ivacwicha-header

Tips Memilih Anting Bayi yang Aman, Lengkap dengan Plus Minusnya

Konten [Tampil]

Ada banyak hal yang perlu disiapkan saat menantikan kelahiran buah hati nan cantik jelita di tengah keluarga. Mempersiapkan anting bayi yang aman untuk dipakaikan di telinga mungilnya pun menjadi satu hal yang tak boleh dilupakan.

Menggunakan anting pada anak perempuan menjadi suatu budaya khas Indonesia, yang menjadi pembeda antara bayi perempuan dan bayi laki-laki. Selain itu, menggunakan anting juga bisa mempercantik tampilan agar bayi yang masih lugu tidak terlihat seperti laki-laki.

Maka dari itu, penggunaan anting bayi yang aman pada anak perempuan menjadi suatu tradisi turun temurun yang akan dianggap aneh jika tidak dilakukan. Toh dalam Islam pun, tidak ada pelarangan menggunakan perhiasan, asalkan tidak berlebihan yaa.

Penggunaan anting pada anak perempuan, biasanya dilakukan sejak anak masih bayi. Bayi yang baru lahir di rumah sakit atau bahkan di bidan pun, biasanya akan mendapat tawaran untuk melakukan tindik telinga pada bayi perempuan.

Tindik telinga pada bayi dilakukan agar penyembuhan luka tindik lebih cepat dan juga anak jadi minim trauma. Namun perlu diperhatikan beberapa hal agar kulit telinga bayi tidak mengalami infeksi yang justru bisa membuat bayi merasa tidak nyaman.

Tips Memilih Anting Bayi yang Aman untuk Newborn

Sebelum memutuskan untuk menindik telinga bayi, perlu dipersiapkan terlebih dahulu anting yang akan digunakan si Kecil. Perhatikan beberapa hal berikut dalam pemilihan anting bayi yang aman, bahkan untuk bayi baru lahir sekalipun.

1. Bahan dan kualitas anting

Kulit bayi lebih sensitif jika dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Apalagi jika orang tua si bayi memiliki riwayat alergi. Anting dengan bahan dasar emas, akan lebih aman digunakan karena minim menimbulkan alergi.

Anting berbahan dasar emas dengan kadar di atas 14 karat jauh lebih aman digunakan bayi baru lahir. Hal ini dikarenakan emas dengan kadar karat yang tinggi akan menurunkan risiko alergi pada kulit, karena pengaruh reaksi campuran logam selain emas pada anting.

Hindari pemilihan anting emas yang mengandung bahan-bahan atau logam campuran yang bisa memicu alergi. Bahan berbahaya seperti timbal dan kadmium, merupakan kandungan berbahaya pada logam yang dapat memicu keracunan hingga kerusakan sel.

Selain itu, produk anting emas putih dan rose gold juga mengandung nikel dan tembaga yang dapat memicu alergi pada kulit bayi. Nah, untuk versi low budget nih, pilihlah anting bayi yang aman dengan bahan logam lain seperti perak, platinum, atau palladium.

2. Ukuran dan bentuk anting

Memilih anting untuk bayi jangan hanya mengutamakan model atau pun bentuk yang disuka saja. Pilih anting dengan ukuran yang sesuai dengan ketebalan cuping telinga si Kecil. Anting yang terlalu besar dan berat justru bisa membuat lubang telinga anak menjadi lebar dan bisa membuat bayi kurang nyaman.

Dokter spesialis anak merekomendasikan berat anting emas pada bayi tidak lebih dari 2 gram. Selain itu perhatikan model atau bentuk anting yang akan dipakaikan ke bayi. Jangan memilih anting yang dengan hiasan menjuntai yang bisa membuat anting mudah tersangkut pada rambut atau pun baju bayi.

3. Cara pemasangan anting

Memakaikan anting pada bayi tentu tak semudah memakai anting untuk telinga sendiri. Untuk itu pilihlah anting yang mudah dipasang, namun juga tidak mudah terlepas. Banyak kasus ditemukan bayi yang menelan antingnya sendiri. Hal ini dikarenakan anting bayi tersebut mudah terlepas dengan sendirinya atau pun karena dimainkan si Kecil.

4. Tindik telinga dengan tenaga ahli

Melakukan tindik pada bayi baru lahir (newborn) tentu tidak bisa sembarangan. Karena kulitnya yang masih sensitif, tindik bayi harus dilakukan oleh tenaga ahli dengan menggunakan alat yang steril. Saat ini sudah banyak sekali metode tindik telinga bayi yang ada di rumah sakit atau pun klinik piercing khusus.

Setelah melewati drama kelahiran anak kedua yang penuh lika-liku, dimana aku bingung pilih induksi atau caesar. Aku langsung ditawari pihak rumah sakit tempat aku bersalin, untuk melakukan tindik telinga pada bayi perempuanku.

Namun, di rumah sakit tersebut (dan juga kebanyakan rumah sakit lain) tindik telinga masih dilakukan secara konvensional dengan jarum. Aku pun tidak mengambil tawaran tersebut. Pun saat konsultasi dengan dokter spesialis anak, beliau menyarankan untuk tindik bayi setelah lewat waktu sepekan saja.

Akhirnya aku memutuskan menindik telinga anakku saat usianya satu bulan. Sebelumnya sudah aku tuliskan tentang pengalamanku tindik telinga bayi dengan teknologi one push. Alhamdulillah, bayiku hanya menangis sebentar saja saat ditindik. Karena tidak ada luka sama sekali, perawatannya pun sangat mudah.
Tindik-telinga-bayi
Namun minus-nya dari metode tersebut adalah anting yang digunakan sudah satu paket dengan tindik dimana model anting sangat terbatas. Padahal saat ini, ada banyak sekali jenis dan model anting yang lucu-lucu dan menggemaskan yaa.

Jenis-jenis Anting Bayi Newborn 

Ternyata memilih anting untuk bayi cukup membuat galau ya Buibuu. Apalagi saat ini model dan desain antingnya pun sangat bervariasi. Seperti tips yang sudah disebutkan di atas. Bentuk atau model anting menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan, karena berpengaruh juga dengan cara pemasangan anting ke telinga anak.

Berikut beberapa jenis anting bayi newborn yang bisa dipertimbangkan dengan memperhatikan plus minus dari masing-masing jenis anting yang ada.

#1 Anting bayi stud

Model anting bayi stud atau lebih dikenal dengan anting tusuk, bisa dibilang paling simple dan paling mudah dipakaikan ke anak. Anting model ini pula yang digunakan untuk tindik bayi dengan metode one push seperti yang aku pilih tadi.

Namun kekurangannya, model anting tusuk seperti ini terbilang mudah lepas saat anak memainkannya. Belum lagi, saat menyeka rambut dan kepala bayi setelah mandi. Anting model ini seringkali terlepas tanpa disengaja.

#2 Anting bayi hoop

Anting bayi satu ini merupakan model anting klasik yang masih diminati hingga saat ini. Model atau desainnya memang sederhana. Namun anting model ini lebih aman digunakan bayi ketika sudah mulai aktif, karena sulit terlepas. Begitu pula saat memasangkannya, yang sedikit lebih sulit dan ekstra hati-hati.

#3 Anting bayi clip

Anting bayi jenis ini juga tak kalah mudah dipasangkan seperti anting jenis stud. Model atau pun karakternya yang lebih bervariatif, membuat para Ibu lebih memilih anting jenis ini. Saat memasangkan anting bayi model klip, perlu dipastikan pengait anting sudah terpasang dengan sempurna hingga berbunyi “klik” yaa.

#4 Anting bayi loop end

Jenis anting untuk bayi yang paling baru adalah anting bayi loop end atau disebut juga anting toge. Mungkin karena bagian pengaitnya yang bulat lebih besar dari bagian depannya seperti toge sehingga disebut anting toge. Namun desainnya yang demikian tentu bukan asal-asalan.

Bagian pengait yang menyatu dengan bagian depan anting membuat anting ini sulit terlepas dari telinga anak. Namun untuk memasangkannya pun tentu tak semudah anting jenis lain. Tak berhenti disitu, menggunakan anting toge seperti ini perlu sering dicek dan dibersihkan yaa.

Belum lama ini, seorang public figure pernah berbagi pengalaman yang kurang menyenangkan di media sosial Instagramnya, terkait penggunakan anting toge untuk anaknya. Singkat cerita, bagian ujung pengait belakang anting toge ini bisa menembus ke kulit seiring dengan pertumbuhan si Kecil. Akhirnya anaknya tersebut dilarikan ke IGD untuk melepas anting tode tersebut.

Jadi memang ada plus minus masing-masing yaa dari setiap jenis anting bayi yang ada. Oleh karena itu, penggunaan anting pada anak tidak sebatas selesai pada tindik telinga dan pemilihan anting saja. Tetapi juga perlu dilakukan perawatan dan pengecekan secara rutin area telinga dan anting si Kecil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari berbagai tips dan jenis anting yang sudah dijelaskan di atas, kira-kira Ibu lebih suka dan cenderung memilih anting yang mana nih untuk dipakaikan ke anak? 
Atau Ibu tim yang cari aman saja, dengan tidak melakukan tindik telinga pada bayi perempuannya? Sehingga saat anak beranjak besar, dia bisa memutuskan sendiri? Yuks boleh sharing di kolom komentar ya, jenis anting bayi yang aman pilihan Ibu untuk dipasangkan ke telinga mungil si Kecil.



Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

34 komentar

  1. Great article you show us here

    BalasHapus
  2. It was definitely informative

    BalasHapus
  3. Way cool, some valid points!

    BalasHapus
  4. An awesome motivating article

    BalasHapus
  5. I like all the points you made

    BalasHapus
  6. Wow, superb blog layout! Magnificent, let alone the content fantastic.

    BalasHapus
  7. I extremely like this post.Thanks for the detailed you provide.

    BalasHapus
  8. For certain I will review out more posts. Keep on sharing dude.

    BalasHapus
  9. Really appreciate you sharing this article. Much thanks again.

    BalasHapus
  10. Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog.

    BalasHapus
  11. Big thumbs up for making such wonderful blog page!

    BalasHapus
  12. Good article. I’m going through many of these issues as well..

    BalasHapus
  13. I’m really glad I have found this information.

    BalasHapus
  14. Thanks for keeping this web site, I’ll be visiting it.

    BalasHapus
  15. This is the right site for everyone who would like to find out about this topic.

    BalasHapus
  16. I am glad that you shared this useful information with us.

    BalasHapus
  17. You make so many great post here. I read your article twice. Its good!

    BalasHapus
  18. Your blog is wonderful. I love this small presentation.

    BalasHapus
  19. Thank you again for all the knowledge you distribute, Good post. I was very interested in the article

    BalasHapus
  20. Very nice article, i enjoyed reading your post, very nice share, i want to tweet this to my followers. thank you!

    BalasHapus
  21. Each & every tips of your post are awesome. Thanks a lot for sharing. Keep blogging,

    BalasHapus
  22. Your blog has been really great. I learned a lot from here.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woah! I'm really enjoying the template/theme of this website.

      Hapus
  23. I am sure this article has touched all the internet viewers,

    BalasHapus
    Balasan
    1. its really really nice post on building up new website.

      Hapus
  24. It will always be helpful for articles to read something from practice on different sites from other writers.

    BalasHapus
    Balasan
    1. This is very interesting, You’re an excessively skilled blogger

      Hapus
  25. Also, I’ve shared your site in my social networks.

    BalasHapus
  26. Thank you for providing a good quality article.

    BalasHapus
    Balasan
    1. I like this website! Glad I found this on google. Its nice, thanks

      Hapus
  27. Deskripsikan produk anting bayi yang aman dan dapat diandalkan, menyoroti keamanan, kenyamanan, dan desain yang cocok untuk bayi Anda. Tekankan kualitas dan keamanan sebagai prioritas utama dalam pemilihan perhiasan untuk bayi.
    DUI Lawyer Frederick VA




    BalasHapus
  28. The BA 2nd Year students have started searching for the B.A Part II Exam Result because they want to know the B.A Part II Year Result 2023 very soon.

    BalasHapus

  29. What a nice post! I'm so happy to read this

    BalasHapus
  30. So good to discover somebody with a few unique thoughts on this subject matter.

    BalasHapus

Posting Komentar