ivacwicha-header

Manfaatkan Kemudahan Belajar Matematika Online di Era Digital

Konten [Tampil]

Matematika merupakan salah satu ilmu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Tanpa disadari, banyak aktivitas sehari-hari yang menggunakan konsep dasar matematika. Namun sayangnya, sebagian anak justru menganggap matematika menjadi pelajaran yang menakutkan.

Padahal saat ini sudah banyak cara dan metode yang menyenangkan untuk mempelajari ilmu matematika. Salah satunya dengan belajar matematika online. Kecanggihan teknologi saat ini menjadi sebuah jalan untuk mempermudah anak belajar, termasuk dalam mempelajari matematika.

Padatnya jadwal sekolah, yang kebanyakan hingga lewat siang hari, membuat anak sudah kelelahan ketika sampai di rumah. Rasanya pasti tidak tega jika anak harus menempuh perjalanan (lagi) di tengah padatnya jalanan untuk mengikuti bimbel matematika.Belajar matematika online
Oleh karena itu, sebagai orang tua harus melek digital dan juga mengikuti perkembangan teknologi dalam pendidikan, demi memudahkan proses belajar anak. Saat ini sudah banyak sekali bimbel online interaktif untuk belajar matematika online yang memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Peran Digitalisasi dalam Dunia Pendidikan

Selama lebih dari dua tahun, kita semua mengalami pandemi COVID-19. Di saat yang bersamaan, digitalisasi merambah ke semua aspek kehidupan, temasuk pendidikan. Mulai dari School from Home, dimana pembelajaran sekolah dilakukan secara daring melalui berbagai aplikasi.

Lalu disusul dengan banyaknya bimbingan belajar online yang beragam. Tentunya semua hal tersebut memberikan kemudahan akses yang tidak terbatas, baik waktu maupun ruang. Era digitalisasi ini benar-benar memberikan peluang besar bagi para pelajar dan pembelajar untuk mengakses pengetahuan dan keterampilan secara lebih fleksibel dan mudah.

Di sisi lain, era digital ini juga membantu dalam mempersiapkan generasi yang siap menghadapi dunia yang semakin terhubung dan kompleks. Sehingga sebagai orang tua, bisa memaksimalkan peluang pada era ini agar anak dapat belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Kemudahan Belajar di Era Digital

Secara keseluruhan, digitalisasi telah membawa transformasi signifikan dalam dunia pendidikan. Teknologi digital telah mengubah cara dalam mengakses, menyampaikan, dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Peran digitalisasi dalam dunia pendidikan sangatlah penting dan membawa dampak yang luas.

Selama masa pandemi, aku sendiri sudah merasakan kemudahan belajar secara online. Baik untuk aku pribadi sebagai fulltime Mom yang terus ingin upgrade diri. Pun untuk anak pertama ku yang senang mempelajari hal baru.

Berbagai ilmu dan ketrampilan bisa didapatkan dengan mudah dan cepat, tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga dan waktu. Cukup dari rumah, tak perlu mengarungi kemacetan, ilmu pun bisa 'dilahap' dengan mudahnya.

Tak hanya itu, masih banyak kemudahan dan keuntungan lain yang bisa didapat dari belajar secara daring di era digital ini. Baik itu belajar matematika online atau pun mempelajari ilmu lainnya.
Belajar online

1. Aksesibilitas dan Keterjangkauan Tanpa Batas

Adanya berbagai platform pembelajaran online, siapa pun dan di mana pun dapat dengan mudah mengakses berbagai jenis materi pembelajaran. Ini sangat memudahkan orang-orang di daerah terpencil, yang sebelumnya sulit untuk mendapatkan akses pendidikan berkualitas. Melalui kursus online, webinar, dan sumber belajar digital lainnya, pengetahuan dapat diakses tanpa hambatan geografis.

2. Fleksibilitas Waktu dan Tempat

Digitalisasi memungkinkan pembelajaran yang lebih fleksibel, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing. Dengan adanya platform pembelajaran online, pelajar dapat mengatur jadwal belajar sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan mereka. Mereka dapat mengakses materi kapan saja, sehingga tidak terikat seperti jadwal kelas konvensional.

3. Pembelajaran yang Adaptif dan Personalisasi

Penggunaan teknologi memungkinkan adanya pendekatan pembelajaran yang lebih adaptif dan personal. Sistem pembelajaran cerdas dapat menyesuaikan kurikulum dan materi berdasarkan tingkat pemahaman masing-masing pembelajar. Sehingga tidak ada ketimpangan antara pelajar yang lebih cepat berkembang dan yang memerlukan waktu ekstra untuk lebih mendalam dalam pemahaman.

4. Konten Pembelajaran yang Beragam

Melalui digitalisasi, beragam jenis konten pembelajaran dapat disajikan secara lebih menarik dan interaktif. Konten seperti video interaktif, simulasi, dan animasi dapat membantu menggambarkan konsep yang sulit. Ini membuat proses pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami, terutama bagi siswa yang memiliki gaya belajar visual. Selain itu, konten multimedia juga dapat meningkatkan keterlibatan pelajar dalam proses pembelajaran, menjadikannya lebih menyenangkan dan efektif.

5. Pemantauan dan Evaluasi yang Lebih Baik

Pembelajaran online juga memberikan kemudahan dalam memantau dan menilai kemajuan belajar. Melalui platform digital, pengajar dapat memberikan tugas, ujian online, atau pun tugas berbasis proyek yang dapat diakses dan dinilai secara langsung. Ini memungkinkan feedback yang cepat kepada pelajar mengenai kinerja mereka, serta memungkinkan perbaikan yang lebih efektif.

Kembali ke pembahasan awal, dimana matematika menjadi salah satu pelajaran yang dianggap sulit bagi kebanyakan pelajar. Memanfaatkan digitalisasi saat ini menjadi salah satu cara yang memudahkan proses belajar anak, khususnya dalam memahami mata pelajaran eksakta satu ini.

Banyak orang tua yang mengaku kesulitan dalam mengajarkan perhitungan dan rumus dalam matematika. Selain karena materinya yang sulit, kesabaran saat mengajari anak sendiri itulah yang menjadi tantangan tersendiri. Tak khayal, jika banyak orang tua yang memilih memberikan bimbel matematika untuk anak-anaknya.

Agar lebih hemat waktu dan tenaga, serta merasakan berbagai kemudahan dari digitalisasi saat ini. Memilih belajar matematika online menjadi jalan ninja untuk menunjang prestasi anak di sekolah. Saat ini sudah banyak bimbel online interaktif yang menawarkan berbagai program menarik untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berbagai mata pelajaran.

Salah satunya adalah bimbel matematika Sinotif. Sinotif merupakan bimbingan belajar online, yang memiliki spesialisasi di bidang eksakta. Tak hanya matematika, tetapi juga fisika dan kimia. Dengan metode pengajaran online secara live dan interaktif, Sinotif memberikan pengalaman "BIMBEL ONLINE, RASA TATAP MUKA”.

Ada berbagai pilihan program belajar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan target masing-masing pelajar. Mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, bahkan mahasiswa semester awal suatu universitas pun bisa mengikuti bimbel online interaktif dari Sinotif.

Belajar Matematika Online Jadi Mudah dan Menyenangkan

Seperti sudah disinggung di awal, kecanggihan era digital saat ini bisa menjadi salah satu cara untuk bisa belajar matematika dengan lebih mudah. Hal ini sejalan dengan metode belajar yang diterapkan Sinotif dalam memberikan pengajaran ilmu matematika, fisika, maupun kimia.

Sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun, Sinotif telah membatu sebanyak 35.629 dari berbagai sekolah. Baik kurikulum Nasional, Nasional Plus, bahkan Internasional (seperti Cambridge, IB, HSC). Para pengajarnya pun merupakan guru-guru spesialis yang sudah tersertifikasi dan bisa terhubung selama 24 jam 7 hari.

Waaaw sekali yaa. Eeittss, tak berhenti disitu. Belajar matematika online di Sinotif juga terasa lebih mudah dan menyenangkan, karena metode belajarnya yang sistematis dengan konsep Sinotif Learning Metodh seperti di bawah ini.
Bimbel online matematika
Bahkan Sinotif memberikan pelayanan gratis 1x pertemuan sebagai kelas uji coba terlebih dahulu. Sinotif menjadi salah satu bukti nyata bahwa belajar matematika online bisa menjadi lebih mudah dan menyenangkan, dengan memanfaatkan digitalisasi yang ada saat ini. Ibu pun menjadi lebih tenang dan tak pusing lagi memikirkan cara mengajarkan matematika ke anak. 

Kesimpulan

Belajar matematika online bisa menjadi salah satu cara untuk menunjang prestasi dan kemampuan anak di sekolah. Berbagai kemudahan yang diberikan saat belajar online, tak luput dari peran digitalisasi saat ini. Dimana pelajar bisa mendapatkan sumber daya pembelajaran global tanpa mengenal batas fisik lagi. Namun demikian, penting untuk diingat bahwa digitalisasi juga memerlukan keterampilan baru, seperti literasi digital dan manajemen waktu, agar pembelajaran online dapat dimanfaatkan secara optimal. Untuk itu, peran orang tua masih terus diperlukan dalam mendampingi proses belajar anak-anaknya.
Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

18 komentar

  1. Di zaman modern seperti sekarang yang sudah terbiasa dengan digitalisasi, kita bisa belajar di mana saja dan kapan saja. Belajar tak harus selalu offline, tetapi dengan fasilitas online pun kita sudah mulai beradaptasi menggunakan sistem tersebut, jadinya lebih fleksibel seperti halnya di bimbel matematika sinotif

    BalasHapus
  2. Sebagai orang yang sulit memahami matematika sepertinya bantuan belajar online seperti ini layak dicoba ya

    BalasHapus
  3. Peran digital ini sangat membantu ya buat anak belajar matematika online dan ibu juga jadi bisa upgrade diri. Alhamdulillah skrng lebih mudah belajar karena bisa melalui online dengan Sinotif. Dulu, belajar matematika susah bgt karena ga ada yg bisa ditanyai. Kalau nanya orang tua bilangnya lupa 😅

    BalasHapus
  4. Dunia digital semakin berkembang ya, termasuk mengubah cara belajar, walaupun dilakukan secara daring tetap berasa seperti luring, nah ini penting juga, apalagi pelajarannya matematika

    BalasHapus
  5. Suka pas bagian keuntungan kalau pembelajarannya adaptif dan personal, itu pasti bikin anak nyaman banget buat belajar matematika.

    BalasHapus
  6. MasyaAllah. Transformasi teknologi digital yang seperti ini nih yang ditunggu-tunggu. Jadi memudahkan untuk belajar. Apalagi belajar matematika yang notabene jadi bahasa paling universal di era teknologi sekarang ini. Sinotif jadi salah satu yang memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik. Program yang ditawarkan juga sangat menarik...

    BalasHapus
  7. peran digitalisasi dalam pendidikan ini memang sedang in ya mbak. Segala bentuk pembelajaran telah dikaitkan dengan teknologi. termasuk belajar matematika, lebih asyik jika menggunakan sinotif learning metodh

    BalasHapus
  8. Sekarang udah gak ada alasan gak dateng ke kelas bimbel karena hujan atau lagi batuk pilek ya. Kan sekarang sudah ada bimbel online yang bisa diakses kapan saja :D

    BalasHapus
  9. Untuk yang sulit memahami pelajaran matematika ini menjadi solusi yang pas bangett nih.. Belajar online berasa lagi belajar tatap muka..

    BalasHapus
  10. Pelajaran matematika memang tidak mudah, Mbak. Termasuk saya yang nilai matematikanya standar saja hahaha. Makanya untuk meningkatkan kemampuan matematika, perlu kursus.
    Dan Alhamdulillah zaman sekarang sudah dimudahkan dengan adanya kursus online matemetika ya, Mbak.
    Anak-anak bisa fokus. Tidak perl kecapean ke tempat les. Hemat waktu dan tenaga.

    BalasHapus
  11. Saya penasaran dong pengen cobain bimbel online matematika-nya Sinotif ini, sekilas saya liat metodenya menarik banget.
    Pas banget nih, kebetulan anak saya yang pertama tuh kurang tertarik matematika, padahal itu kan penting juga ya

    BalasHapus
  12. Pas banget aku lagi nyari buat anakku. Karena sudah jam sekolah biasa pulang jam 3 kasihan kalau harus pergi untuk bimbel offline. Mending ke Sinotif yang metode pengajaran online secara live dan interaktif, dan memberikan pengalaman "BIMBEL ONLINE, RASA TATAP MUKA”.

    BalasHapus
  13. Belajar dengan cara online apalagi pelajaran eksakta tentunya jadi bisa dilakukan kapan aja dan gak terhalang lokasi. Sehingga kegiatan belajar tambahan ini juga bisa disesuaikan dengan waktu si anak ya

    BalasHapus
  14. Bersyukur banget generasi sekarang ya mbak, dipermudah dengan adanya teknologi. Dulu pas saya SMA saja harus datang ke lokasi bimbel langsung.

    BalasHapus
  15. Menurut pakar matematika, Prof Iwan Pranoto, penyebab matematika "dibenci" tuh karena tidak bisa dibuktikan/ilmu non empirik
    Sehingga butuh pendekatan berbeda pada setiap siswa agar menyukai matematika

    BalasHapus
  16. Jadi kepingin juga deh kak,, mau les matematika di sinotif udah hemat waktu, praktis dah gitu berpengalaman lagi

    BalasHapus
  17. Nah era digital memang jadi membuat proses belajar lebih banyak pilihannya ya kak. Wah di Sinotif ternyata gak hanya bisa bimbel matematika aja ya. Fisika sama Kimia juga bisa. Noted banget

    BalasHapus
  18. memasuki era digital semua bisa dijangkau dari rumah ya kak, termasuk bimbel online. dulu aku sampe ke kota sebelah setiap hari buat bimbel persiapan snmptn wkwkwkw sekarang serba dimudahkan dengan digital

    BalasHapus

Posting Komentar