ivacwicha-header

Rekomendasi Krim untuk Menghilangkan Bekas Luka Bakar di Wajah

Konten [Tampil]

Belum lama ini aku fokus menghilangkan bekas luka bakar di wajah anak ku. Luka bakar yang didapatinya karena tersiram air panas dalam gelas yang ditariknya dari meja makan. Ya begitulah pengalaman pahit yang harus aku alami bulan lalu.

Tak mau berlama-lama dalam kesedihan dan kekecewaan terhadap diri sendiri. Aku pun berusaha tegar untuk menghadapi proses penyembuhan luka bakar di seperenam tubuhnya. Sebelumnya sudah pernah aku tuliskan yaa mengenai penanganan anak tersiram air panas.

Jadi pada tulisan kali ini aku akan fokus membahas tentang krim atau salep untuk menghilangkan bekas luka bakar di wajah saja yaa. Namun tak hanya untuk luka di wajah saja, krim yang aku gunakan ke anak ku ini juga bisa digunakan untuk seluruh bagian kulit yang lain.

Sebenarnya ada beberapa krim yang bisa digunakan sebagai aftercare bekas luka bakar. Luka bakar yang dimaksud disini tidak hanya luka akibat terkena panas api atau air mendidih saja. Tetapi juga termasuk luka pada kulit akibat terkena bahan kimia, listrik, radiasi, dan juga paparan sinar matahari yang terlalu ekstrim.

Pengobatan dan penanganan luka bakar ini pun bisa berbeda tergantung dengan tingkatan keparahan luka yang dialami. Tingkat keparahan luka bakar tersebut ditentukan dari kedalaman luka pada kulit dan juga ukuran dari luka itu sendiri. 

Menurut dokter yang menangani anak ku di Rumah Sakit, jika luka bakar masih dalam grade satu hingga dua. Kemungkinan besar luka tersebut tidak akan meninggalkan bekas luka yang permanen. Terlebih untuk anak-anak, dimana kulitnya lebih elastis dan lebih lembap sehingga regenerasi kulitnya masih bagus.

Ok, tanpa berlama-lama lagi, ini dia beberapa krim yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar di wajah atau pun di bagian kulit lainnya. 

Obat untuk Menghilangkan Bekas Luka Bakar di Wajah

1. Mederma 

Produk ini memiliki beberapa jenis atau varian yang memang ditujukan untuk menghilangkan bekas luka bakar. Tidak hanya krim, Mederma Scar Gel juga bisa dijadikan pilihan. Selain itu, ada Mederma Intensive Overnight dan Mederma Scar Cream for Kids yang dikhususkan untuk anak-anak.
krim untuk menghilangkan bekas luka

Merk ini menjadi salep atau krim yang paling direkomendasikan karena banyak yang cocok dalam menyamarkan bekas luka di kulit. Meski harganya cukup menguras kantong, sekitar Rp 250.000 - Rp 300.000 untuk ukuran 20 ml. Tapi rasanya akan worth it jika kondisi kulit bisa kembali seperti semula. Apalagi produk ini juga sering diskon lho di Watsons.

2. Dermatix Ultra Gel

Pasti sudah tidak asing ya dengan merk satu ini? Yap, iklan produk ini memang sudah malang melintang di televisi dan berbagai media lainnya sejak cukup lama. Namun sayangnya, beberapa orang di sekitar ku memberi testimoni yang kurang terpuaskan dengan produk satu ini.
salep bekas luka bakar

Sesuai namanya, produk ini berupa gel yang mengandung Cyclic, polymeric siloxanes, vitamin C yang berkhasiat, yang diformulasikan untuk penanganan keloid, jaringan parut hipertrofi, luka traumatik dan luka bakar. Harga Dermatix Ultra Gel kemasan 5g sekitar Rp 140.000 dan bisa ditemukan di apotek atau toko obat lainnya.

3. Sodermix Cream

Produk berikutnya yang bisa dicoba untuk menghilangkan bekas luka bakar adalah Sodermix Cream. Dari segi harga, produk ini memang yang paling terjangkau. Kemasan 15gr dari Sodermix Cream ini harganya sekitar Rp 120.000. Namun, untuk kualitasnya sendiri aku belum menemukan honest review yang membuat aku ingin mencoba produk ini. 

Beberapa krim di atas merupakan krim penghilang bekas luka yang direkomendasikan oleh dokter spesialis bedah kulit yang menangani anak ku yaa. Selain itu ada juga rekomendasi krim lain hasil survei dari berbagai WAG parenting yang aku ikuti.

4. Nutrimoist Cream

Nutrimoist merupakan krim untuk menutrisi dan melembapkan kulit yang bisa mengatasi luka bakar, luka sayatan, bekas luka goresan, iritasi hingga ruam kulit  pada anak.  
Krim penghilang bekas luka bakar
Meski produk ini tidak dijual bebas di pasaran, namun retail dari brand ini cukup mudah untuk ditemukan. Selain itu, produk ini juga tersedia di beberapa apotek besar seperti Apotek K24. Harganya juga cukup affordable, untuk ukuran paling kecil yaitu 20 gr seharga Rp 185.000.

5. Bio Oil

Tak hanya untuk mencegah stretch marks, Bio Oil ini juga banyak yang mengklaim cukup ampuh untuk menyamarkan bekas luka di kulit. Sesuai namanya, produk ini berupa gel berbasis minyak yang mengandung PurCeillin Oil sehingga mudah meresap ke kulit. 

Produk ini juga sangat mudah ditemukan di berbagai apotek dan juga toko kesehatan seperti Watson atau pun Guardian. Bio Oil kemasan 25 ml dibanderol dengan harga mulai Rp 80.000 hingga Rp 100.000.

Silakan dicoba mana yang paling sesuai dengan budget dan kondisi bekas luka di kulit masing-masing yaa. Jika bekas luka yang didapati tidak terlalu besar, rasanya memilih produk yang mahal dan berkualitas rasanya akan sangat worth it dicoba. 

Tentunya yang terpenting bagaimana perawatan saat luka itu sendiri. Penanganan luka yang tepat akan meminimalisir bekas luka pada kulit sehingga luka tersebut tidak melebar karena efek garukan atau akibat lainnya. 


Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar