ivacwicha-header

7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Konten [Tampil]

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui berikut wajib Moms coba agar rambut tidak semakin tipis, bahkan mengalami kebotakan. Rambut rontok memanglah wajar dialami oleh para ibu menyusui. Sangat berkebalikan dengan saat mengandung, dimana rambut terlihat sehat dan berkilau.

Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon, dimana setelah melahirkan hormon estrogen dan progesteron menurun drastis. Selain itu, efek kelelahan dan stres saat mengurus bayi yang baru saja lahir juga bisa menjadi penyumbang rontoknya rambut para ibu menyusui.

Meski hal yang wajar dan normal, bukan berarti rambut rontok dibiarkan begitu saja ya Moms. Jika dibiarkan terus menerus bisa jadi kepala mengalami kebotakan yang tentunya akan mengganggu penampilan kita di depan suami.

Oleh karena itu, perlu dilakukan berbagai usaha dan upaya agar rambut yang rontok tidak semakin banyak. Nah, Moms bisa nih ikuti beberapa langkah atau cara untuk mengatasi rambut rontok saat masa menyusui ini.

Tips mengatasi rambut rontok untuk ibu menyusui

7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

1. Konsumsi makanan bergizi dan berprotein tinggi

Kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh faktor makanan yang masuk ke tubuh. Mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti ikan, telur, dan daging bisa membantu menjaga kesehatan rambut. Selain itu, kandungan Vitamin C, magnesium, dan zat besi juga sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga rambut tetap sehat. Jadi, Moms juga perlu atur pola makan dengan gizi seimbang dengan juga konsumsi sayur dan buah-buahan.

2. Cuci rambut secara berkala

Selain nutrisi dari dalam, menjaga kebersihan rambut juga perlu diperhatikan. Meskipun menjadi busui membuat waktu mengurus diri menjadi berkurang, usahakan untuk tetap menjaga kebersihan rambut dengan rutin mencuci rambut minimal dua hari sekali. Kotoran dan minyak berlebih membuat rambut menjadi lebih mudah rontok.

Namun, jangan terlalu sering keramas setiap hari juga ya Moms. Karena penggunaan shampoo setiap hari juga bisa menyebabkan rambut kering karena kadar minyak dalam rambut semakin berkurang. 

3. Menyisir rambut secara rutin dengan jenis sisir yang tepat

Salah satu penyebab rambut lebih rontok adalah karena kusut. Usahakan untuk menyisir rambut setelah mandi dan sebelum tidur. Hal ini akan membuat rambut menjadi lebih mudah disisir, sehingga tidak butuh tenaga ekstra yang membuat rambut terlepas dari akarnya.

Pilihlah jenis sisir yang sesuai dengan jenis rambut untuk meminimalisir jumlah rambut yang rontok. Gunakan sisir dengan gigi yang renggang agar rambut lebih mudah disisir.

4. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Hhhmmm, ini yang gampang-gampang susah ya Moms. Sebagai Fulltime Moms dengan berbagai peran, pasti kita ingin tampil praktis dan ga ribet dengan selalu menguncir rambut kita saat di rumah. Nah biar rambut ga mudah rontok semakin parah, jangan menguncir rambut terlalu kencang ya Moms. 

Mengikat rambut terlalu kencang bisa membuat rambut semakin tertarik dari akarnya. Jadi saat kuncir rambut dilepas, akan semakin banyak rambut yang rontok. Biar ga gampang gerah dan rapi tanpa harus menguncir rambut kencang-kencang, Moms bisa coba ikuti cara berikutnya ini.
Cara mengobati rambut rontok

5. Potong rambut jika sudah terlalu panjang

Rambut yang terlalu panjang akan memperberat kerja akar rambut lho. Kekuatan akar rambut pun jadi semakin berkurang mengikuti panjang rambut kita. Jadi kalau rambut yang rontok semakin parah, Moms bisa potong rambut lebih pendek dengan model yang sesuai dengan bentuk wajah.

Selain meringankan beban akar rambut, tampilan rambut pendek akan membuat kita semakin fresh dan tampak lebih muda lho. Kita pun ga perlu ribet-ribet lagi mengurus rambut yang terurai panjang saat menyusui baby kita.

6. Mengonsumsi suplemen

Untuk menambah asupan vitamin, selain dari makanan alami Moms juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan. Beberapa anjuran vitamin yang baik untuk mengatasi rambut rontok adalah vitamin A, C, D, dan E. Selain untuk kesehatan rambut, mengonsumsi multivitamin juga bisa sebagai booster tubuh agar lebih fit meski sering begadang untuk menyusui. Jadi, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui nih Moms.

7. Gunakan haircare yang tepat 

Selain vitamin dari dalam,nutrisi dari luar pun diperlukan untuk kesehatan dan keindahan rambut kita. Selain shampo, Moms bisa gunakan conditioner atau pun serum rambut setelah keramas. Pilih haircare yang cocok dan sesuai dengan jenis rambut Moms.

Penggunaan haircare yang tepat dapat membantu memenuhi nutrisi kulit kepala serta membuat rambut lebih kuat, indah dan sehat. Nah jangan lupa ya Moms, pilih haircare yang aman dan halal untuk ibu menyusui.

Shampoo dan Conditioner yang Aman untuk Ibu Menyusui

Sebagai ibu hamil dan menyusui banyak sekali perlakuan khusus yang membuat kita harus lebih berhati-hati demi keamanan buah hati. Termasuk dalam pemilihan produk perawatan tubuh, salah satunya perawatan rambut dan kulit kepala kita ya Moms. 
Pilihlah produk yang bebas dari bahan berbahaya, seperti:
  • SLS (Sulfat)
  • Alkohol
  • Paraben
  • Pewarna
  • Sodium 
  • Chloride
Beruntung ya kita sebagai Moms Milenial, dimana saat ini sudah banyak sekali produk yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, termasuk produk shampoo dan conditioner. Nah belum lama ini Scarlett juga baru saja launching produk haircare yang wanginya aduhai banget. 

Siapa sih yang ga kenal dengan brand kenamaan milik artis cantik Felicya Angelista ini? Scarlett yang terkenal dengan aromanya yang memukau dan juga khasiat memutihkan kulit. Kini telah meluncurkan produk baru untuk perawatan rambut juga lho. 

Sebenarnya ini bukan kali pertama aku mencoba produk-produk dari Scarlett. Setelah cocok dengan facecare dari Scarlett dan dibuat ketagihan dengan Scarlett Coffee Edition. Aku pun penasaran banget dengan produk terbarunya untuk perawatan rambut yang aman untuk ibu hamil dan juga menyusui.

Scarlett yordanian sea salt shampoo & Conditioner

Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo & Conditioner

Shampoo dan Condtioner dari Scarlett ini mengandung Yordanian Sea Salt yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut, termasuk mengatasi rambut rontok. Sebagaimana produk Scarlett Bodycare, Yordanian Sea Salt Shampoo & Conditioner ini punya aroma yang istimewa banget. 

Untuk varian Yordanian Sea Salt Shampoo bewarna biru laut, kita akan dimanjakan dengan wangi khas bunga Magnolia yang bikin rileks saat keramas. Nah, untuk Yordanian Sea Salt Conditioner aromanya lebih unik. Dengan aroma bunga Evening Primrose alias bunga sedap malam. 

Awalnya aku meragu karena sedap malam identik dengan cerita horor. Tapi begitu mencium aroma Yordanian Sea Salt Conditioner bayangan menyeramkan itu seketika lenyap. Teksturnya yang tidak terlalu kental membuat conditioner ini mudah diaplikasikan pada rambut yang basah setelah keramas. Ingat ya Moms, penggunaan conditioner untuk rambut sangat menunjang kesehatan rambut kita.

Jujur, aku suka banget sama perpaduan aroma kedua produk Scarlett ini. Setelah menggunakan kedua produk Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo & Conditioner, rambut jadi wangi seharian dan bikin mood semakin bersemangat untuk beraktifitas dengan segala tugas harian dan mengurus anak.

Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo & Conditioner juga cocok buat Moms yang harus beraktifitas di luar rumah dan menggunakan hijab. Aroma harum dari Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo & Conditioner bisa bertahan lama dan rambut pun anti lepek.

Eits, ga cuma aromanya saja yang bikin khilaf cium-cium rambut sendiri. Tapi khasiatnya pun ga kalah OK lho Moms. Setelah keramas dan pakai conditioner dari Scarlett, rambut pun jadi lembut, ga lepek dan ga mudah kusut juga.

Ternyata kandungan sea salt dalam kedua produk Scarlett ini punya manfaat yang banyak untuk rambut kita. Apa saja sih manfaat dari kandungan sea salt dalam produk Yordanian Sea Salt Shampoo & Conditioner?

Manfaat Kandungan Sea Salt dalam Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo & Conditioner

  • Menyerap minyak berlebih pada kulit kepala
  • Membantu mengatasi penumpukan kotoran yang melekat di kulit kepala
  • Membantu membuka kutikel rambut sehingga perawatan selanjutnya akan menyerap dengan baik
  • Mengontrol kadar minyak pada kulit kepala
  • Membersihkan kulit kepala
  • Menguatkan akar rambut 
  • Memberikan volume pada rambut
  • Mencegah rambut rontok dan bercabang
  • Menyehatkan flikel rambut dan kulit kepala
  • Membuat rambut lebih berkilau 

Cara Pakai Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo & Conditioner

Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo

Scarlett Yordanian seasalt conditioner

Ga cuma untuk ibu hamil dan menyusui saja, produk shampoo dan conditioner dari Scarlett ini bisa digunakan untuk semua kalangan mulai usia 13 tahun lho. Yang pasti produk-produk Scarlett ini aman dan halal, karena not tested on animals, serta sudah terdaftar Badan POM.

Gimana Moms, tertarik untuk menikmati keharuman dan manfaat dari Yordanian Sea Salt Shampoo & Conditioner Scarlett? Seperti biasa, setiap produk dari Scarlett dibanderol dengan harga Rp 75.000 per item.
Yang penasaran dan ingin coba langsung bisa order melalui Whatsapp dan juga Shopee melalui link berikut yaa.
Scarlett Official


Kesimpulan: Scarlett Yordanian Sea Salt Membantu Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Setelah pemakaian kedua produk Scarlett Yordanian Sea Salt selama dua pekan, rambut menjadi semakin berkilau dan rontok pun juga ikut berkurang meski sedang menyusui. Tentunya juga tetap diimbangi dengan perawatan dari dalam dan juga menerapkan cara-cara mengatasi rambut rontok ibu menyusui yang sudah dijelaskan di atas.
Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar