ivacwicha-header

Earth Love Life: Solusi Merawat Healthy Skin dengan Mudah

Konten [Tampil]

Bagi wanita, pentingnya menjaga kesehatan kulit perlu diperhatikan sedini mungkin. Tak hanya fokus mencerahkan kulit wajah saja, kesehatan kulit tubuh pun jangan sampai terabaikan. Kulit tubuh memiliki peranan besar sehingga wajib dirawat dan dijaga kebersihannya.

Menggunakan produk-produk bodycare bisa menjadi salah satu cara untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Pilih produk dengan bahan dan kandungan yang alami sehingga kelembapan kulit lebih terjaga. Seperti Earth Life Love, salah satu produk lokal dengan bahan natural dan juga vegan.
bodycare natural dan vegan
Bijak dalam pemilihan produk yang digunakan untuk merawat tubuh bisa meminimalisir munculnya reaksi alergi pada kulit. Selain itu, pemilihan produk yang tepat juga bisa menghindari kulit menjadi kering dan kusam akibat penggunaan produk yang berbahan kimia tinggi.

Seberapa Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh?

Seperti sudah disebutkan di awal, menjaga kesehatan kulit tubuh merupakan hal yang lebih penting dan diutamakan daripada sekadar usaha memutihkan kulit. Jika kulit tubuh sehat, maka biasanya kulit pun akan lebih terlihat segar, lembap, dan tidak kusam.

Jadi sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui bukan?
Selain itu, bagian terbesar dari tubuh manusia ini memiliki peranan besar untuk menjaga kesehatan tubuh lainnya. Berikut beberapa alasan tentang pentingnya menjaga kesehatan kulit tubuh.

1. Kulit tubuh berperan melindungi tubuh dari berbagai polutan dan bakteri

Hampir seluruh bagian tubuh dilindungi oleh kulit. Selain melindungi dari paparan sinar matahari yang begitu panas. Kulit juga melindungi tubuh dari berbagai polusi, virus, bakteri, dan juga reaksi bahan kimia yang bisa membahayakan tubuh. Untuk itu, penting untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari iritasi kulit maupun penuaan dini akibat paparan dari luar.

2. Kulit tubuh membantu untuk menjaga dan mengatur suhu tubuh manusia.

Melalui keringat yang dikeluarkan lewat kulit, suhu tubuh bisa lebih dingin saat dalam kondisi cuaca panas. Pun sebaliknya, saat cuaca dingin suhu tubuh dapat menjadi lebih hangat berkat peranan kulit tubuh manusia.

3. Kulit menghasilkan vitamin D yang berperan penting bagi tubuh

Saat terkena sinar matahari, kulit tubuh menghasilkan vitamin D yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang, gigi, dan juga sistem kekebalan tubuh.

4. Membuang racun dari dalam tubuh

Kulit dapat membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh melalui keringat dan kelenjar sebaceous. Bayangkan jika kulit tidak sehat, maka proses pembuangan racun ini bisa terhambat dan kondisi tubuh pun menjadi tidak stabil.
Ternyata menakjubkan yaa peranan kulit tubuh bagi manusia. Tentu tak selayaknya jika kulit tubuh ini disepelekan begitu saja. Menjadi hal wajib untuk selalu membersihkan diri, minimal dua kali dalam sehari. Pun perlu juga merawat kesehatan kulit dengan menggunakan produk yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit masing-masing.

Ciri-ciri Kulit Tubuh yang Sehat

Dari penjelasan di atas, siapa ini yang menjadi bertanya-tanya sebenarnya bagaimana sih kondisi kulit tubuh yang ideal? Siapa yang masih berpikir bahwa kulit tubuh itu harus yang putih? Semoga tidak ada yang berpikiran atau bahkan berkeinginan seperti itu lagi yaa.

Biar bagaimana pun, kulit putih bukanlah kondisi kulit yang ideal. Kondisi kulit yang seharusnya diusahakan adalah kulit tubuh yang sehat dengan kondisi sebagai berikut:
ciri kulit sehat
  • Warna kulit merata, tidak belang dan tidak muncul bekas hitam akibat kulit yang teriritasi
  • Tekstur kulit halus dan lembut
  • Kulit terhidrasi yang tampak dengan kulit yang lembap dan mampu menyerap produk perawatan kulit dengan mudah
  • Kulit tampak segar dan bercahaya
  • Elastisitas kulit terjaga, tidak muncul garis putih saat digoreskan jari ke bagian kulit
  • Tidak ada infeksi atau sensasi aneh pada kulit, seperti gatal-gatal atau kulit kemerahan
Untuk mendapatkan hasil kulit seperti ciri-ciri di atas, tentu bukan tanpa usaha. Perlu dilakukan perawatan tubuh dari luar, pun perlu diberi nutrisi dari dalam tubuh juga. Namun banyak cara yang bisa dilakukan secara alami tanpa perlu menguras kantong dan menyita banyak waktu.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit tubuh merupakan hal utama agar peran besar dari kulit yang sudah dijelaskan di atas bisa berfungsi secara optimal. Dalam merawat kesehatan kulit tubuh, menjaga kelembapan kulit merupakan hal utama yang akan meminimalisir munculnya masalah kulit, seperti gatal-gatal karena eksim atau masalah kulit lainnya.

Sebagai penderita kulit sensitif dan memiliki riwayat alergi, kulit tubuh ini rawan sekali mengalami gatal-gatal jika kondisi kulit sangat kering. Tak hanya faktor lingkungan, kulit yang kering juga disebabkan oleh kurangnya asupan mineral dan vitamin, baik dari dalam maupun dari luar.

Tak heran ya, jika kebanyakan jenis produk perawatan tubuh diformulasikan untuk merawat kelembapan kulit. Mulai dari produk sabun mandi, body lotion, hingga kini mulai muncul banyak produk perawatan tubuh lainnya. Seperti body serum dan juga body cream.

Namun jangan hanya mengandalkan produk perawatan tubuh saja yaa. Banyak hal lain yang tak kalah menunjang tentang pentingnya menjaga kesehatan kulit tubuh, seperti berikut ini.

#1 Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan

Kebersihan sebagian dari iman itu benar adanya. Kebersihan merupakan akar dari kesehatan fisik maupun mental, termasuk kesehatan kulit tubuh. Untuk itu jangan pernah skip mandi 2x sehari yaa.

Selain membuat tubuh menjadi segar, mandi juga mencegah berbagai penyakit kulit. Usahakan tidak sering mandi menggunakan air hangat,karena justru membuat kulit menjadi kering.

#2 Gunakan tabir surya secara rutin

Paparan sinar matahari secara langsung merupakan polutan yang bisa menyebabkan permasalahan kulit, mulai dari kulit belang hingga kanker kulit. Untuk itu usahakan hindari paparan sinar matahari secara langsung dan gunakanlah tabir surya secara rutin setiap hari.

Meskipun aktivitas harian berada di dalam ruangan, menggunakan tabir surya tetap diperlukan. Paparan sinar matahari bisa menembus ke dalam ruangan melalui jendela yang akan mengenai kulit. Selain itu paparan panas dari kompor saat memasak dan juga paparan radiasi dari layar gawai atau pun bisa memberikan dampak buruk bagi kulit.

Pilih tabir surya dengan minimal SPF 30 dan reapply ke kulit per 4 jam atau setelah penggunaan tabir surya sebelumnya terkena air saat wudhu atau aktifitas lainnya.

#3 Cukupi kebutuhan mineral tubuh

Ingin kulit sehat elastis dan terhidrasi dengan baik? Selalu cukupi kebutuhan mineral tubuh, dengan minum minimal 2 liter per hari.

#4 Lakukan gaya hidup sehat

Selain kebutuhan mineral, faktor lain yang mampu menunjang kesehatan kulit adalah dengan cukupi kebutuhan vitamin. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Imbangi juga dengan berolahraga secara rutin dan hindari makanan tinggi lemak jenuh, merokok, atau bahkan minuman keras.

#5 Bijak dalam memilih produk yang digunakan

Merawat kesehatan dan kelembapan kulit dari dalam sudah dilakukan, saatnya menutrisi kulit dari luar dengan menggunakan produk perawatan kulit yang aman dan sudah teruji klinis. Usahakan pilih produk dgn bahan alami untuk meminimalisir terjadi iritasi kulit atau pun alergi.

Untuk jenis kulit sensitif, gunakan produk perawatan tubuh minim fragrance agar kulit tidak menjadi kering sehingga menjadi rawan gatal-gatal. Gunakan body care yang vegan dari petani lokal untuk menjaga kesehatan kulit dan juga menjaga kelestarian lingkungan.

Nah sekarang jangan salah target lagi yaa. Fokuslah menjaga kesehatan kulit daripada mengejar kulit yang lebih putih atau pun lebih cerah. Dengan menerapkan tips-tips di atas serta memahami pentingnya menjaga kesehatan kulit tubuh. Diharapkan kulit menjadi sehat, lembap, dan terawat sepanjang hari.


Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar