ivacwicha-header

Penggunaan Salep Luka Terbuka yang Aman untuk Anak

Konten [Tampil]


Anak terjatuh dan terluka? Ga perlu panik dan bingung ya Moms. Coba gunakan salep luka terbuka yang aman untuk membunuh kuman penyebab infeksi. Ketika anak bermain di luar rumah, anak sangat aktif berlari kesana-kemari. Tak heran jika mengalami jatuh hingga terluka.

Memang sudah menjadi fitrahnya anak untuk selalu bergerak, terutama saat masih balita. Stok tenaga dan juga rasa ingin tahunya yang besar, membuatnya tak lelah berlari kesana-kemari sepanjang hari. Kita pun sebagai orang tua sebaiknya tidak melarangnya, tapi bukan berarti dibiarkan begitu saja yaa.

Saat anak berlari-lari atau memanjat, jangan katakan,

Jangan lari-lari, nanti jatuh sakit lho!

Coba ganti dengan kata-kata,

Ayo hati-hati, perhatikan jalannya ya..

Daripada kita ucapkan kata-kata larangan, lebih baik kita ingatkan anak untuk lebih berhati-hati. Tentunya sambil tetap kita awasi agar anak tidak melakukan hal yang berbahaya lainnya.

Namun, jika sudah kita dampingi dan awasi anak tetap terjatuh. Jangan menyalahkan anak dengan kata-kata “tuh kan jatuh, udah dibilangin untuk hati-hati kan!” tapi fokuslah dengan kondisi anak. Tanyakan bagaimana keadaan anak, ada yang sakit atau tidak. Serta jangan lupa untuk langsung cek kondisi luka, jika ada.

Menangani luka pada anak bisa dibilang PR berat buat para Momies ya. Apalagi jika itu luka pertama anak. Pasti ada sedikit drama atau kehebohan ketika akan mengobatinya. Saat anak ku mengalami luka goresan karena terjatuh di aspal saat bermain sepeda, dia pun meronta dan menangis hebat saat akan diobati.

Jangan ikut panik ya Moms, usahakan Moms lebih tenang dan tetap mengobati lukanya dengan cara yang benar dan tepat. Karena luka terbuka sangat rawan infeksi jika tidak dilakukan penanganan luka dengan benar. Tapi sebelumnya, yuks ketahui dulu apa saja yang termasuk luka terbuka.

Penanganan luka pada anak-anak

Apa itu Luka Terbuka dan Apa saja Jenisnya?

Luka terbuka merupakan kondisi luka yang merusak lapisan permukaan kulit paling luar. Lapisan kulit yang rusak ini akan memperlihatkan jaringan di bawahnya. Bila tidak segera ditangani, jaringan bawah yang terpapar dengan lingkungan luar dapat berisiko terkena infeksi. 

Lalu, apa saja sih yang termasuk luka terbuka dan harus segera diobati dengan benar? Nah, berikut beberapa jenis luka terbuka ya Moms.

  • Luka lecet, yang disebabkan karena terjatuh 
  • Luka sayat, yang bisa terjadi akibat benda tajam seperti pisau cukur
  • Luka robek, yang juga bisa disebabkan oleh benda tajam seperti pisau
  • Luka tusuk, yang disebabkan oleh tusukan benda runcing seperti paku
  • Luka terkelupas, yang disebabkan oleh ledakan atau tembakan
  • Luka bakar, yang disebabkan karean terkena panas api

Penanganan Luka Terbuka pada Anak 

Mengobati luka terbuka pada anak

1. Hentikan pendarahan

Luka terbuka sering kali mengalami pendarahan. Jika luka tidak dalam ataupun lebar, pendarahan bisa berhenti dengan sendirinya. Namun jika tidak, maka Moms perlu hentikan pendarahan yang keluar dengan melakukan penekanan pada luka dengan menggunakan kasa steril terlebih dahulu.

2. Bersihkan luka dengan air mengalir

Setelah pendarahan berhenti, segera bersihkan luka dengan air bersih yang mengalir. Bersihkan sisa-sisa kotoran atau pasir yang menempel pada luka akibat terjatuh. Bersihkan luka dari dalam ke arah luar agar kotoran tidak masuk ke lapisan kulit yang terbuka. Setelah itu basuh dan keringkan luka dengan kain atau kapas yang bersih. Pastikan tidak ada sisa kapas yang menempel pada luka.

3. Gunakan antiseptik salep luka terbuka

Kulit yang rusak karena luka abrasi atau lecet, ada peluang besar kuman masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, penting sekali untuk menggunakan antiseptik pada luka agar bakteri dan kotoran mengilang. 
Fyi, bakteri dan kuman bisa mengeluarkan zat-zat racun yang turut mempersulit kesembuhan luka. Jadi, gunakan antiseptik seperti salep luka terbuka yang dioleskan pada luka yang telah dibersihkan. Dengan begitu luka tidak akan terinfeksi dan juga lebih cepat sembuh. 

4. Tutup luka dengan kasa steril

Agar luka lebih terjaga kebersihannya, Moms bisa menutup luka anak dengan kasa steril dan plester jika perlu. Menutup luka dapat menghindari kuman dan bakteri menempel pada luka, karena anak-anak sangat aktif dan seringkali memegang lukanya entah penasaran atau ingin tau. Jadi lebih aman jika luka anak ditutup setelah diberi obat. Pastikan kondisi luka selalu kering. Segera ganti plester dan juga kasa jika basah.  

Selain menjaga kebersihan luka, pemilihan obat yang tepat untuk mengobati luka terbuka juga tidak kalah penting. Penggunaan antiseptik sebagai pembunuh kuman sangat membantu dalam proses penyembuhan luka. 

Jika membahas obat luka, siapa sih yang ga langsung teringat dengan Betadine? Obat luka yang sepertinya selalu ada di kotak P3K di mana pun berada. Nah sudah tau belum kalau sekarang Betadine hadir lebih lengkap dengan produk antiseptik banyak pilihan yang bisa membantu proses penyembuhan luka lebih cepat.

Obat Salep Luka Terbuka Betadine

Betadine merupakan produk antiseptik yang sudah malang melintang di dunia medis yang mampu mencegah pertumbuhan kuman dan bakteri penyebab infeksi. Betadine sudah dipercaya selama 50 tahun lebih oleh semua lapisan masyarakat di dunia.

Betadine dengan bahan aktif utama povidone iodine memiliki spektrum antiseptik luas dalam membunuh kuman, bakteri, protozoa, virus, dan jamur penyebab infeksi. Kandungan povidone iodine ini mampu mencegah iritasi dan tidak menimbulkan rasa perih sehingga sangat cocok digunakan untuk menyembuhkan luka pada anak-anak sekalipun. 

Salep luka terbuka dari Betadine sangat mudah ditemukan dan menjadi salah satu obat wajib yang ada di kotak P3K keluarga kita. Selain dalam bentuk salep, Betadine antiseptik juga tersedia salam bentuk cair, semprot dan juga stik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Salep luka terbuka

Pilihan Produk Betadine Wound Care

Sebagai obat pertolongan pertama untuk mencegah infeksi pada luka, Betadine pun memberikan beberapa pilihan produk antiseptik yang lengkap. 

1. Betadine Antiseptic Ointment

Obat luka berupa salep antiseptik dari Betadine dengan kandungan Povidone-Iodine 10%. Betadine Antiseptic Ointment mampu membunuh kuman penyebab infeksi pada luka terbuka, seperti luka bakar, luka terpotong, luka sunat, luka tergores, dan luka kecil lainnya. 

Cara penggunaannya pun sangat mudah, cukup oleskan Betadine Antiseptic Ointment satu atau dua kali dalam sehari pada seluruh permukaan luka.

2. Betadine Antiseptic Solution

Selain sebagai salep luka terbuka, Betadine juga tersedia dalam bentuk cair. Betadine Antiseptic Solution merupakan cairan antiseptik yang bisa membunuh kuman penyebab infeksi. Betadine Antiseptic Solution bisa digunakan dengan cara dioleskan atau pun untuk mengompres luka yang terbuka.

3. Betadine Antiseptic Solution Stick

Hadir lebih praktis, modern dan juga lebih higienis. Betadine Antiseptic Solution Stick menjadi solusi praktis untuk membunuh kuman penyebab infeksi pada luka.

Kemasan stick seperti ini sangat cocok untuk dibawa saat bepergian bersama si Kecil. Tak perlu repot mencari kapas lagi, cukup patahkan bagian atas stick, lalu Betadine Antiseptic Solution Stick siap dioleskan pada luka, seperti luka lecet, terkelupas, tergores, terpotong & terkoyak. Sama dengan kemasan lainnya, semua produk Betadine Antiseptic mengandung Povidone-Iodine sebanyak 10%.

4. Betadine Plaster

Last but not least, sebagai pelengkap penanganan luka terbuka pada anak-anak. Gunakan Betadine Plaster sebagai penutup luka yang telah diolesi Betadine Antiseptic. 

Betadine Plaster luka

Betadine Plaster pun hadir dalam 3 pilihan. Salah satunya Betadine Plaster Junior dengan desain yang menarik, sehingga anak-anak pun akan suka. Ketiga jenis produk Betadine Plaster ini kedap air ya Moms, jadi luka tidak menjadi lembab dan akan tetap kering. 

Semua produk Betadine Wound Care ini aman ya Moms untuk anak-anak di atas 2 tahun. Penggunaan produk untuk bumil dan busui, serta anak dibawah 2 tahun perlu dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Oiya, ga cuma obat luka saja. Betadine kini semakin lengkap dengan produk perawatan lainnya. Mulai dari antiseptik untuk kesehatan mulut, hidung, dan tenggorokan. Hingga perawatan kesehatan kulit dan juga perawatan area kewanitaan.

Detail produknya Moms bisa langsung kunjungi https://betadine.co.id/

Kesimpulan 

Setelah mengetahui produk-produk dari Betadine, Moms ga perlu panik atau rungsing lagi ya ketika anak mengalami luka saat bermain. Selalu sedia salep luka terbuka dan produk Betadine lainnya di kotak P3K kita. Lalu lakukan penanganan luka yang tepat, agar luka anak tidak sampai infeksi. Anak pun bisa bebas beraktifitas lagi karena lukanya lebih cepat sembuh. Jadi jangan batasi kegiatan si Kecil ya Moms. Berikan anak kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya sehingga anak bisa tumbuh sesuai dengan fitrahnya.

Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

8 komentar

  1. Penanganan pertama jika anak mengalami luka di bagian tubuhnya, itu penting. Jika salah memilih obat, bisa makin memburuk atau bahkan alami infeksi. Memilih Betadine antiseptic baik plester, slutio, maupun salep adalah pilihan tepat...

    BalasHapus
  2. Betadine merk yg sudah lama dikenal sejak aku masih kecil.. Dan sekarang merk ini sudah banyak varian produlnya ya.. Keren sekali..

    BalasHapus
  3. Ternyata macem2 ya produk betadine, aku baru kenalnya yang cairan thok

    BalasHapus
  4. betadine ini emang brand legend banget ya untuk atasi luka, dari kecil udah kenal sama si betadine ini, sampe kalo ada luka ya yang keinget langsung betadine

    BalasHapus
  5. Sekarang produk BETADINE udah banyak macem ya, kirain cuma betadie cair aja.. Rupanya sekarang udah ada Betadine Antiseptic Ointment juga. Keren banget

    BalasHapus
  6. Betadine ini produknya ramah buat anak ya mbak ? Betadine sekarang banyak varian ya, dari salep, obat areakewanitaan, buat luka sampai yang semprot juga ada

    BalasHapus
  7. Senang sekali melihat Betadine produknya semakin lengkap aja, jadi ga perlu khawatir dan bingung nih kalau anak tidak sengaja terluka saat bermain

    BalasHapus
  8. Waaah...ternyata produknya banyak ya. Saya sampe bengong awal baca, apa iya ada salepnya.. Eh beneran ternyata. Kudet banget saya...

    BalasHapus

Posting Komentar