header blog ivacwicha

5 Kegiatan untuk Menghilangkan Rasa Jenuh di Rumah

Konten [Tampil]

5 Kegiatan untuk Menghilangkan Rasa Jenuh di Rumah ini wajib dicoba agar stress segera menjauh dari diri kita. Kok bisa? Yups, menurut para peneliti rasa bosan yang dibiarkan berlarut-larut berdampak negatif bagi kesehatan kita, baik fisik maupun psikologis. Pasti kita mau kan sehat jiwa raga dalam menjalani hari-hari kita. Yuks, simak sampai akhir bagaimana cara agar rasa jenuh di rumah bisa segera diatasi.
 
menghilangkan rasa jenuh dirumah

Sebagai Ibu Rumah Tangga yang 24 jam selama 7 hari berkecimpung di dalam rumah, pasti terkadang merasa jenuh dan bosan. Kompor dan cucian silih berganti menyapa kita di rumah. Sayangnya pekerjaan sebagai Ibu Rumah Tangga ini masih dipandang sebelah mata saja. Seringkali profesi ini disandingkan dengan kata “cuma atau hanya” yang secara tidak langsung mengartikan bahwa profesi ini bukanlah hal yang penting.

Sedih rasanya ketika pekerjaan yang mulia ini terkadang kurang dianggap. Padahal banyak aktivitas yang dihasilkan para Ibu Rumah Tangga saat berada di rumah. Alhasil mereka yang belum menyadari peran nikmat ini mudah sekali merasa jenuh, bosan dan kebingungan karena sehari-hari hanya di rumah saja. Rasa bosan dan jenuh yang dibiarkan begitu saja, lama kelamaan bisa menjadi stres atau bahkan depresi lho.

Ga kebayang deh gimana kondisi sebuah keluarga yang mana pemegang kendali rumah tersebut justru mengalami stress di rumah.

Dampak Merasa Jenuh atau Bosan di Rumah

Jenuh atau rasa bosan yang dirasakan akibat melakukan rutinitas yang sama setiap harinya memanglah hal yang wajar dan bisa dialami oleh siapa saja. Tapi perlu diingat, rasa bosan atau jenuh ini juga bisa berakibat fatal jika dibiarkan saja. Apa saja sih dampak negatif dari kejenuhan atau kebosanan yang dialami seseorang secara berkepanjangan?

  • Cemas yang berlebihan
  • Mudah marah dan emosi
  • Hilang semangat dan demotivasi
  • Cenderung melakukan sesuatu yang beresiko
  • Stres atau depresi

Melihat deretan akibat di atas cukup berbahaya dan membuat kondisi keluarga jadi mencekam ya? Maka dari itu, yuks segera atasi kejenuhan dengan cara yang bijak. Daripada mencari pelampiasan yang tidak tepat, lebih baik kita melakukan aktivitas lain yang sesuai dengan minat atau hobi kita. Dengan begitu tidak ada lagi kejenuhan yang berkepanjangan dan di rumah pun akan menjadi lebih menyenangkan.

5 Kegiatan untuk Menghilangkan Rasa Jenuh di Rumah

Setelah menghadapi rutinitas harian yang melelahkan, cobalah untuk melakukan beberapa aktifitas baru di luar rutinitas harian kita. Lakukan sesuatu yang sesuai dengan hobi atau passion kita. 
Berikut 5 ide kegiatan yang bisa menjadi penghilang rasa bosan ketika di rumah saja.

1. Reading

Membaca adalah salah satu aktivitas ringan tapi mempunyai segudang manfaat dan juga kelebihan. Selain menambah pengetahuan dan juga kosakata kita, membaca juga mampu menstimulasi otak dan mental kita lho. Kegiatan membaca mampu membantu menekan perkembangan hormon stress dan juga sebagai relaksasi yang membuat kita lebih nyaman. Tentunya sesuaikan dan pertimbangkan pilihan buku yang akan kita baca. Pilihlah buku yang tepat saat ingin menghilangkan rasa jenuh atau bosan.

2. Journaling

Akhir-akhir ini banyak sekali ide-ide journaling yang muncul di media sosial ya. Selain bikin gemas bin unyu, ternyata kegiatan journaling punya banyak manfaat bagi kesehatan juga. Dengan membuat bullet journal kita bisa sekaligus merencanakan kegiatan harian dengan lebih menyenangkan. Contohnya nih kita bisa membuat meal plan selama sepekan ke depan atau membuat daftar belanja bulanan. Jadi setelah kita menyelesaikan apa yang kita tulis dalam journal, kita bisa checklist ☑ dan itu akan membuat kita lebih bersemangat menjalani kegiatan di hari berikutnya.

3. Knitting

Merasa kurang ahli dalam corat coret atau membuat journaling? Mungkin kegiatan merajut bisa dijadikan alternatif yang bisa membuat rasa jenuh ataupun cemas bisa mereda. Merajut merupakan salah satu aktifitas repetitif yang mampu memberikan manfaat seperti kita sedang berlatih peranapasan saat meditasi. Cukup duduk tenang dan mengikuti pola sederhana secara berulang-ulang, merajut menjadi suatu kegiatan yang santai dan menyenangkan. Manfaat kecanggihan teknologi untuk memulai suatu hal yang baru. Banyak sekali tutorial yang jelas dan terperinci yang sangat membantu kita untuk memulai merajut.

4. Gardening

Kegiatan berkebun juga diyakini bisa mengusir rasa jenuh maupun stress. Sudah banyak penelitian medis yang menyatakan bahwa berkebun mampu membuat perasaan menjadi lebih nyaman dan juga bermanfaat bagi kesehatan fisik kita. Bayangkan di rumah kita tumbuh tanaman hijau atau warna-warni bunga yang bermekaran, pasti membuta kita lebih nyaman dan rileks ketika di rumah. Tidak perlu lahan yang besar dan luas untuk berkebun, dengan lahan sempit pun kita bisa merawat tanaman.

5. Gaming

Kegiatan ini bisa dibilang yang paling mudah dilakukan karena tidak membutuhkan tenaga banyak. Sangat pas di kala lelah melanda tapi bisa juga menjadi kegiatan yang bisa mengasah otak kita. Maklum ya, fulltime Moms tuh paling jago kalau masalah multi tasking. Padahal suatu riset menyatakan bahwa multi tasking berpengaruh buruk terhadap kemampuan fokus seseorang.

Jadi untuk melatih otak kita agar bisa kembali fokus nih, bermain game online menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan lho. Tapi main game apa ya? Males banget kalau musti install dulu di gawai kita. Tau sendiri memori udah full dengan foto anak-anak yang lucu dan menggemaskan..

Tenang, semua ada solusinya! Main game online tanpa harus install dan bikin penuh gadget juga bisa kok. Coba deh mampir ke solitaire.org yang menyediakan berbagai permainan yang mampu mengasah otak. Sesuai alamat situsnya, di halaman beranda akan langsung ditampilkan permainan kartu klasik yang dulu selalu tersedia di PC jadul kita. Yups, permainan Solitaire ini memang banyak sekali peminatnya ya. Pantas saja masih banyak dimainkan sampai saat ini. Jadi inget dulu pas sekolah suka mainin di kala bebas dari PR dan tugas. 

Meski berjudul Solitaire.org, game online di website ini sangat bervariatif. Terdapat banyak kategori yang bisa kita pilih sesuai dengan kesukaan kita. Di setiap permainan sudah lengkap dengan instruksi cara main bahkan history dari game tersebut. Jadi ga akan buang waktu banyak untuk mengulik terlebih dahulu. Bisa banget buat mengusir bosan dan jenuh yang melanda, tanpa ribet dan bisa bikin refreshing pikiran kita.

Nah, kalau aku pribadi nih suka main game yang ga banyak memeras otak tapi tetap butuh ketelitian dan taktik saat memainkannya. Seperti dua permainan seru ini nih.

Candy House

Permainan ini ada di kategori Match 3 Games, dimana Candy House ini menjadi favoritku diantara enam permainan lain yang juga ada dalam kategori ini. Ga banyak menguras pikiran tapi sangat butuh ketelitian kita. Kita harus memindahkan atau menukar permen agar bisa membentuk deretan tiga atau lebih permen dengan warna yang sama. Baik dalam vertikal maupun horisontal. Terlihat mudah ya, tapi kita harus teliti saat memainkannya. Karena dalam setiap level diberi waktu lima menit dengan target tertentu untuk bisa lanjut ke level berikutnya.
game candy house
Awalnya memang mudah untuk menyelesaikan level pertama, hanya butuh waktu kurang dari dua menit saja. Tapi semakin tinggi level yang dimainkan, tantangan pun semakin sulit karena ada beberapa permen yang dikunci sehingga butuh dipecahkan beberapa kali. Siap-siap pasang alarm ya saat main game satu ini, karena bisa-bisa kebablasan karena terlalu asyik bermain. 

Daily 15 Up

Permainan ke dua yang aku suka adalah Daily 15 Up Game yang benar-benar bisa mengasah otak. Game dalam kategori Logic Puzzle Games ini menantang kemampuan menghitung kita dengan cepat dan bijak. Meski awalnya membuat kita sedikit berpikir, lama kelamaan otak kita akan lebih mampu diajak berpikir cepat untuk mencari jumlah angka yang disajikan agar berjumalh 15. 
game ddaily 15 up
Awalnya nih, aku menghabiskan waktu empat menit lebih untuk bisa memenangkan babak pertama. Tapi setelah beberapa kali mencoba, hanya butuh waktu kurang dari dua menit untuk bisa menang di level-level berikutnya. Suatu pencapaian yang luar biasa buatku yang udah jarang hitung menghitung lagi, hihihihi.

Asyiknya bermain dalam Solitaire.org kita ga perlu khawatir dan merasa terganggu akan adanya iklan yang bertebaran. Selain itu, website ini bisa diakses melalui PC ataupun gawai tanpa perlu instal terlebih dahulu. Sangat praktis dan nyaman untuk dimainkan, yang terpenting kita harus ingat waktu saat bermain disini yaa..

Semoga beberapa ide kegiatan diatas bisa membantu untuk menghilangkan rasa jenuh di rumah ya. Jangan lupa juga untuk selalu menikmati dan mensyukuri peran dan tugas kita, apapun itu. Karena dengan bersyukur semua akan lebih nikmat dan tak terasa berat. :)




Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

28 komentar

  1. Wah makasih tipsnya mbaak..
    Aku ga bisa knitting mbak..wkwk
    Dan skrg ga pernah nge game takut diliat anak plus memori hp yg sudah full dg video mereka..wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba baking Mba, lumayan jdi cemilan buat anak2

      Hapus
  2. ah, ngegame adalah salah satu penngusir bosan selain nonton film atau streaming yutup. tapi, selama ikut kelas blogspedia, sekarang lebih mikir nulis artikel mb. masyaAllah alhamdulillah jd bisa memanfaatkan waktu..

    BalasHapus
  3. Kalau aku jelas gardening.... Rumah sampe kayak hutan...

    BalasHapus
  4. Wah reading dan gaming aku suka. Sekarang banyak ya pilihan gaming online yang bisa jadi pilihan mengusir ras bosan ya mb

    BalasHapus
  5. huhuhuuuu... aku juga lagi nyoba nih game di solitaire ini duh aku sampai malem maininnya ketantangan terus sih buat naik level heheh

    jadi merasa reminder dengan kata " ingat waktu"
    jenuh sering kali mampirya apalagi aktivitas ibu rumah tangga monoton eh gtu gak sih. aku pernah merasa gini. ide 5 aktivitasnya bisa nih dipraktikin ntar

    BalasHapus
  6. Aku sekali kalinya main game itu Green Farm, asik rasanya bisa panen apel, panen telur, jualan hasil panen. Jadi pengen punya farm beneran di dunia nyata. Tapi mainnya udah dulu banget. Sekarang mainnya guling gulingan sama bocil aja, hehe

    BalasHapus
  7. wah, rekomendasi baru nih. Ada situs game yang tanpa install app.nya. ada pilihan levelnya juga ya mbak, jadi bisa dimainkan disaat bad mood sekalipun

    BalasHapus
  8. Kadang-kadang masih kepingin nge game, tapi kok lebih enak tidur ya kalau punya waktu luang...heheheh

    BalasHapus
  9. Saya juga suka main game di solitaire.org. Biasanya saya main Zuma Ball

    BalasHapus
  10. aku rindu knitting mbaa.... hihi
    meluncur ke webnya mau mainan juga

    BalasHapus
  11. emang kadang butuh kegiatan yang bersifat pengalih rasa jenuh ya mbak. Buatku emang membaca sama main game ini yang asyik, hehe

    BalasHapus
  12. Wah aku dah coba solitaire mbak. Lumayan bisa yg classic tp tiba2 stuck wkwk. Yg game rekomendasi di atas malah belom. Baru coba pacman, tetra block sama zuma wkwk. Mau coba rekomen di atas ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah coba yg mahjong hahhahaa mulai dri yg sederhana sampai yg triple hwkakakka

      Hapus
  13. Merajut belum pernah kucoba sih mbak. Meski aku penasaran banget gimana caranya. Setelah ini aku bakal nyari tutorialnya deh.. Tapi setelah main solitaire yak wkwk

    BalasHapus
  14. Wah iya benar. Kelamaan di rumah bisa bikin stres dan uring-uringan makanya harus mencari cara menyikapi dan menyiasatinya. Main game oke juga tuh, asalkan jangan sampai kebablasan :)

    BalasHapus
  15. Suka dengan ide gardeningnya, bisa buat healing juga. Btw pesan terakhirnya nampol banget. Bener juga ya, kalau kita bisa menikmati peran apapun saat ini, insya Allah bakal mudah bersyukur.

    BalasHapus
  16. Dulu aku bisa knitting lho,, tapi sekarang udah lupa karna gak dilatih lagi.. huhuu,, dimana ya bisa belajar knitting secara free :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dlu pas hamil anak pertama rajin knitting Mba, cuma modal nonton tutor di Youtube aja bsa kok

      Hapus
  17. Saya pun saat ini kebanyakan di rumah. Bukan hanya karena pandemi tapi juga usaha dilakukan di rumah. Habis usaha kecil sih ya. Jadi saya juga cari cara agar tidak terlalu bosan. Walau sekarang belum pernah main game, tapi baca buku dan jurnaling yang sudah. Memang lumayan banget untuk perintang hari dan membunuh rasa bosan

    BalasHapus
  18. 3 sama 4 aku angkat tangan, wkwk. Si bapak malah yang suka gardening... meski kadang jadinya malah berantakan. Bikin aku pengen meratakan saja, karena nggak enak dilihat :D :D

    Nah, kalau gaming masih mayan lah. Ini situs game baru lagi ya? Wah, seru.. cobain aah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Situsnya dah lama coach, tpi beda dgn plays.org

      Hapus
  19. Yap, salah satu caraku menghilangkan rasa jenuh adalah membaca. Kalau main game sih masih coba-coba, tetapi takut juga kalau malah keasyikan main eh lupa kerjaan, wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus pasang alarm sih emang, klo fulltime mom udah ada alarm alami rengekan bocah soalnya, heheheh

      Hapus
  20. Kalau aku biasanya kalo bosan di rumah ya nonton youtube sih, karena memang gak suka main game.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton apa itu di Youtube Pak, saya takut kebablasan klo youtube..

      Hapus
  21. Benar, kalau bosan tuh malah senewen sendiri yaa...
    Kudu banget memanfaatkan waktu dengan hal-hal yang kita senangi. Salah satunya bermain asik di web tanpa instal aplikasi kaya solitair.org

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya me time sejenak biar bosannya pergi dlu, abis itu makin smangat jadinya

      Hapus

Posting Komentar