header the thought journal

5 Games Edukasi sebagai Media Belajar Anak

Konten [Tampil]

Bermain games edukasi sebagai media belajar anak menjadi langkah mudah untuk mengenalkan ke anak tentang kecanggihan teknologi saat ini. Hidup di era digital memaksa kita untuk hidup berdampingan dengan gawai dan internet setiap harinya. Sebagai orang tua, ini menjadi tantangan tersendiri untuk mendidik anak. 

Memang di satu sisi ada banyak hal positif dan juga kemudahan yang didapat dari perkembangan digital yang makin canggih ini. Namun, di sisi lain juga menjadi “PR” yang berat untuk bisa menjaga anak dari paparan yang tidak baik. Oleh karena itu, sebagai orang tua milenial wajib terus update informasi dan pintar-pintar dalam memanfaatkan kemudahan digital saat ini. 
Kemajuan Tekhnologi

Tak bisa dipungkiri, gawai dan juga internet pun menjadi kebutuhan yang tidak bisa dielakkan lagi. Pasti setiap harinya si Kecil melihat kita seringkali menggenggam gawai kita ini kan? Dalam hatinya pasti penasaran dan ingin juga menggunakannya. Daripada sekadar memberi tontonan Youtube yang terkadang masih ada terselip iklan yang kurang pas. Lebih baik kita manfaatkan gawai ini sebagai media belajar si Kecil. 

Hmmm, gimana caranya tuh? Biar ga repot dan praktis, ajak bermain games edukatif yang seru dan juga interaktif aja Moms. Dijamin anak ga akan nolak deh!

Biasanya nih Moms, aku selalu menyiapkan mainan DIY bersama si Kecil dengan bahan dan alat sederhana yang ada di rumah. Tapi bagi sebagian Moms lain (terutama working Moms) ada yang merasa ribet dan ga ada waktu untuk membuat DIY mainan sendiri. Nah, jangan sedih ya Moms.. karena Moms bisa memanfaatkan gawai atau laptop di rumah untuk media belajar anak lhoo.

Belum lama ini, aku menemukan suatu website yang bisa banget buat media belajar si Kecil. Bisa banget buat solusi saat anak ingin menjajal gawai yang sering kita genggam. Meski game online, saat bermain di platform ini ternyata tanpa gangguan iklan yang menggangu. Pasti kita ga pengen kan saat asyik main bersama anak eh tau-tau ada iklan dengan gambar yang ga layak dilihat anak.

Jadi bermain game online ini lebih aman sekaligus bisa mengajarkan hal baru ke anak dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, anak jadi terpenuhi keingintahuannya untuk mengoperasikan gawai atau laptop di rumah. Seperti sudah dibahas di awal tadi, bahwa pemberian screen time ini punya 2 sisi yang berbeda. Maka kita pun harus bijak dan memberikan rules saat anak screen time.

Yang paling penting dan utama, screen time diberikan ke anak setelah anak berusia 2 tahun lebih ya Moms. Setelah 2 tahun pun pemberian screen time harus dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

DO'S N DON'TS PEMBERIAN SCREEN TIME KE ANAK

pemberian screentime ke anak

Screen time bukanlah hal yang wajib

Setelah anak berusia 2 tahun pun, tidak seharusnya bebeas diberikan screen time. Screen time digunakan sebagai senjata pamungkas saat kita sudah benar-benar membutuhkan bantuan untuk mengajarkan si Kecil hal yang baru. Jadi, jika anak memang belum tertarik, ga perlu disodori atau diiming-iming ya Moms. Tapi jika memang butuh media belajar yang praktis, penggunaan gawai atau laptop bisa dijadikan alat bantu yang efektif dan efisien.

Sepakati rules saat screen time dengan anak

Sebelum memberi screen time sounding terlebih dahulu anak jika screen time ini ada aturannya. Maksimal waktu screen time hanya 30 menit per hari. Selain masalah waktu, tontonan screen time juga harus dipilihkan oleh Moms ya. 
Hindari tontonan Youtube, karena selalu memunculkan rekomendasi tontonan yang membuat anak menjadi addict. Selain itu, terkadang di Youtube masih terselip iklan meskipun sudah menggunakan Youtube Kids. Kecuali Moms sudah berlangganan Youtube premium dan berikan tontonan yang bisa memberikan wawasan ke anak.

Dampingi anak saat screen time

Penting dan selalu diingat, karena screen time ini hanya interaksi satu arah yang bisa membuat anak adiktif. Maka Moms harus selalu mendampingi anak saat screen time. Ajak anak komunikasi dan jelaskan tentang apa-apa yang sedang anak lihat. Jadi anak tidak fokus pada layar saja, tapi anak juga bisa diajarkan hal baru dari apa yang sedang dilihatnya pada gawai atau laptop yang kita berikan.

Komit dan tegas saat waktu screen time telah habis

Komitmen dan kekonsistenan kita sangat diperlukan dalam pemberian screen time ke anak. Jangan sampai kita yang memberi tapi kita juga yang terlena karena merasa anak jadi anteng karena screen time. Komit dengan waktu screen time yang telah disepakati, tidak boleh ada perpanjangan atau kelonggaran sekali pun. Meskipun anak menangis atau tantrum karena screen time selesai, kita harus tetap tegas dan memberi alternatif lain ke anak.

Imbangi dengan memberikan aktifitas lain yang lebih menyenangkan

Screen time itu sungguh benar-benar mengasyikan karena dengan diam duduk manis saja anak sudah disuguhi berbagai tampilan yang mengagumkan. Pantas saja kalau anak suka menangis karena waktu screen time berakhir. Jadi, kita sebagai orang tua juga harus bisa memberikan perhatian khusus dengan mengajak anak beraktivitas lain yang lebih menyenangkan dari apa yang anak lihat saat screen time

Misal nih, kita kasih screen time anak untuk menonton tentang tata surya dan ruang angkasa. Nah setelah waktu screen time habis, kita bisa ajak anak untuk bereksperimen tentang urutan planet. Dengan DIY (Do It Yourself) bentuk planet dengan bahan playdough dengan warna dan ukuran yang berbeda-beda menyerupai aslinya. 

Memberikan screen time ini  juga bisa kita jadikan sebagai reward ke anak juga lho Moms. Apalagi buat anak yang punya bahasa cinta quality time dan receiving give pasti akan senang sekali jika mendapat reward ini.

Insya Allah, jika kita komitmen dengan rules di atas maka anak tidak akan kecanduan gadget. Kalau Moms bingung nih mau ngasih tontonan apa saat anak ingin screen time. Nih aku kasih beberapa rekomendasi permainan online yang bisa banget buat media belajar si Kecil di rumah.

5 REKOMENDASI GAMES EDUKASI SEBAGAI MEDIA BELAJAR ANAK

Udah tau belum nih Moms, kalau ada satu platform khusus yang menyediakan berbagai games secara online tanpa perlu install aplikasi di gawai. Situs online ini bisa diakses langsung melalui browser dengan sangat ringan tanpa banyak iklan atau distraksi lainnya. Moms bisa langsung mampir ke plays.org untuk bisa mencoba berbagai permainan yang seru dan interaktif.
 
games edukasi sebagai media belajar anak
Kalau merasa kurang nyaman bermain bersama si Kecil menggunakan gawai, Moms bisa juga kok akses lewat PC atau laptop. Jadi bisa disesuaikan dengan kenyamanan Moms dan si Kecil ya..

And this is it, 5 rekomendasi games online gratis dari plays.org yang bisa banget buat media belajar untuk anak yang menyenangkan.

1. Alphabet Bubble Letter Match

games alphabet bubble

Ini permainan yang cocok untuk mengajarkan Bahasa Inggris untuk anak usia dini. Dalam permainan ini kita harus memecahkan gelembung (bubble) tepat di atas peti yang bertuliskan kata atau frase English yang berawalan huruf abjad yang sesuai. Setelah semua bubble masuk ke peti yang sesuai, setiap kata yang tertulis di peti tersebut akan disebutkan secara nyaring dan interaktif. Jadi bisa sekalian ngajarin anak listening kan Moms.

2. Number Writing

games number writing

Permainan ini bisa banget untuk melatih kemampuan menulis anak. Anak bisa belajar menulis angka dengan jari Kecilnya di layar gawai kita dengan bantuan tanda panah. Selain itu, anak bisa kita ajak berhitung jumlah hewan laut yang sesuai dengan angka yang ditulis anak. Dengan menggunakan latar bawah laut membuat permainan ini semakin menarik bagi si Kecil. Permainan ini lebih cocok diakses dengan gadget atau tablet ya Moms, karena kurang dapat sensorinya jika diaplikasikan menggunakan mouse laptop atau PC.

3. Dinosaur Train All Star Sorting

games sorting

Permainan ini membantu memperkenalkan anak-anak pada konsep ukuran atau pun skala. Anak diminta untuk menempatkan gambar dino ke rumahnya dengan ukuran yang sesuai. Selain itu kita juga bisa meminta anak untuk memainkannya secara berurutan dari dino terkecil ke terbesar ataupun sebaliknya.

4. 3D Tangram Puzzles

games 3D tangram
Bermain matematika sekaligus mengembangkan kognitif anak. Dengan menyusun bentuk-bentuk geometri menjadi gambar berbagai bentuk binatang atau bangun ruang lainnya. Dari bentuk segitiga, persegi, persegi panjang, dan jajar genjang yang bisa diputar arahnya agar bisa sesuai dengan bentuk gambar yang disediakan. Ketelitian diperlukan dalam permainan ini, karena kalau sudah salah meletakkan potongan puzzlenya, ga bisa dipindah-pindah lagi.

5. Dino Math Lines Addition

games math line

Permainan ini sejenis Zuma dengan menggunakan telur dino sebagai ball ya. Kemampuan berhitung anak dilatih dalam permainan ini. Dimana untuk menembakan telur Dino ini kita harus berhitung terlebih dahulu. Jadi, telur harus ditembakan ke arah 2 telur yang punya jumlah angka yang sesuai agar bisa pecah dan tidak segera mencapai lubang.

Sebenernya masih ada banyak banget permainan lain yang kalah seru di plays.org ini. Moms bisa lebih mudah memilih, karena permainan-permainan dalam plays.org ini dipisahkan dalam berbagai kategori. Jadi Moms bisa sesuaikan dengan kebutuhan atau kemampuan anak masing-masing yaa. Seperti bermain alat musik, melatih ketangkasan tangan, dan lain sebagainya.

Ga perlu khawatir bingung memainkannya ya Moms, karena pada website ini sudah lengkap beserta penjelasan, instruksi atau cara bermain, dan juga rating dari setiap permainan yang ada. Jadi, ga perlu galau lagi ya Moms saat anak minta screen time. Ikuti do's n don'ts pemberian screen time, lalu Moms bisa berikan games edukasi sebagai media belajar anak yang seru dan menyenangkan.


Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com
Terbaru Lebih lama

Related Posts

14 komentar

  1. Sepakat bahwa teknologi bisa digunakan untuk diedukasi...
    Tapi, balik lagi ke orang tuanya,, krn tidak sedikit org tua yang memberikan gadget tanpa rule,, akhirnya jadi adiksi ...

    Mau dicoba ah game nya ,, buat menghilangkan lelah ..ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia Pak, krna anak kan ngikutin orang tuanya ya, jdi harus pake rules dan komit plus konsisten

      Hapus
  2. Duh, lembut banget sih soft sellingnya... Setuju kalau orang tua harus aware akan bahaya adiksi gawai.

    BalasHapus
  3. Banyak permainan edukasi di plays dot org ya mom ! Aku juga sering ngajak anakku ngulik permainan di situs ini.

    BalasHapus
  4. Banyak ya mom gamesnya :D, ini mah nanti yang main malah saya :D ekeke

    BalasHapus
  5. Wah, infonya bermanfaat banget nih mba.. Permainannya seru cocok untuk semua umur ya.. Tapi tetap harus ikuti Do' and Dont's nya :D setuju bangettt..

    BalasHapus
  6. Wah oke mbak aku juga tim ortu yg gak strik sama anak main gawai. Tapi juga gak losss sebab bagaimanapun mereka hidup berdampingan sama teknologi ini. Nah, aku sendiri lebih suka game edukatif sama anak wah menarik ini rekomendasinya mbak. Anak2 suka dg do dont's nya ya

    BalasHapus
  7. Wah, games-gamesnya menarik nih, cocok untuk belajar semua ya. Memang materi gamenya utnuk edukasi ya mb?

    BalasHapus
  8. Mama masa kini harus kreatif agar bisa mensikapi kemajuan tekhnologi dengan bijaksana. Apalagi di masa belajar daring selama pandemi, lengah sedikit gadget malah digunakan untuk main. Oleh sebab itulah memilihkan games edukatif lebih baik, daripada anak curi-curi memainkan games yang tidak sesuai

    BalasHapus
  9. Yeay.. Jadi punya rekomendasi game buat adeku, makasih ya mba..

    BalasHapus
  10. Jadi semakin bertambah referensi permain games nih mbak iva, perlu di coba sama anak2 nih

    BalasHapus
  11. Mba iva nemu aja sih game2 edukatifnya. Jadi pingin main. Kalau game yg mengandung unsur edukasi aku sih bolehin anak main. Ttp hrs ada waktunya juga ;) besok dicobaaaa makasih mba

    BalasHapus
  12. wah ponakan ku screen time nya bisa lama banget, harus dialihkan ke kegiatan lain seperti main di outdoor

    BalasHapus
  13. Plays.org ini banyak mainan yang seru ya. Edukatif juga. Nyobain main-main ke sana ah hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar