header the thought journal

7 Wahana Dusun Semilir Bawen yang Instagramable banget

Konten [Tampil]

Bagi warga Jateng yang ingin mencari wisata yang instagramable, wajib mampir ke wahana Dusun Semilir Bawen. Meskipun sekilas dari luar hanya terlihat bangunan tinggi berbentuk stupa yang megah. Tapi kamu akan dibuat terperanga ketika masuk ke dalamnya. 

Wahana Dusun Semilir

Ada banyak wahana dan spot foto yang aesthethic yang membuat kalian betah berlama-lama disana.

Lokasinya pun sangat strategis dan mudah di akses. Tepatnya di jalan utama Semarang-Solo, Kabupaten Semarang. Buat warga Semarang, hanya butuh waktu sekitar 40 menit dengan menggunakan jalur tol. Sedangkan dari tol Solo dan Yogyakarta, bisa ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam.

Berakhir pekan dengan suasana seru dan menyegarkan, dengan piknik tipis-tipis ke Dusun Semilir Bawen. Banyak keseruan yang bisa dilakukan bersama keluarga, pasangan, atau pun teman-teman. Menjadi alternatif pilihan daripada sekadar jalan-jalan ke mall atau pusat perbelanjaan saja.

Yang lebih menyenangkan lagi, harga tiketnya pun cukup terjangkau dan tanpa batasan waktu. Jadi bisa puas seharian deh main-main dan berswafoto disana. 

Awal Juni lalu, Alhamdulillah bisa mudik ke Semarang. Aku dan keluarga besar pun menyempatkan berkunjung ke Dusun Semilir. Dengan kondisi new normal, kami pun memilih berangkat awal untuk menghindari padatnya pengunjung. Kami bersembilan ke Dusun Semilir dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Saking asyiknya didalam, tak terasa kami pun menghabiskan waktu hampir 7 jam lamanya.

Penasaran ga nih ngapain aja bisa betah selama itu di Dusun Semilir? Yuks simak sampai akhir yaa…

 

Tempat Wisata Dusun Semilir Bawen, Kabupaten Semarang

Begitu masuk lobby Dusun Semilir, mata kami sudah dimanjakan dengan interior serba kayu yang membuat kesan natural estetik semakin kuat. Tepat di tengah stupa, terdapat pohon besar Pule yang telah berusia hampir seratus tahun. Dilengkapi dengan dekorasi lampu lampion yang bewarna-warni membuat nuansa alam yang begitu apik.

Lobby dusun semilir
Area Lobby Dusun Semilir

Oiya, untuk masuk area lobby ini belum dikenakan tiket alias gratis yaa. Padahal di area ini saja, kalian sudah bisa mengambil banyak foto untuk bahan posting di sosial media. Jadi cuma perlu bayar parkir aja, kamu sudah bisa cukup puas cuci mata dan menilik berbagai pernak-pernik serta berbagai macam makanan khas Jawa Tengah di area stupa gedung utama ini.

Nah, buat kalian yang belum berpuas diri dan masih penasaran dengan apa saja wahana yang ada di dalam Dusun Semilir. Bisa langsung beli tiket masuk dengan harga yang cukup terjangkau.

 

HTM Dusun Semilir Bawen

Ok, kita buka dengan info penting yang biasanya jadi pertanyaan pertama orang-orang sebelum mengunjungi tempat wisata. Yups, harga tiket. Dusun Semilir memasang tarif yang aku bilang cukup murah dengan segala keunikan yang ada didalamnya.

HTM Dusun Semilir

Tarif di atas hanya harga tiket masuk yang belum termasuk tiket wahana bermain dan lain-lain yaa…

Cukup murah bukan? Karena dengan modal puluhan ribu saja kita akan terus dibuat terkesima dengan spot foto yang colorfull di setiap sudut areanya.

 

Wahana dan Spot Foto di Dusun Semilir Bawen

Nah, seperti yang sudah aku spill di atas. Tempat wisata Dusun Semilir ini sangat lengkap dan cocok untuk semua kalangan. Jadi, mau kesana dengan siapa pun semua bisa menikmatinya. Aku akan sebutkan beberapa area yang paling menarik yang membuat kamu ingin segera kesana.

1. Prosotan pelangi

Ini yang menjadi destinasi utama buat anak milenial. Prosotan colorfull dengan panjang lintasan 150 meter ini bisa memicu adrenalin. Kamu akan merasakan sensasi meluncur dari ketinggian 30 meter dengan kecepatan meluncur yang sesuai dengan berat badan masing-masing. Semakin berat badan kamu, makan semakin cepat pula meluncurnya…

Kebayang ga sih rasanya, karena aku ada bocil yang harus diawasi, aku pun harus ikhlas tidak mencoba wahana satu ini. Padahal sih aslinya emang takut ketinggian aja, hehehhe

Oiya, seperti yang aku bilang di awal. Untuk menjajal wahana ini belum termasuk dalam HTM awal tadi yaa… Tapi tenang aja, karena harga tiket wahana prosotan pelangi ini ga kalah murah kok. Hanya Rp15.000 per orang dengan minimal tinggi badan 120 cm, kamu sudah merasakan sensasi yang luar biasa seru.

2. Banyu Biru

Masih berbau adrenalin, tapi kali ini dengan nuansa air. Cocok banget buat kamu yang suka berpetualang. Di dalam area ini, ada tubing dengan trek gua sepanjang kurang lebih 150 meter. Lalu, bisa juga foto underwater lengkap dengan property yang telah disediakan. Harga tiket wahana ini 20k untuk weekdays dan 30k saat weekend.

Di malam harinya, masih di area Banyu Biru ada pertunjukan Dancing Fountain. Pertunjukan tersebut berlangsung pukul 18.00-18.30 WIB setiap harinya dan GRATIIIISSSS….

Cocok deh buat kamu pecinta senja, bisa menikmati suasana malam di Dusun Semilir yang ga kalah cantiknya. Lampu-lampu hias yang bewarna-warni akan membuat kesan lebih romantis bersama pasangan halalmu yaa..

Nah, buat parents yang datang bersama si Kecil, jangan sedih dulu ya…

Untuk dua arena bermain di atas memang kurang ramah anak. Tapi parent bisa duduk santai menikmati indahnya perpaduan birunya langit dan rumput hijau (sintetis) sambil menemani si Kecil bermain pasir putih layaknya di pinggir pantai kayak foto di bawah ini nih..

Area main pasir di banyu biru

Ga sampai disitu aja, masih banyak area yang kids friendly lainnya lhoo. Seperti Omah Dolanan, mini zoo, feeding animal, dan suketan (yang masih coming soon). Paket komplit banget kan? Oiya, harga tiketnya berbeda-beda ya, bisa langsung cek di infografis dibawah ini.

Tiket wahana dusun semilir

3. Plataran

Masih dengan nuansa hijaunya rerumputan dengan background area Banyu Biru. Di area plataran ini, banyak beraneka ragam tenant makanan dan minuman. Selain itu, banyak property lucu yang bikin hasil foto mu makin epic.

Buat kamu yang mau uji nyali juga bisa lhoo, deket area plataran ini ada Omah Suwung dengan harga tiket 15k saja. Terus yang gowes santai juga bisa lhoo, karena disediakan juga sewa sepeda dengan tarif yang sama.

Menjelang sore tiba, di area ini pula akan ada live music yang menemani kamu bersantai dengan semilir angin yang menyejukkan. Sedikit bocoran nih, waktu aku kesana di dekat plataran ini ada area ala-ala Korea yang sedang tahap penyelesaian. Cocok lah buat para K-Lovers yang mau berkunjung kesana…

4. Alun Eropa

Nah, ini dia area yang paling dicari para pecinta foto. Setelah melewati berbagai area yang kental dengan nuansa nusatara, tiba-tiba kamu seperti menginjakan kaki ke Eropa. Mulai dari nuansa Santorini, Venice, Barcelona, sampai Maroko bisa kamu jadikan spot foto yang instagramable.

Dengan bangunan dan dekorasi yang menyerupai Eropa, kamu ga akan merasa lelah meski sudah berjalan kaki cukup lama. Di area alun Eropa ini pula, kamu bisa mencoba berbagai wahana khas Eropa. Seperti trem, gondola, arena berkuda, sampai kostum ala-ala Eropa pun ada.

Alun eropa Dusun Semilir

Buat yang hanya bermodalkan kamera gawai saja, ga usah khawatir yaa. Karena disana juga banyak photographer profesional yang siap mengabadikan moment indah kamu. Tinggal datangi area pengambilan foto, pilih foto yang paling kamu suka, lalu bayar deh. Kamu akan dapat softcopy dan juga hasil cetakan fotonya.

5. Gunungan Resto

Setelah puas berfoto dan mulai kehabisan tenaga. Kamu bisa istirahat sekaligus charge perut dengan menu-menu yang nikmat di Gunungan Resto. Plusnya lagi nih, dengan makan di Gunungan Resto kamu bisa menemukan spot foto yang ga kalah keren.

Abis makan foto dulu, mumpung anak ada yang jagain

Sebagaimana namanya Gunungan, resto ini berada di lantai atas gedung utama stupa lobby pintu masuk Dusun Semilir. Setelah perut kenyang, kamu bisa bersantai dan foto-foto dari ketinggian dengan background stupa dan wahana yang telah kamu lewati sebelumnya.

Menu makanan yang ada di Gunungan Resto banyak pilihan. Dari menu nusantara hingga western juga ada. Yang pasti enak dan biikin perut kenyang.

6. Warisan dan Cemilan Indonesia

Seperti sudah menjadi tradisi ya, kalau berwisata tanpa membawa buah tangan rasanya ada yang kurang. Nah, di Dusun Semilir juga menyediakan pusat perbelanjaan untuk oleh-oleh yang sangat lengkap. Mulai dari pakaian khas nusantara, pernak-pernik dari kayu dan rotan, aksesoris yang lucu dan estetik, sampai berbagai cemilan yang bikin kalap mata.

Eitss tapi tenang aja, karena harga-harganya amat sangat normal untuk ukuran pusat oleh-oleh yang sedang hits banget ini.

7. Dusun The Villas

Buat kamu yang jauh-jauh datang ke Bawen dari luar kota, don’t worry be happy ya…

Karena sekarang Dusun Semilir sudah opening Villa yang kece badai. Dusun The Villas mengusung konsep yang sangat unik. Kamar hotel berbentuk layaknya rumah adat Papua yang dibawahnya terdapat pool buat kamu berenang secara langsung dari kamar mu menginap. Berasa punya private pool sendiri kaan?

Dusun The Villas Bawen
Source: instagram @dusunthevillas

Nah untuk harganya sih lumayan pricey, mulai dari 800K per malam. Tapi cukup sepadan lah dengan fasilitas yang diberikan. Cocok banget buat kamu yang lagi honeymoon.

Gimana, menarik banget kan wahana dan spot foto di Dusun Semilir ini? Entah berapa kilometer kaki ku melangkah waktu itu. Alhamdulillah anak happy ga minta gendong jadi ga berasa banget capeknya..

Meski menghabiskan waktu berjam-jam bersama si Kecil, tidak perlu khawatir ya. Karena banyak fasilitas yang tersedia di Dusun Semilir yang membuat kita semakin nyaman. Apa saja itu?


Fasilitas lain di Dusun Semilir Bawen

Fasilitas yang ada di Dusun Semilir

Karena saat artikel ini ditulis masih dalam masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) darurat, untuk sementara Dusun Semilir masih ditutup sampai masa PPKM berakhir. Yuks berdoa bersama agar wabah corona ini segera mereda dan kita bisa menjalankan new normal yang lebih baik lagi.

Menurut aku sih selama new normal yang lalu, Dusun Semilir Bawen sudah sangat menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Diberlakukan jumlah pengunjung maksimal dan pemeriksaan ketat di pintu masuk. Saat jumlah pengunjung sudah mencapai kapasitas maksimal, maka otomatis pintu gerbang Dusun Semilir ditutup.

Nah, biar tetap aman dan nyaman berwisata selama pandemi (terutama bersama si Kecil), bisa simak tips dibawah ini yaa..

Tips wisata saat Pandemi

1.Ketat dan patuhi prokes

Gunakan masker bedah, jika perlu gunakan double dengan masker kain. Rajin mencuci tangan sebelum dan setelah memegang area-area yang banyak dijamah orang. Hindari kerumunan antrian dan tetap jaga jarak.

2. Datang lebih awal karena pengunjung belum banyak

Ini sangat penting buat aku, karena bepergian bersama si Kecil akan lebih nyaman di pagi hari saat jumlah pengunjung masih sedikit. Kita bisa menikmati berbagai area dengan lebih leluasa dan bisa memaksimalkan dalam menjaga jarak.

3. Pilih waktu makan ke resto di luar prime time

Berhubung di Dusun Semilir tidak diperbolehkan membawa makanan atau minuman dari luar. Jadi jalan ninja membawa hidangan dari rumah tidak berlaku disini. Untuk mensiasatinya, segera ke resto atau food court yang tersedia sebelum waktu makan tiba. Jika sudah ngemil cantik sebelumnya nih, mending ke resto menjelang jam 2 siang, karena area makan sudah sepi.

4. Bawa alat ibadah dan alat makan sendiri

Meski sudah tersedia mushala dan masjid di Dusun Semilir, alangkah baiknya menggunakan mukena dan sajadah yang kita bawa sendiri dari rumah.

5. Siapkan baju ganti, payung atau topi untuk si Kecil

Karena sebagian besar area di Dusun Semilir adalah outdoor, maka cerahnya langit akan terasa langsung. Jadi, usahakan bawa penutup kepala untuk si Kecil agar tidak pusing kepanasan. Bawa beberapa baju ganti dengan bahan yang nyaman di kulit si Kecil

6. Beli tiket online untuk menghindari antrian pembelian tiket

Jika kalian akan berkunjung di hari yang sudah pasti, saya rekomendasikan membeli tiket secara online terlebih dahulu. Jadi, sesampainya disana tidak perlu antri membeli tiket dan langsung konfirmasi ke bagian Information Centre yang berada di lobby.

Pembelian tiket online bisa melalui traveloka dan juga tiket.com


Semoga informasi tentang harga tiket hingga seluruh wahana Dusun Semilir Bawen ini bisa menjadi referensi untuk menjadi destinasi pilihan untuk liburan dan refresh sejenak dari aktivitas harian kita. 

Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

28 komentar

  1. Beberapa waktu lalu aku ngelewatin tol semarang-solo. Baru tau ada wisata kece ini. Villanya unik banget. Kemarn sempet liat postingan temen di seluncuran itu, ternyata di Bawen to. Ah, PPK liat ginian jadi makin pingin jalan2. Semoga segera diangkat pandeminya ya mba :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kpan2 kudu mampir deh mba, deket ini kan..
      Tpi klo ppkm dah selese tentunya yaa ;)

      Hapus
  2. Gak kuat,, liat foto-fotonya bikin ngiler mba, huft hehe

    BalasHapus
  3. Gunungan resto, ahh ku syukaaa.. Cantik banget yaa, btw itu kalo makan disitu dengan anak-anak tetap safety kan mom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman kok Mom, kan ada yg di dalem ruangan..
      Yg fotoku itu area no smoking, anak2 bsa ksitu jga tpi harus penuh pengawasan yaa

      Hapus
  4. Aiiiih beneran terperangan ngelihat jepretan-jepretannya. Jadi pengen ke sana, tapi sama siapa ya, hihi

    BalasHapus
  5. Ah baru tau di semarang ada tempat kaya gini, seru banget ajakin anak ke sini

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah sama sekali melancong ke daerah Jawa Tengah. Dan membaca ini, aku tertarik sama dusun the villas nya mbakk. Kereeen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali² melancong ke jateng jga ya mba, nginep di dusun the villas pasti puas bgt deh itu

      Hapus
  7. Ternyata di Semarang ada tempat kayak gini.. Tau gitu dulu pas kesana mampir :D..
    Besok deh kalo udah gak PPKM Ke Semarang lagi.. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asliny darimna Mba?
      Iya klo deket kapan2 kudu mampir deh

      Hapus
  8. Masya Allah.. kerennya. Kok kayak negeri dongengnya hehhe. Warna warni.

    Tampaknya aku maiannya kurang jauh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi, efek pandemi jdi anak rumahan kita semua mba...

      Hapus
  9. Wah ini foti2nya bikin mupeng, sebelum.pandemi pingin kesini ga jadi jadi..
    Sejak pandemi blm berani wisata ke luar kota..hiks

    BalasHapus
  10. Baru tahu kalo disemarang ada tempat bagus begini mbak, ya betah saja ya mbak 7 jam disana karena wahananya buanyak dan asyik bgtu

    BalasHapus
  11. Saya Juli 2018 berwisata ke semarang dan mampir ke tempat wisata baru di bawen, tapi saya lupa namanya. Kalo gak salah "eling bening" ya? Tapi belum selengkap sekarang ya wahana nya. Sama gak sih tempatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo eling bening beda lagi Dok, tempatnya agak jauh dan di puncak klo eling bening..
      Klo aku lebih suka Dusun Semilir dripda Eling Bening, hehheehe

      Hapus
  12. saya di semarang tapi belum pernah ke sini hehehe denger denger selalu rame sampe pernah ditutup sementara karena lonjakan pengunjung. Alhamdulillah ud ngerasain ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya selama pandemi, pengunjung di batasi jdi sistemnya buka tutup gitu Mba.
      Klo PPKm ya full tutup nih, kasian jga karyawan²nya klo dipikir2 ya

      Hapus
  13. Ohhh aku pernah liaaaat yg perosotan pelangi itu mba. Tp baru tahu kalo tempatnya di dusun semilir Bawen ini.

    Ah ini sih wajiiib aku datangin kalo ntr udah bisa jalan2 ;)! Pas pertama liat perosotan ini udh kepengn sih nyobain, secara aku suka ketinggian dan segala macam yg berbau ekstreme :). Kayak bungy jumping, rollercoaster dll. Makanya pengen bgt bisa seluncur ke bawah bareng anak :D.

    Tiketnya murah sih, termasuk yg utk masing2 wahana. Dan kayaknya penginapannya juga seruuuu ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hebat nih Mba Fanny suka ketinggian ya..
      Wajib cobain deh klo PPKm dan sikon dah mendukung

      Hapus
  14. Lokasinya nggak terlalu jauh dari rumahku ini hehe aku malah belum sempat main ke sana keburu pandemi, sekarang makin lengkap ya wahananya cocok buat tempat piknik dan tujuan wisatawan

    BalasHapus
  15. Gak pernah bosen kalo main ke Dusun Semilir ini, aku udah 4 kali kesini. Apalagi selalu ada wahana dan spot foto baru, pokoknya asyik banget, tapi kalau mau kesini jangan weekend sih, pasti rame banget. Aku paling suka naik prosotan warna warni.

    BalasHapus
  16. Waah..wah...seru banget niih...
    Dusun Semilir Bawen yang HTMnya sangat terjangkau plus wahananya, seruuu..
    Jadi kudu mampir ke sini kalau sedang mampir Semarang.

    BalasHapus
  17. duh kalau lihat foto traveling, bawaanya pengen main mulu, kangen banget jalan-jalan deh jadinya. soon lah setelah pandemis selesai

    BalasHapus
  18. Ah betaah aku lbh suka weekday kalau jalan begini secara bukan pegawai dan anak anak daringnya bs nyusul hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email