ivacwicha-header

Yuk Jualan Online! Mulai dengan Membuat Logo Toko Online

Konten [Tampil]

Yuk jualan online! Di era yang serba digital ini, berjualan online menjadi pekerjaan yang berpeluang tinggi. Membuat logo toko online pun tak boleh ketinggalan, agar calon pembeli lebih tertarik dan memilih produk atau toko kita di antara penjual lain yang sejenis. 

Jualan minim modal makin banyak peluang

Kemudahan berbelanja kapan saja dan dimana saja membuat orang lebih suka berbelanja secara online. Ditambah lagi efek dari dua tahun pandemi COVID-19, dimana kita harus social distancing. Sehingga banyak aktifitas yang lebih aman dan nyaman dari rumah saja, termasuk berbelanja.
Yuk jualan online yang minim modal

Jadi, yuk jualan online! Tak perlu merasa bingung atau khawatir produk yang kita jual sepi pembeli. Saat ini sudah banyak sekali media digital yang menyediakan tempat untuk kita berjualan. Tak perlu banyak modal untuk sewa tempat, beli etalase atau biaya bulanan lainnya seperti saat kita membuka offstore.

Berjualan online di e-commerce adalah cara jitu untuk memulai usaha dengan modal kecil namun bisa menjangkau lebih banyak pembeli. Kebanyakan orang lebih memilih berbelanja online melalui e-commerce karena merasa lebih aman. Selain itu, banyak penawaran menarik seperti gratis ongkos kirim, cashback, dan promo diskon lainnya.

Saat awal menjadi reseller minyak balur Kauniyah Oil, aku pun sering kali mendapat pertanyaan dari calon pembeli “apakah bisa dibeli melalui e-commerce?” karena terlalu sering mendapati pertanyaan tersebut, akhirnya aku pun mulai cari tahu bagaimana cara menjadi seller di e-commerce.

Namun terlintas juga pemikiran dangkal ku kala itu “Hhmm, laku ga ya? Kan di e-commerce pasti banyak penjual lain yang juga menjual produk yang sejenis.”

Eitss, alhamdulillah langsung tersadar bahwa rejeki sudah Allah tetapkan dan tidak akan mungkin tertukar. Jadi ga boleh pesimis, yang terpenting adalah tawakal dan ikhtiar. Nah, salah satu ikhtiar biar jualan online kita menarik lebih banyak pembeli adalah dengan membuat logo toko online terlebih dahulu.

Membuat Logo Toko Online agar Lebih Menarik dan Terpercaya

Jika kita melihat huruf "M" bewarna kuning, pasti kita akan teringat dengan tempat makanan cepat saji McDonald’s bukan? Bahkan anak yang belum bisa baca pun, bisa tahu dan meminta masuk kesana jika melihat logo tersebut.
Cara membuat logo toko online
Begitulah kekuatan sebuah logo dari produk atau brand yang kita jual. Logo menjadi sebuah simbol yang mudah diingat sehingga mampu memudahkan pemasaran produk yang kita jual. Hal ini dikarenakan kemampuan manusia yang lebih mudah mengingat sebuah gambar atau simbol untuk mengenali sesuatu yang baru.

Oleh karena itu, membuat logo menjadi hal yang sangat penting sebagai media promosi untuk mengenalkan produk yang kita jual kepada calon pembeli. Selain itu, dengan logo yang ciamik dan memiliki ciri khas tersendiri akan membuat orang lebih tertarik dan percaya dengan toko online milik kita.

Bahkan untuk usaha kecil yang baru saja dirintis sekali pun. Jangan pernah merasa tidak perlu membuat logo produk ya. Dengan membuat logo sedari awal justru akan lebih mudah untuk menarik minat calon pembeli. 

Jadi, yuk jualan online dan buat logo yang menarik yang merepresentasikan toko atau produk yang kita jual.

Tak perlu khawatir mengeluarkan kocek banyak, karena sekarang sudah banyak aplikasi atau website yang bisa digunakan dengan mudah dan juga GRATIIIISSS. 

Kalau aku pribadi, cara membuat logo yang mudah dan praktis serta gratis adalah menggunakan Canva. Beberapa kali sudah dipercaya beberapa teman untuk membuat logo produk yang mereka jual, hanya dengan bermodalkan Canva saja.

Tapi tidak hanya dengan menggunakan Canva saja lho. Masih ada beberapa cara membuat logo dengan aplikasi lain yang bisa dicoba. Biar ga bingung dan lebih tercerahkan, bisa langsung baca lengkap Persiapan dan 6 Cara Membuat Logo Toko Online yang mudah dan cepat.

Nah, setelah membuat logo untuk toko atau produk yang kita jual. Ikhtiar selanjutnya adalah mendaftarkan toko online kita di e-commerce. Yuk jualan online dengan menjadi Seller di Lazada.
Jualan di Lazada gratis

Cara Mudah Berjualan Online di Lazada

Sudah tau belum kalau menjadi seller di e-commerce, khususnya Lazada itu ternyata mudah lho. Seperti slogannya,
Mulai Jualan Sekarang di Lazada, Gratis di Mana Saja, Kapan Saja.
Jualan di Lazada ga perlu mengeluarkan biaya, tetapi justru bisa dapat lebih banyak pembeli dengan pangsa pasar yang lebih luas. Karena Lazada merupakan portal belanja terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh dengan jualan di Lazada, seperti:
  • Transaksi aman dan mudah
  • 0% komisi
  • Gratis ikut promo atau campaign
  • Pendampingan seller baru selama 90hari
  • Seller Center terlengkap
  • Memiliki 300 juta++ pelanggan aktif
  • Lebih dari 30 pusat penyimpanan di seluruh Asia Tenggara
Dengan berbagai keuntungan yang bisa didapat, pasti ga mau ketinggalan kan menjadi seller di Lazada. Gimana nih cara daftarnya? Yuks simak langkah mudah menjadi seller dan berjualan online di Lazada.

1. Mendaftar ke Seller Center Lazada

Untuk bisa jualan di Lazada, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftar ke Lazada Seller Center. Hanya bermodalkan nomor HP dan e-mail, kita sudah bisa mendaftar menjadi Seller. Caranya:
  • Masuk ke halaman akses www.lazada.co.id
  • Klik atau pilih menu "Menjadi Seller" di topbar 
  • Setelah itu, klik atau pilih menu "Daftar Sekarang" hingga muncul halaman Lazada Seller Center seperti berikut:
Daftar seller di Lazada
  • Masukan nomor HP dan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomer HP tersebut
  • Setelah itu isi data dan unggah dokumen yang diminta

2. Siapkan data dan dokumen yang diperlukan

Langkah berikutnya, isi data dan unggah dokumen yang diminta.
  • Alamat toko
Setelah kode berhasil terverifikasi, isi alamat gudang, toko/kantor, dan alamat pengembalian (retur). Pengisian alamat ini untuk menentukan biaya pengiriman. Isi alamat dengan lengkap, detail, dan juga akurat untuk menghindari kesalahan beban biaya.

  • Data rekening bank
Masukkan nomor rekening, nama bank, dan unggah foto buku tabungan/giro. Rekening ini akan digunakan untuk menerima pembayaran dari hasil penjualan. Pastikan data pemilik rekening harus sama dengan identitas yang didaftarkan ya.

  • Dokumen yang harus diunggah
Nah, untuk dokumen yang perlu disiapkan dan diunggah ke Lazada Seller Center ini dibedakan berdasarkan jenis toko yang kamu miliki seperti pada gambar di bawah ini yaa.
Dokumen untuk jualan di Lazada

3. Unggah minimal 10 produk

Sebagai seller di Lazada, kita harus memiliki minimal 10 produk yang dijual agar menarik perhatian pembeli. Cukup dengan mengunggah foto produk yang akan dijual melalui menu “Tambah Produk (Add Products)” dari dashboard Lazada Seller Center.

Usahakan gunakan foto dengan kualitas bagus atau revolusi tinggi, serta memperlihatkan detail produk dengan jelas. Beri nama produk dengan lengkap dan akurat agar mudah ditemukan oleh calon pembeli melalui menu pencarian barang. Jangan lupa masukkan kata kunci yang menyebutkan merek, model, jenis produk, atau kegunaan produk.


Setelah ketiga langkah tersebut, kita sudah resmi menjadi seller di Lazada dan siap menerima banyak orderan yang masuk. Agar pembeli melakukan repeat order, usahakan untuk selalu aktif dan memberi respon yang cepat agar pembeli merasa puas dan menjadi pelanggan setia toko kita. 

Bahkan pembeli pun bisa menjadi marketing terbaik yang akan dengan senang hati merekomendasikan produk-produk kita kepada orang lain. Tentunya dengan syarat, pembeli merasa puas dengan produk dan pelayanan kita selama berjualan online di Lazada.

Kesimpulan: Berjualan online itu Mudah!

Berjualan online adalah jalan ninja untuk memulai usaha dengan modal yang kecil dan minim risiko. Jadi jangan ragu-ragu lagi, yuk jualan online di Lazada! Banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa didapat dengan menjadi seller di Lazada. Buatlah keunikan dalam membuat logo toko online maupun produk yang dijual, agar pembeli lebih tertarik dan mengingat produk yang kita jual. Terakhir, berikan pula pelayanan yang optimal ke pembeli agar mereka merasa puas dan mau menjadi pelanggan setia di toko online kita. Jangan lupa, berdoa yang utama dan pertama, agar setiap usaha dan ikhtiar kita dalam berjualan online menjadi lancar dan juga dimudahkan sehingga mendapat hasil yang berkah dan juga menguntungkan.

Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

35 komentar

  1. Wah dapat gratis promo juga ya, mb. Asik banget. Jadi semangat jualannya dong!

    BalasHapus
  2. Membantu banget sih jualan online itu, apalagi kayak emak-emak macam aku gini

    BalasHapus
  3. Semenjak kenal Canva sepertinya perdesainan sangat terbantu sekali untuk saya sebagai pemula. Eh, ternyata tidak hanya Canva ya, aplikasi untuk membuat desain ini, termasuk desain logo brand usaha.
    Lazada sangat membantu sekali agar para penjual online maju dan berkembang dengan tidak hanya diwadahi tempat berjualan online, tetapi juga ilmu dan pengetahuan tentang dunia penjualan termasuk cara membuat logo produknya

    BalasHapus
  4. Saya ingi lihat dong link Mbak Icha jualan di Lazada.

    BalasHapus
  5. Sekarang usaha semakin gampang, ya. Kalau nggak mau usaha karena nggak punya modal banyak, itu cuma alasan aja berarti. Niatnya aja yang cuma separuh hati. Lewat Lazada, gampang-gampang aja padahal, ya.

    BalasHapus
  6. Asik, aku juga pengguna canva sih.. Jadi bikin logo toko online ya di situ haha.. Aku belum jadi seller Lazada nie. Banyak banget keuntungannya ya, aku mau juga ah

    BalasHapus
  7. Memang benar Mbak, sekarang banyak banget marketplace sebagai media untuk berjualan. Mulai dari produk sederhana sampai yang membutuhkan teknologi tinggi. Boleh dibilang mau beli apa saja sekarang bisa digital. Kesempatan yang harus dimanfaatkan banget oleh para produsen maupun reseller ya. Kuncinya ya cuma satu, selain membuat logo yang mumpuni, ya amanah. Jangan sampai deh ada penipuan ke konsumen, efek jeleknya akan berantai soalnya

    BalasHapus
  8. Ah iya di era digital sekarang berjualan online sangat mudah ya mba.

    BalasHapus
  9. Sebelum berani membuka toko di marketplace, jangan lupa pelajari baik-baik terlebih dahulu, term and conditions, supaya jualan aman dan nyaman

    BalasHapus
  10. Selama ini aku kalau bikin logo minta dibikinin suami mbak hehe. Dulu aku juga punya toko online, sayangnya udah tutup nih. Padahal belum nyoba jual di Lazada.

    BalasHapus
  11. Penting banget yah..punya logo yang representatif dengan barang jualan. Agar sekali lihat, langsung ingat dan ketika butuh barang yang sama, bisa langsung konek belanja lagi di toko yang sama.
    LAZADA bisa jadi pilihan jualan online masa kini.

    BalasHapus
  12. Pengaruh logo memang penting ya ... saya kadang2 tertarik pada sesuatu barang atau jasa dengan lihat logonya saja hehe.

    BalasHapus
  13. Yeah, serasa pengin jualan online di e-commerce. Semoga apa yang direkomendasikan bisa dimanfaatkan suatu hari. Logonya memang penting, tetapi penting juga untuk kredibel reseller.

    BalasHapus
  14. Yups setuju sekali kak Logo dapat menjadi sebuah simbol yang mudah diingat sehingga mampu memudahkan pemasaran produk yang kita jual ya kak. Keren banget nih

    BalasHapus
  15. Canva memang benar-benar membantu untuk desainer awam. Dan sekarang untuk memulai bisnis online, aksesnya sudah terbuka lebar ya. Menarik juga nih ide berjualan di Lazada

    BalasHapus
  16. Iya banget
    waktu dulu membangun UMKM, yang saya kerjakan pertama kali adalah membuat logo, sayang dulu Canva gak semudah dan selengkap sekarang
    Andai sudah ada, pasti sayapun lebih pede jualan di Lazada

    BalasHapus
  17. saya juga tertarik nih pengen coba jualan online via market place. step jadi seller di Lazada ini lumayan praktis juga ternyata

    BalasHapus
  18. Aku juga jualan online kak, tapi aku belum pernah jualan online di lazada.Jadi pengen nyobain nih kak biar lebih luas lagi jangkauannya.

    BalasHapus
  19. Pengen rasanya punya toko online atau bisnis online. Tapi, aku belum punya produknya. Paling cuma jual jasa via online saja. hahaha

    BalasHapus
  20. Sangat membantu buat yang akan memulai usaha online, sehingga bisa giat untuk memasarkan produknya

    BalasHapus
  21. Wah sekarang jualan onlinr jadii mudah akuu baruu tau gabung jadii seller lazadaa... Trrima kasih infonyaa..

    BalasHapus
  22. Wah canva ini andalan banget mbak.. Dan baru ngeh kalau sekarang jualan di lazada semudah itu ya ternayata

    BalasHapus
  23. Salah satu yang menarik saat memulai jualan online adalah niat dan keberanian kita untuk lebih maju dan bisa di Lazada nih dengan modal kecil dan persyaratannya mudah bagi perorangan. Untuk lebih menarik bener banget Logo biar dilirik

    BalasHapus
  24. Wahhh info penting nih mom

    BalasHapus
  25. Sekarang semua serba mudah asal kitanya mau eksplor dan belajar yah. Lama lama karena terbiasa kita jadi bisa

    BalasHapus
  26. logo tuh keliatannya sederhana tapi sebenernya sulit, bikin yang paling pas menggambarkan bisnis tapi juga punya filosofi, gak asal bikin aja

    BalasHapus
  27. Aku juga iseng jualan online, tapi blm kepikiraj buat logo 😀. Selama ini ngandelin foto produk yang aku foto sendiri karena emang ngaruh bgt foto buat penjualan produk. Next coba bikin logo deh biar tambah laris jualanku

    BalasHapus
  28. Logo emang penting banget ya buat toko online. Bisa jadi ciri khas dan branding tersendiri. Apalagi kalau jualannya di Lazada, yang saingannya bejibun. Dengan bikin logo, toko online kita bisa lebih stand out deh.

    BalasHapus
  29. Wow..syarat sangat mudah banget ya sehingga Aku jadi tertarik nih untuk seller lazada.. Dgn begitu mangsa pasar penjualan lebih luas lagi dan cuan bertambah

    BalasHapus
  30. Jadi ingat waktu bikin toko online buat temen, jadi terinspirasi juga buat bikin. Apalagi bikin logo juga bisa dilakukan sendiri ya sekarnag ini.

    BalasHapus
  31. Aku pedagang online juga kah sebagai blogger hehehee. Blum ya kan ini pedagang di onlshop. Wah Lazada banyak membuka peluang ya buat kita. Mudahnya membuka olshop di lazada.

    Aku tim canva nih buat lgo

    BalasHapus
  32. setelah baca postingan ini, jadi terinspirasi deh... mau bikin toko online

    BalasHapus
  33. Aku belum pernah jualan di e-commerce, cuma di grup WhatsApp aja hehe. Pingin deh ngembangin jualan di lazada juga, bismillah bisa kuatkan niat

    BalasHapus
  34. lazada tuh minimum ongkirnya yang paling hemat yaa cuma 6.000 an aja, mayan banget, dan banyak promonya juga, ponakan aku bisa dapet promo hampir 100% masaaa hahhahah

    BalasHapus
  35. Paling awal dilihat adalah logonya, dan kalau menarik memang bakal diingat terus sehingga jadi peluang usahanya terus meningkat

    BalasHapus

Posting Komentar