ivacwicha-header

Manfaat Probiotik untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan Bayi

Konten [Tampil]

Ibu, ternyata banyak lho manfaat probiotik untuk bayi, terlebih di 1000 hari pertama kehidupannya. Probiotik dapat membantu menjaga kesehatan bayi, terutama pada saluran pencernaannya. Jika bayi tumbuh dengan sehat, maka tumbuh kembangnya akan lebih optimal.

Namun kondisi bayi, khususnya newborn, memanglah masih sangat rentan dengan berbagai macam penyakit. Belum lagi saat bayi memasuki fase oral, dimana bayi akan lebih sering dan suka sekali mengunyam tangan dan barang yang ada di sekitarnya.

Alat makan dan main sudah disterilkan dengan sedemikian rupa demi terhindar dari kuman atau bakteri. Namun ada saja barang yang bisa bayi raih dengan secepat kilat masuk ke dalam mulutnya. Hmmm, sungguh kecepatan bayi seringkali membuat kewalahan ya Buibuuu.

Alhasil bayi pun mengalami diare atau buang air besar yang lebih sering dari biasanya. Seperti yang aku rasakan belum lama ini. Kayra, anak kedua ku yang baru saja lancar menjalani masa MPASI, mengalami buang air besar (BAB) yang tidak seperti biasanya. Dalam sehari dia bisa BAB sebanyak 5-7 kali. Padahal biasanya hanya 1-2 kali saja.

Masih teringat dengan jelas, satu hari sebelumnya Kayra menjumput sisa makanan Kakaknya yang tertinggal di lantai. Meski tidak tertelan dan berhasil aku keluarkan dari mulut mungilnya, aku rasa Kayra sudah sempat mengunyah dan mungkin sudah ada yang tertelan juga >.<

Kejadian tersebut membuatku harus lebih waspada dan detail saat membersihkan lantai dari sisa makanan atau benda apa pun. Ku kira memiliki anak kedua akan lebih ringan karena sudah berpengalaman sebelumnya. Ternyata justru butuh effort lebih karena harus mengawasi dua anak sekaligus dengan keaktifan dan drama cemburu si Kakak.
pentingnya probiotik untuk bayi

Tak ingin kejadian tersebut terulang atau bahkan lebih parah, aku pun jadi belajar tentang manfaat probiotik untuk bayi. Jangan sampai masalah pencernaan seperti diare atau perut kembung mengganggu tumbuh kembang anak ku, terutama di 1000 hari pertama kehidupannya.

Seperti sudah Ibu ketahui, bahwa 1000 hari pertama kehidupan dimulai sejak masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun. Tentu waktu yang sangat krusial untuk memberikan ‘modal’ bagi kesehatan dan pertumbuhan anak, baik secara fisik maupun kognitif.

Tahukah Ibu?
70% kesehatan masa depan anak dan 80% pertumbuhan otak anak terjadi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan yang dimulai dari dari kandungan. 

Mengenal Probiotik dan Bedanya dengan Prebiotik

Pasti Ibu semua sudah paham bahwa bakteri ada dimana-mana meskipun tak terlihat. Tapi tahukah Ibu, jika ada bakteri yang justru bermanfaat untuk tubuh? Nah itulah probiotik.

Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna. Menurut WHO, probiotik didefinisikan sebagai mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya.

Bakteri baik ini bisa didapat melalui makanan, minuman, atau pun suplemen. Contoh bakteri baik yang memenuhi syarat sebagai probiotik adalah Lactobacillus dan Bifidobacterium. Pasti tak asing kan dengan jenis bakteri tersebut?

Eitsss, tunggu dulu. Probiotik butuh penunjang agar dapat tumbuh dengan optimal. Karena probiotik bakteri hidup, jadi butuh makanan yang disebut prebiotik. Jadi, jangan sampai tertukar pemahamannya ya. Prebiotik merupakan asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan probiotik agar jumlahnya tetap terjaga.

Prebiotik bisa didapat dari makanan yang mengandung karbohidrat dan berserat tinggi. Tapi prebiotik ini tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan dan memicu aktifitas pertumbuhan yang selektif terhadap bakteri penghuni kolon.

Manfaat Probiotik untuk Bayi

Bakteri baik atau disebut juga bakteri komensal, memberikan manfaat kesehatan dan menstimulasi produksi antibodi dalam tubuh. Sehingga dapat meningkatkan sistem imun dan melawan toxin, alergi, serta mikroorganisme yang berbahaya.

Selain itu, banyak manfaat lain dari probiotik untuk kesehatan bayi seperti:
  • Menjaga kesehatan saluran cerna, sehingga bayi terhindar dari diare, konstipasi (sembelit), dan gumoh pada bayi (regurgitasi)
  • Menjadi terapi dan pencegahan kembung maupun kolik infantil
  • Meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh
  • Mencegah alergi
  • Mengurangi efek samping penggunaan antibiotik
Di sisi lain, perkembangbiakan bakteri baik dalam usus bayi memiliki kaitan erat dengan kesehatan di 1000 hari pertama anak. Jadi tak hanya nutrisi dan faktor genetik saja, mikrobiota usus dalam pencernaan juga sama pentingnya dalam 1000 hari pertama kehidupan seorang anak.

Mikrobiota yang seimbang saat kehamilan menjadi bekal perlindungan terbaik untuk 1000 hari pertama anak. Namun dalam kasus bayi yang lahir secara caesar, harus mengalami ketidakseimbangan kandungan bakteri baik dan jahat pada ususnya karena tidak melewati vagina Ibu saat proses persalinan.

Kondisi ketidakseimbangan tersebut bisa berlangsung hingga 7 tahun lamanya. Tentu menjadi kekhawatiran tersendiri, bagi Ibu yang masih bingung mempersiapkan persalinan secara caesar atau normal namun harus induksi.

Probiotik untuk Bayi 6 Bulan

Memasuki usia 6 bulan, bayi akan lebih rentan dengan masalah saluran pencernaan seperti diare atau pun sembelit. Menjadi hal yang wajar karena tubuh bayi sedang beradaptasi terhadap asupan yang masuk ke tubuhnya. Biasanya hanya menerima cairan ASI saja, lalu mendapat makanan lumat dari MPASI.

Namun tak perlu khawatir, karena masalah tersebut bisa diminimalisir dengan selalu menjaga kebersihan alat dan makanan yang disiapkan untuk bayi. Pemilihan menu MPASI yang tepat pun juga berpengaruh. Jika perlu, Ibu juga bisa memberikan suplemen probiotik yang aman untuk si Kecil.

Probiotik untuk bayi diare juga bisa membantu proses penyembuhan. Tapi jangan sampai salah memilih produk probiotik yaa. Pastikan probiotik yang akan diberikan ke bayi sudah teruji klinis sehingga tepat dalam jumlah atau pun takarannya.

Tips Memilih Probiotik yang Aman untuk Bayi

Memberikan suplemen probiotik untuk bayi tentu tidak bisa sembarangan. Selain sudah teruji klinis, Ibu juga harus memastikan jumlah bakteri baik dalam suplemen tersebut sudah sesuai dengan standar WHO. Berikut hal yang harus Ibu perhatikan dalam memilih probiotik yang aman.
syarat probiotik menurut who
 
Nah dari syarat-syarat di atas, Interlac telah terbukti memenuhi semua syarat tersebut. Sehingga sangat aman digunakan untuk bayi baru lahir sekalipun. Bahkan Interlac bisa menjadi suplementasi bakteri baik untuk Ibu Hamil sebagai wujud dukungannya dalam mendukung pentingnya 1000 hari pertama kehidupan.

Suplemen Probiotik Interlac Aman untuk Segala Usia

Interlac hadir sebagai satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung 100% Lactobacillus reuteri DSM 17938. Bakteri baik tersebut merupakan salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia, dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.

Jadi sejak Ibu mengandung hingga anak lahir dan berusia 2 tahun, Interlac dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan probiotik anak. Tak perlu khawatir, Interlac aman dikonsumsi setiap hari dalam jangka panjang karena Interlac bukanlah obat, melainkan suplemen.
interlac probiotic
Interlac menjadi probiotik pertama dengan sediaan oral drops di Indonesia. Sehingga cocok dan memudahkan dalam pemberian ke bayi baru lahir sekalipun. Interlac Oral Drops ini bebas laktosa sehingga aman untuk Ibu dan anak yang intoleransi laktosa.

Meski belakangan banyak kasus obat cair mengandung EG dan DEG. Ibu tak perlu khawatir, karena Interlac Drop bukan tergolong obat atau dalam sedian sirup sehingga tidak menggunakan bahan pelarut seperti EG dan DEG. Bahkan sudah mendapat surat keterangan dari BPOM.

Oiya, Interlac Drop ini rasanya netral alias plain. Jadi sangat nyaman untuk Ibu Hamil yang mengalami mual saat trimester awal. Pun untuk bayi dibawah usia 6 bulan, karena Interlac aman diberikan untuk bayi mulai 0 bulan hingga 2 tahun. Tunggu apa lagi, Interlac akan siap mendampingi dan memberi peran penting dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan seorang anak.

Namun hati-hati ya Ibu, karena sekarang ini banyak beredar Interlac Drop palsu dengan kemasan yang sangat mirip. Untuk itu aku lebih memilih membeli produk Interlac melalui e-commerce Interbat Official Store yang lebih praktis. Tapi Ibu bisa juga membeli Interlac Drop asli secara offline di babyshop, viva health, watson, guardian, dan juga apotek terpercaya lainnya.

Yuks penuhi kebutuhan anak sejak hari pertamanya dalam kandungan. Dengan mengonsumsi Interlac, manfaat probiotik untuk bayi bisa didapat dengan mudah dan praktis. Pun gangguan pencernaan anak dapat diminimalisir. Dengan demikian, tumbuh kembang anak pun akan semakin optimal.
Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

60 komentar

  1. Wah, ternyata beda ya prebiotik dan probiotik bru tahu saya kak, jadi lebih paham setelah baca artikel ini, terima kasih informasinya kak

    BalasHapus
  2. Lebih baik menjaga dan selalu sedia Interlac gini yaa dibanding terlanjur anak terkena diare.. Mengsedih kalau dia jadi gk nafsu makan dan BB turun drastis saat diare. Makanya penting banget ya untuk menjaga saluran cernanya dengan probiotik yang tepat 🤗

    BalasHapus
  3. Probiotik memang diperlukan buat menjaga kesehatan saluran cerna anak ya moms tapi jangan sembarangan pilih suplemen probiotik harus yang sesuai standar WHO jadi lebih optimal manfaatnya untuk tumbuh kembang anak

    BalasHapus
  4. Kalau Kayra pengalamannya diare, kalau anakku sembelit nih, Mom. Padahal dah makan sayur atau buah tapi sering banget sembelit apalagi klo diajak ke tempat baru kayak pulkam. Alhasil tiap pulkam kudu bawa Interlac nih.

    BalasHapus
  5. Aku baru tau lohh kalau probiotik ini ternyata bagus untuk 1000 hari pertama kehidupan, dan ternyata bakterinya dibutuhkan untuk kesehatan bayi

    BalasHapus
  6. Dulu waktu anak pertama lahir aku masih belum ngerti apa itu probiotik. Pas anak ke dua aku baru kenal dan belajar tentang probiotik. Dan ternyata probiotik itu banyak banget ya mba manfaatnya. Jadi bagus juga kalau kita nyetok probiotik dari interlc ini di rumah

    BalasHapus
  7. konsumsi probiotik untuk tumbang anak yang lebih optimal yah mba, padahal dulu aku kira cukup asi sudah menjamin tumbangnya baik

    BalasHapus
  8. Anakku kemarin abis kena diare mbak. Alhamdulillah di rumah ada probiotik. Jadi bisa langsung kasih ke dia

    BalasHapus
  9. ternyata berperan besar juga ya untuk tumbang anak si probiotic ini, dan senangnya kalau sudah produk yang terjamin keamanannya untuk si kecil ya :)

    BalasHapus
  10. Emang suka berlibet antara probiotik dan prebiotik yaa.. Anakku gak pernah diare, tapi mesti coba ini sih untuk membantu pertumbuhannya biar lebih optimal.

    BalasHapus
  11. Makanya ketika program Hamil dan Hamil, bumil diharuskan perbanyak makan makanan bernutrisi untuk si jabang bayi agar ketika lahir tumbuh kembangnya optimal

    BalasHapus
  12. Wah sangat bermanfaat sekali probiotic ini untuk bayi...perlu mngkonsumsi probiotics spya pncernaan sehat...pasti sngat tdk nyaman ketika anak diare ataupun kembung...

    BalasHapus
  13. Ilmu baru nih tentang perbedaan probiotik dengan prebiotik.
    Jadi bisa antisipasi menjaga kesehatan anak dengan siap interlac di rumah, terutama masalah pencernaannya

    BalasHapus
  14. Masih sering kebalik balik nih probiotik dan prebiotik...jadi aware ternyata penting banget buat newborn

    BalasHapus
  15. Dulu kupikir punya anak kedua juga bakalan lebih santai, taunya .... Hihi, Masya Allah. Udah sering banget sih denger si interlac ini. Review orang2 jg bagus2 ya. Sepertinya udah bener2 harus dicoba.

    BalasHapus
  16. ternyata manfaat probiotik banyak ya. Bagus ni untuk bayi, untuk modal tumbuh kembangnya nanti. Apalagi interlac satu-satunya probiotik yang diakui WHO

    BalasHapus
  17. Wah makasih bun rekomendasi produknya. Aku nih lumayan sering beli produk probiotik buat anak, soalnya kadang anak tiba2 diare gitu kan. Dikasih probiotik dah sembuh... Hehehe..

    BalasHapus
  18. Aku baru tahu juga soal probiotik yang dari madu itu dan banyak sekali manfaatnya. Tadi baca artikelnya syarat probiotik yang baik menurut WHO berasal dari manusia dan interlac sudah memenuhi syarat itu. Aku jadi penasaran klo dari manusia itu apa bearti ya mbak.

    BalasHapus
  19. sama mba, aku juga sekarang sedia probiotik di rumah, dibanding antibiotik, probiotik lebih aman karena ga membunuh semua bakteri baik sehingga menyebabkan ketidakseimbangan di tubuh, sehat terus ya anak-anak

    BalasHapus
  20. Hmm poin yang mesti diinget-inget nih probiotik sama prebiotik itu beda. Dan, fun fact-nya probiotik memiliki banyak manfaat untuk 1000 hari pertama kehidupan si kecil. Kebutuhan ini harus dipenuhi untuk kesehatan si kecil.
    Thank you tips-nya, mba.

    BalasHapus
  21. Wah, aku jadi belajar nih sebelum menjadi the real ibu dengan baby nya... Informasinya sangat bermanfaat sekali loh mbak. Izin simpan tulisannya ya.... 👍

    BalasHapus
  22. Probiotik memang segitu pengingnya. Alhamdulillah anak sy jg konsumsi probiotik sejak mulai MPASI.apalagi pas anak lg di fase masukin benda-benda ke mulut... Sempet diare, setelah dikasih probiotik jadi membaik...

    BalasHapus
  23. Suka ketuker-tuker sih probiotik dan probiotik. Setelah baca ini aku jadi makin paham probiotik makanan penunjang bagi bakteri baik probiotik ya. Bener kan mbak? Semoga nggak ketuker lagi.
    Aku sempat dengar kemarin temenku bilang konsumsi interlac, eh nemu disini kayak pas banget sih. Bagus rupanya buat bayi dan Ibu hamil.

    BalasHapus
  24. Aduh kalau ada yang palsu itu bikin kita harus benar-benar pintar memilih ya, jangan sampai dapat yang palsu

    BalasHapus
  25. Ternyata interlac bukan sekadar obat untuk diare ya, tapi bagus juga untuk supplement terutama untuk kekebalan... Makasih ya mbak

    BalasHapus
  26. Menarik ulasannya jadi tahu lebih detail soal probiotik dan prebiotik.

    BalasHapus
  27. Sungguh beruntung orang tua yang menyadari 1000 hari pertama pertumbuhan anak sangat penting dan mempersiapkannya dengan sangat baik ... sehat selalu ya bersama buah hatinya, Mbak.

    BalasHapus
  28. Probiotik jadi salah satu kebutuhan pencernaan anak ya kak, selain memang bagus untuk kesehatan pencernaan juga bagus untuk daya tahan tubuh. Penyerapan gizi juga bisa optimal ya

    BalasHapus
  29. Anakku udah setahunan ini konsumsi interlac +vit D. Dan memang ngaruh sih Ama imun nya mereka. Dulu sempet heran Ama DSA nya tiap anak2 sakit pasti Diksh interlac. Ternyata memang kesehatan pencernaan itu bisa ngefek ke imun tubuh. Nutrisi juga jadi terserap sempurna.

    Aku sendiri juga konsumsi probiotik mba, tapi bukan yg interlac. Aku pake brand lain. Anak2 aja yg interlac. Jadi ini udh masuk ke budget bulanan vitamin . Harus selalu ada.

    BalasHapus
  30. Aku juga mulai aware nih buat konsumsi probiotik. Memang sepenting itu ya, pas itu aku ikut webinar jadi auto ngerti apalagi buat anak-anak. Banyak banget manfaatnya ^^ ikhtiar biar mereka sehat terus aamiin

    BalasHapus
  31. Saya baru paham soal prebiotik untuk bayi umur 6 tahun itu penting sekali ternyata ya. Apalagi prosesnya sampai 7 tahun. Ada baiknya memakai Interlac karena praktis dan aman buat anak anak

    BalasHapus
  32. Tercerahkan Mbak. Perbedaan antara probiotik dan prebiotik kadang kebalik-balik, tapi habis baca artikel ini mulai ngerti dan semoga tidak kebalik lagi. Menjaga kesehatan perut anak. Kualitad kehiduoan anak dimulai sejak masa kehamilan itu wajib sekali diketahui oleh para ibu muda dan calon ibu agar tidak mengalami kejadian yg tidak diinginkan buat anak kelak.

    BalasHapus
  33. Baru tau ada istilah prebiotik. Taunya probiotik aja.. Jd nambah ilmu nih. Oya serem jg ya klo di pasaran ada interlac palsu. Better beli di tempat terpercaya ya

    BalasHapus
  34. Alhamdulillah,
    Kini ada suplemen aman untuk bayi yang memberikan kemudahan bagi orangtua. Interlac drops dengan kandungan probiotiknya, bantu jaga kesehatan cerna pada bayi dan membantu di 1000 HPK-nya.

    BalasHapus
  35. nambah lagi ilmu parenting saya tentang pentingnya makanan atau suplemen untuk bayi sejak 1000 hari pertama, agar bayi tumbuh dengan sehat, bisa jadi rekomendasi untuk para momi ya mba

    BalasHapus
  36. Ternyata banyak manfaatnya ya bund

    BalasHapus
  37. Memang penting ya 1000 hari pertama pada kehidupan anak

    BalasHapus
  38. Jadi inget pas jaman anak-anak masih bayi terus ikut grup moms. Kalau ada yg curhat masalah anak susah poop atau masalah perut lainnya, pasti disaranin dikasih interlac. Ternyata manfaatnya memang luar biasa ya!

    BalasHapus
  39. 1000 hari pertama ternyata penting banget ya. Kirain setelah bayi lahir baru dihitung mulai 1000 hari pertama. Ternyata sejak masa kehamilan ngitungnya ya

    BalasHapus
  40. Buat calon ibu insight sih ini, agar ketika nanti menikah lalu hamil bisa mempersiapkan diri untuk 1000HPK si kecil sehingga asupan probiotik nya terpenuhi

    BalasHapus
  41. Manfaat probiotik untuk bayi banyak dan bagus ya..tenang kalau begini, karena Interlac aman dikonsumsi setiap hari dalam jangka panjang karena Interlac bukanlah obat, melainkan suplemen, kan

    BalasHapus
  42. Penting banget sih probiotik buat bayi, apalagi buat saya dulu yang ketika anak masih bayi, pencernaannya terganggu dong, untungnya pas anak kedua itu udah kenal interlac, jadi bisa membantu banget mengatasi masalah pencernaannya. Karena 1000 hari pertama anak itu memang penting banget

    BalasHapus
  43. Wahh andai tahu lebih awal yaa.. ternyata interlac bisa buat mengatasi morning sick bumil di trimester pertama..

    BalasHapus
  44. Anak saya pas Newborn sempat diare, oleh DSA dirsepkan interlac, ternyata yang drop harganya lumayan ya..sebanding sih sama manfaatnya

    BalasHapus
  45. happy banget Interlac Drop tahu kebutuhan para emaks ya?
    Ketika kita bingung obat sirup, Interlac datang memberi solusi

    BalasHapus
  46. Masa pertumbuhan anak memang memerlukan perhatian khusus ya, Mbak. Apalagi soal pencernaan anak, di usia 1000 hari kan harus konsumsi asi saja, jadi kalau pencernaan agak rewel bisa memanfaatkan interlac drop ini.

    BalasHapus
  47. Betul sekali. Probiotik dan prebiotik sangat dibutuhkan agar pencernaan sehat, termasuk untuk bayi. Terima kasih sharing dan ilmunya mba.

    BalasHapus
  48. Tetiba ingat. Dulu saat hamil di trisemester pertama, dokter kandungan saya memberikan interlac untuk dikonsumsi berikut dengan berbagai vitamin untuk ibu hamil. Alhamdulillah sangat bermanfaat bagi perkembangan janin. Saya pun merasakan tubuh lebih fit dan sehat. Bayi pun tumbuh seoptimal mungkin hingga lahir.

    BalasHapus
  49. Interlac ini sudah ga diragukan lagi khasiatnya. Sayang, di kota kecil saya hanya satu apotek yang berani nyetok, mungkin karena HET-nya cukup tinggi ya..
    Makasih ulasannya jadi lebih ngeh beda probiotik dan prebiotik

    BalasHapus
  50. Probiotik sangat penting buat menjaga ketahanan tubuh anak. Apalagi anak anak itu masih dalam masa pertumbuhan ya bund. Jadi harus dijaga bener kesehatannya

    BalasHapus
  51. Saya dulu ingat waktu anak-anak masih kecil selalu cari susu formula yang ada probiotik nya. Kalau sekarang sudah ada suplemen khususnya ya seperti Interlac ini. Ahh ngasuh anak jaman sekarang jauh lebih mudah dibandingkan dulu

    BalasHapus
  52. Probiotik sangat penting. Anakku yang spesial aja minum probiotik, setidaknya per tiga bulan. Apalagi anak normal, ya kan? Interlac ini bagus loh.

    BalasHapus
  53. interlac ini bisa dipakai hanya saat diare atau bisa diakai rutin seperti suplement makanan biasanya?

    BalasHapus
  54. Positive site, Read articles on this website, I really like your style.

    BalasHapus
  55. Continue sharing such an excellent post. Glad that I found this

    BalasHapus
  56. I am hoping to view the same high-grade blog posts. Keep on writing!

    BalasHapus
  57. Some truly superb blog posts on this website, thanks for contribution

    BalasHapus

Posting Komentar