header the thought journal

5 Tips Mengatasi Masuk Angin Tanpa Kerokan

Konten [Tampil]

Mengatasi masuk angin tanpa kerokan bisa ga ya? Seperti kita tahu, kerokan merupakan salah satu cara andalan masyarakat Indonesia untuk mengatasi masuk angin. Ketika badan rasanya ga karuan, lemas tapi pegal-pegal, sedikit pusing, mual, dan juga demam. Tak sedikit yang meminta bagian punggung mereka dikerok dengan minyak balur atau pun balsam.

Itulah keunikan warga +62 yang turun temurun telah meyakini bahwa kerokan itu bisa mengobati masuk angin. Kalau sudah kerokan, badan rasanya plong dan merasa lebih segar. Begitu kata mereka yang sudah maniak kerokan :D

Mungkin bagi sebagian orang, cara ini sangat ampuh menghilangkan rasa tidak nyaman di atas. Entah pengaruh sugesti atau efek hangat minyak yang dibalur. Tapi sayangnya bagi sebagian lain yang memiliki eksim kulit, kerokan bisa menyebabkan gatal-gatal. Saya salah satunya, kulit yang habis dikerok langsung bentol-bentol dan gatal luar biasa.

Lalu, bagaimana mengatasi masuk angin selain dengan kerokan? Sebelum membahas itu lebih dalam, yuk kita cari tau tentang masuk angin terlebih dahulu.


Apa itu Masuk Angin?

Masuk angin apakah ada angin yang masuk dalam tubuh? Begitu pikiran polosku dahulu.

Dalam ilmu medis, sebenarnya tidak ada istilah masuk angin. Masuk angin bukanlah suatu penyakit dalam ilmu kedokteran. Bahkan, belum ada penelitian yang membuktikan secara medis mengenai masuk angin ini.

Hanya di Indonesia banyak “pasien” yang mengklaim sedang mengalami masuk angin. Entah siapa yang mendeklarasikan pertama kali istilah ini. Namun sudah menjadi  rahasia umum penyakit ini seringkali menyerang banyak masyarakat Indonesia (saja) apalagi di kala musim penghujan tiba.


Gejala dan Penyebab Masuk Angin

Gejala yang umumnya dirasakan ketika masuk angin adalah menggigil karena demam, nyeri otot dan pegal, sakit kepala, batuk pilek, perut kembung, hingga hilangnya nafsu makan.Gejala-gejala tersebut hampir sama dengan gejala flu atau pun beberapa indikasi penyakit lainnya.

Banyak yang menganggap bahwa penyakit ini disebabkan karena terlalu banyak angin yang masuk ke dalam tubuh. Entah efek dinginnya hujan yang turun atau terlalu lama berada di ruang ber-AC. Padahal dalam dunia medis, masuk angin secara langsung tidak disebabkan oleh angin atau pun hujan.

Keluhan masuk angin paling sering terjadi akibat menurunnya daya tahan tubuh. Bisa disebabkan karena kurangnya tidur akibat sering begadang. Penyebab lainnya adalah jadwal makan yang tidak teratur, kurangnya berolahraga dan nutrisi makanan yang kurang sehat.

Dengan banyaknya penderita masuk angin, kini sudah banyak sekali jenis obat untuk menyembuhkan masuk angin, meski pun belum ada ilmu medis yang pasti.Agar tidak banyak mengonsumi obat-obatan, masih ada beberapa cara yang bisa meredakan gejala masuk angin seperti di bawah ini.

Tips mengatasi masuk angin

Tips Mengatasi Masuk Angin Tanpa Kerokan dan Obat-obatan

1. Minum Jahe Hangat

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang paling sehat di dunia. Jahe diperkaya dengan berbagai manfaat untuk tubuh. Salah satu jenis tumbuhan yang disebutkan dalam Al- Quran ini banyak mengandung vitamin C dan juga magnesium. Kandungan ini mampu membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun.

Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Beruntung ya kita tinggal di Indonesia, dimana kita dapat mudah mendapatkannya.

Walaupun saat corona merajalela, harga jahe menjadi melambung tinggi yaa. Tapi tetap masih bisa dibeli dan disajikan dengan mudah kan? Cukup rebus atau seduh jahe dengan air panas, tunggu sampai hangat lalu tambahkan madu dan perasan jeruk nipis agar lebih nikmat dan berkhasiat.

2. Makan dan Istirahat yang Cukup

Karena masuk angin disebabkan karena kurangnya jam tidur dan pola makan yang kurang baik. Maka segera benahi waktu tidur dan jangan telat makan. Stop begadang dan penuhi jam tidur minimal 7 jam saat tidur malam hari.

Selain itu, konsumsi makanan penuh gizi dan kaya vitamin untuk memperbaiki kondisi tubuh. Bila perlu, konsumsi asupan yang tinggi seng. Zat ini disebut mampu meningkatkan imunitas. Beberapa asupan kaya seng antara lain daging, makanan laut, kacang-kacangan, dan produk susu.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Dalam kondisi normal, kita wajib mengonsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas per hari. Terlebih saat kondisi tubuh sedang tidak sehat, asupan cairan yang cukup dapat membantu mengontrol suhu tubuh dan meringankan demam pada tubuh.

Jika dirasa kurang nyaman atau merasa mual saat minum banyak air minum secara langsung, bisa nikmati air putih hangat agar tenggorokan lebih terasa nyaman. Minum sedikit demi sedikit namun secara teratur, sampai mencapai jumlah yang seharusnya.

4. Hindari Kafein

Agar kebutuhan nomor 2 bisa terlaksana dengan baik, sebaiknya hindari konsumi makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Selain minuman berkafein, minuman soda juga tidak diminum terlebih dahulu yaa..

5. Gunakan Minyak Balur yang Menghangatkan

Untuk membantu sirkulasi darah dalam tubuh semakin lancar, penggunaan minyak balur bisa membantu. Efek hangat dari minyak yang dibalurkan bisa membantu istirahat semakin nyaman. Pilihlah minyak balur yang mengandung essential berbagai rempah pilihan. Karena saya tidak suka mengonsumsi obat-obatan jika tidak sakit berat, maka minyak balur ini sangat membantu saat badan kurang sehat.

Nah, belum lama ini saya telah jatuh hati dengan satu minyak balur yang sangat berkhasiat untuk meredakan berbagai nyeri dalam tubuh. Meski brand baru dari dunia perbaluran, khasiatnya mampu mengalahkan minyak balur yang pernah saya coba sebelumnya. 

Biar khasiatnya bisa dirasakan lebih banyak orang, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing mengenai minyak balur yang kaya manfaat ini.


MINYAK BALUR KAUNIYAH OIL


Readers, sudah pernah mendengar tentang Kauniyah Oil belum nih?
Walau baru beberapa bulan produk ini launching tapi Masya Allah, Minyak Balur Kauniyah Oil ini sudah cukup memikat para pecinta essential oil lhoo…Terlebih bagi Nature Lovers, produk ini layaknya jawaban untuk mereka yang tidak suka mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan kondisi tubuh yang kurang fit. 
Minyak Balur Kauniyah Oil sangat berkhasiat untuk seluruh anggota keluarga. Bahkan bayi new born pun bisa menggunakan minyak ini dengan dicampur VCO 1:1.
Sekarang, saat ada anggota keluarga yang merasa tidak enak badan atau sekadar kelelahan, Minyak Balur ini jadi andalan!!

Kandungan dalam Minyak Balur Kauniyah Oil

Minyak Balur Kauniyah Oil ini merupakan obat tradisional yang dibuat dari 13 Essential Oils therapeutic grade dalam balutan Natural Carrier Oil berkualitas tinggi. Apa saja 13 bahan alami pilihan dalam Minyak Kauniyah Oil ini?

Mengatasi-masuk-angin

1. Minyak Zaitun

Zaitun bermanfaat untuk membebaskan racun dan mencegah tumbuhnya uban, serta mengobati luka bakar dan menguatkan gusi. (Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam Zad Al'Ma'ad)

2. Minyak Kelapa

Asam laurat dalam Oleum Cocos atau Minyak Kelapa mampu membunuh bakteri, virus dan jamur. Studi membuktikan kandungan lemak dalam minyak kelapa mampu menutrisi dan melembabkan kulit kering.

3. Minyak Cengkeh

Oleum Caryophylli atau Minyak Cengkeh digunakan luas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan stress, menghilangkan sakit kepala, meringankan masalah pernafasan.

4. Minyak Bunga Lawang

Illici Veri Flos atau Minyak Bunga Lawang mengandung glinalol dan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat.

5. Minyak Sereh

Oleum Citronelae atau familiar dengan sebutan Minyak Sereh selain sebagai anti serangga, juga memiliki efek detoksifikasi, meredakan peradangan dan mencegah infeksi.

6. Minyak Adas

Oleum Pimpinella Anisum atau Minyak Adas digunakan secara luas untuk meredakan pilek dan flu, meringankan masalah pencernaan, nyeri haid, sebagai anti inflamasi, diuretik dan anti mikroba.

7. Minyak Kayu Putih

Oleum Cajuputi atau Minyak Kayu Putih digunakan secara luas untuk meredakan berbagai masalah pernafasan, mengurangi ketidaknyamanan akibat gigitan serangga, meningkatkan imunitas tubuh, serta meredakan nyeri sendi.

8. Minyak Jahe

Zingiberis Offocinalis atau Minyak Jahe digunakan secara luas untuk meredakan mual, melancarkan saluran pernafasan, mengatasi migran, mengurangi nyeri, mengatasi infeksi serta memiliki efek mengurangi strees.

9. Minyak Bidara

Oleum Ziziphus Mauritiana atau Minyak Bidara digunakan secara luas untuk meredakan demam pada anak-anak, bisul, ambeien, serta antiseptik pada luka. Minyak ini juga secara luas digunakan untuk media pengobatan penyakit non-medis (sihir, gangguan jin, dll). Kajian syariat penggunaan minyak/ daun bidara sebagai ikhtiar pengobatan non-medis termasuk mubah (dibolehkan).

10. Minyak Kunyit

Curcuma Domestica Rhizoma atau Minyak Kunyit di gunakan secara luas untuk mengatasi masalah persendian, pencernaan. Minyak ini juga digunakan untuk memperbaiki fokus serta mengurangi stress

11. Minyak Pala

Myristica Fragnastis Semen atau Minyak Pala digunakan secara luas untuk mengobati insomnia, meredakan nyeri dan peradangan. minyak ini juga digunakan secara luas sebagai minyak oles anti jamur

12. Minyak Habbatussauda

Nigellae Sativa Semen atau Minyak Habbatussauda digunakaan secara luas sebagai anti radang, anti infeksi, meredakan reamatik, serta menambah tingkat konsentrasi

13. Minyak Daun Sirih

Piperis Bettle Folium atau Minyak Daun Sirih mengandung betlephen dan chavic yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi, anti jamur, digunakan secara luas untuk mengobati gatal, eksim dan gangguan kuliat lainnya.

Ke-13 minyak di atas telah diproses dalam tingkatan tertinggi minyak esensial. Dengan dibanderol harga 165k per botol, sangat affordable dan tergolong murah jika dibandingkan dengan Essential Oil merk lain.


Manfaat Minyak Balur Kauniyah Oil

Berkali-kali saya dibuat takjub dengan Minyak Balur yang satu ini. Aroma citrus yang tidak pernah saya temukan di minyak balur lain, sangat membuat rileks dan nyaman. Bahkan anak lelaki saya yang masih berusia 3 tahun dibuat ketagihan dibalur minyak ini sebelum tidur. Padahal dengan aroma minyak kayu putih saja, dia menolak keras karena aromanya. 

Seperti sudah saya singgung sebelumnya, Minyak Kauniyah ini bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari keluarga. Baik untuk Ayah, Bunda, Anak, bahkan aman untuk bayi sekalipun.Berikut beberapa khasiat maupun manfaat dari Kauniyah Oil.

  • Meredakan peradangan dan mencegah infeksi.
  • Meredakan gejala masuk angin.
  • Mengatasi mual.
  • Mengatasi nyeri datang bulan pada wanita.
  • Meredakan Perut Kembung.
  • Mengatasi Gangguan Pencernaan.
  • Meredakan Sakit Kepala.
  • Meredakan Nyeri di bagian Kepala.
  • Mengatasi Gangguan Tidur, terutama membantu si Kecil lelap dalam tidur.
  • Mengatasi Gangguan Pernapasan.
  • Mengatasi Flu.
  • Menjaga Stamina.
  • Meredakan Pegal Linu.
  • Meredakan Memar Benjol.
  • Mengatasi Ambeien.
  • Meredakan gatal-gatal akibat serangga, dll

Sebenarnya masih banyak manfaat lain dari Kauniyah Oil dalam bentuk testimoni para pengguna Essential Oil yang bisa dicek langsung di instagram Kauniyah Oil yaa. 


Kenapa Pilih Kauniyah Oil?

Dari penjelasan ingredient dan manfaat di atas, rasanya tak perlu dijelaskan lagi yaa kenapa harus mencoba minyak balur Kauniyah Oil. Tapi sebenarnya ada dua alasan kuat kenapa harus memilih minyak balur ini.

1. Minyak kauniyah diramu dengan memperhatikan aspek sains dan thibun nabawi dengan turut meriset sediaan alam yang diulas dalam Al Quran dan Hadits

Komponen yang mengacu pada Thibun Nabawi

  • Minyak zaitun
  • Minyak jahe
  • Minyak habatussauda
  • Minyak bidara

2. Diproses dengan cara higienis dan modern dengan mesin terbaru yang menjaga kualitas dan khasiat asal

Walau masih tergolong baru, pemilihan mitra produksi dari Kauniyah Oil ini tidak kaleng-kaleng lho Readers. Kauniyah Oil memilih mitra produksi yang telah memiliki sertifikat halal di seluruh fasilitas produksinya serta memiliki sertifikat GMP (Good Manufacturing Practices) /CPOTB (Cara Oembuatan Obat Tradisional yang Baik). 
Jadi tidak perlu diragukan lagi, minyak balur Kauniyah Oil ini sudah bersertifikat HALAL MUI dan juga BPOM. Pastikan minyak balur Readers di rumah sudah bersertifikat resmi ya. Readers bisa cek di situs resmi BPOM untuk cari tau pastinya.

Selain itu, masih ada Keunggulan Lain dari Kauniyah Oil yang wajib diperhitungkan atau layak banding dengan minyak balur merek lain.


Seluk Beluk Minyak Balur Kauniyah Oil

Jika Readers followers setia Ummu Balqis, pasti sudah jatuh hati juga kan dengan minyak balur satu ini. Yups, Kauniyah Oil adalah brand terbaru yang ditelurkan oleh Ummu Balqis bersama sang suami. Fyi, Ummu Balqis merupakan pengusaha, motivator, pendidik, dan juga influencer yang memiliki banyak pengikut di instragram.

Pemilihan nama Kauniyah sendiri, bukan hanya sekadar merek karena memiliki filosofi yang mendalam lho. Merujuk pada “Ayat Kauniyah” yang memiliki makna:

Ayat-ayat dalam bentuk segala ciptaan Allah berupa alam semesta dan semua yang ada di dalamnya. Ayat ini meliputi segala macam ciptaan Allah, baik itu yang kecil maupun yang besar. 

Harapan dari Owner, Kauniyah menjadi wasilah, jalan kasih sayang Allah berupa kesembuhan melalui ikhtiar pemakaian obat tradisional ini. 

Hmm, begitu penuh arti ya, bukan sekadar produk yang mencari profit saja. Tapi produk ini juga didedikasikan untuk kemajuan ummat. Masya Allah....


Jadi gimana? Tertarik mencoba Minyak Balur Kauniyah Oil juga?

Yang mau order dan merasakan langsung khasiat Minyak Balur Kauniyah Oil yang kaya manfaat ini, bisa langsung Klik Disini yaa

Yang pasti, Minyak Balur Kauniyah Oil ini bisa banget jadi salah satu iktiar kita dalam mengatasi masuk angin tanpa kerokan. Tinggal balur ke bagian tubuh yang sedang sakit, tidur akan menjadi semakin nyaman, sakit pun hilang. Tentunya yang utama dan tidak boleh ketinggalan, selalu berdoa memohon kesembuhan dari Sang Pencipta yaa…

 

 

 

 

 

 

Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

6 komentar

  1. Wah, ngomongin perihal enterwind eh masuk angin jadi merasa terpanggil kesini, bun, hhe ..
    Kayaknya bisa banget nih cari alternatif lain dari kerokan, pakai minyak ini :D terima kasih infonya Bun :D

    BalasHapus
  2. WA, banyak minyak yang bisa mengurangi masuk angin ya mbak lupi... Aku mau coba ah...

    BalasHapus
  3. Enter wind di era saat ini jadi bikin ngeri-ngeri sedap. Bersyukur banyak herbal yang bisa dimanfaatkan di sekitar rumah ya.

    Produk yang menambah varian thibbun Nabawi di Indonesia nih.

    BalasHapus
  4. Aku entah kenapa sering masuk angin wkwk. Minuman favoritnya susu jahe (kalau wedang doang nggak kuat pedesnya). Anyway, produk ummu balqis tuh keren ya. Riset dll nya tuh proper bgt. Trusted deh ;)

    BalasHapus
  5. Aku termasuk yg benci kerokan mba. Ga suka aja kalo ngeliat badan penuh garus2 merah. Kalo masuk angin , LBH milih utk minum herbal yg meredakan masuk angin. Minyak Balur sesekali sih, kebetulan aku selalu sedia juga, walopun bukan yg merk kauniyah ini.

    Tapi menarik minyak balurnya. Apalagi baunya ga kayak minyak gosok yg terlalu strong bgt ya mba. Ga suka tuh nyium yg begitu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email