header the thought journal

Blogspedia Coaching, Kelas Blogging Gratis Ilmu Fantastis!

9 komentar
Konten [Tampil]

Ingin menjadi Blogger tapi bingung memulai darimana? Coba deh ikutan Blogspedia Coaching, dijamin akan merasa bersyukur dan lulus sebagai blogger sejati. Sebagai seorang blogger yang mengawali ngeblog hanya dengan bermodalkan informasi dari Google semata. Ikutan Blogspedia Coaching tuh kayak nemuin oase di gurun pasir. Serius!

Meski kelas blogging secara online ini gratis, tapi ilmu yang diberikan tuh ga kaleng-kaleng. Sangat detail, lengkap, dan runtun dibimbing menjadi blogger profesional. Buat kamu yang ingin belajar ngeblog dari nol, Blogspedia Coaching adalah pilihan yang tepat.

Buat kamu yang sudah punya blog lama pun, juga akan dibuat terkaget-kaget bahwa ternyata negblog selama ini masih banyak salahnya. Seperti aku nih, sebelum ikut kelas ini aku sudah pasang Top Level Domain sendiri. Tapi tetep ngerasain banyak manfaat dan ilmu baru tentang seluk-beluk perblogingan. Bahkan jadi tau letak kesalahan-kesalahan settingan dalam menu-menu yang ada di dashboard blog.

Otomatis blog yang sudah hampir 1 tahun ini lamanya ini jadi makin sehat. Doakan yaa semoga aku pun bisa terus rajin dan konsisten ngeblog seperti pas ikut kelas Blogspedia ini. Artikel ini aku buat tidak hanya untuk menyelesaikan tugas akhir sebegai syarat lulus. Tapi bener-bener ingin banyak yang jadi tahu kelas blogging ini dan ngerasain banyak manfaat dari Blogspedia Coaching.
blogspedia coaching batch 2
Jadi, buat Readers yang sudah mampir kesini dan kenal seseorang yang baru ingin memulai ngeblog. Silakan share artikel ini atau infoin tentang Blogspedia Coaching. Insya Allah, jadi amal jariyah bersama yaa…

TENTANG BLOGSPEDIA COACHING

Blogspedia Coaching adalah kelas blogging gratis secara online dengan menggunakan platform Google Classsroom dan Whats App Group. Sebenarnya Blogspedia Coaching ini ditujukan untuk newbie blogger, tapi tidak menutup kemungkinan buat kamu yang sudah punya blog lama. Apalagi kalau daftarnya pake ‘kartu sakti’ Ssssttt…untuk alumni yang lulus akan diberi voucher freepass untuk yang ingin daftar secara VIP alias langsung lolos tanpa seleksi :D

Blogspedia Coaching sudah dua kali membuka kelas, aku pun mengikuti kelas di batch ke-2 Blogspedia Coaching ini. Setiap batch hanya dipilih kurang lebih 25 peserta, jadi benar-benar lebih terasa eksklusif gitu. Selain itu, jadi bisa lebih akrab dan bisa saling mengenal satu per satu peserta di kelas ini. Kelas blogging ini berlangsung selama kurang lebih 3 bulan dimana Readers akan digembleng untuk komit dan disiplin.
Mau tau aja selama 3 bulan itu ngapain aja?

Materi Kelas Blogspedia Coaching

Bukan maksud ingin spoiler ya, karena di gfrom pendaftaran kelas juga akan diberikan rundown atau materi yang akan diterima. Mungkin juga nanti di batch 3 atau berikutnya ada sedikit perubahan dalam pemberian materi. Jadi yang aku share disini sebagai gambaran saja untuk persiapan mendaftar kelas batch berikutnya yaa.
1. Dasar & Adab Blogger
2. Niche Blog & Istilah-istilah Blogging
3. Membuat Blog di Blogspot 
4. Setting Dashboard Blogspot & Segala Fiturnya
  • Mengenal Basic SEO dan Teknik Menulis Sesuai Kaidah SEO
5. Membuat Page di Blogspot 
6. Membeli dan Memasang Custom Domain di Blog 
7. Content is The King
  • Membuat Artikel Viral 
  • Menulis Artikel Ulasan Produk
  • Story Telling & Basic Copy Writing
  • Menulis Artikel Perjalanan/ Review Tempat Wisata 
  • Menulis Artikel How To/ Tips 
  • Menulis Artikel Kuliner
  • Menulis Artikel Ulasan Event
8. Membuat Infografis dan Header pakai Canva
9. Setting Tampilan Blog Sederhana hingga Memasang Template Gratis pihak ke3
10. Google Analytics dan Google Search Console
11. Personal Branding for Blogger 
12. Peluang Job untuk Blogger & Membuat Content Plan
13. Tugas Akhir ODOP (One Day One Post) selama 6 Hari

Hmm….lengkap dan padat ya, plus ada tugas juga di setiap materinya. 
Jika semua tugas berhasil ditaklukan diselesaikan hingga ODOP selama sepekan, Readers akan dapat 2 Materi bonus lagi. Udah gitu, Readers akan dapet kesempatan join dengan komunitas Cupuers yang anggotanya adalah para alumni Blogspedia Coaching yang sudah lulus pada batch sebelumnya.

Jadwal Kelas

Seperti yang saya sebutkan di awal, Blogspedia Coaching berlangsung selama kurang lebih 3 bulan. Setiap pekan ada 2 materi yang diberikan melalui Google Classroom setiap hari Senin dan Kamis pukul delapan pagi. Lalu malam harinya, materi akan dibahas melalui WA Group secara terbuka, jadi bisa langsung menanggapi atau bertanya. Setelah itu, pukul 21.00 WIB akan disusul tugas yang akan otomatis tayang di Google Classroom.

Oiya, diluar jam pembahasan materi WAG bebas untuk bercengkrama dengan para peserta. Jadi sangat terbantu kalau ingin bertanya dan sharing mengenai materi dan tugas dalam grup tersebut. Dari setiap tugas yang diberikan, Readers akan diberi tenggat waktu 2 hari aja. Jika terlambat tanpa alasan dan ijin yang jelas, siap-siap aja akan kena tendangan Si Madun Coach Marita alias dikick dari group dan otomatis tidak bisa lanjut ke materi berikutnya.

Ini yang kadang bikin sport jantung dan jam tidur berkurang. Tapi ya itulah suatu perjuangan untuk mencapai tujuan blogging yang sudah dibuat. Yakinlah, dengan tugas-tugas yang tiada hentinya tersebut akan membuat jiwa blogger Readers semakin tumbuh dengan hasil artikel yang semakin berkualitas.

Manfaat Ikut Blogspedia Coaching

Layaknya mata air yang muncul di gurun pasir, seperti yang sudah aku singgung di atas. Ikut kelas Blogspedia itu banyak sekali benefit yang bisa Readers dapatkan. Aku akan coba sebutkan beberapa diantaranya yaa,
  • Menjadi seorang blogger sejati
  • Blog dijamin tidak akan bersarang laba-laba, karena dituntut untuk terus posting artikel
  • Jadi tau letak kesalahan dalam blog dan bagaimana memperbaikinya
  • Terpacu untuk menjadi blogger professional
  • Mendapat kesempatan untuk mendapat cuan dari ngeblog
  • Mendapat mentor yang super duper kece
  • Mendapat teman yang ternyata ga kalah kece

TENTANG COACH MARITA

blospedia coaching by marita

Tak kenal makan tak sayang, begitu pepatah lama yang selalu terbayang-bayang.
Pasti penasaran kan siapa orang dibalik kelas Blospedia Coaching ini? Dari tadi sebenarnya sudah disebut-sebut juga "Coach Marita". 

Yups, Coach Marita ini yang akan membimbing dan memberikan ilmu secara cuma-cuma. Seorang Ibu multi peran dengan nama pena Marita Ningtyas yang berasal dari lahir dan berdomisili di Semarang. Memiliki prinsip "Take & Give", beliau ikhlas mendedikasikan sebagian waktunya untuk berbagi ilmu secara gratis. Padahal beliau ini punya kesibukan yang super padat setiap harinya.

Personal Life Marita Ningtyas

Bernama lengkap Marita Surya Ningtyas, Coach Marita ternyata lama tinggal di kota Salatiga selama 16 tahun lamanya. Hingga akhirnya beliau memutuskan hijrah kembali ke kota kelahiran untuk mengambil bangku kuliah di Universitas Diponegoro. Wanita 36 tahun ini kini telah dikarunia sepasang anak yang cantik dan juga ganteng bernama Mayda Hanifa Setianingtyas dan Muhammad Rafanda Setiawan.

Di balik kesibukan dan kepadatan aktivitasnya, Coach Marita mempunyai support system yang luar biasa. Siapakah itu? Suami beliau yaitu Bapak Martin Setiawan, yang juga berperan menjadi asisten pribadi Coach Marita di dalam WA Group. Beliau-beliau ini pasangan suami istri yang saling mendukung dan melengkapi. 

Coba bayangin, suami beliau ini berprofesi sebagai programmer. Jadi kalau ada kenapa-kenapa sama PC sebagai alat untuk Coach Marita bekerja, bisa langsung ditangani suaminya sendiri. Udah gitu, saat ini Pak Martin juga tertular virus Coach Marita yang jago nulis sejak lahir ini menjadi seorang blogger juga.

Kenapa aku bilang sejak lahir? Ternyata Coach Marita terlahir dari keluarga pecinta literasi. Pantas saja ya tulisan-tulisan Coach Marita ga perlu diragukan lagi. Kecintaannya dengan dunia tulis menulis, membuat Coach Marita beralih menjadi seorang freelance content writer dan bloger profesional untuk keempat blognya. Padahal sebelumnya beliau sudah bekerja sebagai pengajar di berbagai instansi.
coach marita
Ibu multiperan pecinta warna biru ini punya banyak prestasi dan juga karya tulisan dalam 29 buku antologi. Belum lagi sering menjadi narasumber dalam berbagai seminar atau kelas online dengan tema blogpreneur dan juga parenting. 

Kesan dan Pesan untuk Coach Marita

Setelah membahas panjang lebar tentang profil Coach Marita, sekarang aku mau sharing bagaimana pribadi Coach Marita sebagai mentor dari Kelas Blogspedia Coaching ini. Semoga beliau berkenan dengan apa yang ku tulis yaa..

1. Humble dan Low Profile

Dengan segala pencapaian dan kemampuannya dalam dunia literasi, Coach Marita selalu andhap asor alias rendah hati. Ga pernah pelit ilmu dan ga ada rahasia perjuangan yang telah beliau lewati. Saking humble nya, beliau ini menggunakan istilah "Blogger Cupu" untuk dirinya dan juga komunitas "Cupuers" yang dibuatnya. Beliau pun selalu merasa haus ilmu dan selalu menghargai hasil kerja para peserta kelasnya.

2. Mentor yang Mengayomi 

Meski jadi wanita dengan banyak peran, Coach Marita tak pernah lelah memberi semangat dan mengingatkan kekurangan para peserta di group. Beliau juga tidak segan memberi kelonggoran waktu bagi peserta yang sedang terkendala saat mengerjakan tugas.

3. Motivator yang Baik

Sebagai Coach, beliau ini selalu menyemangati dan mengingatkan para peserta untuk menerapkan ilmu yang telah diberikannya. Tak berhenti disitu, setelah coaching ini selesai pun beliau tetap memikirikan bagaimana cara agar para membernya terus aktif berkarya. 

4. Pekerja Keras dan Tak Kenal Lelah

Setiap orang pastinya punya rasa lelah ya. Tapi mungkin karena passion beliau yang sangat besar dalam dunia blogging. Membuat beliau enjoy dan tidak menghiraukan rasa lelah di setiap harinya. Ga tau de sehari berapa jam waktu tidurnya, mungkin jika laptopnya bisa berbicara akan teriak-teriak kelelahan..hahahha

Jadi pesan saya hanya satu buat Coach Marita, terima kasih banyak atas segala dedikasi yang diberikan dalam Kelas Blogpedia ini. Meski Blogspedia Coaching ini kelas blogging gratis, tapi ilmu dan pengalaman yang diberikan tidak setengah hati. Semoga lelah dan ilmu yang disebarkan menjadi amalan jariyah dan mendapat keberkahan dan kebahagian di dunia maupun di akhirat. Aamiin

Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

9 komentar

  1. Setuju bgt mbaak bagai oase di gurun pasir. Bagai ketiban rejeki nomplok pokoknya daaah

    BalasHapus
  2. Kesanku pertama kali "ko ada ya yang mau repot2 ngasih materi segini banyak dalam waktu banyak gratis"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi gimana harus berbayar kah next batch? wkkwk...

      Hapus
  3. Setuju sekali mb, blogspedia ilmu yg diberikan sangat fantastis. Apalagi di group hidup banget kelasnya

    BalasHapus
  4. Setuju banget mba.. Walau kelas ini gratis, tapi tetap diajari dengan serius dan tanggung jawab..
    .
    Kita jadi makin semangat buat ngeblognya..

    BalasHapus
  5. Masya Allah ingatanku terlemoar kesekian waktu yang lalu.

    Kita tim free pas ya mbak hehhee..
    Seneng kenal mbak iva udah cantik pinter lagi.

    BalasHapus
  6. Mudah mudahan ilmu yang mbak Marita berikan ke kita jadi bermanfaat dan menjadi amal baik buat beliau

    BalasHapus
  7. Mb Iva, kita sama. Bak menemukan Oase di Gurun pasir bisa belajar di Blogspedia Coaching :')

    BalasHapus
  8. intinya... kita sangat beruntung ❤

    BalasHapus

Posting Komentar