ivacwicha-header

Rasakan Manfaat Kombucha untuk Wajah dalam Skincare Terbaru

Konten [Tampil]

Kombucha yang kian hari makin diminati dan dibudidayakan warga +62 membuatku penasaran. Apa sih manfaat kombucha untuk wajah? Kok belakangan makin banyak skincare yang mengandung kombucha sebagai power ingredients-nya? Ternyata hasil fermentasi yang terbuat dari jamur dan bakteri ini memiliki banyak manfaat lho.

Kombucha biasa dikonsumsi sebagai minuman teh yang berkhasiat. Tidak hanya dari dalam tubuh, kombucha juga bisa digunakan untuk pemakaian luar sebagai salah satu perawatan kulit wajah maupun tubuh yang luar biasa bermanfaat.

Waaow, menakjubkan ya! Pantas saja banyak skincare yang menjadikan kombucha sebagai salah satu komposisinya. Tapi apa sih sebenarnya kombucha ini, aman dan halal tidak yaa?

Mengenal Kombucha dan Manfaatnya

Kombucha merupakan teh fermentasi yang dibuat dengan menggunakan campuran jamur dan bakteri yang disebut SCOBY (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast). Racikan teh yang berasal dari Asia Timur ini, sudah mulai tersebar ke Jerman melalui Rusia sejak pergantian abad ke-20.

Kombucha berfungsi sebagai penyembuh terhadap berbagai macam penyakit yang telah digunakan berulang kali dirumah tangga berbagai negara Asia. Kombucha hidup dalam larutan nustrisi teh dan gula yang tumbuh dengan cara germinasi (perkecambahan biji). Selama proses fermentasi dan oksidasi, akan terjadi reaksi pada larutan teh manis tersebut.

Jamur teh akan memakan gula. Sebagai gantinya akan memproduksi berbagai unsur, seperti glucuron acid, lactic-acid, vitamin, asam-asam amino, berbagai unsur antibiotik, serta unsur-unsur lain. Awalnya jamur ini membentuk piringan yang tumbuh meluas pada permukaan teh lalu menebal.

Manfaat Kombucha untuk Kesehatan

Dari laman Wikipedia, disebutkan bahwa dari beberapa penelitian menjelaskan bahwa kombucha sangat berkhasiat untuk kesehatan, diantaranya sebagai berikut:
  • Mengobati sembelit
  • Memperbaiki kondisi tubuh
  • Bermanfaat melawan arteriosclerosis
  • Memulihkan fungsi alat pencernaan
  • Bermanfaat bagi penderita stres mental
  • Menawarkan racun
  • Membunuh kanker
Meski mudah dibuat, proses pembuatan kombucha perlu kehati-hatian yang ekstra dan tidak bisa sembarangan. Dari chanel YouTube dr. Zaidul Akbar yang terkenal dengan gaya hidup JSR, beliau menyatakan,
Selama senyawa yang terkandung masih utuh, maka teh kombucha boleh dikonsumsi.
Meski secara umum #ProbiotikItuSehat dan baik dikonsumsi (asal tidak berlebihan). Pun beliau menyebutkan bahwa mengenai status kehalalan teh kombucha ini masih ada perbedaan pandangan, jadi harus digali lebih lanjut. Nah, daripada was-was untuk mengonsumsi teh kombucha secara langsung. Lebih baik menikmati khasiat kombucha dari luar saja.

Yups, seperti sudah aku sebutkan di awal. Tak hanya memberi manfaat kesehatan dari dalam tubuh, kombucha yang diperkaya berbagai komponen juga bisa memberikan manfaat ke kulit wajah dengan pemakaian dari luar tubuh. Membahas tentang perempuan rasanya memang sulit terlepas dari masalah kecantikan yaa.

Tak hanya memberi manfaat dari kandungan probiotik saja. Kombucha juga mengandung berbagai macam nutrisi lain, seperti vitamin dan antioksidan. Kandungan tersebut memberi manfaat bagi kesehatan kulit, seperti:
  • Mengatasi masalah peradangan kulit
  • Menjaga keasaman (pH) dan kelembapan kulit
  • Membantu menenangkan iritasi kulit dan memperkuat skin barrier
  • Melawan radikal bebas
  • Mengurangi tanda-tanda penuaan dini dengan menjaga elastisitas kulit
  • Menyeimbangkan mikrobioma pada kulit
Dari berbagai manfaat di atas, tak heran jika saat ini banyak sekali bermunculan berbagai merek skincare yang memiliki kandungan kombucha di dalamnya. Nah, daripada ribet membuat fermentasi teh kombucha sendiri, yang belum pasti pas kadarnya. Merasakan manfaat kombucha dalam sebuah skincare adalah jalan ninjaku. Selain praktis, aku pun memilih yang sudah pasti kehalalannya.
 
Manfaat Kombucha untuk wajah

Merasakan Manfaat Kombucha dalam Skincare

Seperti yang sudah pernah aku tuliskan dalam artikel lain, tentang manfaat serum untuk wajah. Kali ini aku ingin berbagai pengalaman tentang ‘koleksi’ skincare terbaruku. Jadi, selama 2 pekan ini aku menambah rangkaian skincare harianku dengan pre-serum yang mengandung kombucha.

Sedikit berbeda dari skincare lain yang biasa aku pakai sebelumnya. Aku mencoba pre-serum yang vegan friendly, tentunya menjadi skincare yang aman untuk ibu menyusui sepertiku. Selain mengandung kombucha, pre-serum anti iritasi dan melembapkan ini punya kandungan lain yang ga kalah OK lho.

Mau tahu lebih detailnya? Yuks simak ulasan ku sampai akhir yaa!

Vegan Recipe with Kale + Kombucha 8% Pre-Serum Anti Iritasi dan Melembapkan

Sebenarnya ini bukan kali pertama aku memakai produk eBright Skin. Sebelumnya aku sudah dibuat jatuh cinta dengan produk eBright Skin yaitu Moist Plus, krim multifungsi yang bisa digunakan Ibu dan anak. Sedikit bocoran, Moist Plus ini nyaman dipakai dan mampu melembapkan kulit kering ku yang sangat sensitif.

Jadi aku pun tertarik memakai produk eBright Skin yang lain. Salah satunya, Vegan Recipe Pre-Serum ini!

Dengan formulasi yang unik, dengan bahan-bahan vegan seperti kombucha, kale, ekstrak mugwort, dan ekstrak tumbuhan lainnya. Vegan Recipe Pre-Serum dari eBright Skin, menjadi tambahan skincare yang recomended untuk dicoba, karena kaya akan nutrisi yang penting bagi kulit wajah.

Pre-serum anti iritasi dan melembapkan kulit dari eBright Skin ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Bahkan untuk kulit kering dan sensitif seperti aku, rasanya tetap nyaman tanpa meninggalkan rasa perih. Setelah pemakaian rutin 2x sehari, kulit wajah ku jadi terlihat makin cerah dan juga lembap.

Karena bahan dan kandungannya yang vegan friendly, Vegan Recipe Pre-Serum ini aman digunakan untuk Ibu Hamil, Ibu Menyusui, dan juga remaja di atas usia 13 tahun yaa. Biar lebih aman aku spill sekalian komposisi lengkapnya.  
 

Hero Ingredients

  • Kale: menguatkan struktur kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan mempercepat penyembuhan permasalahan kulit wajah
  • Kombucha: mengandung antioksidan yang kuat untuk anti aging, menyamarkan kerutan kulit, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya
  • Mugwort: menenangkan peradangan, mencerahkan, dan melembapkan kulit wajah
  • Moringa: melembapkan, menghaluskan, mencerahkan kulit, dan membantu regenerasi sel kulit dengan merangsang kolagen
  • Yacon Ext: sebagai antioksidan dan bersifat anti-iflamasi
  • Lemongrass: mengecilkan pori-pori, mengatasi penuaan kulit, memberi efek relaksasi
  • Palerose: melembapkan kulit, meredakan peradangan pada kulit
  • Calendula: menghidrasi dan menutrisi kulit kering, memperlambat perkembangan keriput

Seperti sudah aku bahas di atas, kandungan kombucha sebanyak 8% diperkaya antioksidan dan probiotik yang sangat berguna untuk membantu penyembuhan masalah kulit. Seperti kemerahan karena iritasi akibat jerawat, serta memperbaiki tekstur kulit akibat bekas jerawat. Para acne fighter, please cobain deh!

Detail Ingredients:

Aqua, Propylene Glycol, Butylene Glycol, Saccharomyces/xylinum/blacktea ferment, Trehalose, Glycerine, PEG-40 Hydrogenated Castrol Oil, Ammonium Polyacryloyldimethyl Taurate, Niacinamide, Chlorphenesin, Moringa Oleifera Leaf Extract, Artemisia vulgaris extract, Cymbopogon Citratus (leaf) extract, Disodium EDTA,v1,2 Hexanediol, Alphaglucan Oligosaccharide, Brassica Oleracea acephala leaf extract, Sodium benzoate, Calendula Officinalis flower extract, Polymnia sonchifolia root juice, Potassium sorbate, Citric acid, Rosa centifolia flower extract, Maltodextrin, Lactobacillus. 

How to Use:

Sesuai namanya, skincare ini bisa digunakan sebelum menggunakan serum atau moisturizer yang biasa digunakan sehari-hari. Jadi bisa lebih memaksimalkan serum atau skincare yang dipakai selanjutnya. Cukup teteskan 3-4 drops saja ke telapak tangan yang bersih, lalu ratakan ke seluruh kulit wajah (yang juga sudah dibersihkan) yaa.
 
Tekstur pre serum kombucha

Texture: Very Light and easily absorbed

Tenang saja! Ga perlu khawatir lengket dengan penggunaan double layer dengan serum lainnya. Vegan Recipe Pre-Serum dari eBright Skin memiliki tekstur yang lebih cair dari serum pada umumnya. Setelah diaplikasikan, pre-serum ini cepat terserap ke kulit sehingga nyaman untuk apply rangkaian skincare lainnya.

Penggunaan rutin pre-serum anti iritasi dengan kale dan Kombucha ini, bisa membuat kulit tampak lebih sehat, lembap, dan juga bercahaya.

Packaging:

Meski tampilan kemasan botol pre-serum ini hampir sama dengan serum pada umumnya. Aku justru suka banget dengan box kemasannya yang ga kalah unik. Model box yang bisa terbuka ke atas dengan satu gerakan saja, membuat aku mudah untuk menaruh kembali botol kacanya ke dalam box

Maklum, sebagai female blogger dan juga Ibu yang membersamai anak dengan segala keaktifannya. Aku memilih langkah antisipasi dengan menaruh kembali ke box agar lebih aman dan tidak pecah saat anak penasaran ingin tahu skincare terbaru ku ini.
 
Serum mengandung kombucha

Yuks yang mau mencoba manfaat kombucha juga seperti aku, bisa langsung check out aja produk Vegan Recipe Kale + Kombucha 8% Pre-Serum ini di Shopee Mall, Aplikasi eBright Skin dan juga order via WhatsApp. Mumpung lagi ada diskon tambahan 10% dengan memasukkan kode voucher: EBRIKOL. Ssssttt, voucher ini hanya berlaku sampai tanggal 1 April 2023 yaa. So, jangan sampai ketinggalan!!

Kesimpulan

Menikmati manfaat kombucha untuk wajah tidak perlu ribet dan khawatir lagi sekarang. Cukup menggunakan skincare yang sudah teruji klinis dan juga halal pun jadi solusinya. Pilih pre-serum anti iritasi dan melembapkan kulit wajah yang sudah lulus BPOM dengan kandungan bahan alami. Vegan recipe kale + kombucha 8% pre-serum sebagai #1naturalProbiotikSkincare membuat kulit kering dan sensitif menjadi lebih lembap dan semakin cerah merata. 


Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar