halaman website (blog) cepat terindeks
  3. Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl blog
  4. Menambahkan peta situs/sitemap
  5. Mengoptimasi keyword yang paling sering muncul di halaman pencarian Google sehingga membantu kita untuk merancang artikel selanjutnya berdasarkan kueri/kata kunci yang berkaitan
Fungsi dan manfaat Google Search Console di atas hanya secara garis besar saja. Biar lebih jelas dan paham saat menggunakan Google Search Console ini, yuk simak sampai akhir ya untuk mengetahui fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh Google Search Console ini.

Agar manfaat dari fitur Google Search Console ini bisa maksimal, yuks kita pastiin dulu website atau blog kita sudah terdaftar di Google Search Console dengan penyetingan yang tepat. Karena untuk mendaftar atau memasang Google Search Console ga bisa asal pasang aja. Perlu dilakukan beberapa setting agar fungsi dari Google Search Console ini bisa lebih optimal.

Seperti yang baru saja saya alami, ternyata pengaturan dalam memasang Google Search Console ini masih salah kaprah >.< 
Maklum hasil pasang bermodal nekad tanpa mencari tau fitur dan kegunaannya terlebih dahulu. Tapi, alhamdulillah 3 bulan lalu berjodoh dengan Coach Marita di Kelas Blogspedia Coaching. Jadi bisa tau lebih jelas karena mendapat materi Google Search Console ini sebagai materi pamungkas dalam kelas tersebut.

Agar ilmu yang didapat ga mudah menguap begitu saja, jadi setelah praktek sekalian aku akan bagikan disini yaa. Bagaimana cara setting Google Search Console untuk blogspot. Semoga semakin banyak yang mendapat manfaatnya....

CARA MENGGUNAKAN GOOGLE SEARCH CONSOLE

Untuk bisa menikmati fitur-fitur dari Google Search Console, tentunya pertama-tama kita mendaftar dulu ke Google Console. Nah gimana tuh caranya biar ga salah setting? Yuks langsung eksekusi cara dibawah ini yaa…

Cara Menggunakan Google Search Console

pasang google search console

1. Buka halaman search.google.com/search-console/about
Bisa juga melalui dashboard blogspot. Caranya pilih menu “Setelan” bagian “Crawler dan Indexing” langsung klik “Google Search Console”.
2. Klik “Start now/Mulai”
3. Masukan alamat gmail yang dipakai
4. Pilih yang sebelah kanan “Awalan URL”
Nah dibagian ini kebanyakan salah memilih tanpa paham artinya. Sisi sebelah kiri menu “Domain” ini biasanya digunakan untuk pengguna wordpress. Untuk blogspot pun sebenarnya bisa menggunakannya, tapi harus dilakukan setting DNS Manager di dashboard penyedia jasa saat kita memasang Top Level Domain yang kita pakai.
Jadi, biar lebih mudah pada artikel ini kita gunakan cara yang “Awalan URL”di bagian kanan saja yaa..
5. Isikan alamat atau url blog dalam kolom lalu klik “Terus/next”
6. Klik “Buka Properti” tampilan akan terlihat kosong karena kan memang baru dibikin :D
setting gsc
7. Klik menu “Setelan/Setting” di bagian kiri bawah,
8. Verifikasi kepemilikan dengan setting tag html dan GA

Verifikasi TAG HTML

  • Klik dan salin kode yang muncul
  • Masuk ke menu tema/template pada dashboard blogspot, ini berlaku juga untuk blog dengan template gratis pihak ke-3 yaa
  • Klik segitiga terbalik, pilih edit html
  • Copas kode di bawah tulisan “<head>” 
  • Save
  • Kembali ke Google Search Console, klik verifikasi dan DONE

Verifikasi Google Analytics

  • Hubungkan GA dan GSC
  • Klik Associate
  • Pilih property UA yang akan ditautkan
  • Klik “terus”
  • Klik “tautkan”
  • Done, GA dan GSC kini sudah terhubung
  • Masuk ke GA, lalu masuk menu admin, setelan property, Search Console, klik Search Console

Setting Sitemap

setting sitemap
  • Masuk ke bagian “Peta situs/sitemap” akan muncul gambar di atas
  • Isi atau ketikan sitemap.xml pada kolom setelah alamat atau url blog kita yang muncul.
  • Klik “kirim”
  • Done

FITUR GOOGLE SEARCH CONSOLE

Setelah berhasil menghubungkan blog kita dengan Google Search Console, saatnya kita pelajari beberapa fitur penting yang ditampilkan dalam GSC yaa..

1. Overview/ Ringkasan

Memuat secara ringkas laporan Google Search Console, yang berisi kinerja, cakupan, pengalaman, dan penyempurnaan dari masalah yang ada pada blog kita. Pada menu ini, terdapat menu terbaru dari Google Search Console yaitu Search Console Insight. Menu ini menampilkan layakanya menu insight di Instagram, yang berisi jumlah impresi, klik, dan rata-ratanya (Click Through Rate/CTR)

2. Performance/Kinerja

Menampilkan informasi mengenai:
  • Jumlah blog kita muncul di halaman Google Search
  • Jumlah klik halaman blog yang muncul di halaman pencarian google
  • Jumlah rata-rata web kita diklik
  • Posisi rata-rata ranking di Google
Pada menu ini kita bisa juga setting waktu pengukuran sesuai kebutuhan yang diinginkan. Dengan fitur inilah kita menjadi tahu kata kunci apa yang paling banyak dicari. Selain itu bagaimana posisi blog kita di keyword tersebut berada di rangking berapa. Dengan mengetahui keyword apa yang paling banyak dicari pembaca dapat memudahkan kita untuk membuat artikel baru yang berkaitan dengan keyword yang paling banyak dicari tersebut.

3. Inspeksi URL

Nah ini nih yang paling penting. Agar artikel blog yang kita publish lebih cepat terindex oleh Google, kita perlu cek pada fitur ini. Ingat ya, fungsinya hanya mempercepat. Karena kalaupun tidak disetting di menu ini, artikel kita juga akan terindex oleh Google. Namun bedanya untuk berapa lama waktunya itu lah yang jadi pertanyaan, heheheh
Cara indexing ini pun cukup mudah, cukup isi kolom yang tersedia dengan url artikel blog, lalu enter. Jika muncul tampilan seperti dibawah, artinya artikel tersebut belum terindex. Maka dari itu, klik “request Indexing” dan tunggu hasilnya sampai muncul tampilan seperti ini yaa
inspeksi url

Jika hasilnya sudah seperti di atas, maka selamat..karena artikel sudah terindex oleh Google.

Selain ketiga fitur penting di atas, masih ada beberapa fitur lainnya seperti indeks pengalaman yang kapan-kapan kita akan bahas lebih detail lagi ya... 

Bagaimana, tidak serumit yang dibayangkan kan memasang Google Search Console ini? Tentunya dengan mengetahui dan paham tentang fitur-fitur Google Search Console membuat performa blog kita menjadi lebih baik dan optimal.


Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

6 komentar

  1. Nggak sabar nungguin bahasan fitur selanjutnya nih aku mbaak.

    BalasHapus
  2. Wah ulasannya detail sekali mb Iva, As always I like your article. Terima kasih mb Iva

    BalasHapus
  3. Detail dan lengkap penjelaan dan ilustrasinya mbak..jadi mudah memahaminya..hehe

    BalasHapus
  4. ini mah panduannya lengkap sekali

    BalasHapus
  5. Kalau udah baca strp by step ini ga rumit mbak..gampang banget, tinggal nunggu hasilnya aja hehehe

    BalasHapus
  6. Khasah pomoknya ao mbak iva bikin pict ungu dan gamabr perempuan berhijab tuh. Berasa mbak iva lagi jelasin hihihi.

    BalasHapus

Posting Komentar