ivacwicha-header

Cara Aman Daftar Umroh di Travel Umroh Resmi

Konten [Tampil]

Dari tahun ke tahun, masih saja ditemukan kasus penipuan travel umroh yang belum juga menemukan titik terang. Kemudahan daftar umroh di Jakarta dengan iming-iming harga yang jauh lebih murah membuat orang mudah sekali tergiur dan terjebak dalam biro travel umroh bodong. Oleh karena itu, perlu diketahui terlebih dahulu cara mengecek travel umroh resmi, agar niat ibadah ke tanah suci tidak kandas di tengah jalan.

Siapa yang tak ingin menginjakkan kaki ke Baitullah? Bagi orang yang beriman, pastinya berkeinginan untuk bisa beribadah langsung di Mekah dan Madinah. Mengingat berbagai rangkaian ibadah di tanah haram bernilai pahala yang berkali-kali lipat.  
keutamaan ibadah umroh
Bahkan ibadah umroh juga bisa menghapus dosa-dosa diantara dua umroh. Antrian haji yang semakin panjang, membuat kebanyakan orang memilih untuk melakukan ibadah umroh terlebih dahulu. Syukur-syukur sembari menunggu antrian haji yaa.

Tentu saja hal ini bukan sesuatu yang melanggar syariat dan memang diperbolehkan. Bahkan Rasulullah SAW sendiri melaksanakan umrah sebelum melaksanakan ibadah haji. Namun perlu diingat kembali, bahwa ibadah umroh tidak dapat menggantikan kewajiban berhaji sebagai rukun islam yang kelima.

أَنَّ عِكْرِمَةَ بْنَ خَالِدٍ سَأَلَ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَنِ الْعُمْرَةِ قَبْلَ الْحَجِّ، فَقَالَ : لَا بَأْسَ. قَالَ عِكْرِمَةُ : قَالَ ابْنُ عُمَرَ : اعْتَمَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْلَ أَنْ يَحُجَّ
Bahwa Ikrimah bin Khalid bertanya kepada Ibnu Umar RA tentang melaksanakan umrah sebelum haji. Maka Ibnu Umar menjawab, “Tidaklah mengapa.” Ikrimah berkata, berkata Ibnu Umar RA, “Nabi ﷺ melaksanakan umrah sebelum haji.” (HR Bukhari no 1651)
Jadi bukanlah suatu masalah bagi seseorang yang lebih memilih untuk umroh terlebih dahulu sebelum berhaji. Baik umroh maupun haji, merupakan ibadah yang tidak hanya membutuhkan kemampuan fisik, tetapi juga memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Untuk itu jangan sampai biaya yang dikumpulkan untuk ibadah umroh menjadi sia-sia karena kurangnya ketelitian dalam memilih biro travel umroh yang terpercaya. Pastikan jasa travel umroh yang akan dipilih sudah terdaftar secara resmi. Bagaimana cara mengeceknya? Yuks simak hingga akhir.

Cara Mengecek Travel Umroh Resmi

Daftar umroh di Jakarta maupun kota lainnya, kini bisa dilakukan dengan mudah baik online maupun offline. Namun pastikan biro jasa travel umroh yang dipilih merupakan travel umroh yang resmi dan sudah terdaftar dalam Kementerian Agama yaa.

Berikut cara untuk mengetahui dan mengecek apakah penyelenggara umroh sudah terdaftar secara resmi.

Kunjungi website Simpu Kemenag

Kementerian Agama (Kemenag) telah memberikan kemudahan bagi para calon jamaah haji atau pun umroh untuk mengecek terlebih dahulu travel agen yang sudah terdaftar secara resmi di Kemenag. Saat artikel ini dibuat, terdapat 2.111 data travel umroh yang sudah terdaftar dalam website Simpu Kemenag.

Pada laman awal Simpu Kemenag (https://simpu.kemenag.go.id/) akan langsung muncul menu “Pencarian PPIU (Penyelengga Perjalanan Ibadah Umroh)".

Masukan kata kunci pencarian

Isi keyword pada kolom “Cari PPIU” berupa nama PPIU, nomor SK, alamat kantor, bahkan bisa juga nama direktur dari travel umroh yang akan dipilih. Jika belum mendapat kandidat travel umroh yang akan dipilih, pencarian PPIU juga bisa dilakukan dengan menyortir berdasarkan provinsi pada menu PPIU seperti gambar berikut.
cara mengecek travel umroh resmi

Download Aplikasi Umroh Cerdas

Selain melalui website, untuk mencari dan memeriksa PPIU yang sudah terdaftar di Kemenag juga bisa diakses melalui aplikasi Umroh Cerdas yang bisa diunduh secara gratis melalui android atau pun IOS. Selain itu, ada beberapa fitur andalan lainnya yang bisa digunakan untuk memudahkan persiapan umroh.

Yups, karena selain dana, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dan juga dipersiapkan sebelum berangkat umroh ke tanah suci.

Persiapan Daftar Umroh di Jakarta dan Kota Lainnya

Setelah mengecek travel umroh yang dipilih sudah terdaftar dalam Kemenag. Saatnya untuk melakukan persiapan lain yang juga tidak kalah penting. 

1. Pilih jenis paket umroh yang diinginkan

Biasanya paket umroh yang ditawarkan biro travel umroh dibedakan berdasarkan tipe hotel, waktu keberangkatan serta lamanya pelaksanaan umroh itu sendiri. Tentunya hal-hal tersebut akan mempengaruhi besarnya harga paket umroh yang akan dipilih.

Kemenag RI telah menentukan batas terendah harga paket umroh, dengan harga sekitar 19 juta rupiah untuk penginapan hotel bintang empat. Jika menemukan biro travel umroh yang menawarkan harga di bawah standar tersebut, maka perlu dipertanyakan keamanannya.

2. Menyiapkan dokumen yang diperlukan

Untuk pendaftaran umroh, diperlukan beberapa dokumen wajib yang harus dilampirkan. Selain fotocopy KTP dan Kartu keluarga (KK), berikut dokumen yang biasanya dibutuhkan saat mendaftar umroh.
  • Pas foto dengan background putih
  • Paspor asli dengan nama minimal 3 kata
  • Buku nikah (bagi jamaah suami istri)
  • Akte kelahiran (bagi jamaah anak)
  • KK asli (bagi jamaah wanita diatas usia 45 tahun)
daftar umroh di jakarta

3. Melakukan pembayaran uang muka

Jika sudah menentukan jenis paket umroh yang akan diambil, siapkan dana untuk deposit ke biro jasa travel umroh terpercaya. Siapkan dana sekitar 5-10 juta per orang. Besarnya DP (down payment) bisa berbeda, tergantung dari jenis paket yang dipilih. Jangan lupa untuk meminta bukti bayar asli dari pembayaran DP atau deposit yang diberikan.

4. Melakukan vaksin meningitis

Vaksin meningitis merupakan salah satu vaksin wajib yang harus dilakukan sebelum berangkat ke tanah suci, baik umroh maupun haji. Vaksin ini harus dilakukan untuk meminimalisir risiko terjadinya peradangan selaput otak dan saraf tulang.

Jangan lupa untuk meminta surat telah divaksin ya, karena bukti asli vaksin ini akan diminta oleh biro travel umroh sebagai salah satu dokumen pengurusan yang tidak bisa dilewatkan.

5. Siapkan dana tambahan di luar biaya paket umroh yang dipilih

Selain menyiapkan dana sejumlah harga paket yang dipilih, jangan lupa untuk anggarkan juga biaya lain seperti biaya pembuatan paspor (jika belum punya), biaya vaksin, biaya pengurusan surat mahram (jika berangkat sendiri), dan biaya-biaya lain selama perjalanan umroh seperti biaya kelebihan bagasi, biaya laundry, telepon, dll.

Jika berangkat dari luar kota Jakarta, biaya akomodasi dari kota asal pun biasanya di luar biaya paket umroh yang ditawarkan. Jadi perlu dilakukan perhitungan yang matang ya sebelum memutuskan untuk berangkat ibadah umroh ke tanah suci.

Kesimpulan

Ibadah umroh merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan bagi yang mampu, baik mampu secara fisik maupun materi. Butuh banyak persiapan dan juga pertimbangan agar ibadah umroh bisa berjalan dengan lancar. Dengan mengetahui beberapa cara dan persiapan di atas, semoga tidak ada lagi kasus atau korban penipuan biro travel umroh yang tidak bertanggung jawab. Sehingga ibadah umroh bisa terealisasikan dan kembali ke tanah air dengan kondisi keimanan yang lebih baik lagi.

Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

13 komentar

  1. Jadi ingat pengalaman buruk saat umroh 2018. Waktu itu ikut paket umroh plus Turki. Pas jadwal pulang, ada puluhan jamaah yang gak bisa pulang ke tanah air karena gak kebagian tiket pesawat, dan pihak travel lepas tangan... Gila gak?
    Untung aku sekeluarga (ber5) termasuk yang kebagian tiket. Deg2an banget waktu itu. Makanya penting banget cek legalitas travel umroh sebelum daftar

    BalasHapus
  2. Infonya lengkap mba. Emang memilih travel umroh gini harus teliti. Katanya amanah ternyata belum tentu. Kasian juga orang² yg niat ibadah dg jumlah uang yg tidak sedikit justru dijadikan main² oleh agen nakal.

    BalasHapus
  3. Jadi inget kejadian yang baru-baru ini dialami sama tetangga yang berencana umroh. Sudah well prepared bahkan sudah selametan di rumahnya dengan mengundang tetangga-tetangga, eh pas besoknya jadwal berangkat, tetiba travelnya bilang cancel tanpa alasan yang jelas. Kasian banget, dan jadi pelajaran tentunya untuk hati-hati memilih travel

    BalasHapus
  4. Jadi inget kasus penipuan yang dilakukan pemilik travel umrah yang merupakan suami istri. Mereka enak-enakan bergelimang harta, sedangkan banyak orang yang telah menyetorkan uang ke travel mereka tidak jadi berangkat. Sedihnya, kebanyakan para korban itu merupakan para lansia dan orang biasa yang menabung bertahun-tahun demi umroh.

    BalasHapus
  5. Masha Allah mba, aku belum pernah umroh. Jadi ada gambarannya untuk cek travel umroh yang resmi. Nggak kebayang sih kalau dpt yg nggak trusted, masa ibadah malah jadi sedih karena kena tipu oknum, na'udzubillah :( bismillah semoga bisa ke Baitullah pas masih sehat bugar :') aamiin

    BalasHapus
  6. Penting sekali bagi kita ketika berniat melaksanakan umroh untuk mengecek biro travel umroh yg aman dan terpercaya, plus syarat dan kelengkapannya. Thx kak infonya, penting sekali untuk dicermati karena banyak terjadi kasus penipuan.

    BalasHapus
  7. Harus teliti ya jangan sampai dapet travel umroh bodong biar ibadah umrohnya bisa khusyu. Alhamdulillah aku baru tahu bisa cek di Simpu Kemenag. Semoga aku juga bisa segera umroh, aamiin. Makasih mbak caranya lengkap sekali.

    BalasHapus
  8. Sangat disayangkan ada beberapa travel umroh yang tidak amanah, padahal jumlah travel yang amanah lebih banyak. Sayangnya banyak yang tergoda dengan harga miring yang sering ditawarkan oleh travel yang tidak amanah. Sangat penting untuk mengecek validitas travel dan harga normal perjalanan umroh sehingga kita bisa terhindar dari travel umroh yang tidak amanah

    BalasHapus
  9. Harus teliti banget ya kita untuk cek travel umroh, jangan sampai niat bersih kita untuk bertamu ke rumah Allah jadi terhambat, apalagi era digital sekarang kita bisa benar mencari travel umroh yang kita mau tuju, apakah dipercaya atau engga

    BalasHapus
  10. bisa menjadi referensi kami yang baru memiliki niat buat melengkapi segenap ibadah kami. bertabur catatan penting dari tulisan ini mbak, biar ibadah makin khusyu dan terhindar dari penipuan penyelenggara travel

    BalasHapus
  11. Mbak terima kasih tulisannya, jadi punya gambaran nih kalau nanti mau umroh. Semoga kita semua diberi rezeki yang lancar dan berkah, umur yang panjang dan kesehatan selalu, biar bisa umroh ke Tanah Suci ya mbak. Aamiin.. Siapa sih umat Islam yang nggak pengen ke Baitullah, huhuhu. Ini impian setiap umat Islam. Makanya tega bener kalo ada biro umroh yang gak amanah..

    BalasHapus
  12. MasyaAllah terimakasih informasinya lengkap sekali kak. Bismillah semoga someday aku dan keluarga dapat berangjat menjadi tamu Allah. Amien

    BalasHapus
  13. Memilih travel untuk kemudahan dna kelancaran ibadah umroh kita harus hati-hati dan betul-betul tahu bagaimana profil dan di track record-nya. Apalagi ini ibadah yang cukup membutuhkan effort untuk mengumpulkan akomodasi dan lain sebagainya.

    BalasHapus

Posting Komentar