header blog ivacwicha

Temukan Support System bersama Popmama Parenting Academy 2021

Konten [Tampil]

Menemukan Support System bersama Popmama Parenting Academy 2021 menjadi jalan ninjaku untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman yang menyenangkan. Seperti kita tahu, menjadi seorang Mama itu tidak ada sekolahnya. Lantas bukan berarti tidak perlu persiapan dan dukungan seseorang kan? 

Terlebih bagi Mama yang memutuskan menjadi Ibu Rumah Tangga seperti aku. Support system sangat diperlukan demi kewarasan dan terus menjadi Mama yang bahagia. Sedikit cerita, setelah menikah aku harus meninggalkan blazer dan sepatu pantofelku. Berganti menjadi daster sebagai 'seragam' dinasku. 

Belum lagi aku harus merantau dari satu kota ke kota lain demi mengikuti dinas suami. Teman pun tak lagi bersua, menyesuaikan dengan lingkungan baru dengan latar yang sungguh berbeda. Sehingga membuat ku minim teman untuk bercerita dan berbagi tentang keluh kesah menjadi seorang Mama baru. 

Hanya suami support system terdekatku. Namun sayang, padatnya pekerjaan suami membuatnya sering overtime pulang ke rumah. Alhasil waktu untuk mengobrol curcol pun terbatas. Dari pagi ke malam, hanya berduaan saja dengan si Kecil. Hanya berselancar di social media yang menjadi hiburanku kala itu selama di rumah membersamai anak.

Hingga akhirnya, aku menemukan satu akun yang begitu menarik. Tidak hanya syarat informasi, tapi juga ilustrasi yang menarik perhatian. Langsung aja deh aku follow dan aku kepoin website Popmama.com ini.
popmama parenting academy 2021
Ga ada lagi deh cerita kebingungan saat menghadapi situasi baru si Kecil. Karena semua informasi seputar parenting dan pertumbuhan anak tersaji secara lengkap dan update di platform satu ini. Dari situ pula lah aku jadi tau serunya berkomunitas. Sekarang jadi ga merasa kesepian lagi, karena ada teman sharing setiap hari bahkan setiap waktu. Alhamdulillah, senang sekali rasanya bertambah support system yang bisa diandalkan.

Penasaran ga nih, kenapa platform Popmama ini bisa dijadikan support system? Yuks lanjut simak sampai akhir ya Ma..

PENTINGNYA SUPPORT SYSTEM DALAM MENJALANKAN PERAN SEBAGAI IBU

Mendapat peran baru sebagai seorang Mama, pasti penuh dengan tantangan dan penyesuaian akan banyak hal. Tuntutan pun tak sedikit yang terlontarkan, baik tersirat maupun tersurat. Berbagai tugas baru pun menanti tanpa mau tahu kondisi fisik kita yang sedang pemulihan pasca melahirkan. Jika semua itu dihadapi seorang diri, bisa-bisa Mama menjadi stress atau bahkan mengalami babyblues.

Oleh karena itu, penting sekali memiliki support system yang mampu memberikan bantuan fisik dan juga semangat moril. Sistem dukungan ini terus diperlukan selama kita membersamai anak kita. Bahkan hingga anak bersekolah pun kita tetap butuh support system agar bisa terus update mengenai gaya pengasuhan dan perkembangan digital saat ini.

Lalu, siapa saja sih yang bisa menjadi support system buat Mama dalam mengasuh dan mendampingi anak?
support system ibu

Masing-masing support system memiliki perannya masing-masing dalam menjaga kewarasan seorang Mama. Meskipun terkadang tidak memberikan solusi secara langsung, tapi dengan berbagi cerita dan informasi dengan mereka kesehatan mental kita akan lebih terjaga. Emosi akan lebih terkontrol dan stres pun akan lebih mudah diminimalisir. Selain itu, kita akan mendapat semangat dan motivasi baru karena kita merasa tidak sendirian menghadapi perkembangan jaman di era 5.0 yang penuh dengan tantangan ini.

SUPPORT SYSTEM YANG LENGKAP UNTUK MAMA MILENIAL DI POPMAMA.COM

Sebagai Mama Milenial, kita wajib bersyukur atas kemajuan teknologi saat ini yang memberikan kita kemudahan untuk memperoleh informasi. Tapi ingat ya Mama, kita harus pandai memilah dan menyaring informasi yang kita dapatkan. Pilihlah akun media sosial atau pun komunitas yang terpercaya untuk menjadi support system kita. Kalau asal pilih sembarangan, alih-alih bisa memberikan dampak positif tapi justru bisa menjadi toxic yang bikin pening kepala.

Salah satu platform yang lengkap juga terpercaya adalah Popmama.com yang sempat aku spill di awal tadi ya. Popmama bisa menjadi support system buatku saat galau menjadi New Mom yang minim ilmu dan pengalaman. Kenapa? karena Popmama memberikan informasi yang akurat dan terkini tentang banyak hal yang dibutuhkan wanita, terlebih dengan peran barunya sebagai seorang Ibu. 

Fyi, Popmama.com merupakan media online bagian dari IDN Media yang menyajikan konten yang berisi informasi, tips, dan trik mengenai dunia parenting sebagai teman Mama Milenial saat ini. Konten yang disajikan begitu menarik karena menggunakan banyak visual, video, list dan juga humor. Sangat nyaman, seru, dan membuat kita betah berlama-lama mencari informasi disana.

Informasi yang disajikan sangat lengkap, mulai dari seputar Kehamilan (Pregnancy), Bayi (Baby), Anak-anak (Kid and Big Kid), hingga kehidupan sehari-hari (Life) semua dihadirkan secara lengkap di Popmama. Mama juga ga perlu khawatir ya, karena artikel dari Popmama merupakan berita yang lengkap beserta saran dari para pakar yang kompeten di bidangnya.

Jadi bukan sekadar informasi simpang siur dan tentunya jauh dari yang namanya hoaks. Selain itu Mama juga bisa konsultasi seputar Parenting dengan para ahli di menu “Tanya Ahli” di Popmama.com seperti gambar di bawah ini ya.
tanya ahli popmama.com
Oiya, Popmama juga memberikan wadah untuk kita berkomunitas lho. Mama bisa join dalam Popmama Community Member dan bergabung dalam Whats App Group sehingga akan lebih update mengenai informasi terkini. Selain itu, Mama jadi punya teman baru yang bisa saling support dan sharing akan pengalaman masing-masing.

Ga sampai disitu, Popmama juga menghadirkan acara khusus setiap tahunnya yang memberikan kita ilmu, wawasan sekaligus hiburan secara GRATIS. Support system semakin lengkap dengan adanya Popmama Parenting Academy.

Apa itu Popmama Parenting Academy?

Popmama Parenting Academy merupakan event tahunan yang diadakan oleh Popmama sebagai salah satu solusi bagi keluarga milenial yang mencari ilmu, pengalaman dan hiburan yang menyenangkan. Serangkaian acara disiapkan khusus oleh Popmama untuk menghibur Mama, Papa, dan juga Si Kecil dengan menghabiskan waktu bersama.

Sebelum pandemi COVID-19, Popmama Parenting Academy diadakan secara offline di pusat pembelanjaan kota besar Jabodetabek. Namun sejak tahun lalu, Popmama Parenting Academy 2021 akan diselenggarakan secara virtual tepatnya pada bulan Desember mendatang.

Meskipun online, tapi tidak mengurangi keseruan acaranya seperti tahun lalu. Justru semua Mama di penjuru kota bisa mengikuti seluruh rangkaian acara dengan santai dari rumah saja. 
Selamat ya Mama yang di luar kota ;)

Popmama Parenting Academy 2021 - Parents Support Parents

Popmama Parenting Academy 2021 atau disingkat POPAC 2021 akan menghadirkan berbagai acara yang syarat ilmu dan juga menarik tentunya. Tahun ini, POPAC 2021 mengangkat tema saling support sesama orang tua. Popmama ingin mengajak kita untuk menambah wawasan baru, berkreasi, dan juga saling mendukung satu sama lain.

Sudah tidak jamannya lagi antar Mama saling nyinyir atau julid. Sekarang saatnya kita saling support dan bergandengan tangan untuk menumbuhkan generasi yang tangguh dalam menghadapi era digital saat ini. Hmmm.. mau tau acara apa saja yang dihadirkan Popmama Parenting Academy 2021 nanti?

Isi Acara Popmama Parenting Academy 2021

Isi Acara Popmama Parenting Academy 2021

Parenting Online Class

Disini nih Mama bisa dapetin banyak ilmu dengan gratis alias cuma-cuma. Sambil nemenin anak bermain di rumah, Mama bisa terus update ilmu baru secara seru melalui Live Instagram, Webinar, dan juga Kuliah Whats App. Tidak hanya seputar parenting saja, tapi ilmu seputar hal penting lainnya buat Mama juga ada lho.

Sedikit bocoran ya, para narasumber kece yang akan mengisi Parenting Online Class bulan Desember nanti.
narasumber popac 2021
  • Rika Endang Triyani (Storyteller)
  • Samanta Elsener, M.Psi., Psikolog (Psikolog Anak dan Keluarga)
  • Rista Zwestika Reni, S.Sos., AWP CFD (Financial Planner)
  • dr. Marlyn Cecilia Malonda, Sp.A (Dokter Spesialis Anak Mayapada Hospital Tangerang)
  • Putu Andani, M.Psi., Psikolog (Co-Founder dan Clinical Child & Family Psychologist Tiga Generasi)
  • Saskhya Aulia Prima M.Psi., Psikolog (Co-Founder dan Clinical Child & Family Psychologist Tiga Generasi)
  • Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psikolog (Clinical Child & Family Psychologist Tiga Generasi)
Pastinya sudah tidak asing ya dengan wajah dan nama para narasumber di atas. Yuks pantengin terus akun Instagram @popmama_com untuk tahu jadwal dari online class bersama para narasumber di atas. Kalau perlu nyalain notifikasinya ya, agar terus update informasi penting lain yang dibagikan oleh akun Instagram Popmama. Bahkan selama bulan November ini sudah ada banyak live Instagram Road to Popac 2021 dengan tema yang ga kalah menarik lho..

Content Series

Buat Mama yang berhalangan atau terlewat mengikuti Online Class karena lupa atau kegiatan lainnya, jangan sedih ya. Mama tetap bisa mendapat informasi dan berita hits lainnya melalui Content Series yang disajikan oleh POPAC 2021.

Artikelnya begitu lengkap dan menarik, yang dibagi dalam beberapa kategori sehingga memudahkan Mama untuk mencari informasi yang dibutuhkan.
  • Pregnancy
Dalam kategori Pregnancy, artikel dibagi lagi dalam lima sub kategori. Mulai dari Getting Pregnant, First Trimester, Second Trimester, Third Trimester, hingga Birth.
  • Baby
Dibagi dalam dua sub kategori 0-6 months dan 7-12 months.
  • Kid
Sama dengan kategori Baby, kategori Kid dipisah antara 1-3 years old dan 4-5 years old.

  • Big Kid
Untuk Mama yang anaknya akan memasuki masa sekolah, bisa mampir di kategori Big Kid ini. Ada dua sub kategori, yaitu 6-9 years old dan 10-12 years old.
  • Life
Selain masalah anak, Mama juga bisa mendapat informasi dan entertainment yang menarik pada kategori ini. Mulai dari info seputar Relationship, Health and Lifestyle, Home and Living, hingga Fashion and Beauty untuk menemukan ide me time yang menyenangkan.

Community Awards

Siapa nih yang aktif berkomunitas juga kayak aku? Ga bisa dipungkiri ya, peran komunitas di era pandemi ini sangat besar. Kita jadi ga merasa sendirian dan terus termotivasi dengan adanya teman di komunitas. Nah, Popmama ingin memberi apresiasi kepada komunitas yang memiliki kegiatan aktif dan produktif. Popmama Community Award akan dibagi dalam dua kategori penghargaan dengan ketentuan seperti gambar berikut ya.
community award Popmama Parenting Academy 2021
Hadiah yang diberikan pun ga tanggung-tanggung, masing-masing kategori akan mendapatkan uang tunai sebesar 5 juta rupiah lhoo.. Yuks segera daftarkan komunitas yang Mama ikuti, karena batas waktu pendaftaran diperpanjang hingga tanggal 30 November ini. Buat Mama yang sudah daftar, jangan lupa berdoa hingga tanggal pengumuman pemenang 22 Desember 2021 nanti yaa..

Popmama Little Star 2021

Yuks tunjukan bakat si Kecil dengan ikutan Popmama Little Star 2021. Apapun bakat anak kita seperti menari, menyanyi, berakting, modeling, dan keahlian dalam olahraga pun bisa Mama daftarkan. Mama cukup ikut dari rumah dengan merekam bakat si Kecil lalu posting di akun Instagram atau TikTok Mama. Anak pun jadi merasa lebih nyaman menunjukan bakat terpendamnya.

Berbeda dengan Community Award di atas, untuk pendaftaran Popmama Little Star 2021 dibuka hingga tanggal 4 Desember 2021. Jadi masih ada banyak waktu untuk persiapan dan posting ke media sosial. 
Jangan sampai kelewatan ya Mama, karena total hadiah yang dibagikan sebesar 5 juta rupiah.

Penggalangan Donasi

Setelah beragam acara yang seru dan menyenangkan, Popmama juga tak lupa dengan kondisi sekitar. Hampir dua tahun pandemi melanda negeri tercinta, banyak sekali korban jiwa akibat wabah COVID-19. Ribuan anak pun harus kehilangan orang tuanya akibat virus satu ini.

Maka dari itu, Popmama mengajak kita untuk peduli dengan kondisi para generasi penerus bangsa yang kehilangan orang tua akibat pandemi ini. Melalui kitabisa.com Popmama menggalang dana untuk #KawalMasaDepan – Anak Yatim Covid-19

Yuks saatnya kita berbagi dengan menyisihkan sebagian rezeki kita melalui penggalangan dana bersama Popmama. Dana yang terkumpul akan disalurkan untuk membantu biaya pendidikan dan kebutuhan sehari-hari anak-anak yang yatim/piatu karena COVID-19.

Yuks Mama, jangan lupa siapkan waktu untuk mengikuti rangkaian acara dari Popmama Parenting Academy 2021 yang beragam ini. Meski kita hanya di rumah saja, kita masih bisa kok mendapat support system yang lengkap bersama POPAC 2021. Kita pun menjadi lebih bersyukur dengan diingatkan kondisi para anak korban dari COVID-19. Karena dengan bersyukur membuat kita lebih merasa bahagia, terlebih dengan support system yang ada di sekitar kita. Yuks saatnya bergandengan bersama, karena sudah seharusnya kita Parents Support Parents.

Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

23 komentar

  1. Aku baru tahu pop mama ini, mungkin Krn selama ini ga pernah baca media parenting sih mba. Menarik yaaa, aku jadi mau tahu isi cerita yang tentang entertainment nya 😊.. Krn selama ini aku LBH suka baca ttg tema begitu.

    Jadi inget zaman dulu ada tabloid ttg orang tua dan anak, kayak Nakita dan ayahbunda, mama ku sering beli soalnya 😄. Popmama ini kayak begitu kali yaaa, tapi versi online. Kompetisinya bagus juga, apalagi hadiahnya lumayan :)

    BalasHapus
  2. Seru banget kalau menemukan bacaan yang satu pemahaman dan satu frekuensi. Bagus untuk bahan bacaan keluarga, terutama ibu untuk bisa berperan lebih lagi dalam keluarga

    BalasHapus
  3. wah, beruntungnya ikutan parenting online class ini.
    seru banget ya, bisa untuk bahan pembelajaran buat keluarga, bukan cuma ibu tapi juga ayah...
    kompetisinya juga menarik banget nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, yuk ikutan jga parenting class bln depan mbaa

      Hapus
  4. Sekarang mendidik anak dan mengasuhnya lebih mudah karena banyak metode yang bisa kita pelajari di internet asal rajin belajar dan bukanya pun website terpercaya seperti Popmama agar dapat informasi akurat ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, ga ada ceritanya ketinggalan informasi penting soal anak dan lainnya

      Hapus
  5. Seru banget kayaknya. Aku baru tahu Pop Mama ini. Sebagai ibu memang sangat penting support sistem. Apalagi kalau lingkungan lagi endak positif, atau kita yang banyak beban, jadi makin makin deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, yuks bulan depan ikutan ya. Biar makin smangat..

      Hapus
  6. Semakin banyak media yang bisa menjadi referensi setiap ibu untuk terus belajar dalam mengemban amanahnya sebagai orang tua, salah satunya dari popmama

    BalasHapus
  7. Wah, asiknya..
    Kini ada Popmama Community Member yang bisa saling bercerita dan saling menguatkan antara para Ibu.
    Jadi pingin ikutan bergabung di Popmama Community Member.

    BalasHapus
  8. popmama bener-bener jadi support system kita ya, mb.. apalagi ada parenting academynya, pasti banyak yang ikutan nih. mb ikutan juga ga? :D

    BalasHapus
  9. Bener banget tentang butuhnya Ibu akan support system Nggak dipungkiri perubahan dari single ke Ibu itu nggak mudah. Butuh ilmu, syukurnya jaman skg bisa akses informasi digital seperti webnya popmama. Bahkan ada event kerennya juga POPAC 2021, can't wait aku buat webinarnya!

    BalasHapus
  10. Seru-seru ya agenda POPAC 2021. Website aja keren banget, dan dibalik itu semua ternyata ada kepedulian yang tinggi pada masyarakat dengan program-program sosialnya.

    BalasHapus
  11. Otw follow instagramnya, rangkaian acaraya menarik semua. Bener-bener paham sama kebutuhan mama millenial ya ..

    BalasHapus
  12. Pemtingnya support syatem bagi mama baru sangat penting. Apalagi bagi yang tidak memiliki keluarga atau teman untuk berbagi, hadirnya popomama bagai oase di tengah gurun. Thanks popmama.

    BalasHapus
  13. Sebagai Ibu muda memang kadang bingung mau bertanya tentang ilmu parenting kepada siapa, tetapi dengan adanya kegiatan di Popmama ibu muda millenial gak perlu khawatir lagi ya kak.

    BalasHapus
  14. Pembicara nya keren-keren ya... Pasti materinya juga berbobot. Salam buat Pop Mama ya... Kapan nih aku diundang jadi narasumber?

    BalasHapus
  15. Jadi ga sabar deh pingin ikutan juga pop mama parenting academy 2021 ini... Seru banget sepetinya ya

    BalasHapus
  16. Enaknya mama zaman now, bisa dapat referensi yang cukup mudah untuk mendampingi mengasuh anak anak

    BalasHapus
  17. Aku setuju. Bahwa sebagai ibu butuh supportyng sistem yang kuat. Bersyukur ya di era didgital begini menjadi salah satu suporting system bagi ibu. Khususnya sih aku saat menjadi ibu baru..

    Apalagi program2 di POPAC ini keren2.

    BalasHapus
  18. Memang bener nih support dari komunitas popmama bagus sekali.. Parents for parents, ada juga konsultasi bersama dokter ahli.. Dan kegiatan Popmama Parenting Academy ini bersama narasumber ahli yang bisa membantu sekali buat kita..

    BalasHapus
  19. Masya Allah,ini beeita bagus dengana danya pop mama ternyata memberikan support system bagi para parent. Sehingga tidak lagi merasa sendiri

    BalasHapus
  20. Keren banget ya agenda Popmama parenting academy ini, jangan sampai kelewat deh pokoknya. Semangat yuk belajar bareng.

    BalasHapus

Posting Komentar