ivacwicha-header

Kelas Gratis BRT Network, Belajar SEO dari 6Top Blogger

Konten [Tampil]

Kelas Gratis BRT Network, Belajar SEO dari 6 Top Blogger bisa meningkatkan performa blog kita lho. Meski kelas gratis, ilmu dan pengarahan yang diberikan pun ga tanggung-tanggung. Dibimbing oleh 6 mentor sekaligus, kelas blogging ini sangat kental dengan ilmu per SEOan.

SEO atau Search Engine Optimazion selalu menjadi bahasan penting dalam dunia perblogingan. Seakan menjadi santapan hangat untuk para blogger, khususnya blogger pemula seperti aku ini. Ilmu dan tekniknya pun beragam. Meski sudah bertebaran kelas bloging di luaran sana, selalu saja menemukan ilmu baru untuk bisa diterapkan ke blog kita. Termasuk kelas gratis BRT Network ini.
pengalaman ikut kelas gratis brt
Berawal dari mendapatkan info di Whats App Group Blogspedia Coaching yang aku ikuti. Bisa dibilang aku masih meragu untuk mendaftar. Sadar diri dengan kondisi fisik yang baru saja pulih setelah 3 bulan lebih ga bisa begadang dan kerja berat. Meski sudah mulai kembali normal, tapi rasanya takut belum bisa optimal mengikuti kelas ini (eh kok jadi curcol 😆).

Rasanya sudah menjadi rahasia umum ya sepertinya, kalau kelas bloging itu butuh begadang. Apalagi untuk fulltime Moms seperti aku. Tapi teringat akan target blog yang masih jauh dari page view yang diharapkan, akhirnya bismillah ku nekad mendaftar. 

Alhamdulillah senang sekali bisa lolos mengikuti kelas gratis BRT Network ini.
Jujur, aku pun baru pertama kali tau soal BRT Network saat mendaftar kelas ini. Maklum masih pemain pemula, mainnya kurang jauh, hehhehe. Tapi begitu tau siapa saja orang-orang dibaliknya, langsung deh paham kalau ini bukan kelas sembarangan!

Apa sih BRT Network itu?

tentang brt network
Kata BRT memang sudah tak asing lagi di telinga kita. Tapi BRT disini bukan Bus Rapid Transit semacam busway di kota Jakarta ya. BRT dalam BRT Network merupakan singkatan dari Blogger Ruang Tunggu. Entah dari mana asal mula pemilihan nama tersebut. Karena para founder atau pun coach lain tidak membahasnya di awal kelas seperti kebanyakan kelas online lainnya.

Berdasarkan informasi yang aku dapatkan, BRT Network ini diprakarsai oleh duo sejoli yaitu Mba Monica Anggen dan Mas Pewe. Partner in reallife (alias pasangan suami istri) dan juga dalam pekerjaan. Awalnya Blogger Ruang Tunggu ini hanya kumpulan para blogger yang sedang bekerja sama dengan Mba Monic dan tim saja.

Namun lambat laun, BRT semakin berkembang. Mulai dari mengadakan kelas blogging seperti ini, hingga menjadi suatu wadah atau komunitas yang tergabung dalam BRT Network. Doakan ya aku bisa lulus di kelas ini dan bisa ikut berkontribusi dalam komunitas BRT Network juga. 

Dari hasil googling nih, menulis artikel di website BRT Network bisa naikin Domain Authority (DA) blog kita lho! Siapa sih yang ga mau DA blognya naik? Hmmm..semoga kelak aku bisa ikutan nulis disana ya, aamiin.

Kelas Blogging Gratis bersama BRT Network

Salah satu agenda rutin dari BRT Network adalah mengadakan kelas bloging gratis. Meski cuma-cuma, untuk bisa mengikuti kelas ini tetap ada syarat dan ketentuan yang harus kita penuhi lho. Aku pun mendaftar kelas ini hasil rekomendasi dari founder komunitas yang aku ikuti. Yang ternyata beliau menjadi salah satu coach dalam kelas tersebut.

Begitu masuk kelas, aku sempat jiper lho, karena banyak blogger senior disana. Belum lagi mendapati rules kelas yang harus ditaati juga. Dan rules yang paling penting nih, No japri para Coach! Hayoo sapa nih yang suka japri-japrian? Kali ini harus ditahan ya, karena kalau sampe japri salah satu coach harus siap terima konsekuensi. Yaitu dikick dari kelas!

Sebenarnya aku tipe orang yang ga berani asal japri contact dalam group. Untuk japri sesama anggota kelas saja aku merasa sungkan kalau ga ijin dulu di group. Apalagi japri Coachnya, rasanya kok kurang etis. Tapi setelah mendapat beberapa materi aku sempat gatal ingin chat coach yang merekomendasikan ke aku tadi.

Maklum masih banyak hal yang ternyata belum aku pahami. Padahal kelas gratis tentang blog ini bukanlah kelas blogging pertama yang aku ikuti. Itulah kerennya dunia blogging ya, selalu ada update ilmu baru yang harus terus kita setting ulang dalam blog kita. Sebelumnya sudah aman, tapi karena ada perubahan algoritma atau update lain, mau tau mau blog kita juga perlu disetting ulang.

Mau tau di kelas gratis BRT Network ini kita belajar apa saja? Yuks lanjut dulu bacanya 😊

Belajar SEO di Kelas Gratis BRT Network

Di awal kelas, kita sudah di warning bahwa kelas ini bukanlah kelas untuk menaikkan DA blog. Sepertinya sih, kelas sebelumnya sudah mengangkat tema itu. Memang ya, nilai DA tinggi masih menjadi target banyak blogger yang ingin memonetisasi blognya (termasuk aku, heheheh).

Walaupun kelas ini ga memberi kunci untuk naikin DA, tapi aku tetap semangat untuk mengikuti kelas ini. Karena big why bloging dan yang jadi target utama blog ku adalah bisa mencapai lebih banyak pembaca. Jadi belajar SEO disini menjadi ikhtiar ku untuk mencapai goals tersebut. Toh kalau kita terapin SEO dengan baik, lama-lama DA akan naik juga kan?

Selama 1 pekan ini, kita sudah disuguhi banyak materi yang membuat kita ‘kekenyangan’. Saking kenyangnya sampai mual rasanya, hahahha (bercanda ya Coach). Jadi materi yang diberikan benar-benar padat merayap seperti jalanan di ibu kota. Apa saja sih materi yang diberikan?

Meta Seo Inspector

Di pertemuan pertama melalui Google Meet, kita langsung oprek penggunaan Meta Seo Inspector. Meski sebelumnya aku sudah install plug in ini, ternyata ada banyak update yang menimbulkan beberapa warning. Hmm..mau tak mau harus edit html yang bikin mata menatap lebih dekat ke layar monitor. 
tampilan meta seo inspector
Sejauh ini yang menjadi tugas penting adalah Common, Opengraph, dan juga Header. Setelah edit html sana sini akhirnya sudah aman dari warning berkat arahan dari para mentor. Tampilan Meta SEO Inspector setelah dibenahi menjadi seperti ini.
perubahan meta seo inspector setelah disetting
Terbayar sudah pusing kepala dan kurang tidur karena harus bongkar isi html di template blog. Masih menanti materi selanjutnya yang akan membahas masalah images dan lain-lain pada Meta Seo Inspector.

SEO On Page

Baru selesai masalah Meta Seo Inspector, kita sudah disuguhi dengan materi SEO On Page yang segambreng. Bayangin aja, ternyata ada 18 parameter yang perlu kita terapkan dalam menulis sebuah artikel agar bisa optimal di mata Google. Materi ini diberikan oleh Mas Pewe langsung melalui chat di Whats App Group

Meski pada materi hanya diberikan satu tugas, tapi auto keinget sama artikel-artikel sebelumnya. Perlu banyak editing lagi karena ternyata banyak yang belum optimal dalam menerapkan SEO On Page dari 18 parameter ini. 

Google Analytics dan Google Search Console

Tidak berhenti disitu sobat, kita juga harus bisa membaca dan menganilisis performa blog kita melalui Google Analytics (GA) dan juga Google Search Console (GSC). Sudah tau belum bedanya kedua perangkat dari Google tersebut?

Meski sudah memasang GA dan GSC sebelumnya, tapi aku masih kurang optimal memanfaatkan dua perangkat ini. Selain untuk mengecek jumlah page views dan ide mendapatkan keyword untuk artikel baru. Nah, di kelas ini kita akan mendapatkan informasi yang lebih detail dari setiap fitur yang ada di dalamnya.

Setelah dua materi di atas, masih ada beberapa materi penting lain yang menanti lho. Bocoran dari para Coach sih ada materi coding dan juga SEO Off Page sebagai pamungkasnya.

Hmm..coding ini nih yang paling aku takuti karena ga punya basic sama sekali. Setelah menjalani mamaklyfe selama  empat tahun lebih, melihat angka berderet di Excel aja udah bikin mata pedih. Apalagi membaca bahasa pemograman menggunakan aplikasi yang bahkan baru pertama kali aku dengar. Seperti Sublime, Node JS, dan Command Prompt. Asli bikin deg-degan lho tapi juga penasaran dan ingin paham juga.

Doakan bisa menyelesaikan tiap tugas yang diberikan ya, karena untuk bisa melanjutkan ke materi selanjutnya, kita harus menyelesaikan tugas terlebih dahulu.


Mentor yang Profesional dari BRT Network

Seperti sudah aku spill dalam judul, kelas ini tuh luar biasa dan lain daripada yang lain. Bayangkan saja, dalam satu kelas kita dibimbing langsung oleh 6 coach sekaligus. Para coach yang mengampu pun ga sembarangan. Mereka adalah para blogger senior yang sudah profesional dan malang melintang dalam dunia perblogingan.

Pasti mau tau kan siapa saja 6 Top Blogger yang menjadi mentor dalam Kelas Gratis BRT Network ini?
6 top blogger sebagai mentor kelas brt
Terkesima kan dengan nama-nama blogger di atas? Nah beliau-beliau inilah yang akan memberikan materi serta pengarahan selama kelas berlangsung. Kalau ditanya siapa Coach favorit dalam kelas ini, tentunya semua Coach ya. Karena masing-masing Coach berperan aktif dan memberikan kontribusi yang saling melengkapi.

Tentunya dengan style atau gaya pengarahan masing-masing ya. Meski sempat terkaget-kaget di awal, tapi terasa banget efeknya. Yang awalnya takut dan ragu untuk mencoba, sekarang jadi lebih berani dan bisa tau cara membenahinya.

Kesan Mengikuti Kelas Bloging BRT Network

Kelas blogging bersama BRT Network ini memberikan pengalaman baru buat aku. Berbeda dengan kelas bloging lainnya, kelas ini benar-benar membuat kita aktif dan berani. Bukan berani sama Coach ya, tapi berani untuk mengoprek ‘daleman’ blog kita sendiri. Sedikit sport jantung memang, tapi kalau tidak begitu ya kita ga akan pernah tahu dan bisa jadi paham.

Kelas BRT Network ini sangat fleksibel, dimana kita tidak dibatasi jadwal QnA. Group akan dikunci saat pemberian materi dan mendekati deadline tugas saja. Setelah itu kita bisa bertanya mengenai materi dan juga masalah yang ada dalam blog kita. Tapi ingat ya, kita harus aktif cek ke group agar tidak ketinggalan informasi penting dari pertanyaan-pertanyaan peserta lain.

Kalau sudah kelewatan dan baru bertanya, siap-siap saja untuk scroll ratusan chat yang masuk tiap harinya. Selain harus aktif dan berani, kita juga harus punya komitmen dan kepedulian yang tinggi. Karena di tugas ke-3, kita akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Jika 1 anggota kelompok ada yang terlambat tugas, maka konsekuensinya semua anggota dalam kelompok tersebut juga harus dikick 😭

Meski menjadi beban tersendiri buatku karena tidak mau merugikan anggota lain, tapi ada banyak hikmah lho dari pengelompokan anggota ini. Kita jadi lebih peduli dan saling membantu permasalahan blog dalam kelompok. Selain itu, ga merasa khawatir sendirian lagi karena rata-rata juga merasakan hal yang sama. Dengan sering sharing di group dengan teman satu kelompok membuat kita jadi makin semangat lho. 

Kalau kata Mba Sukma Meganingrum, yang sangat senang karena bisa tahu banyak tentang SEO. Pertanyaan di WAG kelas pun selalu dijawab oleh para Coach meski harus mencari dan berusaha sendiri. Sama halnya dengan aku, Mba Sukma juga berharap bisa ikut kelas sampai akhir dan bisa mempraktikan semua materi yang diberikan supaya DA blognya bisa nanjak juga.

Beda halnya dengan cerita Mba Yayu Arundina yang justru merasa punya mainan baru. Ternyata, ini pertama kali beliau ngoprek blog sendiri lho. Hebat ya! Meski tertatih-tatih dan belum paham banyak soal html, Mba Yayu tetap semangat untuk terus memperbaiki blognya. Mba Yayu jadi belajar banyak soal Meta SEO dan jadi tau pentingnya membuat sitemap.

Modal Mengikuti Kelas Gratis BRT Network

Meski kelas gratis, bukan berarti ini kelas tanpa modal lho. Pasti butuh yang namanya pengorbanan. Jangan berharap bisa santai-santai di kelas ini. Eh bisa saja sih kalau blognya emang dah ga ada masalah, hehhehe. Tapi dalam mengikuti kelas ya niatnya buat belajar dan terus cari tau kan? Nah selama mengikuti kelas ini, ada beberapa modal yang perlu dipersiapkan. Tenang aja, bukan modal materi kok 😉

1. Niat

Ini yang paling penting dan utama, ibadah aja tergantung niatnya bukan? Oleh karena itu penting banget kita lurusin niat kita dulu. Mau apa sih sebenernya mengikuti kelas blogging macam ini. Kalau niat kita udah bener dan juga kuat, insya Allah akan lebih semangat dan pantang mundur dalam mengikuti materi dan juga tugas.

2. Waktu

Kalau mau ikut kelas ini untuk mengisi waktu, lebih baik ga usah daftar deh. Apapun kesibukan harian kita, harus siap alokasikan waktu khusus untuk mengikuti kelas ini. Sepekan akan ada dua materi plus tugas yang wajib kita lahap habis.

Sebagai fulltime Moms, aku gunakan prime time ku setelah Subuh untuk fokus membenahi dan mengerjakan tugas. Sisanya masih bisa intip-intip tipis chat di WAG dan gunakan jurus “bintang” biar lebih gampang untuk mencari informasi yang penting.

3. Semangat dan Keberanian untuk Mengoprek

Niat dan waktu sudah dipersiapkan, sekarang saatnya kumpulkan semangat dan keberanian untuk membenahi kesalahan di dalam blog kita. Harus berani terima konsekuensi kalau blog justru makin berantakan saat oprek. Kalau udah mentok ga nemu solusi, langsung tanyakan ke WAG karena para Coach akan siap membantu.

Sedikit tips nih, setelah dapat materi langsung catat atau export chat terlebih dahulu. Lalu cek ke blog kita, apa yang perlu dibenahi. Coba oprek sesuai arahan para coach, jika belum berhasil juga segera tanyakan ke WAG dan konsultasikan permasalahannya. Pokoknya no mager-mager dan harus segera cari tau letak masalah dalam blog kita sendiri ya..

Kesimpulan dari Mengikuti Kelas Gratis BRT Network

Buat para pemilik blog yang ingin mengoptimasi blognya, mengikuti kelas gratis BRT Network ini bisa banget jadi jalan ikhtiar yang tepat. Dengan mempelajari SEO baik On Page maupun Offpage, akan memberikan dampak yang efektif bagi performa blog kita. Dengan menerapkan materi dari ke enam Coach dalam kelas BRT ini, akan membantu kita untuk bisa 'manggung' di halaman pertama mesin pencarian Google.

Meski terseok-seok dan juga muncul mata panda di wajah kita, insya Allah akan ada hasilnya. Kuncinya adalah jangan takut untuk mempraktikan setiap materi yang diberikan dalam kelas gratis BRT Network ini. Semangat dan konsisten pun jangan ketinggalan, agar ilmu yang didapat tidak menguap begitu saja.

Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

63 komentar

  1. Kereen Mbak ... ternyata yang paling mendebarkan adalah menanti masa-masa eliminasi lewat. Kalau masalah ngerjain tugasnya ayo aja ya Mbak. Meski ditemani inhaller dan obat gosok

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, bener banget mba, teman setia ku malah kopi, hehhehe

      Hapus
  2. Mbaaak deg2an banget nggak sih ikutan kelas ini? Jantung mau copot rasanya pas pengecekan tugas 3 kemarin huhuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sport jantung terus ya setiap mau dapet materi baru, tapi senengnya jadi double kalo berhasil lolos

      Hapus
  3. uniq y a mbak kelasnya, kelas BRT kelas arena bermainnya para blogger. semoga tergantikan ya mbak, walau ikut kelasnya terseok-seok. good job mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups mba, kelas ini bikin aku jadi makin mandiri dan juga berani mengambil resiko

      Hapus
  4. Kelas impian satu lagi nie, BRT Network. Tapi mungkin belum tahun ini wkwk
    Eh dari nama coachnya selain Mba Marita, ku tah ada Kak Zen... Hebat bener ini para coach nya. Duh pengen ikut tapi takut wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuss ikutan tahun depan ya mba, bner2 ilmunya banyak bgt

      Hapus
  5. Aku setuju dengan kalimat di paragraf terakhir ini.. Berani mencoba dari setiap materi yang diberikan.. Pengalamanku di dunia blog ini masih awam banget, apalagi tentang SEO.. Dan di kelas ini, pelajarannya mandiri banget.. Harus berani mencoba sendiri dan harus bisa menemukan solusinya.. Semoga kita bisa lulus sama" ya mba..

    BalasHapus
  6. keren ya kelasnya. bener-bener ga boleh main-main meski gratis. sayang sekali kemarin ga lolos kelas ini, semoga next class bisa ikutan belajar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. its ok mba sendy, next class smoga lolos dan bisa ikutan sampe akhir yaa

      Hapus
  7. Kita sama-sama jiper di awal ya mbak ternyata... semngat untuk kita yang mengikutinya dengan terseok-seok hihi

    BalasHapus
  8. jadi mermang kelas ini disarankan tidak untuk para bloger pemula banget yaa biar gak sok hahaha soalnya itu yg aku rasakan , apalagi saat nelajar MSI tuh dudududud

    BalasHapus
  9. Ini nih kelas SEO yang bagus banget walaupun gak berbayar... Kalo buka kelas baru, colek aku ya mbak... Aku tertarik banget, tapi waktunya itu yang susah, hehehe

    BalasHapus
  10. semangat selalu, mbak. buat fulltime mom memang bukan hal mudah ikut kelas SEO yang enggak kenal waktu ini, tapi percaya deh, kalau niat pasti bisa

    BalasHapus
  11. Membaca testimoni orang2 tentang kelas ini makin tertarim buat ikutan juga dehhh.. Mantep banget kelasnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mba nurita tahun depan kudu ikutan kelasnya ya

      Hapus
  12. Keren banget BRT network, pengen banget aku bisa nulis juga mom😍 thankyou sharingnya mom

    BalasHapus
  13. Wah keren banget, banyak dpt ilmu ya.. kalau Mau ikutan gmna ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar kalau ada pendaftaran lagi aku info2 ya mba

      Hapus
  14. Lengkap banget infonya, jadi tertarik pengen ikut kelasnya

    BalasHapus
  15. Bismillah, jd list kelas yg wajib diikuti oleh para blogger nih. Mksh mba iva ulasannya. Ikut keringet dingin rasanya ngebayangin tugas²nya. Tp yg pasti seru bgt karena ada 6 mentor dan teman2 seperjuangan ga mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bner mba, alhamdulillah banget mba walau sering sport jantung

      Hapus
  16. Keren banget deh ini kelasnya... Mau ikutan di next batch, semoga masih ada kesempatan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya Allah ada bukaan kelas lagi kok mba tahun depan, ntr tunggu info2nya ya

      Hapus
  17. MashaaAllah.. Bagus banget ini kelasnya.. Semoga bisa ikutan next batch 💕

    BalasHapus
  18. Pemasaran ikutan juga. Tapi masih awam banget. Baiknya belajar mana dulu nih mb Icha?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin blognya dulu mba, banyak tutor di google kok..
      ikutan kelas blogger pemula juga banyak kok sekarang

      Hapus
  19. Mau jugaa ikut kelasnyaa 😍😍😍

    BalasHapus
  20. Kereeennnn ��������

    BalasHapus
  21. Kar baca ini jadi pengen bisa nulis juga...
    Moga ada kesempatan buat ikut kelasnya 😍

    BalasHapus
  22. Kalau mau ikut BRT minimal blog nya harus sudah pindah domain ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups, ayo bapak beli domain untuk blog nya
      ada yg murah meriah kok klo pake domain my.id

      Hapus
  23. Aku senang sekali bisa ikutan kelas gratis BRT Network. banyak banget ilmu blog yg masih harus kupelajari dan kupraktekkan. Sayangnya aku udah kena kick dari kelas, hehe... Masih PR ngebenerin urutan heading di postingan artikel

    BalasHapus
  24. Mbak iva bakalan jadi blogger sakti nih after dari BRT. Next bakalan ikutan kalau ada lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh gimna itu mba blogger sakti? yg penting ga jadi sakit aja ya, hehehe
      next kudu daftar ya mba nafis, biar blog nya makin OK

      Hapus
  25. Luar biasa kaaa, aku jadi tertarik pengen coba .. makasih kaaa informasinya ..

    BalasHapus
  26. Semangat belajar kak! Aku alumni kelas Juni. Hasilnya bagus sih banyak ilmu seputar blogging. Semoga berjodoh next class kalau ada soalnya nggak bisa ikut Desember ini

    BalasHapus
  27. Baca tulisan kakak aku seperti membaca sebuah artikel di buku,detail sekali ulasannya.Keren

    BalasHapus
  28. wah ternyata banyak yang diulik-ulik yaa dalemannya blog biar performa dan traffic blog kita semakin membaik

    BalasHapus
  29. Niat memang penting banget ya, karena itu yang membuat jadi semangat terus maju meski penuh tantangan.
    Kalau saya niat doang, waktunya masih belom berani hahaha.
    Salut banget sama peserta yang semangat luangkan waktu untuk blog :)

    BalasHapus
  30. setuju, ke-6 nya pakar di dunia blogging
    karena itu ingin banget ikutan Kelas BRT Network
    sayangnya gak lolos waktu daftar
    pingin nangis, hiks

    BalasHapus
  31. Ikutan kelas BRT Network ini jadi bikin diri semangat buat ngoprek ya Mbak, hehe biar semangat memperbaiki dalaman blog sendiri biar makin ciamik dan SEO friendly. Wow ... lengkap banget ulasannya. Ada website Coach BRT yang keren2. Melipir ah ^^

    BalasHapus
  32. Kayanya seru nih ya mba,banyak bgt informasi di artikel nya ini.

    BalasHapus
  33. Beruntung banget bisa ikut kelas ini, ya. Moga lain kali aku juga berkesempatan

    BalasHapus
  34. baca blog nya kaka inspiratif banget, jdi pengen ikutan kelas BRT nya di next season ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kak kak, semoga nanti bisa ikutan next class yaa

      Hapus
  35. Keren emang ini kelasnya. Misinya membantu para blogger indonesia itu bener banget. Tiap blogger mesti merasakan ikut kelasnya. Mantap banget

    BalasHapus
  36. Salam kenal, Kak Iva. Menarik ulasannya. Tantangan berat sepertinya untuk mengikuti rentetan chat di grup yang tak boleh terlewat. Ada strategi khusus Kak, bagaimana bisa mengatasinya?

    BalasHapus
  37. Kelas BRT diikuuti blogging jadi oke, belum paham ngeblog jadi lancar dengan mengikuti kelas blog semacam kelsa BRT

    BalasHapus
  38. Wah serus ekali acaranya mb, sayang belum ditakdirkan ikutan sekarang. Moga yang akan datang masih ada dan bisa ikutan belajar dengan para mastah BRT

    BalasHapus
  39. Seru yang pas bagian berkelompok, satu ada yang kurang maka ...tendangan si Madun akan .. haha.. semangat kak Iva belajarnya

    BalasHapus
  40. 6 TOP BLOGGER-nya gak main-main. Emang top banget dan semua punya BRT. Keren banget. Semoga anggota BRT semua, khususnya yang baru gabung makin pinter ngeblognya.

    BalasHapus
  41. BRT bener-bener bikin anggotanya maju bareng...seru bisa belajar mendalami blog dan seluk beluk algoritmanya

    BalasHapus
  42. Wah belajar dari blogger keren mantap tuh kak... Keren ya ada kelas SEO BRT ini bagus untuk upgrade skill ngeblog dan pastinya dapet pengalaman banyak karena mau berkomunitas. Aamiin. Sukses selalu ya kak tuk bangun blognya.

    BalasHapus
  43. MasyaAllah keren sekali ivv .. Semangat selalu mommy azka 😍

    BalasHapus
  44. Setelah membaca banyak ulasan tentang program BRT ini, jadi pengen ikutan kelasnya juga, karena ilmunya itu loh daging banget untuk para blogger.

    BalasHapus
  45. Ikut Kelas BRT ini sudah pasti di mentoring oleh Coach yang profesional yaa Mbak. Meskipun terbilang gratis, tapi ilmu dan rules yang ada didalamnya bukan sembarangan.

    BalasHapus
  46. Kalo lihat ijo2 di meta seo inspector tuh rasanya hepi banget. Tapi kalo merah teruuss diutak atik ga bisa2 rasanya pusing ya mba.. aplg tiap blog beda2.. beda hasilnya meski coba proses yg sama.. semangat ya mba

    BalasHapus

Posting Komentar