ivacwicha-header

5 Games Edukasi sebagai Media Belajar Anak

Konten [Tampil]

Bermain games edukasi sebagai media belajar anak menjadi langkah mudah untuk mengenalkan ke anak tentang kecanggihan teknologi saat ini. Hidup di era digital memaksa kita untuk hidup berdampingan dengan gawai dan internet setiap harinya. Sebagai orang tua, ini menjadi tantangan tersendiri untuk mendidik anak. 

Memang di satu sisi ada banyak hal positif dan juga kemudahan yang didapat dari perkembangan digital yang makin canggih ini. Namun, di sisi lain juga menjadi “PR” yang berat untuk bisa menjaga anak dari paparan yang tidak baik. Oleh karena itu, sebagai orang tua milenial wajib terus update informasi dan pintar-pintar dalam memanfaatkan kemudahan digital saat ini. 
Kemajuan Tekhnologi

Tak bisa dipungkiri, gawai dan juga internet pun menjadi kebutuhan yang tidak bisa dielakkan lagi. Pasti setiap harinya si Kecil melihat kita seringkali menggenggam gawai kita ini kan? Dalam hatinya pasti penasaran dan ingin juga menggunakannya. Daripada sekadar memberi tontonan Youtube yang terkadang masih ada terselip iklan yang kurang pas. Lebih baik kita manfaatkan gawai ini sebagai media belajar si Kecil. 

Hmmm, gimana caranya tuh? Biar ga repot dan praktis, ajak bermain games edukatif yang seru dan juga interaktif aja Moms. Dijamin anak ga akan nolak deh!

Biasanya nih Moms, aku selalu menyiapkan mainan DIY bersama si Kecil dengan bahan dan alat sederhana yang ada di rumah. Tapi bagi sebagian Moms lain (terutama working Moms) ada yang merasa ribet dan ga ada waktu untuk membuat DIY mainan sendiri. Nah, jangan sedih ya Moms.. karena Moms bisa memanfaatkan gawai atau laptop di rumah untuk media belajar anak lhoo.

Belum lama ini, aku menemukan suatu website yang bisa banget buat media belajar si Kecil. Bisa banget buat solusi saat anak ingin menjajal gawai yang sering kita genggam. Meski game online, saat bermain di platform ini ternyata tanpa gangguan iklan yang menggangu. Pasti kita ga pengen kan saat asyik main bersama anak eh tau-tau ada iklan dengan gambar yang ga layak dilihat anak.

Jadi bermain game online ini lebih aman sekaligus bisa mengajarkan hal baru ke anak dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, anak jadi terpenuhi keingintahuannya untuk mengoperasikan gawai atau laptop di rumah. Seperti sudah dibahas di awal tadi, bahwa pemberian screen time ini punya 2 sisi yang berbeda. Maka kita pun harus bijak dan memberikan rules saat anak screen time.

Yang paling penting dan utama, screen time diberikan ke anak setelah anak berusia 2 tahun lebih ya Moms. Setelah 2 tahun pun pemberian screen time harus dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

DO'S N DON'TS PEMBERIAN SCREEN TIME KE ANAK

pemberian screentime ke anak

Screen time bukanlah hal yang wajib

Setelah anak berusia 2 tahun pun, tidak seharusnya bebeas diberikan screen time. Screen time digunakan sebagai senjata pamungkas saat kita sudah benar-benar membutuhkan bantuan untuk mengajarkan si Kecil hal yang baru. Jadi, jika anak memang belum tertarik, ga perlu disodori atau diiming-iming ya Moms. Tapi jika memang butuh media belajar yang praktis, penggunaan gawai atau laptop bisa dijadikan alat bantu yang efektif dan efisien.

Sepakati rules saat screen time dengan anak

Sebelum memberi screen time sounding terlebih dahulu anak jika screen time ini ada aturannya. Maksimal waktu screen time hanya 30 menit per hari. Selain masalah waktu, tontonan screen time juga harus dipilihkan oleh Moms ya. 
Hindari tontonan Youtube, karena selalu memunculkan rekomendasi tontonan yang membuat anak menjadi addict. Selain itu, terkadang di Youtube masih terselip iklan meskipun sudah menggunakan Youtube Kids. Kecuali Moms sudah berlangganan Youtube premium dan berikan tontonan yang bisa memberikan wawasan ke anak.

Dampingi anak saat screen time

Penting dan selalu diingat, karena screen time ini hanya interaksi satu arah yang bisa membuat anak adiktif. Maka Moms harus selalu mendampingi anak saat screen time. Ajak anak komunikasi dan jelaskan tentang apa-apa yang sedang anak lihat. Jadi anak tidak fokus pada layar saja, tapi anak juga bisa diajarkan hal baru dari apa yang sedang dilihatnya pada gawai atau laptop yang kita berikan.

Komit dan tegas saat waktu screen time telah habis

Komitmen dan kekonsistenan kita sangat diperlukan dalam pemberian screen time ke anak. Jangan sampai kita yang memberi tapi kita juga yang terlena karena merasa anak jadi anteng karena screen time. Komit dengan waktu screen time yang telah disepakati, tidak boleh ada perpanjangan atau kelonggaran sekali pun. Meskipun anak menangis atau tantrum karena screen time selesai, kita harus tetap tegas dan memberi alternatif lain ke anak.

Imbangi dengan memberikan aktifitas lain yang lebih menyenangkan

Screen time itu sungguh benar-benar mengasyikan karena dengan diam duduk manis saja anak sudah disuguhi berbagai tampilan yang mengagumkan. Pantas saja kalau anak suka menangis karena waktu screen time berakhir. Jadi, kita sebagai orang tua juga harus bisa memberikan perhatian khusus dengan mengajak anak beraktivitas lain yang lebih menyenangkan dari apa yang anak lihat saat screen time

Misal nih, kita kasih screen time anak untuk menonton tentang tata surya dan ruang angkasa. Nah setelah waktu screen time habis, kita bisa ajak anak untuk bereksperimen tentang urutan planet. Dengan DIY (Do It Yourself) bentuk planet dengan bahan playdough dengan warna dan ukuran yang berbeda-beda menyerupai aslinya. 

Memberikan screen time ini  juga bisa kita jadikan sebagai reward ke anak juga lho Moms. Apalagi buat anak yang punya bahasa cinta quality time dan receiving give pasti akan senang sekali jika mendapat reward ini.

Insya Allah, jika kita komitmen dengan rules di atas maka anak tidak akan kecanduan gadget. Kalau Moms bingung nih mau ngasih tontonan apa saat anak ingin screen time. Nih aku kasih beberapa rekomendasi permainan online yang bisa banget buat media belajar si Kecil di rumah.

5 REKOMENDASI GAMES EDUKASI SEBAGAI MEDIA BELAJAR ANAK

Udah tau belum nih Moms, kalau ada satu platform khusus yang menyediakan berbagai games secara online tanpa perlu install aplikasi di gawai. Situs online ini bisa diakses langsung melalui browser dengan sangat ringan tanpa banyak iklan atau distraksi lainnya. Moms bisa langsung mampir ke plays.org untuk bisa mencoba berbagai permainan yang seru dan interaktif.
 
games edukasi sebagai media belajar anak
Kalau merasa kurang nyaman bermain bersama si Kecil menggunakan gawai, Moms bisa juga kok akses lewat PC atau laptop. Jadi bisa disesuaikan dengan kenyamanan Moms dan si Kecil ya..

And this is it, 5 rekomendasi games online gratis dari plays.org yang bisa banget buat media belajar untuk anak yang menyenangkan.

1. Alphabet Bubble Letter Match

games alphabet bubble

Ini permainan yang cocok untuk mengajarkan Bahasa Inggris untuk anak usia dini. Dalam permainan ini kita harus memecahkan gelembung (bubble) tepat di atas peti yang bertuliskan kata atau frase English yang berawalan huruf abjad yang sesuai. Setelah semua bubble masuk ke peti yang sesuai, setiap kata yang tertulis di peti tersebut akan disebutkan secara nyaring dan interaktif. Jadi bisa sekalian ngajarin anak listening kan Moms.

2. Number Writing

games number writing

Permainan ini bisa banget untuk melatih kemampuan menulis anak. Anak bisa belajar menulis angka dengan jari Kecilnya di layar gawai kita dengan bantuan tanda panah. Selain itu, anak bisa kita ajak berhitung jumlah hewan laut yang sesuai dengan angka yang ditulis anak. Dengan menggunakan latar bawah laut membuat permainan ini semakin menarik bagi si Kecil. Permainan ini lebih cocok diakses dengan gadget atau tablet ya Moms, karena kurang dapat sensorinya jika diaplikasikan menggunakan mouse laptop atau PC.

3. Dinosaur Train All Star Sorting

games sorting

Permainan ini membantu memperkenalkan anak-anak pada konsep ukuran atau pun skala. Anak diminta untuk menempatkan gambar dino ke rumahnya dengan ukuran yang sesuai. Selain itu kita juga bisa meminta anak untuk memainkannya secara berurutan dari dino terkecil ke terbesar ataupun sebaliknya.

4. 3D Tangram Puzzles

games 3D tangram
Bermain matematika sekaligus mengembangkan kognitif anak. Dengan menyusun bentuk-bentuk geometri menjadi gambar berbagai bentuk binatang atau bangun ruang lainnya. Dari bentuk segitiga, persegi, persegi panjang, dan jajar genjang yang bisa diputar arahnya agar bisa sesuai dengan bentuk gambar yang disediakan. Ketelitian diperlukan dalam permainan ini, karena kalau sudah salah meletakkan potongan puzzlenya, ga bisa dipindah-pindah lagi.

5. Dino Math Lines Addition

games math line

Permainan ini sejenis Zuma dengan menggunakan telur dino sebagai ball ya. Kemampuan berhitung anak dilatih dalam permainan ini. Dimana untuk menembakan telur Dino ini kita harus berhitung terlebih dahulu. Jadi, telur harus ditembakan ke arah 2 telur yang punya jumlah angka yang sesuai agar bisa pecah dan tidak segera mencapai lubang.

Sebenernya masih ada banyak banget permainan lain yang kalah seru di plays.org ini. Moms bisa lebih mudah memilih, karena permainan-permainan dalam plays.org ini dipisahkan dalam berbagai kategori. Jadi Moms bisa sesuaikan dengan kebutuhan atau kemampuan anak masing-masing yaa. Seperti bermain alat musik, melatih ketangkasan tangan, dan lain sebagainya.

Ga perlu khawatir bingung memainkannya ya Moms, karena pada website ini sudah lengkap beserta penjelasan, instruksi atau cara bermain, dan juga rating dari setiap permainan yang ada. Jadi, ga perlu galau lagi ya Moms saat anak minta screen time. Ikuti do's n don'ts pemberian screen time, lalu Moms bisa berikan games edukasi sebagai media belajar anak yang seru dan menyenangkan.


Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

43 komentar

  1. Sepakat bahwa teknologi bisa digunakan untuk diedukasi...
    Tapi, balik lagi ke orang tuanya,, krn tidak sedikit org tua yang memberikan gadget tanpa rule,, akhirnya jadi adiksi ...

    Mau dicoba ah game nya ,, buat menghilangkan lelah ..ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia Pak, krna anak kan ngikutin orang tuanya ya, jdi harus pake rules dan komit plus konsisten

      Hapus
  2. Duh, lembut banget sih soft sellingnya... Setuju kalau orang tua harus aware akan bahaya adiksi gawai.

    BalasHapus
  3. Banyak permainan edukasi di plays dot org ya mom ! Aku juga sering ngajak anakku ngulik permainan di situs ini.

    BalasHapus
  4. Banyak ya mom gamesnya :D, ini mah nanti yang main malah saya :D ekeke

    BalasHapus
  5. Wah, infonya bermanfaat banget nih mba.. Permainannya seru cocok untuk semua umur ya.. Tapi tetap harus ikuti Do' and Dont's nya :D setuju bangettt..

    BalasHapus
  6. Wah oke mbak aku juga tim ortu yg gak strik sama anak main gawai. Tapi juga gak losss sebab bagaimanapun mereka hidup berdampingan sama teknologi ini. Nah, aku sendiri lebih suka game edukatif sama anak wah menarik ini rekomendasinya mbak. Anak2 suka dg do dont's nya ya

    BalasHapus
  7. Wah, games-gamesnya menarik nih, cocok untuk belajar semua ya. Memang materi gamenya utnuk edukasi ya mb?

    BalasHapus
  8. Mama masa kini harus kreatif agar bisa mensikapi kemajuan tekhnologi dengan bijaksana. Apalagi di masa belajar daring selama pandemi, lengah sedikit gadget malah digunakan untuk main. Oleh sebab itulah memilihkan games edukatif lebih baik, daripada anak curi-curi memainkan games yang tidak sesuai

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bun, bagaimanapun anak kita ini native jadi mau di zero kan juga kayaknya gak bijak maka mengarahkan dan mengalihkan adalah sarana bijak untuk membuat mereka ttp on track

      Hapus
  9. Yeay.. Jadi punya rekomendasi game buat adeku, makasih ya mba..

    BalasHapus
  10. Jadi semakin bertambah referensi permain games nih mbak iva, perlu di coba sama anak2 nih

    BalasHapus
  11. Mba iva nemu aja sih game2 edukatifnya. Jadi pingin main. Kalau game yg mengandung unsur edukasi aku sih bolehin anak main. Ttp hrs ada waktunya juga ;) besok dicobaaaa makasih mba

    BalasHapus
  12. wah ponakan ku screen time nya bisa lama banget, harus dialihkan ke kegiatan lain seperti main di outdoor

    BalasHapus
  13. Plays.org ini banyak mainan yang seru ya. Edukatif juga. Nyobain main-main ke sana ah hehehe

    BalasHapus
  14. Saya juga senang main games di plays.org. ga usah download dan ga bikin ribet, then games edukasinya banyak pilihan juga, so fun

    BalasHapus
  15. mungkin aku akan kenalkan media seperti ini kalau anak udah sekolah deh, masih bayik juga soalnya hoho sekarang mainnya sama ibuk aja :D

    BalasHapus
  16. Play. Org teman asik sekaligus teman belajar . Kita juga tidak khawatir karena tahu jenis permainan ini seperti apa

    BalasHapus
  17. Wah penting banget informasi ini , permainan game online yang aman bagi anak-anak. Orang tua harus bijak menyikapi banyaknya tawaran online game anak.

    BalasHapus
  18. Sekarang banyak permainan yang bukan sekadar hiburan, tetapi juga dapat mengasah otak bahkan skill penggunanya ya kak. Jadi tak hanya satu dua keuntungan, tapi ada banyak hal positif yang didapatkan.

    BalasHapus
  19. Waah iyaa, saya juga sudah mencoba buka plays.org ini, banyak banget ya game-nya dan banyak juga yang edukatif. Rekomendasi games di atas menarik, Mbak.

    BalasHapus
  20. Zaman sekarang kita memang ga bisa memisahkan anak dari gadget, dengan semakin banyak permainan yang mengedukasi seperti ini maka semakin mempermudah orang tua dalam mencarikan media terbaik untuk tumbuh kembang anak

    BalasHapus
  21. Mainan game emang akan membuat anak-anak senang. Mereka bisa betah berjam-jam di depan komputer atau gadget. Tapi yang meninggalkan kesan mendalam pasti mainan yang dibuat bersama ya Mom :)

    BalasHapus
  22. Waaah mbaaaa ivaa, aku suka nih Ama list permainan games edukatifnya. Jadi bisa aku catet yg bagus2, dan cocok dimainkan bareng anak. Jadi mereka bisa belajar sekalian, tapi juga dengan cara yg fun :D.

    Anak2 memang aku beliin gadget dari kecil. Tapi itu semua pakai aturan. Dari dulu kami selalu tekanin hp cuma boleh untuk weekend. Hari lain ga boleh. Dan aku Ama papinya tegas soal itu.

    Kalo mereka ketahuan ga disiplin, hukumannya bakal kena ke semua (si Kaka dan Adek) utk ga boleh pegang sampe 2 Minggu kedepan. Jadi mereka udah paham banget konsekuensinya apa skr ini. Udah pada nyerahin hp sendiri kalo udah di hari Minggu malam. Krn itu trakhir mereka bisa main :).

    Biar gimana, hp dan games ga selamanya buruk. Sekarang memang zamannya teknologi. Aku justru ga mau anak2 samasekali buta ttg itu. Toh asal mereka diajarin disiplin, pasti bisa patuh juga

    BalasHapus
  23. kendali terletak pada orang tua ya?

    karena kitalah guru pertama anak-anak kita

    auto buka plays.org nih, karena saya ingin ngajak keponakan2 yang sering datang ke rumah untuk belajar sambil bermain

    BalasHapus
  24. Saya baru tahu lho bahwa Plays.org ini tidak butuh aplikasi untuk bisa diakses. Mungkin kapan-kapan saya coba buka Plays.org deh untuk cari tahu game yang cocok untuk anak saya.

    BalasHapus
  25. Setuju nih anak ketika bermain games edukasi harus selalu didampingi orang dewasa ya mbak kalau gak gitu bisa kebablasan nih si anak main games nya

    BalasHapus
  26. Nanti aku rekomen ke adikku yang punya anak doyan banget ngegames. Ternyata di plays.org banyak juga yang bisa mengedukasi, sekalian bermain sekalian belajar ya, tentu saja dengan memberikan aturan dan mendampinginya.

    BalasHapus
  27. Setuju nih, pemberian screen time harus disertai dengan do & don't nya, baik bagi anak maupun orang tuanya ya mbak..

    BalasHapus
  28. Asik ada games puzzle.
    Wah ponakan daku bisa bakal suka nih.
    Boleh ah rekomennya soal games 3D Tangram Puzzles, tq kak Iva 🤩

    BalasHapus
  29. Bagus-bagus saran games edukasinya, saya tertarik 3D Tangram Puzzles karena seru aja gitu menerka bentuk yang bener seperti apa. Berasa latihan Psikotest tapi seru warna warni hahahah

    BalasHapus
  30. Wah bermanfaat banget infonya, boleh nih dicoba gamenya kayaknya seru deh
    Aku juga lagi mencoba permainan yang bisa buat dia mengalihkan dari handphone

    BalasHapus
  31. Games edukasi ini baguuus banget biar teman belajar anak. Aku setuju sih memang harus didampingi, biar ortu jg paham cara main dan cerita mainnya jg ya

    BalasHapus
  32. Kak Iva, aku juga baru ngulik situs ini. Ini sih bukan cuman bagus buat anak ya tapi emak ya juga. Aku suka games games seperti di plays.org karena sederhana tapi ikut mikir juga

    BalasHapus
  33. anak anak generasi Z ini memang sangat akrab dengan teknologi ya mbak
    termasuk belajar lewat game ya mbak
    game edukatif jadi sarana belajar

    BalasHapus
  34. Aku juga suka plays.org ini mba, kita bisa langsung main di sana, websitenya ringan banget. Tapi memang permainannya cocok buat anak2, kalau org dewasa cocok buat mengelola pikiran biar gak stress sih, mantapp

    BalasHapus
  35. Wuaah ada tangram! First time tahu tangram tuh waktu dapat tugas kuliah Workshop hehe. Seru banget main tangram.

    Sepakat soal rule dalam screen time, sepakati waktu, jangan jadi pengalihan dsn diiringi dengan aktivitas lainnya

    BalasHapus
  36. Referensi bagus nih bun buat diinfoin ke para ponakan biar bisa screen time dengan berfaedah

    BalasHapus
  37. seru-seru ya apalagi gratis semua tuh makin menggoda hehee.. yan penting memangg dibatasi sesuai usia anak ya :) biar mereka juga balance pilihan permainannya

    BalasHapus
  38. Bemer bgt. Aku setuju soal screen time. Anak2 ga bole dibiasain nonton youtube krn bisa addicted. Anak2 hrsnya main sama tmn2nya atau keluarganya. Jadi ga kecanduan gadget

    BalasHapus
  39. Saya pun tak pernah antipati dengan teknologi untuk anak, termasuk bermain gadget ini. Tapi benar mbak, orang tahu perlu tahu perlu tahu do and doesn't screen time ini ke anak.
    Nice info mb.

    BalasHapus
  40. Cakep nih 5 rekomendasi game edukasinya, aku mau coba buat anak nanti, apalagi yang alphabet

    BalasHapus
  41. Aku sebenarnya jg jadi tertarik kasih permainan edukasi yg ada di gadget ke anakku. Tp aku msh ragu2 krn yakin dia pasti suka.

    Aku takut jd "candu" dan efek sceentime bs bkn aku lengah dan kedepannya ganggu kesehatan matanya.

    BalasHapus

Posting Komentar