ivacwicha-header

5 Cara Membuat Diri Sendiri Bahagia Tanpa Modal

6 komentar
Konten [Tampil]

Bahagia kita sendiri yang ciptakan! Itu benar adanya. Ada banyak cara membuat diri sendiri bahagia tanpa berharap atau tergantung pada orang lain. Bahagia itu bisa dirasa, saat hati merasa damai dan juga penuh rasa syukur.

Satu hal penting yang harus terus dibiasakan. Jangan pernah berharap pada manusia, karena kecewa yang akan dirasa. Terlalu sering berekspektasi pada suatu hal atau pun seseorang membuat hati sulit bahagia karena kekecewaan yang memenuhi hati dan pikiran.

Ingat, satu-satunya tempat menaruh harapan adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Meski tidak semua doa dan pinta akan Allah beri, tapi akan ada ketenangan di dalam hati. Dan ketenangan itulah yang bisa membuat kita lebih bahagia. 

Sebagai seorang Ibu, bahagia pun menjadi lebih sederhana. Sejak anak MPASI  dan mau makan dengan lahap hasil masakan kita, maka rasa senang dan kepuasan semakin terasa. Pun ketika anak sedang tidak mood makan. Saat kita niatkan memasak sebagai ibadah untuk memberikan asupan yang baik untuk anak, maka akan minim kecewa, meskipun anak tidak menghabiskan makanannya.

Toh yang dinilai adalah proses alias usaha yang dilakukan, urusan hasil biarlah menjadi kehendak-Nya. Nah sayangnya, terkadang diri ini mudah sekali lupa dan terlena. Sehingga jarang menyadari dan mempersiapkan diri untuk bisa selalu merasa seperti itu.

Ada kalanya iman sedang turun sehingga mudah mengikuti nafsu yang seringkali melalaikan. Untuk itu, yuks kita sama-sama mempersiapkan dengan belajar spiritualitas. Agar kebahagiaan selalu hadir dalam hati dan pikiran kita. 

#1 Selalu meminta petunjuk pada Allah

Petunjuk Allah adalah jalan menuju kebahagiaan yang hakiki. Petunjuk itu bukan hanya dinanti, tapi harus dijemput. Bagaimana caranya? Ya dengan selalu mendekatkan diri pada-Nya, dengan cara beribadah sesuai dengan tuntunan-Nya.

Setelah menjalankan ibadah, jangan lupa untuk selalu meminta petunjuk dari-Nya untuk menjalani kehidupan di dunia yang fana ini. Bahkan dalam sebuah kajian online yang pernah aku simak beberapa hari yang lalu. Disampaikan oleh Ustadzah Halimah Alaydrus bahwa setiap hari sebaiknya kita shalat istikharah agar selalu mendapat petunjuk dari-Nya.

Jadi shalat istikharah ini tidak hanya dilakukan saat harus menentukan pilihan saja. Tapi bisa dilakukan setiap hari, baik pagi ataupun malam hari. Shalat istikharah bisa dilakukan setiap pagi (bisa bersamaan dengan waktu shalat dhuha) agar aktifitas harian yang kita lakukan bisa menjadi amalan yang diterima di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Pun jangan pernah lupa untuk mendoakan anak dan keluarga kita. Banyak lho doa seputar anak yang dijelaskan dalam Al-Quran yang bisa diamalkan. 

#2 Senang bersedekah

Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. 
Pasti tak asing dengan peribahasa di atas ya. Sedekah memiliki banyak keutamaan yang sayang sekali jika dilewatkan. Selain itu, ketika bisa memberi akan memberikan kebahagiaan tersendiri untuk diri kita. Ya, kebahagiaan itu Allah hadirkan dalam hati seseorang yang dengan ikhlas mau berbagi.

#3 Jangan ikuti hawa nafsu

Manusia yang dibekali dengan berbagai macam nafsu, seringkali terlena dengan berbagai gemerlap dunia ini. Tiap orang memiliki kecenderungan nafsu masing-masing, yang mungkin hanya diri sendiri (dan Allah tentunya) yang mengetahui dan bisa mengontrol nafsu tersebut.

Salah satu cara jitu untuk bisa mengontrol hawa nafsu adalah dengan berpuasa. Puasa dapat membantu kita dalam menahan nafsu makan yang berlebih, syahwat/nafsu seks (jika belum menikah), nafsu amarah, dan lain sebagainya.

#4 Menyenangkan orang lain

Menyenangkan hati seseorang bisa lho membuat diri juga merasa senang dan bahagia. Ini menjadi salah satu cara membuat diri sendiri bahagia yang paling mudah dan effortless. Menyenangkan orang lain memang ada banyak cara. Tak hanya dengan memberi materi lho
.
Dengan berlaku baik, ramah, dan sopan kepada orang lain pun bisa membuat orang lain senang dan nyaman kepada kita. Tersenyum saat berjumpa dengan orang lain pun menjadi hal yang disunahkan. Walau hal tersebut rasanya saat ini justru dianggap aneh bagi sebagian orang, khususnya oleh generasi alpha.

#5 Bersyukur

Hal mudah tapi seringkali sulit untuk dirasakan secara langsung saat mendapati sesuatu. Kelemahan manusia yang selalu merasa kurang dan terlalu fokus pada hal yang tidak dimiliki. Padahal jika ditilik kembali, kita tidak akan mampu menghitung kenikmatan yang Allah beri mulai dari bangun tidur hingga tidur malam kembali.

Bersyukur juga bisa menjadi cara untuk mengelola insecure. Menuliskan kenikmatan yang dirasakan setiap harinya dalam sebuah jurnal syukur akan membuat kita lebih menyadari kenikmatan yang kita dapatkan.

Ternyata tak serumit yang dibayangkan ya. Meksi begitu, memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan begitu saja. Butuh iman yang kuat untuk merawat keistiqomahan agar bisa selalu merasa dan melakukan ke-5 hal di atas.

Berkumpul dengan orang-orang shalih/shalihah, mengikuti kajian baik online maupun ofilne. Serta memperdalam ilmu agama kita bisa menjadi cara untuk merawat keistiqomahan. Tak hanya dari buku, sekarang banyak kok Blog tentang Spiritualitas yang bisa dijadikan bahan bacaan untuk menambah keimanan dan ketakwaan diri. 

Namun pastikan dari sumber yang terpercaya yaa. Semoga ke-5 cara membuat diri sendiri bahagia di atas bisa selalu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kita tidak perlu mencari-cari kebahagiaan dengan cara-cara yang justru tidak semestinya. Dunia hanya sementara, sudah sepatutnya kita berusaha untuk bahagia di dunia dan akhirat juga.
Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

6 komentar

  1. I completely delighted in understanding it in my noon.

    BalasHapus
  2. I get pleasure from, cause I found just what I used to be having a look for.

    BalasHapus
  3. That is the type of information that are meant to be shared around the net

    BalasHapus
  4. This is a really great platform for teachers which may be a good basis for their preparation before the lessons.

    BalasHapus
  5. I appreciate your quality stuff, that was really so useful and informative.

    BalasHapus

Posting Komentar