header blog ivacwicha

6 Ide Bermain Anak Balita untuk Melatih Kecerdasan

Konten [Tampil]

Pernah ga sih Mom merasa bingung mencari ide bermain untuk anak balita kita di rumah? Hmmm.. Rasanya semua Mommy pernah merasakannya ya. Maklum ya, kesibukan sebagai fulltime Mom itu beragam dan sehari-hari cuma menghabiskan waktu di rumah saja. Alhasil sering kehabisan ide dan tidak tau lagi harus mengajak bermain anak seperti apa.

Tapi ada juga orang tua yang membiarkan anak bermain bebas tanpa ada konsep atau struktur permainan yang terarah. Yang penting segala macam permainan terbaru dan tercanggih sudah disiapkan. Anak diberi kebebasan dan kesempatan untuk melatih imajinasi dan kemandiriannya.

Tentu tak ada yang salah dengan dua pilihan di atas. Seperti kita tahu, dunia anak adalah dunia bermain. Jadi setiap waktu dan setiap tempat akan digunakannya untuk bermain. Namun tak boleh kita lupakan juga, bahwa anak balita sedang tahap periode krusial. Dimana semua informasi akan lebih mudah diserap dan dicerna oleh si Kecil. Dalam masa ini otak anak berkembang sangat cepat.

Terlebih di dua tahun usianya, dimana anak masih dalam golden period atau periode emas. Sayang kan kalau saat bermain si Kecil dilewatkan begitu saja tanpa pengarahan dari kita sebagai orang tuanya. Selain itu dengan bermain sambil belajar bersama si Kecil, juga dapat memperkuat bonding antara Ibu dan anak. Tapi ingat,  saat mendampingi anak bermain harus fokus tanpa distraksi yaa..
Ide bermain anak balita di rumah

Bermain Mampu Melatih Kecerdasan Anak

Sebenarnya mau main apa pun, anak akan mengalami pengalaman baru yang bisa memberikan stimulus untuk tumbuh kembangnya. Yang terpenting dengan pengawasan dan pendampingan, entah kita orang tuanya atau pun pengasuhnya. Karena saat bermain anak akan mengeksplorasi berbagai hal dan kita bisa memberi informasi yang dibutuhkan si Kecil. 

Saat bermain itulah kita bisa memberikan stimulasi yang membantu tumbuh kembang anak menjadi semakin optimal. Melalui permainan, kita bisa melatih kemampuan dan kecerdasan si kecil diantaranya: 

1. Melatih motorik anak

Tidak hanya motorik halus, tetapi juga motorik kasar si Kecil. Sudah tau kan soal motorik anak? Dimana aktivitas dalam bermain dapat melatih kekuatan jari-jari tangan si Kecil. Ini jadi modal besar untuk anak belajar menulis nantinya. Permainan untuk melatih motorik halus anak, diantaranya meronce, menjumput biji-bijian, memeras spons dan banyak lainnya. 

Sedangkan untuk melatih motorik kasarnya dengan permainan yang membutuhkan aktivitas fisik yang nyaman dilakukan di luar rumah. Seperti lempar tangkap bola, bersepeda, melompat, memanjat, dll. 

2. Melatih logical thinking

Perkembangan kognitif anak melibatkan permainan yang membutuhkan focus dan memori atau ingatan. Kemampuan berpikir logis dapat dilatih pada anak dengan memainkan balok, puzzle, sortir warna atau ukuran, arah panah, block, dan lain sebagainya. 

3. Melatih kecerdasan matematis

Siapa sih yang ga pengen anaknya jago matematika? Padahal ga semua anak wajib mahir dalam bidang ini ya. Paling tidak kira bisa mengenalkan dan mengajarkannya sedari kecil. Seperti kita tau, semu hal sangat berkaitan dan berhubungan dengan angka. Contoh permainan sederhanan yang sudah cukup melatih kemampuan matematis si Kecil adalah bermain bentuk geometri, tangram, berhitung dan memasangkan dengan angka yang sesuai, dll. 

4. Melatih kecerdasan linguistik

Kecerdasan linguistik adalah kemampuan mengolah bahasa. Kemampuan literasi anak dapat dilatih sejak usia dini dengan cara membacakan buku. Ide bermain untuk melatih kemampuan ini adalah dengan mengenalkan huruf dan bunyinya, tracing, bermain flashcard, dan mengenalkan kata-kata baru kepada anak. 

Kurang lebih ke empat aspek di atas bisa kita latih dari kegiatan bermain sehari-hari si Kecil. Dengan menggunakan bahan sederhana yang ada di rumah kita sudah bisa lho membuat permainan seru tapi bermakna. Tak perlu mainan yang mahal untuk membuat anak merasa senang atau bahagia. Yang dibutuhkan oleh si Kecil adalah keikutsertaan kita saat bermain dengannya. 

IDE BERMAIN ANAK BALITA UNTUK MELATIH KECERDASAN ANAK


Yuk tanpa basa basi lagi, kita langsung tengok saja bersama. Beberapa ide bermain yang telah aku buat dalam membersamai anak bermain. Walau dengan bahan dan alat sederhana insya Allah bisa melatih kecerdasan anak. 

1. Pour Water LearningBermain melatih motorik

Bahan dan Alat: 
  • Air dicampur pewarna makanan
  • 2 botol kecil dengan ukuran berbeda
  • mangkok
  • sendok 
Cara Bermain: 
  • Siapkan air bewarna dalam sebuah mangkok 
  • Ajak anak untuk menuang air ke dalam botol dengan menggunakan sendok
  • Jika sudah mencapai batas yang diminta, pindahkan air dari 1 botol ke botol lain 
  • Tayakan ke anak botol mana yang lebih mudah diisi, jelaskan penyebabnya 

Lingkup perkembangan dan tujuan bermain: 
- Motorik halus: memegang sendok dan menuangkan air dengan hati-hati mampu menguatkan otot jari anak 
- Kognitif: melatih fokus dan kesabaran anak saat menuangkan air dengan sendok ke wadah yang kecil 
- Math: mengenalkan konsep besar kecil dari ukuran botol dan isiannya 

2. Pattern of Car 

Bermain tangram
Bahan dan alat: 
  • Kertas origami 
  • Kertas HVS 
  • Spidol 
  • Doubletape atau lem 
  • Gunting 
Cara Membuat: 
  • Gambar mobil seperti gambar di atas 
  • Potong origami sesuai bentuk dan ukuran gambar mobil 
  • Ajak anak menempelkan sesuai bentuk yang tepat 

Lingkup perkembangan dan tujuan bermain: 
- Motorik halus: menjumput kertas dengan ukuran kecil dan mengelupas doubletape lalu menempelkannya 
- Kognitif: focus memasangkan kertas ke bentuk geometri yang sesuai 
- Math: mengenalkan bentuk-bentuk geometri dan menghitung jumlah per bentuknya 

3. Thread a Raindrop 

Threading
Bahan dan Alat: 
  • Jarum plastik 
  • Tali atau benang rajut 
  • Pensil atau spidol 
  • Gunting atau pelubang
Cara Membuat: 
  • Gambar awan dengan spidol buat lubang dibawah gambar awan seakan garis hujan 
  • Pasang benang ke jarum ajak anak untuk memasukan ke tiap lubang hingga membentuk garis hujan 

Lingkup perkembangan dan tujuan bermain: 
- Motorik halus: menguatkan jari tangan saat ronce atau memegang jarum dan memasukkannya ke lubang
- Kognitif: focus memasukan jarum ke lubang dengan urut 

4. Writing Bag

Alat dan Bahan: 
  • Zipper plastik
  • Kacang hijau atau beras
  • Stick eskrim atau sumpit
Cara bermain: 
  • Masukan kacang hijau ke dalam zipper bag 
  • Ajak anak untuk membentuk huruf yang diminta menggunakan stik es krim 
Pre writing
Lingkup perkembangan dan tujuan bermain: 
- Motorik halus: melatih koordinasi mata dan tangan membentuk huruf yang diminta sebagai stimulasi menulis 
- Linguistik: mengenalkan bentuk dan bunyi huruf

5. Clipping Nails 

Alat dan bahan: 
  • kertas karton
  • spidol
  • gunting
Cara membuat: 
  • Gambar tangan si kecil menggunakan pencil 
  • Tebali dengan spidol dan bentuk kuku-kuku jarinya
  • Ajak anak untuk menggunting kuku-kuku jari yang diberi warna hitam
Lingkup perkembangan dan tujuan bermain: 
- Motorik halus: melatih koordinasi mata dan tangan dan keterampilam menggunting 
- Kognitif: mengajarkan pentingnya menggunting kuku untuk menjaga kebersihan dan menghafal urutan menggunting kuku sesuai sunnah 

6. Rainbow on Tissue

Alat dan bahan:
  • Tisue makan,
  • spidol warna warni
  • 2 wadah berisi air (me pakai botol bekas yang dipitong)
Cara bermain: 
  • warnai tisue dgn spidol sesuai warna pelangi di masing2 sisi tisue
  • celupkan masing2 baguan ke wadah yg sudah berisi air
  • tunggu sampai air meresap ke atas dan taaraaaa..
Lingkup perkembangan dan tujuan bermain:
- Kognitif: mengajarkan konsep warna pelangi dan melatih kesabaran anak menunggu tissue menyerap air dan membentuk pelangi 

Cukup mudah didapat kan Moms bahan dan alatnya? Buatnya pun simple ga pake repot. Untuk ide-ide bermain yang tak kalah menarik lainnya, Moms bisa mampir ke Instagram aku yaa..
Semoga ke enam ide bermain untuk anak balita di atas bisa menginspirasi dan membuat Moms semua makin semangat mengajak si Kecil bermain yaa. Insya Allah, dengan fokus saat bermain dengan anak mampu memperkuat bonding antara Moms dan si Kecil.
Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

13 komentar

  1. Ide bermainnya asyik mbak..ijin ATM ya mbak.

    Makasih sharingnya

    BalasHapus
  2. Senang kalau disini, selalu dapat ilmu baru dari suhu mb Iva. Permainannya pada menarik semua mb. Ini mah ga cuma anaknya yang senang, ibunya juga senang.hehe

    BalasHapus
  3. Masya Allah dapet idemain anak-anak lagi.. Kusyuka nih blog nya mom Iva, selalu dapet inspirasi baru untuk ide main nakanak bocil ku. Makasih mom!

    BalasHapus
  4. Wow, boleh banget disave nih buat bekel ilmu, akk seneng banget dapet banyak ilmu di sini :D makasih Mom Iva :D

    BalasHapus
  5. wah, bertaburan ide main nih. saya suka saya sukaaa!!

    BalasHapus
  6. bener banget. dan jenis permainan anak kalau bisa di buar beragam, agar makin memperkaya khasanah wawasannya

    BalasHapus
  7. Mbaaaa ide2nya berguna banget deh, aku mau cobain beberapa untuk kegiatan anakku Senin besok. Aku jujurnya Krn ada kerjaan juga, jadi kdg ga bisa full merhatiin mereka, kebantu ama babysitternya sih. Tapi memang kegiatan bersama gini penting buat bonding bareng mereka.

    Yg clipping nail tadi menarik deh, ngajari mereka utk tahu membersihkan kuku juga yaaa :D

    BalasHapus
  8. Uda pernah nyoba smeua kecuali yang pewarna tisu nii asik nih thanks tambahan idenya kak emang usia sikecil perlu banget asah kreatifitas biar ga maenj gadget mulu ufh!

    BalasHapus
  9. pilihan permainan anak anak ini bener bener tricky. kudu dipilih yang bikin pinter dan juga ngebuat tetep kreatif.
    Anak anak bisa bermain sambil belajar dan jadi cerdas dong ya

    BalasHapus
  10. Nggak mesti mainan mahal ya biar anak bisa cerdas dan kreatif, tinggal mamaknya aja kreatif memanfaatkan barang yang ada di rumah untuk bermain dengan happy bersama anaknya

    BalasHapus
  11. Mba Iva idenya keren semua ini, bisa main sama keponakan begini nih.
    makasih mba, buat ide-ide yang mudah banget didapatkan.

    BalasHapus
  12. Kreatifnyaaa..
    Ternyata permainan anak-anak itu gak perlu mahal yaa... Cukup membuka panduan membuat DIY main bersama anak dan dilakukan dengan konsisten setiap harinya.

    Selamat bermain dan belajar.

    BalasHapus
  13. Bisa nih dijadikan referensi buat guru-guru PAUD agar dicobakan ke anak didiknya, siapa tahu ibunya tak bisa lakukan ini dirumah kan ya. Tetapi kalau ada emak yang mau bermain dengan anaknya, jauh lebih bagus sih.

    BalasHapus

Posting Komentar