header the thought journal

Berita terkini Ustadz Abdul Somad seputar bulan Dzulhijjah

Konten [Tampil]

Sejak beberapa bulan yang lalu, banyak sekali fitnah yang ditujukan kepada ustadz ternama di negara kita ini. Berita terkini Ustadz Abdul Somad yang banyak beredar pun sungguh membuat hati umat muslim teriris. Bagaimana tidak? seorang ustadz yang selalu menyampaikan kebaikan dan kebenaran bisa diberitakan yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Berita terkini uas
Banyak sekali headline yang jauh dari isi tulisannya. Mulai dari isu Ustadz Abdul Somad terkena virus Covid-19, hingga muncul surat wasiat dari beliau. Hingga akhirnya, Selasa 13 Juli 2021 siang tadi munculah kejelasan mengenai berita yang telah simpang siur selama ini.


Mengenal lebih dalam dengan Ustadz Abdul Somad

Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.d, Datuk Seri Ulama Setia Negara atau yang lebih akrab dengan sebutan UAS.

Seorang pendakwah dan juga ulama Indonesia yang berasal dari Kepulauan Riau. Beliau lahir pada tanggal 18 Mei, 44 tahun yang lalu. Selama 10 tahun menjadi Dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, sejak tahun 2009.

Sejak sekolah di bangku dasar, Ustadz Abdul Somad dididik melalui sekolah yang berbasis Tahfiz Al-Quran. Kemudian beliau mendapat beasiswa melanjutkan studi S1 ke Mesir di Universitas Al-Azhar pada tahun 1998 hingga 2002.

Di tahun 2006, Ustadz Abdul Somad pun mengambil gelar D.E.S.A di Institut Darul Hadits Al-Hassaniyah, Maroko. Tak butuh waktu lama, dalam waktu hanya 11 bulan beliau bisa menyelesaikan studi S2. Lalu, belum lama ini UAS baru saja menyelesaikan studi S3 di Sudan dengan gelar Ph.D tepatnya di Universitas Islam Omdurman.

Belum berhenti disitu, sejak 2020 Ustadz Abdul Somad menjadi Profesor Tamu di Universitas Islam Sultan Sharif Ali, Brunei Darussalam. 

Masya Allah ya, tidak perlu diragukan lagi ilmu dan amalan beliau…

Memiliki darah Melayu dari ayah beliau, Ustadz Abdul Somad sering juga menjadi pengisi kajian di negeri Jiran. Beberapa kajiannya pun menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Hingga akhirnya UAS menjadi Ustadz yang terkenal hingga Ibu Kota.

Gaya penyampaian yang lugas dan juga disisipi sedikit candaan sopan, membuat ceramah dari UAS diminati dan dinanti banyak kalangan. Meski demikian, UAS pun tak luput dari terpaan para oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

Berita terkini Ustadz Abdul Somad yang Sebenarnya

Maraknya berita hoaks dan segala isu tidak benar sungguh membuat tidak sedikit pihak yang merasa sedih, panik dan juga marah. Di sisi lain pun, membuat kita harus lebih bijak dalam menyaring informasi sebelum menyebarluaskannya. 

Entah apa yang merasuki pikiran dan logika mereka. Sehingga dengan berani melakukan hal demikian, padahal “daging ulama itu beracun”. Perumpamaan yang sangat pas untuk seseorang yang berani menebar HOAX ke para Ustadz atau Ulama kita.

Alhamdulillah angin segar pun datang, ketika siang tadi Ustadz Abdul Somad memberikan konfirmasi dalam kanal Youtube dan Instagram milik beliau untuk menepis berita yang tidak benar itu.


 

Sebagaimana sifat para ulama, beliau tidak banyak berkomentar atau pun marah dan menyerang balik orang yang telah memfitnahnya tersebut. Hanya suatu konfirmasi tentang kondisi dan aktivitas terbarunya. Yang dilanjutkan dengan kajian singkat mengenai keutamaan 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah yang sedang kita lalui saat ini.

 

Penjelasan Ustadz Abdul Somad tentang Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Rasanya baru kemarin ya, lebaran ke-2 dalam suasana pandemi. Tau-tau Idul Adha pun sudah di depan mata saja. Bulan Dzulhijjah yang juga penuh arti bagi kita umat muslim. Dimana pada bulan ini kita bisa berpeluang mendapat pahala dari ibadah-ibadah yang telah Rasulullah ajarkan. 

Tapi di sisi lain, bulan ini pun bisa menjadi ujian. Di luar ujian pandemi yang belum juga berakhir, di bulan Dzuhijjah ini keikhlasan kita pun diuji. Dimana didalam rejeki yang Allah titipkan kepada kita, seberapa banyak yang akan dikeluarkan dalam ibadah kurban nanti.

Nah, mengenai amalan di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah ini, Ustadz Abdul Somad pun menjelaskan secara singkat tentang dua amalan penting menyambut Idul Adha.

Amalan utama Dzulhijjah

1. Melaksanakan puasa

Dalam amalan ini, ada perbedaan pendapat yang masih sering saja dipertanyakan. Namun, perbedaan ini tidak sekadar tanpa landasan.

Ada dua hadits yang menyebutkan dua hal yang sangat berlawanan. Padahal keduanya, merupakan hadits yang shahih yang diriwayatkan dari para istri Nabi.

  • Yang pertama, dari sayyidina Aisyah

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم لم يصم هذه الأيام 

“Bahwa Rasulullah, tidak berpuasa  awal Dzulhijjah.” (HR. Muslim)

  • Yang kedua, dari sayyidina Hafshah

Diriwayatkan An Nasai, dia berkata, “Rasulullah, biasa berpuasa tiga hari dan sepuluh hari, yaitu tiga hari dalam setiap bulan, yaitu 13, 14, 15, dan sepuluh hari,”

Yang dimaksud dengan sepuluh hari di sini adalah 10 hari pertama Dzulhijjah.

UAS menjelaskan bahwa terjadi ikhtilat dari amalan ini. Namun disimpulkan oleh beliau, bahwa jika ada dua hal kontradiktif yang demikian, maka yang lebih baik adalah yang diamalkan karena dalam kasus ini puasa hukumnya sunah. Jadi, yang ingin berpuasa selama sembilan hari penuh silakan dan yang tidak bisa mengamalkan pun tidak apa-apa.

Namun, UAS pun menegaskan untuk tanggal 9 Dzulhijjah diusahakan berpuasa. Yang bertepatan pada tanggal 19 Juli 2021. Jadi, jangan sampai ketinggalan pahala yang berlipat ganda di tanggal tersebut.

 

2. Berkurban

Setelah membahas ibadah puasa di tanggal 1-9 Dzulhijjah, UAS pun melanjutkan dengan amalan yang tidak kalah penting di tanggal 10 Dzulhijjah. Yaitu menyembelih hewan kurban bagi yang mampu.

Seperti yang sudah saya singgung di atas, bahwa bulan ini pun keikhlasan kita diuji dengan amalan berkurban. Dari banyaknya nikmat dan rejeki yang Allah titipkan, sebanyak apa yang kita keluarkan untuk berkurban di hari raya Idul Adha ini.

Dalam video 8 menit 30 detik tersebut, UAS menjelaskan tentang keutamaan dari berkurban adalah bisa menghapus dosa-dosa yang pernah kita lakukan.

Sebelum menetes darah hewan kurban yang disembelih ke tanah, dosa yang telah lalu diampuni oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Masya Allah ya, sayang sekali jika rejeki ada tapi tidak diamalkan. Yuks, mumpung masih ada beberapa hari sebelum Idul Adha langsung hunting hewan kurban. Sekarang sudah banyak lho hewan kurban yang bisa diproses secara online.


Selain dua amalan di atas, tentunya masih ada banyak ibadah lain di bulan Dzulhijjah yang bisa kita amalkan. Seperti memperbanyak dzikir, shalawat, kalimat thoyibbah dan shalat sunnah (khususnya shalat dhuha dan witir). 

Sayangnya dalam masa pandemi ini, warga Indonesia masih belum bisa menjalankan ibadah haji karena kondisi yang belum memungkinkan. Namun, tidak perlu berkecil hati..

Karena setiap amalan ibadah di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah ini lebih utama daripada jihad di jalan Allah. Selama yang berjihad bisa kembali dengan selamat. Yuks berdoa bersama-sama, semoga Allah mampukan kita untuk mengerjakan amalan-amalan di atas.

Selama menjalani masa PPKM darurat ini menjadi moment yang tepat untuk bermuhasabah dan mendekatkan diri kepada-Nya secara istiqomah. Dengan adanya hoaks berita terkini Ustadz Abdul Somad ini pun kita bisa belajar, untuk menghadapi permasalahan dengan tenang dan tidak gegabah. Kita pun tidak perlu terpancing emosi dan tetap fokus menebar kebaikan saja.

Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

14 komentar

  1. Ikut sedih ya kalo denger berita para ustadz sampai di fitnah dan banyaknya berita hoax di media..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget Mbak, pdahal udah uu ite tpi ga byk yg berubah

      Hapus
  2. Kenapa sih ya harus ada berita2 hoax. Heran sekali :( semoga kita termasuk golongan yg bijak menggunakan sosmed dan lainnya ya. Huhuhu. Sehat2 buat ustadz juga dan semoga kita semua terhindar dari fitnah.

    Rapi bgt mba iva artikelnya ;) cakeup...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, makasih ya mba widya udah berkenan berkunjung

      Hapus
  3. Padahal sudah sedih banyak ustadz berpulang..sempet kaget juga dengernya...alhamdulillah masih rejeki kita ustadz sehat. Trimakasih pengingat keutamaan 10 hari pertama bulan dzulhijjah nya mba..sering terlupakan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, smoga sehat2 utk para Ustadz dan ulama kita yaa

      Hapus
  4. Iya loh mbak kemarin liat headline kalau UAS sakit parah. Duh orang2 sekarang kl bikin judul suka banget klik bait ya.

    BalasHapus
  5. Baru tau jelas nie tentang biografi UAS, ku suka gaya penyampaiannya ga bikin garing pokoknya. Berapa x lihat UAS datang ke Batam, emang low profil banget Ustadz satu ini. Semoga gurunda UAS selalu dalam lindungan Allah SWT

    BalasHapus
  6. ustdz abdul somad ini memang cukup fenomenal sih . Selain termasuk ustdzah yg blak blakan dg sindirannya yg lucu tapi hateesnya juga banyak.

    Layak jika berita terkini ttg beliau trending ya. Apalgi sejak beliau menikah lagi

    BalasHapus
  7. Masya Allah, baru tau ternyata UAS termasuk cendikiawan ya. Ternyata udah sekolah sampai S3. Tapi beliau tampak sederhana dan gak angkuh karena ilmunya. Juga tetap santun meskipun disudutkan banyak pihak.

    Keren artikelnya Mba ICW. Lengkap informasi ibadah di bulan Dzulhijjah :D

    BalasHapus
  8. iya belakangan banyak banget berita hoax tentang ustadz, miris banget yaaa 💔 jazakillah infonya ya mbak iva

    BalasHapus
  9. Makin kesini hoaks memang makin menggila ya mba. Sampai sulit untuk mengetahui kebenarannya. Semua orang yg dirasa menjadi lawan, siap-siap diterpa hoaks bertubi-tubi

    BalasHapus
  10. Itulah enapa kita harus betul-betul cek kebenaran berita yang diterima ya. Salah dikit malah dapat berita Hoaks. Semoga ustadz Qbdul Somad sehat selalu.

    BalasHapus
  11. Kaget juga pas baca beritanya ternyata hoax
    Kadang teknologi berkembang banyak yang sia2in ya mba

    BalasHapus

Posting Komentar