ivacwicha-header

4 Rekomendasi Tempat Camping Ramah Anak beserta Tipsnya

Konten [Tampil]

Pekan lalu, kami sekeluarga baru saja berwisata ke tempat camping ramah anak di daerah Subang, Jawa Barat. Pengalaman pertama bagi anak-anak kami untuk berkemah di alam terbuka. Tentunya kami memilih tempat camping yang aman dan juga nyaman yaa.

Sebagai permulaan, kami memilih area campervan. Tak hanya praktis, tetapi juga lebih hemat tenaga tidak perlu tracking dan angkut barang bawaan yang tentu saja tidak sedikit, mengingat anak-anak kami yang masih kecil.

Fyi, anak pertama kami masih berusia enam tahun dan anak kedua kami baru saja genap berusia dua tahun belum lama ini. Makanya banyak sekali pertimbangan yang kami pikirkan dalam menentukan tempat camping pertama kami.
tempat berkemah ramah anak
Berbekal pengalaman berkemah kami saat di bangku sekolah. Ditambah update informasi seputar family camp di berbagai channel YouTube dan juga media sosial. Kami pun memiliki beberapa daftar tempat perkemahan yang masih mudah dijangkau dari Jakarta.

Awalnya kami bingung diantara dua pilihan tujuan, antara camp di daerah Puncak Bogor atau ke Kabupaten Bandung. Atas banyak pertimbangan, akhirnya kami sepakat untuk mencari tempat camping di Lembang dan sekitarnya saja.

Padahal dari segi jarak tempuh, berkemah ke Lembang lebih jauh hampir dua kali lipat jarak tempuh ke Bogor. Otomatis biaya bensin dan tol yang harus dikeluarkan pun jauh lebih banyak. Tapi karena beberapa alasan yang kondisional berikut, kami tetap memutuskan berkemah di daerah Lembang saja.
  • Perjalanan ke puncak Bogor yang terkenal macet parah
Meski jarak ke Bogor lebih dekat, namun waktu tempuh kesana bisa jauh lebih lama dari ke Subang. Saat weekend, perjalanan menuju puncak (eits jangan sambil nyanyi AFI yaa bacanya 😁) seringkali diberlakukan ganjil genap. 
  • Cuaca di Bogor yang lebih panas dibandingkan Lembang
Namanya juga berkemah, pastinya banyak aktifitas yang dilakukan di dalam tenda. Karena tujuan kami bukan glamping yang tidur di ruangan ber-AC. Kami tak mau ambil risiko anak-anak menjadi tidak nyaman karena kepanasan di dalam tenda.
  • Objek wisata dan fasilitas di sekitar perkemahan tidak sevariatif di Lembang
Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Begitulah alibi jitu agar berkemah kali ini bisa sekaligus mengunjungi wisata lain yang tak kalah seru. Padahal saat mencari tempat berkemah itu pun sudah mencari tempat yang menyediakan fasilitas kegiatan lainnya.

4 Referensi Tempat Camping Ramah Anak di Bandung

Setelah memantapkan hati untuk memilih lokasi yang lebih jauh, ini dia beberapa kandidat tempat camping ramah anak yang bisa dijadikan referensi untuk berkemah bersama keluarga. Tempat camping ini sudah kami filter dengan budget under 1.000k yaa. 

Ranca Upas, Ciwidey

camping di ranca upas
Kampung Cai Ranca Upas merupakan wana wisata by Perum Perhutani yang letaknya sekitar 50km dari pusat kota Bandung. Hamparan rumput hijau dengan suasana yang sejuk sangat cocok dijadikan tempat berkemah bersama anak-anak.

Tidak hanya bumi perkemahan saja, disini juga ada penangkaran rusa, kolam air panas, outbound, dan beberapa flora yang bisa dijadikan sarana eksplorasi bersama si Kecil. Selain campsite dan campervan, Ranca Upas juga menyediakan glamping dengan tema igloo di pinggir danau yang sangat estetik. 

Jadi, tinggal sesuaikan dengan budget dan tujuan menginapnya yaa.

Lokasi: Jln. Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung.
Rate sewa tenda: mulai dari 280k/ per pax hingga 1.000k/pax

Tangkal Pinus, Cikole

tangkal pinus cikole bandung
Berbeda dengan camping ground sebelumnya yang bertemakan ladang savana. Camping ground ini berada di tengah hutan pinus sesuai dengan namanya. Mengusung konsep "Private Outdoor Space" pengunjung yang datang dibatasi hanya 60 pax dan 60 tenda saja.

Selain menikmati sejuk dan asrinya suasana di tengah hutan pinus dengan tenda-tenda yang estetik. Daya tarik yang menonjol dari camping ground ini adanya satwa-satwa yang unik dan menggemaskan. Disini kita bisa bercengkrama dengan Alpaca secara langsung. 

Selain itu, fasilitas lain yang yak kalah menarik ada cafe 24 jam yang tak kalah estetik dengan menu yang beragam. Di malam hari ada juga spot api unggun yang bisa dinikmati untuk mengusir dinginnya malam. Jaringan WIFI dan air hangat di toilet pun tersedia disini. 

Lokasi: Area Hutan Cikole, Jln. Genteng Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Rate sewa tenda: mulai dari 529k/tent hingga 869k/tent

Sariater Hot Spring, Subang

Last but not least, ada Sariater Hot Spring yang juga menyediakan camping ground, khususnya campervan. Berkemah disini otomatis mendapatkan fasilitas berendam di kolam air panas yang berkhasiat untuk kesehatan kulit. 
sariater campervan bandung
Areanya yang cukup luas, memberikan banyak pilihan area berkemah dengan pemandangan bukit, pegunungan, dan juga di pinggiran sungai air panas. Disini juga menyediakan kegiatan arung jeram, berkuda, dan taman kelinci.

Lokasi: Jln. Sariater, Nagrak, Ciater, Kabupaten Subang
Rate sewa tenda: mulai dari 550k/tent hingga 950k/tent  

Muara Jambu, Subang

Ingin berkemah dengan backsound gemericik air dipinggir sungai yang jernih? Disini tempatnya! Muara Jambu Camping Ground ini terletak di kawasan wisata Curug Ciangin, Desa Wisata Cibeusi. Jadi tak hanya menikmati bermain-main air di sungai saja, disini bisa sekaligus merasakan keindahan air terjun.
camp muara jambu subang
Fasilitas lain yang tersedia, antara lain bermain tubing, api unggun, dan juga pool. Di seberang sungai juga nampak persawahan hijau yang memanjakan mata dari penatnya jalanan ibu kota.

Lokasi: Kampung Neglasari RT/RW.018/004, Desa Cibeusi, Ciater, Kabupaten Subang
Rate sewa tenda: mulai dari 399k/tent dome

Pertimbangan sebelum Camping bersama Anak

Masing-masing camping ground di atas memiliki keunikan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan budget dan juga goals yang ingin diberikan ke anak-anak. Mengingat banyaknya manfaat dari kegiatan berkemah itu sendiri. Dimana anak bisa ekplorasi banyak hal saat di alam, serta melatih kemandirian dan keberaniannya juga.

Jadi, bagi campers pemula seperti kami, bisa mempertimbangkan hal-hal berikut agar pengalaman berkemah pertama bagi anak menjadi menyenangkan dan minim trauma. Sehingga anak akan lebih bersemangat dan menyukai berkegiatan di alam terbuka daripada terlalu banyak screentime dan minim bergerak.
  • Pilih waktu berkemah saat curah hujan rendah
  • Pilih lokasi dengan fasilitas dan kegiatan yang menarik 
  • Pastikan kondisi tenda dan perlengkapan yang disediakan atau pun yang perlu dibawa sendiri
  • Sounding terlebih dulu ke anak tentang asyiknya berkemah
  • Jaga kesehatan si Kecil agar saat berkemah dalam kondisi yang fit
  • Siapkan perbekalan dan perlengkapan berkemah yang memadai

Penutup

Meski berkemah banyak yang bilang lebih repot dan melelahkan, lantas tidak dikenalkan sama sekali ke anak yaa. Kami berani jamin, berkemah akan menjadi pengalaman yang seru dan mengasyikkan bagi anak-anak. Bahkan anak pertama kami pun saat hendak pulang dari berkemah, sudah menanyakan kapan kami akan berkemah lagi?

Jadi jangan takut mencoba dan agendakan untuk berkemah bersama si Kecil yaa. Tentunya pastikan terlebih dahulu hal-hal penting dan krusial yang sudah disebutkan di atas. Sehingga meminimalisir anak rewel atau tidak betah selama camping. Bila perlu, cari dan diskusikan bersama anak dalam memilih tempat camping yang ramah anak. Agar anak tertarik dan lebih bersemangat. 

Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

3 komentar

  1. I really enjoy reading all of your work. Great post and right to the point.

    BalasHapus
  2. I am very happy to read this article. Thanks for giving us Amazing info. Fantastic post.

    BalasHapus
  3. Thanks for sharing such an amazing post. Great Work. Love visiting your blog.

    BalasHapus

Posting Komentar