ivacwicha-header

Obat Asam Lambung dari Bahan Alami ala JSR

3 komentar
Konten [Tampil]

Mengonsumsi obat asam lambung dari bahan alami secara rutin bisa mencegah GERD kambuh lagi. Asam lambung yang naik akibat makan makanan yang asam atau pedas dan berlemak, tentu menggangu aktivitas. Untuk meredakannya bisa dengan berbagai cara. 

Mulai dari mengonsumsi minuman hangat, hingga membuat jus buah yang dicampur dengan sedikit rempah. Beberapa cara alami ini sangat membantu dalam meredakan gejala asam lambung tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. Namun, jika memang sudah memiliki riwayat penyakit lambung ini, lebih baik melakukan pencegahan agar penyakit ini tidak mudah kambuh lagi.

Penderita asam lambung atau GERD bisa merasakan refluks asam atau gejala lainnya paling tidak dua kali dalam sebulan. Namun gangguan yang parah, bisa terjadi paling tidak sekali dalam sepekan. Oleh karena itu wajib bagi penderita GERD untuk selalu mengatur pola makan serta mengelola stres dengan baik.

obat asam lambung

Pencegahan penyakit asam lambung

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dihindari untuk para penderita penyakit lambung, baik maag atau pun asam lambung.
  • Hindari makanan pedas, asam, dan berlemak
  • Hindari minuman yang berkarbonasi dan berkafein
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Konsumsi rempang dan rimpang
  • Batasi juga asupan coklat
  • Hindari makan sebelum tidur
  • Tidur dalam posisi kepala yang lebih tinggi
  • Makan dalam porsi kecil namun sering
  • Rutin berolahraga, minimal 3 kali dalam sepekan minimal 30 menit
  • Berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol
  • Jaga berat badan agar tidak obesitas dan mudah terserang asam lambung
  • Kelola stress dan jangan menyimpan amarah
Asam lambung yang naik, tidak hanya karena faktor pola makan dan aktifitas fisik saja. Stres juga menjadi salah satu pemicu naiknya asam lambung. Meski terbilang penyakit yang ringan, asam lambung atau GERD ini tidak boleh disepelekan.

Pada tulisan sebelumnya, sudah dibahas tentang perbedaan GERD dan maag. Saat asam lambung menyerang, biasanya ulu hati terasa nyeri dan dada terasa sesak bahkan terasa terbakar atau heartburn. Tak sedikit pula yang mengalami masalah pernafasan seperti batuk-batuk hingga asma.

Dengan mengetahui perbedaan gejala dua penyakit lambung tersebut, maka akan lebih mudah dalam pemilihan langkah pengobatannya. Baik dengan pengobatan alami atau pun dengan menggunakan obat-obatan. 

Obat Asam Lambung dari Bahan Alami yang Mudah Dibuat

Tak ingin kan aktifitas terganggu karena asam lambung yang kambuh? Sebagai Mom Blogger yang terkadang dikejar deadline, menjaga pola makan serta asupan yang masuk sangat berperan penting demi kelancaran aktifitas harian sebagai Ibu garda terdepan kesehatan keluarga.

Mengikuti gaya hidup sehat ala JSR (Jurus Sehat Rasulullah) yang digaungkan oleh dokter Zaidul Akbar. Ada beberapa obat asam lambung dari bahan alami yang bisa dikonsumsi secara rutin untuk menghindari kambuhnya asam lambung yang naik.

#1 Nanas

Buah asam manis yang kaya nutrisi ini bisa dibuat jus sebagai obat asam lambung yang nikmat tapi tetap berkhasiat. 
jus nanas untuk pereda asam lambung

Cara buatnya pun mudah, cukup blender semua bahan di atas hingga halus, jus nanas kaya manfaat bisa dikonsumsi secara nikmat dan menyehatkan.

#2 Jahe dan pandan

Minuman nikmat sebagai obat asam lambung dari bahan alami berikutnya adalah seduhan jahe dan pandan. Cara buatnya sangat praktis dan anti ribet. Cukup siapkan 1 potong jahe yang digeprek. Lalu tambahkan 3 helai kecil potongan pandan. Seduh dengan air mendidih. Setelah hangat, tambahkan madu secukupnya.

Rasanya begitu nikmat dan menenangkan. Bisa diminum setiap hari dan aman untuk sekeluarga. Tidak hanya GERD dan maag saja yang bisa kabur. Perpaduan jahe dan pandan dalam segelas minuman hangat, membuat rileks dan mudah tidur. Selain itu pencernaan juga menjadi semakin sehat.

#3 Jahe dan rempah

Hampir sama dengan minuman hangat di atas, racikan herbal berikutnya adalah 1 sdt ketumbar, 1 potong jahe seukuran ibu jari, dan 5 cm kayu manis. Rebus jahe lalu tuangkan ke dalam gelas yang berisi ketumbar dan kayu manis. Setelah hangat tambahkan madu, segera diminum selagi hangat.

#4 Jahe dan serai

Manfaat serai atau lemongrass memang tak perlu diragukan lagi. Tak hanya untuk bumbu pelengkap masakan, serai juga sangat cocok sebagai bahan minuman herbal untuk mengobati berbagai penyakit. 

Untuk mengobati asam lambung atau masalah lambung, berikut bahan racikan untuk minuman herbal lainnya.
  • Jahe 1 ruas ibu jari diiris tipis atau digeprek
  • Serai 1 batang, iris tipis
  • Perasan lemon 2 sdm
  • Madu 3 sdm
  • Air matang 300 ml
Cara buatnya tidak berbeda jauh dengan cara membuat minuman hangat sebelumnya. Pastikan menambahkan lemon dan madu saat air sudah hangat dan siap diminum agar kandungannya tidak rusak.
jahe untuk pereda gerd

Konsumsi tiga kali dalam sehari. Minuman ini tidak hanya sebagai obat asam lambung saja. Tetapi juga bisa dijadikan ikhtiar untuk mengobati tumor, PCOS, endometriosis, dan kanker.

#5 Kurma dan Air kelapa

Membaca dua bahan ini rasanya langsung terbayang persiapan bulan Ramadhan yaa. Selain menjadi menu berbuka yang nikmat. Ternyata madu dan air kelapa bisa dijadikan obat asam lambung yang tak kalah  enak. 

Jika biasanya dimakan secara terpisah, kedua bahan alami ini jika dipadukan dalam membuat jus sangatlah nikmat. Dengan menambahkan sejempol jahe dan sedikit himalayan salt rasanya sungguh di luar dugaan.

Cara membuatnya sama seperti membuat jus pada umumnya. Blender semua bahan di atas sampai halus, lalu diamkan terlebih dahulu selama 6 jam. Setelah ampas terpisah, ambil bagian larutan beningnya saja untuk diminum. Pertama kali mencoba membuat jus ini, aku dibuat takjub dengan rasanya.

#6 Timun

Buah yang seringkali dijadikan lalapan ini ternyata punya segudang manfaat. Cobalah sesekali menikmati buah ini dalam bentuk minuman yang menyegarkan. Buatlah jus timun dengan juicer atau bisa juga diparut lalu diambil airnya. Minum 2x sehari agar asam lambung tidak mudah kambuh lagi.

Dari beberapa obat asam lambung dari bahan alami diatas, mana nih yang mau segera dieksekusi? Nah, untuk pertolongan pertama saat asam lambung kambuh. Bisa segera minum air putih hangat atau bisa mengemut sedikit himalayan salt yaaa. Kalau bahasa Melayu bilang, "Jom, tak payah beli ubat!". Cukup sedia buah, rempah, dan rimpang, badan akan jadi lebih sehat.

Penutup

Asam lambung yang masih seringkali kambuh bisa disembuhkan secara mudah asalkan bisa menjaga pola makan dan juga menerapkan pola hidup sehat. Dengan rutin mengonsumsi obat asam lambung dari bahan alami diatas, insya Allah penyakit lambung tidak mudah kambuh lagi. Konsisten adalah kunci dalam penyembuhan penyakit secara alami, sehingga tubuh ini tidak perlu banyak terpapar obat-obatan dan bahan kimia lainnya.


Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

3 komentar

  1. wah, ada banyak sekali resep yg bisa dicoba nih. Tentunya disesuaikan juga dg kondisi tubuh ya mbak. Bermanfaat sangat

    BalasHapus
  2. Aku sebagai si empunya gangguan asam lambung kebantu bgt sama bahan alami itu. Jadi bisa jaga ga kambuh-kambuhan gitu. Di atas tapi ada beberapa yg belum aku coba. Makasih mom ^^

    BalasHapus
  3. Tampaknya 4 dr 12 faktor pemicu asam lambung aku melakukannya. Hiks... makasih mbak iva aku cuss mau bikin nih. Jahe serei selalu ada. Dan itu timun aku suka...

    BalasHapus

Posting Komentar