ivacwicha-header

5 Cara Mengajarkan Anak Berhitung, Mulai Konvensional hingga Digital

Konten [Tampil]

Berhitung merupakan ilmu matematika dasar yang bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari anak, bahkan sejak dini. Tak heran jika saat ini banyak game belajar berhitung yang bisa dimainkan sebagai salah satu cara mengajarkan anak berhitung dengan cara yang menyenangkan.

Yups, karena tanpa kita sadari, segala aktifitas harian kita selalu berkaitan dengan angka. Mulai dari bangun tidur, kita melihat jam yang penuh dengan deretan angka. Lalu saat memasak, dibutuhkan perhitungan dari setiap komposisinya. Hingga sebatas menghitung mundur (dengan berteriak) saat membangunkan anak untuk sekolah, hehehe.

Begitulah peranan numerasi dalam kehidupan sehari-hari kita. Pantas saja, ilmu ini menjadi salah satu dari 6 literasi dasar yang harus dipelajari seorang anak. Sudah tahu kan apa saja 6 Literasi Dasar dari Direktorat Sekolah Dasar?
literasi dasar anak usia dini

Manfaat Belajar Berhitung untuk Anak

Tentu masuknya numerasi dalam literasi dasar anak memiliki alasan yang kuat. Berhitung menjadi satu bagian dari numerasi yang sangat sering diaplikasikan dalam keseharian kita. Lantas saja belajar numerasi, termasuk berhitung menjadi bahan yang penting untuk diajarkan ke anak sejak dini.

Lalu apa saja sih manfaat belajar berhitung untuk anak?

Berpikir secara sistematis

Saat berhitung anak akan belajar mengenai deretan atau urutan angka. Hal ini akan membuat anak terlatih untuk berpikir secara sistematis dan lebih teratur. Tentu menjadi modal besar agar anak lebih mudah dalam mengatur waktu dan jadwal hariannya sendiri.

Mengasah kemampuan berpikir logis dan rasional

Ada yang bilang ilmu matematika itu ilmu pasti. Semua bisa diukur dengan hasil yang akurat, bukan hanya dari persepsi seseorang. Nah hal inilah yang akan mengasah kemampuan anak untuk berpikir secara logis dan rasional.

Melatih kecermatan dan ketelitian anak

Melanjutkan perihal di atas, saat berhitung sangat dibutuhkan ketelitian dan kecermatan agar hasil yang didapatkan adalah tepat. Dengan sering berlatih berhitung, anak akan terbiasa untuk mengerjakan sesuatu dengan teliti dan tidak terburu-buru.

Meningkatkan kemampuan numerasi anak

Manfaat belajar berhitung untuk anak yang selanjutnya, anak akan memiliki kemampuan dasar yang kuat sebagai modal kehidupannya kelak. Berhitung bukan hanya masalah kemampuan akademik saja. Namun, berhitung juga menjadi modal dalam lifeskills seseorang. Pasti sebagai Ibu menginginkan anaknya kelak bisa bijak dalam mengelola keuangan bukan?

Meningkatkan kreativitas anak

Dalam ilmu matematika banyak sekali dijumpai rumus-rumus dalam perhitungan. Namun seiring perkembangan jaman, banyak sekali dijumpai rumus atau cara-cara baru yang lebih mudah digunakan untuk menyelesaikan suatu perhitungan. 

Nah dengan sering berlatih dan berkutat dengan angka, dapat melatih kreativitas anak untuk bisa menemukan caranya sendiri yang lebih mudah.

Luar biasa bukan manfaat dari belajar berhitung untuk anak? Itulah kenapa berhitung menjadi satu bahan ajar yang penting untuk diajarkan ke anak sejak dini. Tapi apa tidak kasihan, masih kecil sudah diajari berhitung?

Eitss, Ibu tak perlu khawatir akan membebani anak yaa. Pada dasarnya banyak Ibu yang justru senang mengajarkan anak berhitung sejak anak mulai lahir. Meski hanya sebatas menyebutkan angka demi angka saat memakaikan baju atau memijat lembut tubuhnya. Itu sudah menjadi modal besar untuk melatih anak berhitung lho.

Mengajarkan anak berhitung jangan membayangkan cara berhitung seperti jaman sekolah era 90-an. Saat ini sudah banyak cara dan juga media yang menyenangkan, yang bisa digunakan sebagai bahan ajar dalam mengajari anak membaca hingga berhitung.

Cara dan Media untuk Mengajari Anak Berhitung

Saat ini sudah banyak sekali metode belajar berhitung yang bisa Ibu pilih untuk mengajarkan anak. Mulai dari metode Montessori dengan konsep konkret ke abstrak. Ada juga metode STEAM yang mengusung konsep eksperimen yang menyenangkan. namun pada dasarnya Ibu bisa mengajarkan anak berhitung dengan lebih mudah dengan cara dan media yang mudah digunakan.

#1 Belajar berhitung menggunakan jari

Kita mulai dengan cara konvensional sebagai permulaan mengajari anak berhitung. Saat anak sudah lancar berbicara dan terbiasa dengan urutan angka, ajak anak untuk menghitung jari-jarinya. Ibu bisa mulai dengan mengajaknya menghitung jari tangan kanannya, kemudian ditambahkan dengan jari tangan kirinya.

cara mengajarkan anak berhitung


Maka anak akan dengan mudah menguasai penjumlahan yang dengan hasil maksimal 10. Cara ini juga bisa digunakan untuk anak berlatih menghitung pengurangan yaa. Selain mudah dan praktis, cara ini juga mampu merekatkan bonding Ibu dengan anak.

#2 Belajar menghitung benda secara konkret

Seperti sudah disebutkan di atas, mempelajari sesuatu (termasuk berhitung) dalam metode Montessori lebih baik dimulai dengan benda yang konkret. Bukan hanya sekadar menghitung angka demi angka dalam sebuah gambar dua dimensi. 

Cara ini memang cukup efektif untuk mengajari anak berhitung. Ibu bisa mengajak anak menghitung benda-benda yang ada disekitarnya. Mulai dari hal yang sederhana seperti saat anak makan camilan yang Ibu siapkan. Ibu bisa mengajak anak menghitung jumlah potongan buah dalam mangkuknya. Lalu setelah anak memakan beberapa potong, Ibu minta anak untuk menghitung jumlah buah yang tersisa.

#3 Bermain roleplay

Bermain peran menjadi salah satu hal yang disukai anak saat bermain. Ibu bisa mengajaknya roleplay menjadi kasir di supermarket. Ibu menjadi pembeli dan minta anak sebagai kasir yang akan menghitung jumlah belanja Ibu.

Bermain roleplay seperti ini juga bisa mengembangkan imajinasi anak serta melatih kreativitas si Kecil. Pun menjadi quality time bersama anak yang menyenangkan, sehingga anak akan semakin senang dalam belajar.

#4 Belajar berhitung nominal uang

Saat bermain roleplay seperti di atas, Ibu juga bisa sekaligus mengajarkan anak literasi finansial dengan menggunakan nominal uang yang sesungguhnya. Tinggal Ibu sesuaikan saja dengan umur dan kemampuan si Kecil.

Saat anak pertama ku berumur 4 tahun, dia sangat tertarik dengan uang dan sering menanyakan nominalnya. Untuk memenuhi rasa ingin tahunya, aku pun mengajarkan urutan nominal mulai koin 100 hingga kertas 100.000 rupiah.

Sebagai praktik langsung, aku pun sering kali memintanya untuk membeli tempe ke tukang sayur keliling. Dia pun sangat antusias dan suka menghitung berapa seharusnya dia mendapat uang kembali.

#5 Belajar berhitung secara digital

Cara lain untuk belajar berhitung yang praktis dan menyenangkan untuk anak adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Hidup di era digital, satu sisi memang memberikan banyak kemudahan untuk kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam memberi pengetahuan dan pendidikan ke anak.

Saat ini banyak sekali game belajar berhitung yang bisa dijadikan sebagai media belajar anak. Tentu dengan pendampingan dan juga terapkan screentime rules untuk anak yaa. Pilih permainan digital yang interaktif dan juga bebas dari gangguan iklan agar tidak mengganggu konsentrasi si Kecil.

Game Belajar Berhitung yang Menyenangkan

Waktu screentime akan menjadi lebih bermanfaat saat digunakan untuk sarana anak belajar berhitung seperti ini.

Permainan Menghitung Jumlah Koin

Penjumlahan menjadi latihan dasar untuk belajar berhitung. Dengan bermain Treze Coins, anak bisa belajar penjumlahan dengan bilangan satuan hingga puluhan. Ada tiga jenis nilai nominal yang bisa dipilih sesuai kemampuan si Kecil.
Game belajar berhitung

Sebagai permulaan, Ibu bisa mengajak anak bermain games edukasi ini dengan nilai nominal koin satuan terlebih dahulu. Setelah anak lancar berhitung dan mampu menghitung penjumlahan di atas 10, maka Ibu bisa mengganti permainan ini dengan pecahan 1 dan 10 atau 1, 5, dan 10.

Selain belajar berhitung, saat bermain game ini bisa sekaligus melatih motorik halus anak dengan mengoperasikan kursor pada PC ataupun laptop yang Ibu sediakan.

Permainan Simulasi Kasir

Game belajar berhitung lainnya yang juga tak kalah menarik adalah Cashier Simulator. Masih dari website Mortgage Calculator, permainan ini menjadi media untuk bermain roleplay tanpa perlu menyiapkan banyak barang untuk anak mainkan. Game ini sangat menarik dan akan membuat anak merasa menjadi kasir yang sesungguhnya.
Belajar menghitung untuk anak

Tak hanya belajar penjumlahan, anak juga bisa latihan pengurangan. Bahkan anak bisa belajar berhitung dengan pecahan desimal. Jika berhasil menyelesaikan dua transaksi dengan benar, maka si Kecil bisa melanjutkan ke level selanjutnya dengan tingkat kesulitan yang bertambah.

Tak hanya menghitung penjumlahan dan pengurangan saja, anak bisa belajar perkalian dan juga alat pembayaran selain uang tunai lho. Jadi sekaligus belajar literasi finansial kan? Jika anak semakin jago berhitung, pasti si Kecil bisa menyelesaikan 160 level dalam permainan ini.  

Kedua game belajar berhitung di atas bisa Ibu akses secara gratis tanpa perlu mengunduh aplikasi lho. Bahkan masih ada bayak pilihan game seru lainnya yang bisa Ibu pilih dan sesuaikan dengan usia dan minat si Kecil. 

Bermain game seperti ini justru lebih nyaman saat dioperasikan melalui website pada laptop atau PC di rumah. Jadi Ibu bisa lebih tenang tanpa khawatir anak mengakses hal lain karena mudah untuk diawasi.

Screentime bersama anak jadi lebih bermanfaat karena anak bisa belajar berhitung melalui permainan yang menyenangkan. Anak pun juga tidak menyadari bahwa dirinya sedang berlatih penjumlahan, pengurangan, bahkan perkalian sekaligus belajar tentang uang. Sekali dayung, 3 literasi dasar (numerasi, digital, dan finansial) untuk anak bisa diberikan sekaligus. Tak hanya itu, dengan bermain game belajar berhitung bersama Ibu seperti ini, belajar matematika bisa menjadi moment yang mungkin akan dirindukan si Kecil saat dia dewasa nanti. 


Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

12 komentar

  1. Banyak bgt ya manfaat belajar berhitung ini. Aku juga suka ngajarin anakku sambil bermain sambil diselipkan berhitung. Masih 2 tahun jadi cuman bilang sembilan, sepuluh aja wkwkwk. Seru juga ya ada game berhitung gini. Game ada manfaatnya ga cuman main aja, hehe.

    BalasHapus
  2. Whah seru banget sepertinya bisa belajar berhitung dengan game. Anak-anak pasti senang banget dengan metode seperti ini.
    From this we know, game ada manfaatnya juga ternyata

    BalasHapus
  3. Wah bagus juga ini, nanti mau ah cek cek game anaku dan mau cari yang model" gini biar bisa belajar juga

    BalasHapus
  4. Metode belajar sekarang udah canggih banget. Anak² pasti makin seneng dan jadi semangat belajarnya. Apalagi kalo kalo pake pc ortu jd gak khawatir anak kecanduan hp.

    BalasHapus
  5. Anakku ketagihan buat mainan yg treze coin mbak hehehe.. dia jadi semakin kreatif berpikirnya dalam memecahkan masalah

    BalasHapus
  6. banyak sekali ya game belajar berhitung ini disesuaikan dengan perkembangan jaman dan tentunya tetap memenuhi kaidah pembelajaran yang bermakna untuk anak2

    BalasHapus
  7. perlu dicoba nih mbak, buat simulasi emaknye dulu baru mengajarkan ke anak,hhhe. Lagian si kecil juga sedang suka berhitung kalau lihat angka-angka di tembok (yg kupasang poster aneka ragam)

    BalasHapus
  8. Banyak caranya ya, tergantung kreatifitas ortu mengajarkan angka, yang seru melalui games ini ya

    BalasHapus
  9. Good way of explaining, and fastidious piece of writing to take facts

    BalasHapus
  10. Very neat blog. Really thank you! Great article you show us here

    BalasHapus
  11. It was definitely informative. Your site is very useful.

    BalasHapus
  12. Simple but very precise information... Thanks for sharing this one.

    BalasHapus

Posting Komentar