header blog ivacwicha

SEO Moms Community – Kelas Belajar SEO Basic, Gratis!

Konten [Tampil]

SEO Moms Community, Kelas Belajar SEO Basic Gratis untuk para blogger perempuan. Yups, sesuai namanya SEO Moms Community merupakan komunitas untuk para Moms yang mempunyai blog dan ingin mempelajari Search Engine Optimization (SEO). Eitts, meski judulnya SEO Moms buat Readers yang masih single atau masih jadi calon Moms ga perlu khawatir yaa, karena masih bisa ikutan belajar SEO disini. Yang terpenting dan menjadi syarat wajibnya adalah Readers harus perempuan dan sudah punya blog dengan Top Level Domain (TLD).
seo moms community - kelas belajar seo
Mempelajari SEO ini bagaikan makanan utama para blogger yang ingin menjadi blogger professional. Kenapa? Karena dengan mempelajari SEO tulisan atau artikel yang kita tuliskan di blog akan lebih terarah dan bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Pasti Readers mau kan tulisan dalam blognya masuk di halaman pertama  mesin pencarian Google? Jadi, sudah menjadi hal wajib buat aku pribadi untuk mempelajari SEO ini.

TENTANG SEO MOMS COMMUNITY

Seperti sudah aku tuliskan di awal, SEO Moms Community atau biasa disingkat SEOMOC adalah komunitas blogger khusus untuk perempuan Indonesia yang fokus pada pembelajaran SEO yang anggotanya tersebar di seluruh Indonesia. Karena masih dalam kondisi pandemi, kegiatan di SEO Moms masih dilakukan secara online, baik melalui Google Meet maupun Whats App Group.

Founder SEO Moms Community

Jika membahas suatu komunitas, biasanya kita kepo nih siapa sih sosok dibalik berdirinya komunitas itu sendiri. Bila boleh kuperkenalkan, founder dari SEOMOC ini adalah Bang Q alias Qbenk. Beliau merupakan seorang praktisi SEO yang bernama asli M. Sahlan. Pasti kaget dan bertanya-tanya ya, ternyata dibalik nama SEO Moms yang identik dengan perempuan ternyata diprakarsai oleh kaum hawa.
Founder seomoms community

Berdasarkan cerita Bang Q, beliau mempunyai alasan khusus saat mendirikan komunitas ini, yaitu beliau dedikasikan khusus untuk almarhumah Ibunda. Mengutip kalimat dari Bang Q saat pembukaan kelas SEOMOC ini,

Kita disini akan belajar SEO dan seluk beluknya dengan Bahasa yang mudah dimengerti dan insya Allah mudah dipraktekkan. Group ini saya dedikasian untuk almarhum kedua orang tua saya. Terkhusus lagi buat emak saya yang sangat saya sayangi, yang wafat akhir November 2019 lalu.
 
SEO Moms Community resmi didirikan oleh Bang Q pada 25 Januari 2020 lalu. Sebenarnya saat itu Bang Q tidak seorang diri, tapi SEO Moms Community juga didirikan bersama dengan co-founder yang merupakan beauty blogger asal Surabaya. Namun karena satu dan lain hal, co-founder tersebut harus off dan Bang Q dibantu oleh beberapa admin yang dibagi dalam beberapa wilayah.

Koordinator Wilayah SEO Moms Community

Admin seomoms

Sejak Januari 2021, tepatnya saat SEOMOC berulang tahun yang pertama, SEO Moms Community dibagi dalam beberapa wilayah. Hingga saat ini SEO Moms Community telah dibagi dalam beberapa wilayah sebagai berikut:
  • Wilayah DIY dan Jawa Tengah dengan koordinator Wiwin Pratiwanggin
  • Wilayah Jawa Timur dengan koordinator Rahma Chemist dan Dewi Adikara
  • Wilayah Sulawesi dengan koordinator Mugniar
  • Wilayah Bali – Nusa Tenggara dengan koordinator Rizky Masdila Ananda
  • Wilayah Sumatera dengan koordinator Arda Sitepu
  • Beberapa kota lain tang tidak termasuk dalam wilayah di atas (termasuk Jabodetabek) dengan koordinator Lidya Fitrian

KELAS BELAJAR SEO MOMS COMMUNITY INI GRATIS!

Sebagai blogger pemula yang belum banyak makan asam garam kehidupan perbloggingan. Maka mengikuti kelas belajar online di SEO Moms Community adalah jalan ninjaku. Meski bukan kelas blogging pertama yang pernah aku ikuti, tapi aku selalu mendapat ilmu dan insight baru yang bisa menambah pemahaman dan seluk beluk dunia blogging. Apalagi untuk kelas belajar SEO Moms Basic ini tidak dikenakan biaya sama sekali lho, alias GRATISSSS...

Materi Kelas Belajar SEO Moms Basic

Kelas belajar SEO Moms Basic yang aku ikuti ini ternyata sudah batch yang ke-4 lho. Sebelumnya sudah ada tiga angkatan yang lulus dan terbagi dalam beberapa Whats App Group Seo Moms per wilayah. Nah dalam kelas SEO Moms Basic ini, Bang Q memberikan materi dasar tentang Search Engine Optimization. Berbeda dengan kelas lain, Bang Q justru menjelaskan berdasarkan pedoman Webmaster Google.

Mungkin terdengar jadul ya, tapi Bang Q punya alasan kuat kenapa pedoman webmaster Google ini begitu penting. Harus kita sadari kembali, bahwa mesin pencari yang paling sering (dan mungkin satu-satunya) digunakan adalah mesin pencari Google. Jika yang digunakan adalah mesin pencari Google, lalu yang patut dijadikan pedoman tentu dari Google juga bukan? Bukan perkara presentase angka atau pun kualitas semata.

Nah di kelas ini kita akan dijelaskan lebih dalam tentang faktor-faktor teknis guideline Google. Sedangkan faktor teknis yang lain hanya sebagai bahan analisa saja. Menarik bukan? 
Jadi apa saja yang dipelajari dan didapatkan dalam kelas SEO Moms Basic ini?
  • ON-Page SEO
Membahas tentang optimalisasi pada web atau blog dari dalam, dengan metode yang mudah dipahami. Disini kita akan dijelaskan secara detail tentang pentingnya pengaturan dan teknik yang perlu diterapkan dalam blog kita. Mulai dari Tittle/Judul Blog hingga tampilan dan kecepatan halaman blog.
  • Off-Page SEO
Umumnya melakukan optimalisasi web blog dari luar dengan cara membangun link pada situs-situs tertentu yang memiliki kualitas SEO yang lebih baik. Caranya dengan link building, link wheel, dan lain-lain.
  • Sertifikat Member
Nah, jika kita bisa mengikuti materi hingga akhir dan mengerjakan tugas yang diberikan sebagai bentuk praktek langsung atas materi yang diberikan. Maka kita bisa dikatakan lulus dan mendapatkan sertifikat kelulusan. Selain itu kita pun berhak mengikuti kelas lanjutan, seperti kelas Link Wheel SEO.
  • Kopdar Online
Selain melalui Whats App Group, SEOMOC juga rutin mengadakan kopdar secara online melalui Google Meet. Kopdar ini bisa diikuti oleh seluruh member dengan materi SEO yang lebih luas dan tanya jawab secara langsung.

Alur Kelas Belajar SEO Moms Basic

  • Jadwal fleksibel
    Pada awal pertemuan kita diberikan kesempatan untuk menenetukan waktu pemberian materi dari Bang Q. Masing-masing peserta bebas memilih diantara dua waktu yang ditawarkan dan akan diambil dari suara terbanyak.
  • Materi diberikan secara langsung oleh founder
    Materi diberikan oleh Bank Q melalui Whats App Group setiap Senin-Jumat pada waktu yang telah disepakati bersama. Setelah itu kita diberikan kesempatan untuk tanya jawab. Selain itu, ada beberapa materi yang diberikan melalui Google Meet yang akan diinformasikan sebelumnya.
  • Tugas
    Sejauh ini untuk tugas belum menjadi hal wajib untuk dikerjakan oleh peserta. Kami pun masih diberi kebebasan untuk menyanggupi tugas pertama yang diberikan oleh Bang Q. Tapi kalau buat aku pribadi, ini menjadi sarana untuk menunjukan keseriusan dan pemahaman atas materi tang diberikan. Doakan yaa semoga kedepannya tugas yang diberikan tidak berat dan membuat sakit kepala, hehehehe.
Meski belum genap satu bulan mengikuti kelas SEO Moms Basic di SEO Moms Community ini, aku udah dapetin ilmu baru yang bisa aku praktekan untuk blog kesayanganku ini. Doakan ya Readers, aku bisa lulus dalam kelas belajar SEO Moms Basic dan bisa ikut kelas lanjutan dan bergabung dalam SEO Moms Community wilayah Jabodetabek. Aamiin




Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

8 komentar

  1. bener mbak, meski bukan kelas yang pertama utnuk belajarblogging kayaknya ilmu ttg blog tuh masiha d ayg gak aku tahu ya duh cupu gak sih hehhee jadi emang inilah kita bersyukur kepada allah akan hadirnya orang2 baik yg mau berbagi ilmu macam founder SEOMOC. ini dan team

    BalasHapus
  2. Semangat teman-teman yang rajin belajar lagi dan lagi. Aku kemarin gak nyoba daftar, nih hiks. Semoga kalau buka lagi bisa belajar di seo moms community.

    BalasHapus
  3. Aku seneng banget bisa join di SEOMOC, semoga bisa ikut sampe lulus dan bisa menyerap banyak ilmu tentang SEO ya mba

    BalasHapus
  4. Mupeeng banget. Semoga bisa ikutan batch selanjutnya biar bisa fokus belajar. Saat ini masih ada kelas yang lain, jadi takut ikut kelas lagi.

    BalasHapus
  5. Keren mba, walaupun aku belum bisa ikut tugasnya, tapi seneng banget bisa bergabung dikelasnya..

    BalasHapus
  6. Menjadi blogger membuat kita bukan hanya di minta untuk menulis, juga harus paham semua seluk beluk yang terkait. Dan yang paling mendasar adalah memahami seo

    BalasHapus
  7. wah, aku ketinggalan kelas ini mbak. telat masuk grup, setidaknya ada gambaran deh ya, next jika buka batch baru. kalau ada lagi aku dikabari ya mbak

    BalasHapus
  8. kalo belajar itu kita emang ga pernah kenyang ya, ada aja yang perlu ditambah, jadi pingin juga ikut kelasnya, semoga suatu saat Allah ijinkan

    BalasHapus

Posting Komentar