ivacwicha-header

Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Rumah di Bogor

Konten [Tampil]

Hunian di Jabodetabek yang paling nyaman, baik cuaca maupun lingkungannya sepertinya jatuh pada kota Bogor. Selain harga rumah di Bogor kota yang tidak setinggi harga rumah di wilayah kota lain. Pun akses yang bisa dilalui dengan fasilitas umum juga terbilang mudah dan sudah lengkap.

Sehingga dengan letak yang cukup jauh dari kota Jakarta, kota Bogor masih diminati banyak orang. Dari segi lingkungan dan juga infrastruktur pun kota Bogor sudah lengkap dan rapi. Selain itu banyak hal lain yang menjadikan kota yang dijuluki kota hujan ini terbilang nyaman sebagai tempat tinggal.

Memiliki rumah pribadi adalah impian kebanyakan orang. Apalagi untuk pengantin baru yang baru saja mengarungi mahligai baru. Pasti tinggal di rumah sendiri terasa lebih nyaman dan akan terhindar dari drama dengan mertua atau bahkan ipar.

Meski demikian, membeli rumah tak semudah membeli gorengan! Mencari rumah untuk dibeli tidak bisa asal-asalan dan buru-buru. Banyak faktor yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli suatu rumah. 

Ya namanya rumah untuk tempat tinggal, pastinya membutuhkan banyak pertimbangan agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih rumah untuk dijadikan tempat tinggal.
pertimbangan saat beli rumah

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah

1. Lokasi Rumah

Saat cari rumah di Bogor, hal yang perlu perhatikan dari segi lokasi misalnya:
  • Lebar jalan depan rumah
  • Tidak berada dalam posisi tusuk sate
  • Jauh dari pemakaman atau TPS
  • Bukan lokasi rawan banjir
  • Jauh dari sutet
  • Bukan di pinggiran sungai

2. Kondisi Bangunan

Jika dari segi kondisi bangunan rumah, yang perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan budget adalah:
  • Ukuran rumah
  • Bahan bangunan rumah
  • Eksterior rumah
  • Interior rumah

3. Akses Fasilitas Umum

Adanya fasilitas kesehatan, pendidikan, pusat perbelanjaan yang mudah diakses. Serta adanya fasilitas ibadah dan kemudahan transportasi umum yang bisa digunakan untuk mobilitas sehari-hari.

4. Legalitas Rumah

Sebelum membeli rumah, pastikan perumahan yang dipilih bukanlah perumahan ilegal. Cek dan minta legalitas rumah seperti IMB (Ijin Mendirikan Bangunan), SHM (Sertifikat Hak Milik), dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan).

Seperti sudah dibahas di awal, wilayah Bogor memiliki banyak keunggulan yang bisa dijadikan alasan untuk memilih beli rumah di Bogor. Berikut hal-hal yang bisa menjadi nilai tambah untuk memutuskan mencari rumah di kota Bogor.

4 Alasan Memilih Membeli Rumah di Bogor

#1 Bebas Banjir

Saat kota Jakarta mengalami banjir besar di awal tahun 2020. Kota Bekasi dan sekitarnya banyak sekali yang terdampak. Namun berbeda dengan kota Bogor yang terpantau aman dari genangan air. Hal ini dikarenakan kota Bogor terletak di dataran yang lebih tinggi. Sehingga, meski curah hujan tinggi di kota tersebut, air pun akan mengalir ke kota tetangga yaitu Bekasi.

#2 Lingkungan asri dan sejuk

Kota Bogor yang disebut Kota Hujan memang memiliki hawa yang lebih sejuk dibanding kota Jakarta. Pun berbeda jauh dengan kota Bekasi, Depok dan Tangerang yang terkenal dengan cuaca panas setiap harinya.

Udaranya pun lebih nyaman dan bersih karena di Bogor masih banyak pepohonan rindang. Masih di kawasan pegunungan, air yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari di kota ini pun lebih bersih dan jernih. Kondisi kulit lebih sehat dan terhindar dari penyakit kulit. Serta tidak akan cerita atau drama begadang menunggu air PAM mengalir.
harga rumah di bogor kota lebih murah

#3 Kota Bogor memiliki banyak Objek Wisata

Sebagai seorang pekerja yang merasakan padatnya pekerjaan dan juga perjalanan. Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melepas semua kepenatan yang dirasakan. Jika tinggal di kota Bogor, maka tak perlu repot dan jauh-jauh pergi untuk sekadar refreshing bersama keluarga.

Mulai dari wisata yang ramah di kantong, aktifitas indoor maupun outdoor semua ada. Beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota Bogor, seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Safari Indonesia, Jungle Land Adventure Theme Park, Little Venice Puncak, Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Taman Bunga Nusantara, hingga aneka curug atau air terjun lainnya.

#4 Harga Rumah di Bogor yang jauh lebih murah

Harga rumah di Bogor terbilang lebih murah jika dibandingkan harga rumah di wilayah Jabodetabek lainnya. Hal ini dikarenakan harga tanah di Bogor yang lebih terjangkau.

Saat pindah ke Ibu Kota, saya sempat cari rumah di Bogor untuk tempat tinggal sementara. Ternyata harga rumah di Bogor kota baik yang dijual atau pun disewakan memang jauh lebih murah. Pun setelah melakukan beberapa kali survei dan mengikuti property expo di Jakarta, saya jadi tahu rentang harga perumahan di Jabodetabek.

Jika diurutkan, harga rumah di Jabodetabek mulai dari yang termurah adalah harga rumah di Bogor, Depok, Bekasi, lalu terakhir adalah Tangerang yang memegang posisi harga rumah termahal.

Jadi jika ditanya, beli rumah di Bogor memang menjadi solusi untuk para pekerja corporate yang ingin tinggal di rumah pribadi dengan lingkungan yang nyaman, namun harganya pun masih sesuai dengan budget yang ada.

Sayangnya kenaikan harga rumah tak sejalan dengan kenaikan gaji. Sehingga butuh pengelolaan keuangan yang matang agar bisa membeli rumah dengan penghasilan yang ada. Sehingga tak sedikit pula yang memutuskan untuk beli tanah di Bogor dan membangun rumah sendiri dari awal.

Jika dibandingkan, harga rumah di Bogor kota dengan harga tanah di Bogor pastinya jauh berbeda. Namun membangun rumah sendiri, baik dengan jasa tim arsitek atau pun mandiri lebih menguras waktu dan pikiran.

Harga bahan bangunan dan jasa tukang saat ini juga terbilang lebih mahal. Jika tidak pandai mengelola dan mengakomodir dengan baik, bisa-bisa total harga yang dikeluarkan akan lebih besar saat beli tanah di Bogor.

Biasanya mereka yang cari tanah di Bogor lebih ditujukan untuk investasi jangka panjang, bukan untuk hunian. Namun jika ingin segera memiliki hunian untuk tempat tinggal, beli rumah di Bogor masih menjadi solusi yang bijak. 

Jadi jangan ragu dan jangan tunda lagi untuk cari rumah di Bogor. Karena kenaikan harga rumah di Bogor kota mengalami kenaikan yang signifikan hanya dalam selang beberapa pekan saja.

Kesimpulan

Membeli rumah memang diperlukan banyak pertimbangan dan perhitungan yang matang. Selain biaya, banyak hal lain yang juga perlu diperhatikan agar rumah yang dibeli bisa ditinggali dengan nyaman dan aman dalam jangka panjang. Lakukan survei ke beberapa lokasi secara langsung, jangan lupa untuk meminta pricelist ya. Agar lebih mudah untuk membandingkan harga rumah di Bogor kota dalam beberapa lokasi yang berbeda. Pertimbangan-pertimbangan di atas juga bisa lho menjadi tips dalam mencari rumah kontrakan.




Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

7 komentar

  1. Untuk di daerah Jabodetabek, selain survei perbandingan harga, hal lain yang perlu juga diperhatikan adalah survei tempat mengenai sering banjir atau tidak kah daerah perumahan yang akan kita beli

    BalasHapus
  2. Appreciating the time and effort you put into your site and detailed information you offer.

    BalasHapus
  3. As a marketing communications student, thank you!!

    BalasHapus
  4. “I like to look at an article that makes individuals think

    BalasHapus
  5. Your style is really unique compared to other people I have read stuff from.

    BalasHapus
  6. This has been a really wonderful post. Thanks for providing this info.

    BalasHapus

Posting Komentar