ivacwicha-header

4 Cara Mencari Inspirasi yang Mudah Dilakukan

1 komentar
Konten [Tampil]

Liburan atau traveling menjadi salah satu cara mencari inspirasi yang sering dilakukan. Sayangnya cara tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit yaa. Tak hanya masalah dana, keterbatasan waktu dalam menjalani tugas dan kewajiban sehari-hari pun bisa menjadi penghalang.

Padahal mencari inspirasi tidak melulu dengan cara healing ke tempat-tempat instragramable saja lho. Masih banyak cara lain untuk mencari inspirasi yang bisa dicoba dengan lebih mudah dan hemat biaya. Jadi tak perlu bingung dan pusing lagi saat buntu ide.

Bagai pekerja seni yang dituntut punya banyak ide kreatif dalam pembuatan sebuah karya. Begitu pula dengan penulis yang membutuhkan ide tulisan yang unik, menarik, dan bisa diminati pembaca. Baik itu penulis buku atau pun blogger sekali pun. Namun terkadang ide begitu sulit ditemukan ketika pikiran penat atau sedang kelelahan.
Cara mencari inspirasi dengan mudah
Ditambah lagi saat dikejar-kejar deadline yang sudah di depan mata. Heuumm, rasanya otak auto ngeblannk deh. Meskipun sebagian orang justru merasa di saat time limit itulah ide suka bermunculan tiba-tiba. Efek dari adrenalin yang terpacu mungkin yaa, otak jadi mendadak encer :D

Makanya aku tuh salut banget sama orang-orang yang deadliners garis keras. Bisa berani ambil risiko tinggi. Yups, karena aku tipe yang suka cari aman dengan penuh persiapan jauh-jauh hari, hehehe. Hayo, kamu masuk tim yang mana nih?

Nah berdasarkan pengalaman pribadi, ada beberapa tips dan juga cara mencari inspirasi untuk bahan tulisan atau pun pekerjaan lainnya. Yuks simak cara mencari inspirasi di bawah ini yang sangat mudah dipraktikkan.

4 Cara Mencari Inspirasi untuk Bahan Tulisan

Cara mencari inspirasi atau ide

1. Membaca buku

Buku adalah jendela dunia itu benar adanya. Melalui buku kita dapat memperoleh banyak informasi dan juga menambah diksi yang kita miliki. Dengan begitu tulisan kita pun akan lebih kaya dan beragam. Selain itu, membaca buku juga bisa sebagai brainstorming sehingga otak kita akan lebih aktif dan ide bisa bermunculan dengan tiba-tiba.

Baca buku yang sekiranya memang kamu sukai agar lebih semangat dalam menyelesaikan isi buku yang dibaca. Membaca buku hingga tuntas bisa memberi input dan juga pola pemikiran baru untuk kita. Namun jika sudah terpancang waktu, bisa juga kok baca terlebih dahulu bagian-bagian yang memang di highlight dalam buku tersebut.

Alangkah baiknya jika membaca buku ini bisa menjadi kebiasaan rutin yang bisa diakukan setiap hari. Ya, membaca buku itu butuh diluangkan waktu. Bukan sebaliknya, membaca di saat waktu luang. Wahyu pertama yang turun saja IQRO yang artinya bacalah. Maka membaca pun bisa bernilai ibadah jika diniatkan untuk menjalankan ibadah-Nya serta menambah ilmu dan bisa memberi manfaat ke sekitar. 

2. Menonton film

Selain buku, inspirasi bisa juga didapatkan melalui tontonan. Seperti menonton film, drama series, drama korea, atau pun tayangan lainnya yang sesuai dengan tema ide yang kita butuhkan. Meskipun untuk aku pribadi menonton bisa menjadi 'jebakan batman' yang justru membuat terlena dan lupa menulis.

Sebagai orang visual yang suka termanjakan dengan gambar apalagi yang bergerak, cara ini cukup berisiko tinggi. Jadi wajib banget untuk bisa mengelola waktu dan diri agar tidak kebablasan nonton yaa. Jika perlu pasang alarm agar kita tersadar sudah berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk menonton.

3. Bertukar pikiran dengan orang lain

Cara ampuh lainnya untuk mendapat inspirasi adalah dengan bertemu kawan atau seseorang yang bisa diajak berdiskusi dengan bijak. Kenapa harus mencari partner ngobrol seperti itu, apa tidak bisa mengobrol dengan siapa saja?

Sebenarnya bisa kok tiba-tiba mendapat ide saat mengobrol dengan siapa saja. Tapi jika ide itu sedang dibutuhkan dengan segera, maka kita harus mencari partner yang tepat. Alih-alih mendapat inspirasi, bisa jadi justru buang waktu karena perdebatan yang tidak seharusnya dengan seseorang yang sulit menghargai lawan bicaranya.
Berjalan santai untuk mencari ide

4. Jalan santai dan mengamati alam sekitar

Cara terakhir yang lebih mudah dan tanpa biaya adalah dengan meluangkan waktu sejenak untuk berjalan. Luangkan sedikit waktu untuk berjalan-jalan santai sambil menenangkan pikiran. Tentu bukan berjalan-jalan di mall atau pusat pembelanjaan yaa. Mungkin ide dan inspirasi bisa saja di dapatkan disana. Tapi sebagai wanita dengan banyak peran dan juga kebutuhan, yakin kuat dengan sale atau diskon yang bertebaran disana? Xixixi

Berjalan santai di ruang terbuka sambil mengamati berbagai ciptaan-Nya bisa membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Melihat keindahan dan keunikan makhluk hidup lain di sekitar kita seperti hewan atau tumbuhan dan juga bagaimana ekosistem berjalan, bisa memberi kita pelajaran baru yang berharga. Dari situlah ide dan inspirasi bisa kita dapatkan dengan sendirinya.

Memang benar adanya ide bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Tapi kalau kita ga peka dan cekatan mengeksekusinya, bisa jadi ide tersebut langsung menguap begitu saja seperti uapan di saat mengantuk. Maka sangat penting untuk kita segera mencatat di kala ide muncul di pikiran. Maklum sebagai orang yang pelupa akut, mencatat adalah cara tepat dan jitu yang bisa dilakukan.

Penutup

Apapun tugas pekerjaan yang membutuhan ide dan inspirasi untuk kita berkarya bisa didapatkan dengan cara-cara di atas. Namun yang terpenting adalah bagaimana menuntaskan ide tersebut. Jangan sampai ide yang sudah didapat, tertimbun begitu saja tanpa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Semoga dengan empat cara mencari inspirasi di atas bisa menjadi jalan untuk menghasilkan karya-karya yang unik dan bermanfaat dari pembaca semua yaa 😊
Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Paling mudah itu tukar pikiran sama orangbkain, jadinya dapat insight baru dari satu ide yang mungkin menurut kita dah ga bisa dikembangkan lagi

    BalasHapus

Posting Komentar