ivacwicha-header

Menu Bekal Sekolah Anak Praktis untuk Sepekan

Konten [Tampil]

Siapa yang suka bingung sendiri saat menyiapkan bekal makan sekolah anak? Tooosss dulu yuks! Kumpul aja disini biar ga bingung lagi, karena aku akan share menu bekal sekolah anak praktis anti ribet yang bisa dicoba selama sepekan.

Pandemi telah berakhir, kehidupan pun kembali normal. Suami kembali bekerja di kantor, anak-anak pun kembali menuntut ilmu di sekolah. Lega sih, tapi panik juga saat ingat harus menyiapkan bekal makan untuk anak di sekolah. 

Memikirkan urusan makan anak-anak itu tak segampang menyiapkan makan suami. Tahu sendiri ya, anak-anak suka banyak drama saat makan. Seperti anak pertama ku yang masih saja makan dengan waktu yang tak singkat, pilih-pilih menu makanan, dan kadang sisa makanannya pun masih berantakan. Sebagai seorang Ibu, pasti jadi kepikiran kan bagaimana makannya saat di sekolah.

Sempat khawatir berlebihan karena takut anak ketinggalan waktu makan dan membuat repot guru-gurunya di sekolah. Akhirnya aku pun belajar membuat menu bekal makanan yang praktis untuk dimakan anak. Tetapi juga tetap bisa mencukupi kebutuhan gizi hariannya.

Mengamati proses MPASI anak kedua ku, aku jadi sadar bahwa terkadang bukanlah anak yang tidak doyan makan ini dan itu. Tetapi ternyata cara penyajian makanannya pun bisa berpengaruh terhadap proses makan anak. Jadi, jangan langsung judge anak ga doyan nasi karena makannya lama dan suka makan lauknya saja. Tapi coba deh buat kreasi makanan yang lebih menarik dan mudah untuk dilahap oleh anak.

Ga mau kan saat jam makan anak di sekolah tertinggal teman-temannya karena tidak nafsu makan dan makan menjadi lama? Coba deh ikuti beberapa menu bekal sekolah anak praktis dan juga enak berikut ini.

5 Ide Menu Bekal Sekolah Anak Praktis dan Enak 

For your information, aku ini sebenarnya juga ga jago masak kok. Keadaan yang telah memaksaku untuk belajar memasak agar bisa menyiapkan makanan yang lebih bersih dan sehat daripada beli makanan di luar. Jadi untuk masalah perbekalan makan anak pun, aku memilih menu yang praktis dan mudah dibuat. 

Seperti yang sudah aku ceritakan tadi. Selain rasa, penyajian makanan untuk bekal anak punya peranan yang ga kalah penting. OK, tanpa panjang lebar lagi, langsung saja aku share beberapa ide menu bekal anak untuk di sekolah.

#1 Sushi

Memiliki suami (yang ternyata) pecinta makanan Jepang, membuat ku terpaksa mencicipi makanan yang digulung dengan berbagai macam isian ini. Meski tetap tak cocok di lidah ku, aku tetap semangat belajar membuat sushi karena anak ku bisa makan dengan lahap 1 roll sushi hanya dalam waktu 10 menit saja.

Ternyata makanan ini memang banyak diminati oleh banyak anak yaa. Jadi sangat cocok untuk menu bekal sekolah anak yang praktis. Nah, untuk isiannya bisa disesuaikan dengan lauk kesukaan anak. Mulai dari ikan, ayam, sosis atau frozen food lainnya seperti yang aku buat ini yaa.
Sushi roll dori stick

Bahan Membuat Sushi Roll

🍣 Bahan nasi sushi:
  • Nasi putih (yang pulen yaa)
  • Cuka sushi: 2 sdm cuka beras (me:cuka meja), 1 sdm air, 1 sdm gula pasir, 1 sdt garam
  • Saus kecap: kecap asin dan madu dengan perbandingan 1:1
🍣 Isian sushi: ebi furai, timun diiris panjang dan rendam air es
🍣 Nori sushi

Cara membuat sushi yang praktis dan ekonomis

  • Campur semua bahan cuka sushi dan aduk rata hingga larut
  • Tuangkan sedikit demi sedikit ke nasi yang masih hangat, lalu aduk rata
  • Siapkan nori diatas sushi roller yang sudah dilapisi cling wrap
  • Siapkan nasi satu kepal dan ratakan diatas nori (jangan terlalu tebal agar tidak sulit saat digulung)
  • Tata isian di atas nasi bagian tengah
  • Gulung sambil tekan perlahan, lalu potong secara perlahan tapi pasti
Oiya, resep ini aku pelajari dari channel YouTube Chef Devina yaa. Tentu dengan berbagai modifikasi yang aku sesuaikan dengan bahan dan lidah anak.

#2 Bento

Menu bekal sekolah anak praktis
Kalau membuka kotak bekal dan melihat menu seperti di atas pasti anak-anak langsung antusias dan semangat memakannya ya? Bento menjadi menu bekal sekolah anak yang pas dan juga lengkap gizi. Mulai dari karbohidrat, protein, hingga sayur dan buah pun bisa dihidangkan tanpa anak menyadari bahwa itu sayur yang biasa dia hindari.

Saat ini banyak kreasi bento yang dibagikan di berbagai media sosial yang bisa di ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Menu masakan rumahan bisa disulap menjadi berbagai bentuk yang lucu dan menggemaskan. Mau yang simple dan mudah dibuat tanpa butuh banyak alat? Coba deh buat rice ball abon yang dipadukan dengan ebi furai seperti ini.
Ebi furai fiesta

#3 Siomay

Menu lengkap gizi yang mengeyangkan dan mudah dimakan anak berikutnya adalah siomay. Mulai dari kentang sebagai karbohidrat, telur dan siomay udang sebagai sumber protein, ditambah tahu dan kol rebus makin melengkapi kebutuhan gizi si Kecil. 
Siomay udang fiesta
Dengan cocolan saus kacang yang manis dan gurih membuat anak semakin lahap memakan bekal makanannya.

#4 Pasta

Menu lain yang tak kalah mudah dibuat dan disiapkan untuk bekal sekolah anak adalah pasta. Anak mana sih yang tak suka makan mie atau makaroni yang dipadukan dengan keju atau olahan saos lainnya. Mulai dari spagethi, makaroni schotel, dan olahan pasta lainnya bisa banget untuk dijadikan menu bekal anak di sekolah.

#5 Roti Isi

Menu yang tak kalah praktis dibuat dan pasti anak suka dan lahap memakannya adalah menu berbahan roti. Bermodalkan roti tawar yang bisa dibeli dengan mudah, Ibu bisa kreasikan dengan berbagai isian yang anak sukai.

Meski berbahan roti, menu ini tetap bisa padat gizi dengan isian protein seperti telur atau daging giling. Biar anak mudah makannya, roti dengan isian tersebut bisa digoreng atau dipanggang agar rasanya semakin nikmat. Ibu juga bisa menyelipkan irisan sayur segar seperti tomat atau selada.

Simple dan mudah bukan? Meski praktek tak semudah menulis atau membaca tulisan ini, jangan mager dulu yaa Ibu. Sini, sini aku kasih bocoran untuk menyiapkan menu-menu bekal sekolah anak di atas agar lebih mudah dan cepat. Jadi lebih hemat waktu dan tak akan terlambat ke sekolah karena ribet menyiapkan bekal anak terlebih dahulu.

Pasti tadi bertanya-tanya ya, kok resepnya hanya cara penyajian saja sih. Cara bikin isian menu-menunya kok ga ada? Hehehe, jadi rahasia aku dalam mensiasati waktu yang terbatas di pagi hari dalam menyiapkan bekal-bekal di atas, aku menggunakan frozen food.

Rekomendasi Frozen Food yang Cocok untuk Bekal Sekolah Anak

Nah, salah satu rekomendasi frozen food yang enak dan juga lengkap favorit aku adalah Fiesta. Brand makanan beku yang sudah terkenal sejak lama ini memang banyak banget pilihannya yaa. Kalau Ibu mau tahu, beberapa menu bekal sekolah anak di atas aku buat dengan isian Fiesta Seafood.
 
Varian fiesta seafood
Bahan utama dari menu bekal sekolah anak di atas adalah Fiesta Seafood Ebi Fry, Fiesta Seafood Dory Stick, dan juga Siomay Udang. Jadi sangat efisien menghemat waktu dalam menyiapkan banyak hal di pagi hari. Urusan perbekalan jadi cepat selesai dan anak pulang dengan kotak bekal yang kosong tak bersisa.

Jujurly, aku ini paling ga bisa mengolah makanan berbahan dasar ikan dan seafood lainnya karena tidak kuat dengan aromanya. Nah dengan Fiesta Seafood, sekarang aku tetap bisa menghidangkan makanan laut yang enak dengan mudah dan praktis.

Tak hanya untuk bekal sekolah anak, Fiesta Seafood juga bisa menjadi hidangan rumah yang bisa dikreasikan ala menu restoran. Terbuat dari seafood asli pilihan, menjadikan rasa Fiesta Seafood enak dan lezat. Ebi furai fiesta jadi bahan andalan ku di waktu terbatas untuk dibuat berbagai menu bekal anak maupun suami.

Apalagi ebi furai Fiesta dan juga dori stick dari Fiesta ini bisa dihidangkan menggunakan air fryer. Selain praktis, hasilnya pun lebih sehat karena tidak perlu digoreng dalam minyak panas. Siomay udangnya pun sangat enak, cukup dengan dikukus sebentar saja. Udang dalam siomay Fiesta ini sangat terasa di lidah, membuat khilaf hingga tak sadar berapa banyak yang sudah dilahap ke mulut.
Fiesta seafood shrimp
Oiya, produk-produk Fiesta Seafood ini sangat mudah ditemukan di berbagai tempat. Mulai dari supermarket seperti AEON, GS Supermarket, Superindo dan swalayan lokal seperti Hari-Hari dan Naga Swalayan ada lho. Bahkan diberbagai cabang Prima Fresh Mart dan toko frozen food terdekat lainnya.

Ingin lebih praktis, Ibu juga bisa borong produk Fiesta Seafood secara online melalui e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee dengan nama cpprimaseafood. Mau tahu produk fiesta seafood lainnya, bisa langsung kunjungi website Fiesta Seafood (www.makanseafood.com) atau kunjungi @ayomakanseafood di berbagai media sosial untuk update info menarik dari Fiesta Seafood.

Penutup

Padatnya jadwal kegiatan anak di sekolah membuat anak butuh energi yang lebih besar agar bisa berkonsentrasi selama pelajaran. Sebagai orang tua sudah sepatutnya memberikan nutrisi dan kebutuhan anak untuk menunjang aktifitasnya di sekolah. Membekali anak dengan makanan yang lengkap gizi akan lebih baik daripada hanya memberikan uang saku ke anak.

Selain lebih tenang dan tidak khawatir anak bisa jajan sembarangan. Menyiapkan menu bekal sekolah anak praktis selama sepekan akan lebih memudahkan Ibu. Hal sederhana dalam hidup tapi memberi dampak positif untuk sekeluarga. Tidak ada lagi cerita kebingungan tiap pagi untuk menyiapkan bekal anak di sekolah. Dengan Fiesta Seafood yang selalu ready dalam kulkas, bekal sekolah anak bisa dibuat dengan cepat, praktis, dan juga enak. 
Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

13 komentar

  1. Ngurusin bekal sekolah anak itu lumayan butuh Effort yang luar biasa untuk kita sebagai orang tua agar anak tidak hanya lahap, tapi gizinya pun terpenuhi, belum lagi masalah waktu persiapannya yang memang butuh manajemen yang bagus di tengah pekerjaan domestik lainnya. Tapi dengan adanya produk-produk dari Fiesta, memang ngebantu banget buat memenuhi kebutuhan bekal anak yang praktis tapi tetap sehat

    BalasHapus
  2. Jangankan anak-anak, saya yang udah berumur juga bakalan ketagihan kalo menu dan tampilannya secakep ini. Makasih Mba, saya jadi terinspirasi.

    BalasHapus
  3. Menyediakan Frozen food di rumah tuh memang jalan ninja untuk ide cepat menyediakan bekal ya, mba...saya juga biasanya pakai aneka produk dari Fiesta, rasanya enak karena porsi daging lebih banyak dibanding tepungnya...coba fiesta seafood ah KLO gitu...

    BalasHapus
  4. ow.. Fiesta yaa... memang praktis sih, apalagi kalau pas nyiapin bekalnya buru-buru, tinggal mau digoreng atau dikukus semua ada, tidak hanya anak-anak, yang tua pun juga suka

    BalasHapus
  5. Masalah perbekalan ini memang seru sih wkwk memacu kreatifitas emak-emak. Apalagi kalau estetik, yang bikin seru, yang makan semangat. Kalau fiesta jangan ditanya. Ini penyelamat emak-emak biar pagi siapin makan nggak hectic ^^

    BalasHapus
  6. Wah terima kasih referensinya, bisa jadi alternatif nih untuk bekal anak-anak, saya ga sempat buat yang variatif wkwkwk, sayanya kurang kreatif ya

    BalasHapus
  7. Mbak, aku belum punya anak sekolah tapi aku tertarik pengen bikin sushi. Gak lulus nggulungnya hahaha.. Itu liat bentonya aku gak tega mau makan, teralu kiyowooo.. Tapi kalo gini emang yakin anak2 pasti suka sih ya, kan menarik emang

    Kayaknya emang perlu stock fiest di rumah. Aku setuju, simpel dan praktisss... Cocok banget buat sediaan di rumah. Makasih referensinya mbak :)

    BalasHapus
  8. Fiesta menjadi andalan ibuk2 buat bikin bekal ananda ya Mbak. Pernah lihat mbak ipar niat mau bikin sushi, eh norinya malah dicemili ponakan, gagal bikin deh :v

    BalasHapus
  9. So it is interesting and very good written and see what they think about other people

    BalasHapus
  10. I am sending it to several pals ans additionally sharing.

    BalasHapus
  11. I’m looking for a lot of data on this topic. Thank you!

    BalasHapus
  12. Hello, I’m happy to see some great articles on your site.

    BalasHapus

Posting Komentar