ivacwicha-header

9 Wisata Semarang untuk Keluarga yang Ramah Kantong

Konten [Tampil]

Mampir ke Ibu Kota Jawa Tengah, jangan lupa berkunjung ke tempat wisata Semarang untuk keluarga berikut ini. Tidak hanya wisata alam, arsitektur pusat kota Semarang pun kini ga kalah menarik. Kota yang terkenal dengan lumpia sebagai makanan khasnya, cocok sebagai tempat liburan bersama keluarga.

Meski terbilang kecil, kota Semarang dengan luas 373,8 km² bisa memanjakan mata dan lidah lho. Wisata kuliner di Semarang bisa diacungi dua jempol, karena banyak sekali jenis makanan yang sayang untuk dilewatkan. Ga perlu khawatir ya, karena harga makanannya pun aman di kantong.

Sebagai Blogger Semarang yang saat ini sedang merantau ke "planet" Bekasi. Menuliskan tempat-tempat wisata di kota Semarang seperti ini rasanya bisa menjadi pelipur rindu. Maklum sudah agak lama belum kembali ke kota kelahiran, karena pandemi COVID-19 di susul dengan 2 kali kehamilan (yang satu ternyata hamil kosong atau BO) hingga melewati proses melahiran anak ke-2 ku (eh malah curcol).

Baiklah, back to point. Kembali kita akan bahas satu per satu beberapa tempat wisata di kota Semarang yang paling membekas di hati ku dan membuat selalu rindu kota Semarang. Nah, pasti sudah banyak yang penasaran dan ga sabar ingin tahu apa saja wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kota Atlas ini.

9 Tempat Wisata Semarang untuk Keluarga yang Ramah Kantong

#1 Lawang Sewu

Pertama aku mulai dengan gedung kuno yang menjadi ikonik kota Semarang. Berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Pemuda sisa timur Tugu Muda. Gedung peninggalan jaman Belanda ini sudah berusia ratusan tahun. Dulunya tempat ini sangat kental dengan nuansa mistis bin horor. Tapi pasca pemugaran tahun 2011 silam, gedung yang awalnya sebagai kantor pusat kereta api jaman penjajahan Belanda ini diubah menjadi estetik dan ramai pengunjung.
 
Lawang sewu semarang

Tiket masuknya pun masih tergolong sangat murah. Hanya bermodalkan Rp 10.000 saja, kita bisa bebas berfoto ria di area luar gedung Lawang Sewu. Kalau ingin sensasi lebih sih, bisa kok masuk dan menikmati ruang bawah tanahnya juga. Dijamin bulu kuduk berdiri, hehehhe.

Fyi, kata Lawang Sewu diambil dari bahasa Jawa yang artinya seribu pintu. Meski demikian, gedung megah ini literally tidak berjumlah seribu ya. Namun karena banyaknya jumlah pintu dan jendela yang menyerupai pintu, jadilah dinamakan Lawang Sewu. Kalau penasaran dengan jumlah sebenarnya, bisa langsung hitung sendiri saat kesana ya 😁

Alamat: Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang - 50132
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000 - Rp 30.000

#2 Kota Lama Semarang

Nuansa Eropa bisa didapatkan saat mengunjungi wilayah bagian Semarang Tengah. Berbagai bangunan kuno dari jaman penjajahan Belanda masih aktif digunakan hingga saat ini di wilayah Kota Lama Semarang. Beberapa spot yang tak pernah sepi dari incaran foto pengunjung adalah Gereja Blenduk, Spiegel Bar & Bistro, Marba, Gedung Mandiri, Rumah Akar, dan banyak lainnya.
Kota lama semarang

Disini kita juga bisa duduk bersantai di area Taman Srigunting dan sepanjang jalan Letjen Suprapto. Berkunjung ke tempat wisata Semarang ini paling cocok di sore hingga malam hari. Suasana sejuk dan keindahan lampu akan menambah keestetikan foto dan juga lebih nyaman karena lokasi ini dijadikan Car Free Night. Beberapa film tanah air, syuting di area lokasi ini lhooo.

Alamat: Jalan Letjen Suprapto No.31, Tanjung Mas, Kota Semarang - 50137
Harga Tiket Masuk : Gratis, hanya butuh bayar parkir saja.

#3 Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Mengunjungi suatu kota tak lengkap rasanya jika tidak singgah ke masjid agung kota tersebut. Begitu pula saat berkunjung dan berwisata ke kota Semarang. Masjid yang memiliki banyak fasilitas, mulai dari convention hall, hotel, perpustakaan, hingga menara Al Husna.

Al-Husna Tower menjadi tempat yang pas untuk menilik keindahan kota Semarang dari ketinggian 99 meter. Apalagi saat malam hari, dari puncak menara pada lantai 19 kita bisa menikmati keindahan gemerlap kota Semarang melalui teropong. Disediakan sebanyak 5 teropong yang bisa digunakan selama berada di puncak menara Al-Husna.

Lokasi: Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Semarang – 50166
HTM Menara Al-Husna: Rp 10.000

#4 Sam Poo Kong

Wisata Semarang untuk keluarga yang selanjutnya adalah Sam Poo Kong. Eh ini bukan shampoo perawatan rambut yaa. Sam Poo Kong merupakan bekas tempat pendaratan dan persinggahan pertama Laksamana Cheng Ho asal Tiongkok yang beragama Islam.
Sam poo kong

Salah satu klenteng terbesar di kota Semarang, Sam Poo Kong kental dengan arsitektur berwarna merah yang terdiri dari beberapa bangunan terpisah dan juga patung-patung yang berdiri megah. Tak hanya untuk berfoto saja, tempat wisata ini seringkali menjadi tempat untuk berbagai festival, konser, hingga acara keagamaan yang digelar secara reguler di area klenteng.

Lokasi: Jalan Simongan Raya No. 129, Semarang - 50148
HTM = Rp 10.000 – Rp 65.000

#5 Taman Ngrembel Asri

Selain di pusat kota, kita beralih ke bagian ujung kota Semarang yaitu di daerah Gunungpati. Ya seperti namanya 'Gunung'pati, suasana sejuk dan asri bisa dinikmati di Taman Ngrembel Asri ini. Salah satu one stop recreations yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Kota Semarang.

Ngrembel asri gunung pati

Tempat ini merupakan pemancingan serta restoran dengan menu seafood yang menggiurkan. Selain memancing dan memanjakan lidah, banyak fasilitas menarik lainnya yang bisa dinikmati bersama keluarga. Mulai dari komam renang, taman bermain dengan berbagai patung hewan, outbond, koleksi satwa, dan wahana permainan. Pokoknya bisa puas berfoto untuk konten di social media.

Lokasi: Jalan Raya Manyaran – Gunungpati KM.10 Semarang – 50229

Jika masih ada waktu panjang dan ingin menikmati wisata lain di kota Semarang yang tak kalah seru dan menyenangkan. Yuks lanjut ke daerah kabupaten yang juga menawarkan wisata menarik dengan cuaca lebih sejuk, untuk menciptakan memori indah bersama keluarga.

#6 Dusun Semilir Eco Park

Diresmikan pada tahun 2019, tempat wisata satu ini sudah terkenal dan selalu ramai pengunjung. Bangunan yang unik dan berbagai wahana menarik yang selalu diperbaharui membuat banyak wisatawan dari berbagai kota pun berdatangan.

Bangunan megah berbentuk stupa yang tampak dari luar dengan interior yang tak kalah mengagumkan. Belum lagi banyak spot foto yang instagramable dan juga wahana yang cocok untuk segala usia. Tak hanya itu, di tempat ini pula terdapat hotel yang cozy abis.

Meski baru berkunjung sekali tahun lalu, rasanya tak ada habisnya untuk membahas berbagai wahana menarik di Dusun Semilir.
dusun semilir eco park

Alamat: Jalan Soekarno - Hatta No 49, Ngemplak, Kabupaten Semarang - 50661
Harga Tiket Masuk: Rp 20.000 - Rp 25.000

#7 Cimory On The Valley

Sayang anak, sayang anak, sayang anaaak, xixixiixi.

Cimory on the valley


Punya anak masih kecil dan ingin mengajaknya bereksplorasi dengan hewan ternak yang menggemaskan? Tempat wisata ini jawabannya. Seperti halnya Cimory di kota lain, Cimory on The Valley di Bandungan ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Dari tahun ke tahun, tempat ini selalu menghadirkan wahana baru yang tak kalah seru. Mulai dari berkuda, memberi makan hewan ternak secara langsung, memerah sapi, hingga menikmati sekaligus berfoto di banyak spot yang instagramable.

Selain itu, resto dan pusat oleh-olehnya pun dijamin enak dan memuaskan lidah dan perut kita. Berbagai makanan dan minuman olahan dari susu hingga coklat ada disini. Pokoknya puas banget deh saat mengunjungi wisata yang satu ini.

Alamat: Jl. Soekarno Hatta KM.30, Bergas, Kabupaten Semarang - 50552
Harga Tiket Masuk: Rp 15.000 - Rp 25.000

#8 Saloka Theme Park

Meski berada di Kabupaten Semarang, lokasi taman bermain terbesar di Jawa Tengah ini masih bisa diakses dengan mudah dari kota Semarang. Hanya butuh sekitar satu jam saja, berbagai wahana menarik bisa dinikmati disana.

Berdiri di atas lahan dengan luas 12 hektar, Saloka menawarkan 25 wahana yang terbagi dalam 5 tema yang berbeda. Jadi, wisata taman rekreasi ini cocok dikunjungi bersama keluarga tercinta. Di dalamnya tidak hanya permainan untuk orang dewasa saja, ada berbagai mainan yang aman untuk anak-anak juga.
Saloka theme park

Tidak hanya itu, Saloka Theme Park juga lengkap dengan restoran, cafe, foodtruck, toko merchandhise, serta ada pertunjukan Baru Klintihing. Tidak perlu khawatir, Saloka berlisensi Internasional dan telah terdaftar sebagai member Internasional Association of Amusement Parks and Atrraction (IAAPA).

Lokasi: Jalan Fatmawati No. 154, Tuntang, Kabupaten Semarang – 50773
Harga Tiket Masuk: Rp 120.000 – Rp 150.000

#9 Umbul Sido Mukti

Berada di kaki Gunung Ungaran, wisata satu ini cocok banget buat healing dan refresh pikiran. Udara sejuk dan keindahan alam yang dapat menyegarkan mata penat dengan kemacetan ibu kota. Dilengkapi dengan dua kolam renang bebatuan membuat suasana alam semakin lengkap saja.
Umbul sido mukti
Ingin sekaligus melepas lelah? Tenang saja, wisata Kabupaten Semarang ini juga menyediakan penginapan dengan konsep resort atau vila. Ingin lebih menantang? Bisa lho camping dan bermalam di pinggiran gunung ini.

Alamat: Umbul Sidomukti, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang - 50661
Harga Tiket Masuk: Rp 15.000

Penutup

Dari ke-9 tempat wisata Semarang untuk keluarga di atas, mana ini yang paling menarik dan ingin segera dikunjungi? Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit dan jangan lupa untuk selalu jaga protokol kesehatan ya. Meski pandemi telah berakhir, masih banyak varian baru atau virus penyakit lain yang masih saja mengintai. Meski butuh healing, kesehatan dan keselamatan tetap yang utama, apalagi ketika bepergian bersama si Kecil. Silakan kunjungi Blogger Kesehatan ini untuk tahu informasi mengenai pelayanan kesehatan Kota Semarang saat ini.
Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar