ivacwicha-header

5 Cara Mengatasi GTM pada Bayi Tumbuh Gigi

Konten [Tampil]


Memasuki masa MPASI menjadi masa yang dinanti-nanti oleh sebagian Ibu. Tapi tak sedikit yang menyambutnya dengan momok khawatir. Apalagi jika gigi si Kecil mulai tumbuh. Tak sedikit yang ingin tahu bagaimana cara mengatasi GTM pada bayi tumbuh gigi.

Lulus ASI Eklusif pada semester pertama menjadi hal melegakan bagi para Ibu. Namun itu tandanya perjuangan baru akan dimulai. Dimana anak akan memasuki masa MPASI (Makanan Pendamping ASI) dengan segala penyesuaiannya.

Agar minim stres, Ibu jangan terlalu berekspektasi pada masa MPASI si Kecil yaa. Seperti yang aku alami pada anak kedua ku. Sebelum 6 bulan, dia sangat antusias sekali melihat orang disekitarnya yang asyik makan. Pikirku saat itu, sekalian untuk menumbuhkan minat makannya kelak.

Namun ternyata saat waktunya tiba, anak ku menolak makan dan menutup mulutnya rapat-rapat ketika disuapi makan. Hati rasanya sungguh terpotek. Ternyata drama MPASI masih harus kuulang lagi. Anak kedua ku ini juga tipe pemilih saat makan.

Padahal aku mengalami banyak keluhan kehamilan saat mengandungnya. Hingga proses persalinan anak kedua ku pun tidak semulus saat kelahiran anak pertama. Ya memang begitulah, tiap anak memiliki ceritanya sendiri. Dan beginilah cerita ku saat menghadapi masa MPASI anak kedua ku.

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengatasi GTM pada bayi tumbuh gigi. Baiknya kita runtut terlebih dahulu, apa sih yang menyebabkan bayi ini GTM? Padahal kalau dipikir-pikir bayi akan lapar kalau tidak makan. Kenapa dia harus GTM ya?

Penyebab Bayi GTM

Jika kita ingin mengatasi sesuatu, baiknya kita cari tahu dahulu akar masalah penyebabnya. Seperti saat anak melakukan GTM. Jangan langsung mengkambing hitamkan si calon gigi bayi yaa. Karena masih banyak faktor lain yang bisa menjadi penyebab anak melakukan mogok makan.

Anak gtm karena tumbuh gigi

Bayi masih perkenalan dengan jenis makanan dan tekturnya

Peralihan dari minum susu cair ke makanan padat pasti perlu banyak penyesuaian untuk si Kecil. Jika bayi menolak suapan makanannya, jangan langsung berasumsi bayi tidak doyan. Dibutuhkan sekiranya 20x pengenalan makanan yang sama agar mau makan makanan tertentu.

Ibu bisa mengubah tekstur dari makanan yang diberikan. Terkadang bukan karena rasa bayi menolak untuk makan. Namun dia masih mencari tekstur yang pas untuk dimakannya. Coba juga berikan si Kecil kendali untuk makan makanannya sendiri.

Bayi sudah kenyang menyusu

Ibu, sudahkah mengatur jadwal kegiatan si Kecil? Meski masih bayi, Ibu harus mengatur rutinitas hariannya. Khususnya untuk waktu makan dan jam tidurnya. Atur waktu makan dan menyusu dengan jarak minimal 2 jam. Berlaku juga untuk makan camilan atau snack.

Bayi mengantuk

Melanjutkan poin sebelumnya, waktu tidur pun sangat penting dalam kesuksesan pemberian MPASI. Jika bayi dalam posisi mengantuk, maka dia tidak akan selera makan. Bahkan si Kecil justru menjadi cranky karena disodori makanan, alih-alih diajak tidur.

Bayi dalam kondisi tidak nyaman

Penyebab-penyebab di atas sudah lolos? Tapi bayi masih belum mau makan juga? Cek-cek kondisi si Kecil ya Ibu. Bisa jadi, bayi merasa tidak nyaman untuk makan karena kembung atau nyeri pada gusinya karena mau tumbuh gigi.

Atasi permasalahannya dulu ya. Jika memang bayi kembung dan rewel terus saat makan atau pun bermain, Ibu bisa oleskan calming cream yang cocok digunakan si Kecil.

Tapi jika bayi memang sedang masa tumbuh gigi, Ibu bisa sesuaikan menu makanannya yang membuat bayi merasa lebih nyaman untuk menyantap makanannya.

Cara Mengatasi GTM pada Bayi Tumbuh Gigi

Anak GTM sungguh membuat Ibu pusing dan mood jadi berantakan. Tak heran banyak yang mengeluhkan masa MPASI merupakan masa yang menguras kesabaran. Begitu juga dengan ku. Setelah melewati 7 bulan masa MPASI anak kedua ku yang juga tak lepas dari drama per-MPASI-an. 

Terinspirasi dari salah satu blogger Lampung yang juga berprofesi sebagai penulis Lampung, aku pun akan berbagi pengalaman tentang cara mengatasi GTM pada masa MPASI ke-dua buah hatiku. 

Berikan menu kesukaan si Kecil

Bayi dari awal masa MPASI, biasanya sudah menunjukkan preferensi pada rasa tertentu. Eiiitsss, tunggu dulu. Mengenalkan rasa ini bukan berarti harus pakai gula dan garam yaa. Soal gula garam pada pemberian MPASI ini memang masih saja menjadi pro dan kontra. Tapi buat aku pribadi, aku memilih untuk memaksimalkan cita rasa asli dari makanan itu sendiri.

Meski tanpa gula dan garam pun, rasa MPASI bisa umami kok. Asalkan takaran atau komposisi bahan MPASInya pas yaa. Rasa enak nan gurih bisa didapat dari protein hewani yang lebih banyak. Apalagi jika menggunakan lemak tambahan seperti kaldu homemade, minyak ayam, santan, ataupun butter.

Nah lain cerita jika si Kecil pecinta rasa manis, seperti anak kedua ku yang sangat antusias dan lahap sekali jika makan manis. Tapi bukan manis gula yaa! Manis alami untuk MPASI hingga usianya 1 tahun aku berikan dari bahan-bahan seperti ubi cilembu, kurma, wortel, dan udang.

Setelah anak ku berusia 1 tahun dan makan menu keluarga, barulah dia mencicipi apa itu rasa yang dihasilkan dari garam dan kecap. Untuk gula memang aku sering skip untuk masakan ya, karena yang ada itu salt & pepper, bukan salt &sugar, hehehe. Pemberian MPASI dengan base taste yang sesuai dengan selera lidahnya akan mudah diterima si Kecil.

Berikan makan dalam porsi kecil

Saat anak GTM karena tumbuh gigi, anak memang mudah sekali cranky karena merasa nyeri pada gusinya saat tersentuh makanan. Ibu bisa siapkan makanan dalam porsi kecil saja, agar Ibu pun minim stress karena merasa banyak makanan yang tersisa. Ibu bisa berikan 2 jam kemudian saat mood bayi sudah membaik dan perutnya pun lapar.

Berikan makanan dalam kondisi dingin

Pemberian makanan selingan atau snack dingin pada bayi yang sedang tumbuh gigi menjadi jalan ninja untuk mengatasi GTM pada bayi tumbuh gigi. Berikan camilan kaya nutrisi yang sudah didinginkan atau sebatas buah potong dingin untuk meredakan nyeri pada gusinya.

Berikan makanan dalam bentuk finger food

Selain rasa, tekstur juga memiliki peranan penting dalam penyajian MPASI. Anak yang sedang tumbuh gigi, akan kesakitan dan tidak mood makan saat gusinya yang nyeri tersentuh sendok yang kita suapkan ke mulutnya. Itulah sebenarnya yang membuat anak menjadi GTM saat makan.

Sebelum hal itu terjadi, Ibu lebih baik menyajikan makanan yang bisa dengan mudah digenggam oleh si Kecil. Pemberian finger food seperti perkedel daging, ubi kukus, telur gulung atau pun rebus. Bisa menjadi salah satu cara mengatasi GTM pada bayi tumbuh gigi.

Berikan dia kendali sendiri dengan makanannya. Selain makan lebih lahap anak juga bisa belajar bereksplorasi dan memperkuat motorik halusnya lhoo.

Cara mengatasi anak gtm karena tumbuh gigi

Buat suasana makan yang menyenangkan

Selain dari segi makanan, suasana makan yang menyenangkan juga sangat mendukung proses pemberian MPASI ke anak. Dampingi dan ajak anak mengenal apa saja yang ada dalam piring makanannya, bisa menarik minat makan si Kecil. Makan bersama dalam 1 meja makan sangat merangsang nafsu makan si Kecil lho, apalagi jika makan bersama Ayahnya.

Jangan pernah paksa si Kecil untuk membuka mulut dan memakan apa yang sudah disajikan. Hindari juga pemberian gadget atau distraksi lain yang membuat anak tidak fokus dengan makanannya. Karena dalam pemberian MPASI bukan hanya seberapa banyak makanan yang berhasil masuk. Tetapi juga sekaligus mengajarkan pentingnya makan itu sendiri.

Kesimpulan

Setiap Ibu pasti menginginkan anak-anaknya lahap dan habis ketika makan. namun tak bisa dipungkiri, akan ada masa-masa (entah lama atau pun sebentar) anak akan menguji kesabaran dan juga kekreatifan seorang Ibu. Berat badan anak memang menjadi salah satu acuam untuk menilai pertumbuhan anak.

Tapi jangan sampai menjadi fokus utama saat pemberian MPASI karena bisa membebani Ibu atau pun si Kecil. Pemberian MPASI bukan sekadar masuknya makanan dalam tubuh si Kecil, tetapi juga merangsang perkembangan dan kemampuan si Kecil.

Dengan memperhatikan feeding rules dan panduan pemberian MPASI dari sumber yang terpercaya, makan masa MPASI akan lebih minim drama. Jangan lupakan berdoa, karena itu yang utama. Semoga ke-5 cara mengatasi GTM pada bayi tumbuh gigi di atas dapat Ibu eksekusi dengan lancar dan mudah yaa.


Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar