header the thought journal

7 Doa Seputar Anak dalam Al-Quran yang Bisa Diamalkan

5 komentar
Konten [Tampil]

Setiap orang tua pasti mengharapkan anak yang shaleh dan shalehah. Banyak doa seputar anak dalam Al-Quran yang bisa dipraktekkan setiap harinya. Doa orang tua adalah salah satu doa yang maqbul bukan? Jadi wajib nih kita pelajari agar bisa diamalkan secara langsung.

Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk mendoakan yang terbaik untuk anak-anaknya. Setiap ucapan dari orang tua pun bisa menjadi doa lho. Maka dari itu kita harus selalu berhati-hati dalam berucap. Agar kata-kata yang mungkin tidak sengaja diucapkan tidak menjadi kenyataan yang membuat kita menyesal kemudian.

Sejak janin dalam kandungan, seorang Ibu pasti sudah mendoakan hal-hal kebaikan untuk masa depan anaknya. Berharap bahwa anak kelak bisa bahagia dunia dan akhirat. Saat ruh ditiupkan, yaitu di usia kehamilan 4 bulan. Sebagai orang tua jangan sampai terlewat untuk mendoakan janin yang ada dalam kandungannya.
doa seputar anak dalam al quran

Meski berdoa bisa dilakukan setiap saat dan insya Allah bisa dikabulkan oleh Allah Ta’ala. Namun ada waktu-waktu khusus dimana doa lebih mustajab untuk dikabulkan.

WAKTU MUSTAJAB UNTUK BERDOA

1. Sepertiga malam yang terakhir

Waktu ini bisa dibilang yang paling mustajab di antara waktu yang lain. Tentu saja, karena dalam waktu ini dibutuhkan effort yang lebih. Dimana kita terbangun untuk shalat tahajud di saat kebanyakan orang terlelap dalam tidurnya.

2. Antara adzan dan iqamah

Di saat adzan mulai berkumandang hingga waktu iqamah tiba adalah waktu yang mustajab juga untuk berdoa. Sekaligus menjadi pengingat kita dimana saat mendengar adzan harus segera berwudhu bersiap shalat dan memanjatkan doa.

3. Saat dan setelah shalat

Dalam suatu kajian online bersama Ustadz Adi Hidayat, beliau menyampakain bahwa ketika shalat ada waktu mustajab untuk berdoa. Diantaranya saat berdiri melafalkan surah Al-Fatihah, rukuk, sujud dan sebelum salam. Kemudian setelah shalat fardhu kita juga dianjurkan untuk membaca dzikir yang tentunya sesuai sunatullah.

4. Hari Jumat

Pasti sudah tidak asing lagi, bahwa hari Jumat adalah hari yang penuh keberkahan. Sebagian ulama menjelaskan waktu mustajab di hari Jumat adalah saat dimulainya khutbah hingga selesai shalat Jumat. Namun sebagian yang lain menyampaikan saat ba’da Ashar hingga menjelang matahari terbenam atau waktu magrib.

5. Ketika turun hujan

Hujan merupakan keberkahan yang Allah turunkan untuk bumi dan seisinya. Sudah hafal kan doa saat turun hujan itu apa?
doa ketika turun hujan
Disaat hujan ini pula kita bisa panjatkan doa yang insya Allah mustajab untuk dikabulkan sesuai hadits Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,
ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ
"Dua doa yang tidak akan ditolak adalah doa ketika adzan dan doa ketika ketika turunnya hujan.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi)

6. Ketika hendak berbuka puasa

Saat menjelang buka puasa tiba atau waktu magrib juga merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Jadi, sambil menunggu adzan magrib berkumandang lebih baik kita focus berdoa memohon keberkahan dan kebaikan dari Allah Ta’ala.

Meski ada waktu khusus yang mustajab untuk berdoa, jangan membuat kita jadi tidak berdoa di waktu-waktu yang lain yaa. Berdoa juga menjadi salah satu dzikir yang bisa dilakukan setiap saat. Meskipun doa bisa dipajatkan dalam bahasa apa saja, tapi alangkah baiknya jika doa kita panjatkan sesuai dengan tuntunan yang tertulis di dalam Al-Quran maupun hadits.

DOA SEPUTAR ANAK DALAM AL-QURAN

al quran berisi doa

Al-Quran sebagai pedoman dan petunjuk manusia, sepertiga isinya adalah doa. Berikut saya rangkumkan beberapa ayat dalam Al-Quran yang berisi doa seputar anak.

1. Doa memohon keturunan yang baik

QS.Ali 'Imran : 38
هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ
Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata, “Wahai Tuhanku, karuniakanlah kepadaku keturunan yang baik dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.”

2. Doa agar anak shaleh

  • QS.Aṣ-Ṣāffāt : 100
رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ
(Ibrahim berdoa,) “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (keturunan) yang termasuk orang-orang saleh.”
  • QS.Al-Ahqāf : 15

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ
Kami wasiatkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandung sampai menyapihnya itu selama tiga puluh bulan. Sehingga, apabila telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, dia (anak itu) berkata, “Wahai Tuhanku, berilah petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dapat beramal saleh yang Engkau ridai, dan berikanlah kesalehan kepadaku hingga kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada-Mu dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim.”

3.Doa agar anak menjadi penyejuk hati

QS.Al-Furqān : 74
وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
Dan, orang-orang yang berkata, “Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami penyejuk mata dari pasangan dan keturunan kami serta jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

4. Doa agar selalu berserah diri kepada Allah

QS. Al-Baqarah : 128
رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ
Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang berserah diri kepada-Mu, (jadikanlah) dari keturunan kami umat yang berserah diri kepada-Mu, tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan manasik (rangkaian ibadah) haji, dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang.

5. Doa agar taat pada perintah agama

QS. Ibrāhim : 40
رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan sebagian anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.

6. Doa agar dijauhkan dari syirik

QS. Ibrāhim : 35
وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الْأَصْنَامَ
(Ingatlah) ketika Ibrahim berdoa, “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Makkah) negeri yang aman dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku dari penyembahan terhadap berhala-berhala.

7. Doa agar dijauhkan dari gangguan syaitan

QS. Āli 'Imrān : 36
فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَىٰ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَىٰ ۖ وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
Ketika melahirkannya, dia berkata, “Wahai Tuhanku, aku telah melahirkan anak perempuan.” Padahal, Allah lebih tahu apa yang dia (istri Imran) lahirkan. “Laki-laki tidak sama dengan perempuan. Aku memberinya nama Maryam serta memohon perlindungan-Mu untuknya dan anak cucunya dari setan yang terkutuk.”

Demikianlah beberapa doa seputar anak dalam Al-Quran yang bisa kita amalkan dalam sehari-hari khususnya di waktu-waktu yang mustajab. Semoga kita diberikan kemudahan oleh Allah Ta’ala untuk istiqomah mengamalkannya, sehingga keturunan kita menjadi generasi muslim yang shaleh dan shalehah. Aamiin
Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

5 komentar

  1. Seneng baca tulisan ini, masuk banget pembahasannya mb. Sederhana tapi efeknya luar biasa. Doa-doa yang pendek yang perlu dihafalkan orang tua nih.

    BalasHapus
  2. Tiap saya masuk ke sini, bawaannya jadi adem gitu, apalagi ditambah liat beberapa ayat yang isinya untuk doa anak, meski belum punya baby tetep harus bisa aku pahami nih supaya kelak punya anak sholeh atau sholehah,
    ah terima kasih Mom Iva atas insightnya :D semoga senantiasa sehat ya :D

    BalasHapus
  3. Alhamdulillaah, terima kasih Mbak Iva, sudah mengingatkan tentang doa-doa anak. Sehat selalu.

    BalasHapus
  4. masyaAllah, makasih mb untuk sharing yang sangat penting ini :)

    BalasHapus
  5. Makasih Mbak... dapat rujukan 🙏

    BalasHapus

Posting Komentar