ivacwicha-header

7 Kegiatan Liburan di Rumah yang Banyak Manfaatnya

Konten [Tampil]

Libur telah tiba, libur telah tiba, horee..hore..horeeee!
Yang baca sambil nyanyi berarti kita seangkatan nih yaa, hehehe.
Libur sekolah telah di mulai, sudah merencanakan kegiatan liburan di rumah untuk anak belum nih Moms?

Setelah menjalani ujian kehidupan kenaikan kelas, libur sekolah menjadi hal yang dinantikan oleh anak-anak. Ingin ajak liburan ke luar kota, suami belum mendapat cuti atau libur kerja. Ditambah lagi masih marak virus yang mengintai anak-anak seperti HFMD dan juga penyakit hepatitis akut. Padahal tahun ini pandemi COVID-19 baru saja mereda.

Namun tak perlu khawatir ya Moms, libur sekolah tidak harus diisi dengan liburan keliling kota atau ke tempat wisata kok. Ada banyak kegiatan seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah untuk mengisi waktu liburan bersama anak. Jangan lupa untuk sounding terlebih dahulu ke anak tentang hal ini ya Moms.

Mengunjungi tempat wisata memanglah menyenangkan, tapi jika kondisi tidak memungkinkan ya tidak perlu dipaksakan. Karena sejatinya anak lebih membutuhkan quality time bersama kita. Jadi tidak perlu merasa bersalah karena hanya bisa liburan di rumah saja. Cukup alokasikan waktu untuk berkegiatan bersama anak secara mindfull.

Berikut beberapa ide kegiatan yang bisa dijadikan untuk mengisi waktu liburan di rumah bersama anak.

Ide Kegiatan Liburan di Rumah

1. Mendekor atau menghias kamar anak

Saat kenaikan kelas, anak akan merasa bertambah besar sehingga butuh suasana baru di kamarnya. Ajak anak untuk make over kamarnya dengan mengubah letak barang-barang di kamar atau mengecat dinding kamar dengan warna kesukaan anak. 

Berikan anak kesempatan untuk mengatur kamarnya sendiri, tapi tetap kita dampingi. Kita pun bisa memberikan hadiah dengan mengganti beberapa barang untuk kamarnya. Dengan begitu suasana kamar anak akan terasa baru dan anak merasa senang berada di kamarnya.

2. Berkemah dan berenang di halaman rumah

Dua tahun pandemi COVID-19 membuat stock alat permainan bersama anak pun bertambah, seperti tenda atau kolam renang inflatable. Nah saatnya manfaatkan barang-barang tersebut untuk mengisi liburan di rumah. Jangan lupa siapkan cemilan favorit agar suasana berlibur semakin terasa yaa.

3. Membuat eksperimen sederhana

Libur sekolah bukan berarti full libur belajar ya Moms. Ajak anak mempelajari hal baru dengan cara yang menyenangkan, melalui eksperimen sains atau pengetahuan lainnya. Bermain sambil belajar dengan cara seperti ini, anak akan semakin semangat dan penasaran dengan berbagai pengetahuan lain yang bisa digali melalui praktik, bukan hanya sekadar membaca teori dalam buku saja.

4. DIY kerajinan tangan atau berlatih seni  

Saatnya menggali kemampuan art anak dengan DIY (Do It Yourself) berbagai kerajinan tangan. Seperti membuat scrapbook yang berisi tentang kegemaran anak atau kerajinan tangan lainnya yang bisa dijadikan untuk hiasan rumah. 
Membuat scrapbook saat liburan di rumah

Selain DIY kita juga bisa mengajak anak berlatih seni yang lain, seperti melukis, merajut, atau menari tradisional. Jadi selesai liburan anak pun bertambah kemampuan serta bisa semakin kreatif.

5. Menonton film bersama

Jika berbagai aktifitas di atas membutuhkan effort kita sebagai orang tua, cobalah untuk kegiatan yang satu ini. Menonton film bersama di rumah akan menjadi hal yang menyenangkan dan minim kerempongan. Moms hanya perlu siapkan cemilan dan tentukan film yang akan ditonton saja. 

Pilih film yang sesuai dengan usia anak, dengan cerita yang menarik dan juga syarat akan makna. Jadi, setelah menonton kita bisa ajak anak berdiskusi tentang jalan cerita film dan juga hikmah apa yang bisa diambil dari film tersebut. 

Saat ini anak-anak memang sedang teracuni oleh K-wave ya Moms. Daripada hanya sekadar menggemari visualnya saja, ajak anak untuk bisa mengambil pelajaran dari film korea yang akan ditonton. Ga perlu bingung tentang film atau drama korea yang akan dipilih untuk ditonton bersama. Moms bisa cari tau melalui blog review drakor dan juga film korea apa yang paling recomended untuk segala usia. 

6. Memasak atau membuat kue bersama

Liburan tanpa menyantap hidangan lezat kurang lengkap rasanya. Saatnya mengajak anak untuk menambah lifeskills-nya di dapur. Memasak atau membuat kue bukan hanya untuk anak perempuan lho Moms. Bahkan kebanyakan chef ternama adalah laki-laki.

Meski tidak ingin menjadi chef, kemampuan memasak menjadi salah satu lifeskill yang perlu dipelajari anak. Kemampuan ini bisa menjadi bekal penting untuk anak ke depannya, siapa tau anak kita akan melanjutkan sekolah ke luar negeri bukan? 

7. Aktifitas outdoor

Kegiatan lain yang bisa dilakukan bersama-sama saat liburan tiba adalah beraktifitas di luar rumah. Memanfaatkan halaman rumah seperti berkebun untuk mengurus tanaman atau sekadar berolahraga. Kegiatan ini bisa untuk mengajarkan ke anak pentingnya menjaga lingkungan dan juga kesehatan tubuh.

Dari ke-7 kegiatan atau aktifitas di atas, kira-kira kegiatan mana nih Moms yang mau dieksekusi terlebih dahulu? 

Meski terlihat sepele bin sederhana, berbagai kegiatan produktif di rumah di atas mempunyai banyak manfaat lho Moms. 
Berikut beberapa manfaat kegiatan bersama keluarga di rumah.
Manfaat kegiatan liburan di rumah
Jadi, jangan tunda-tunda lagi! Yuks isi liburan sekolah anak dengan kegiatan yang seru dan bermanfaat meski hanya di rumah saja.

Semoga dengan 7 ide kegiatan liburan di rumah di atas, bisa membuat anak kita merasa senang sekaligus menambah kemampuan mereka juga. Dengan berkegiatan bersama, anak akan lebih merasa diperhatikan sehingga saat kita memberi masukan atau nasihat akan mudah diterima oleh mereka.



Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Intinya banyak hal positif yang bisa kita lakukan di rumah ya Mbak. Selain beberes rumah, kalau saya biasanya ngecraft, membaca, nonton film dan drama, dan tentu saja menulis. Semua dilakukan dengan hati senang dan riang karena semuanya masuk dalam hobi.

    BalasHapus

Posting Komentar