header blog ivacwicha

Manfaat dan Cara Membuat Content Plan untuk Blog

Konten [Tampil]

Membuat content plan tidak hanya untuk social media saja lho. Bagi blogger, membuat content plan untuk blog kesayangan kita juga sama pentingnya lho. Bisa dibilang content plan merupakan langkah jitu agar blog kita jauh dari sarang laba-laba.

Setelah membuat personal branding sebagai blogger, membuat content plan menjadi hal yang tak kalah penting agar kita bisa konsisten membuat artikel di blog kita. Masa ngaku sebagai blogger tapi blognya jarang update? Jangan sampai yaa. Nah, Biar terus konsisten dan ga buntu ide saat akan menulis, yuks kita membuat content plan secara rutin..

Eiitssss… sebelumnya udah pada tau belum nih tentang si content plan ini?
Sebelum membahas lebih jauh, kita samakan frekuensi dulu ya tentang content plan bagi seorang blogger.

APA ITU CONTENT PLAN?

Istilah yang diambil dari bahasa Inggris ini, jika diartikan secara bahasa adalah perencanaan konten. Namun, secara umum content plan adalah suatu perencanaan pengembangan konten yang dilakukan agar tujuan akhir bisa tercapai. Mulai dari menentukan konten yang seperti apa, platform yang akan digunakan, sampai kapan dipublikasikannya konten tersebut. Semua hal tersebut bisa dipersiapkan saat membuat perencanaan ini.

Jadi, content plan ini semacam guide line yang akan memudahkan kita dalam eksekusi postingan secara rutin dan terarah. Bagi pemula, mungkin seringkali dilanda kebingungan mau membuat konten tentang apa. Hingga tak jarang yang jadi gagal posting karena merasa buntu tidak menemukan ide. Dengan membuat content plan, maka kita akan menggunakan waktu khusus untuk mengatur itu semua.

Nah berhubung saya adalah seorang blogger (aamiin), maka dalam artikel ini kita akan kerucutkan si content plan ini untuk platform blog atau bisa juga disebut dengan blog plan.Blog plan berisi perencanaan arah proses blogging kita, yang terdiri dari tujuan kita ngeblog, niche/ kategori tulisan, jadwal posting, dan juga membuat outline.

Nah, seberapa penting sih membuat content plan ini? Tergantung seberapa niat kamu ingin membangun blog atau social media mu… #jleb (ngomong ma diri sendiri) :D

MANFAAT MEMBUAT CONTENT PLAN

Biar kita sadar betapa pentingnya content plan ini, coba yuks kita renungi apa sih manfaat dari membuat content plan ini baik untuk blog atau pun konten lainnya.

1. Membuat postingan lebih teratur dan juga konsisten

Seperti saya bahas di awal, content plan bisa menjadi jalan agar terhindar dari buntu ide atau writer's block saat akan membuat konten. Merencanakan jadwal posting beserta idenya di awal, akan membantu kita lebih teratur dalam update blog. Kita pun bebas menentukan jadwal posting, apakah setiap hari, tiga hari sekali, atau dua kali dalam sepekan. Semua tergantung dengan goals blogging masing-masing.

2. Merencanakan Konten yang Terarah dan Seimbang

Konten yang baik adalah yang saling berhubungan dan melengkapi. Ada saling keterkaitan antara konten satu dengan yang lain. Nah, content plan ini memudahkan kita agar membuat tema yang terarah dan juga seimbang dari setiap kategori yang ada dalam blog kita. Untuk membantu kita menemuka ide, bisa tengok ke Google Search Console untuk tau keyword yang paling banyak dicari dari blog kita.

3. Mempersiapkan konten yang sesuai pada hari-hari spesial

Dengan perencanaan konten, kita bisa menyesuaikan postingan dengan hari-hari besar/perayaan-perayaan tertentu. Jadi kita tidak mendadak dangdut terburu-buru membuat konten yang berkaitan dengan moment tersebut. Karena kita sudah mempersiapkan materi jauh-jauh hari saat membuat content plan.

4. Memilih ide terbaik

Saat membuat content plan kita bisa pikirkan matang-matang dan lakukan riset terlebih dahulu apa saja yang akan kita buat. Content plan membantu kita untuk memutuskan mana ide terbaik yang akan diposting terlebih dahulu.

5. Menghindari dari yang namanya buntu ide

Seperti sudah saya singgung di awal, dengan membuat content plan kita akan jauh dari kebuntuan saat akan menulis. Karena sudah dipersiapkan secara khusus di awal, jadi sebelum jadwal posting kita tinggal menulis dengan tema dan bahan riset yang sudah diperseiapkan sebelumnya.

6. Menghemat waktu

Mungkin ada yang berpikir buang-buang waktu saja bikin content plan segala. Itu salah besar lho, karena dengan merencanakan di awal justru kita akan lebih hemat waktu pada saat eksekusi postingan. Cukup meluangkan satu waktu khusus di awal, untuk merencanakan konten selama satu pekan, satu bulan, atau bahkan satu tahun. Setelah ini kita bahas detailnya yaa..

JENIS CONTENT PLAN UNTUK BLOG

Setelah tahu beberapa manfaat dari content plan diatas, pastinya jadi makin semangat donk untuk membuat content plan sesegera mungkin. Dari materi terakhir kelas Blogspedia, ada empat jenis blog plan yang membantu blog kita agar lebih tepat sasaran dan makin optimal.

Yearly Blog Plan

Pasti ada yang bertanya-tanya kenapa bikin blog plan sampai setahun lamanya? Ga keburu basi emangnya? Xixixixi
Jadi gini, blog plan ini ada beberapa jenis yaa salah satunya perencanaan tahunan. Yang isinya lebih ke target atau pencapaian apa yang ingin didapatkan selama 1 tahun ke depan. Semacam life mapping, tapi yang ini khusus untuk goals blog kesayangan kita. Apa saja isi dari yearly blog plan ini?
goals blogging
  • Menetapkan tujuan ngeblog tahun ini: traffic yang ingin dicapai, DA/ PA yang ingin dicapai, angka DR yang ingin diraih, nominal rupiah yang ingin didapat, dsb.
  • Hal-hal yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan: jadwal posting, update artikel lama, membenahi struktur blog, dsb.
  • Agenda upgrade diri: ikut kelas SEO, ikut kelas sosmed, dan lain sebagainya

2. Monthly Blog Plan

Setelah kita tentukan goals blog kita, saatnya kita susun perencanaan yang lebih detail untuk satu bulan ke depan. Berbeda dengan yearly blog plan, untuk perencanaan bulanan berisi tentang:
  • merencanakan jumlah artikel yang akan dihasilkan pada bulan tersebut.
  • merencanakan jadwal postingan setiap hari atau berapa kali dalam sepekan.
  • mencatat hari-hari besar di bulan itu, apakah akan membuat postingan dengan tema tersebut.

3. Weekly Blog Plan

Dari monthly blog plan di atas, bisa kita breakdown lebih detail lagi menjadi seperti berikut:
  • menetapkan tanggal posting
  • merencanakan kategori dan tema postingan
  • menuliskan tujuan: misal ada lomba blog di pekan tersebut
  • mencatat hal-hal yang harus dilakukan pekan itu: mencari referensi tulisan, menyiapkan infografis, wawancara narasumber, dsb.

4. Daily Blog Plan

Daily plan untuk blog itu semacam outline dari setiap artikel yang akan diterbitkan. Outline ini akan membuat tulisan kita lebih runut dan menjawab pertanyaan dari pembaca. Dalam kerangka tulisan atau outline kita bisa tentukan terlebih dahulu:
  • Tema tulisan
  • Keyword
  • Judul
  • Permalink
  • Kalimat pembuka
  • Sub Judul 1
  • --- Sub sub judul 1
  • --- Sub sub judul 2
  • --- Sub sub judul 3, dst
  • Sub Judul 2
  • Sub Judul 3, dst
  • Penutup (kesimpulan)
  • Referensi/ Daftar Pustaka
Setelah outline jadi, kita akan lebih lancar menulis dan isi tulisan tidak melebar kemana-mana yang bisa saja pembaca malas membaca artikel kita.

Hmmm… kok ribet banget ya bikin sebanyak itu?
Tenang ya pemirsah, karena dari ke empat jenis blog di atas, ga harus dibuat semuanya kok. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Kalau kamu tipe yang suka on the spot, boleh aja gunakan salah satu atau salah duanya agar isi blog kamu lebih terarah dan mendapat manfaat dari content plan itu sendiri.

MEDIA PEMBUATAN CONTENT PLAN

Setelah mengetahui jeni-jenis content plan, saatnya kita eksekusi membuat content plan ya. Eh tapi, tapi, buatnya pake apa ya?
Sebenarnya ada banyak media untuk membuat content plan yang bisa kita coba. Perencanaan konten atau blog plan bisa dituangkan dalam tiga metode:

Manual

Yups, menulis manual dalam secarik kertas atau buku catatan khusus lebih tepatnya. Buat kamu yang jago journaling, pas banget menggunakan metode konvensional ini. Dengan menggunakan handmade journal dan brush pen warna-warni akan membuat content plan mu semakin estetik. Alhasil, jadi semangat untuk merealisasikan perencanaan yang telah dibuat de...

Printable/ Freebies

Kalau merasa ribet untuk membuat bullet journal nan indah dan artsy, bisa juga kok pakai printable planner yang sudah banyak dijual di pasaran online atau pun offline. Bahkan sekarang sudah banyak juga desain-desain content plan gratis yang bertebaran di internet. Tinggal di print dan isi dengan rencana konten mu. Metode ini cocok banget buat kamu yang pelupa, karena lembaran content plan ini bisa di tempel di meja kerja atau di tempat yang sering kamu lihat.
Metode ini sangat cocok untuk membuat weekly content plan seperti yang biasa aku pakai ini nih..
planner manual

Digital

Nah, buat yang tulisan tangannya bak 'cakar ayam' (kayak aku gini nih), ga perlu galau dan khawatir ya. Kita bisa manfaatkan media digital yang sudah makin beragam seperti saat ini. Kalau mau yang simple dan anti ribet bisa pakai Microsoft Word atau Excel. Nah kalau aku lebih suka pakai canva agar lebih terlihat cantik seperti ini contohnya yaa..
weekly planner

Tidak sesulit dan seribet yang dibayangkan kan cara membuat content plan untuk blog ini? Karena pada dasarnya content plan ini memudahkan kita untuk konsisten mengisi konten di blog kita. Semoga dengan membuat content plan, laporan dari Google Analytics menunjukan angka pengunjung blog yang semakin meningkat. Satu lagi, yang terpenting adalah niat dan usaha kita. Karena percuma saja membuat content plan secantik dan seciamik mungkin tanpa diikuti dengan aksi nyata. 
Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

13 komentar

  1. Diantara keseriusan membaca, tetiba kok ngakak ada tulisan mendadak dangdut wkk... Sa ae mba Iva.
    But its true, to make a good preparation before act.

    BalasHapus
  2. Dari yang idenya mentok jadi banyak ide kalo tersusun kaya gini ya mba...

    Jangan2 buat ig mba iva bikin content plan juga lagi

    BalasHapus
  3. Bismillah ya mbak. Ulasannya lengkap. Dan memang paling enak itu buat blog plan sesuai kebutuhan ya, simple tapi diiringi aksi nyata. TFS mbak

    BalasHapus
  4. Infografisnya manis sekali, Mom Iva :D khas sekali
    Suka banget baca ulasan ini, lengkap, ada contoh postingan daily juga, semangat terus ya Mom Iva :D

    BalasHapus
  5. naksir sama design plannernya, bikin semangat

    BalasHapus
  6. Planner nya cute semuaaa. Jadi inget, pas masih SD kalau dapet kertas binder cute malah disimpen, di awet-awet, gak mau ditulisin apapun. Sayang kalau ada tulisannya wkwk

    BalasHapus
  7. Calendernya cantik uey . Suka deh tapo girly abis hihihi


    Wah emang kbak iva concern parentingnya luarbiasa mantul

    Aku suka infografisnya keren2 ih

    BalasHapus
  8. aamiiin untuk goal tahun 2022 nya mb Iva.
    aku nungguin artikel awal September. so excited!

    BalasHapus
  9. Aaark, selalu kutunggu postingan Mbak Iva yang unyu-unyu karena serba unyu. Semangat untuk goalnya ya Kakaaa

    BalasHapus
  10. Semoga goalsnya tercapai ya kitaaaa ;) aamiin.

    BalasHapus
  11. Kayaknya aku masuk nih tulisan tangan bak cakar ayam. Hehe. Keren agenda-agendanya. Desainnya asik, soft

    BalasHapus
  12. Keren mom... Gaya bahasanya santai, infografisnya bagus, lengkap lagi. Semoga tetap istiqomah ya

    BalasHapus
  13. Khas bangt masuk sini tu unyu..unyu..
    Plannernya ciamik mbak...
    Sukaa..

    BalasHapus

Posting Komentar