ivacwicha-header

8 Cara Jadi Blogger Pemula yang Mudah

Konten [Tampil]

Memperingati Hari Blogger Nasional yang jatuh hari ini, tepatnya 27 Oktober tiap tahunnya. Ijinkan aku berbagi pengalaman tentang cara jadi blogger pemula. Berawal dari tempat keluh kesah, lalu menjelma jadi ladang cuan. Memiliki blog itu banyak manfaatnya lho!
 
Kapan Hari Blogger Nasional
Sebagai pemilik blog yang sudah hampir 4 tahun lamanya ini, mengurus blog itu bisa dibilang susah-susah gampang atau gampang-gampang susah. Sebagai Mom Blogger, kesibukan sebagai Ibu Rumah Tangga memang masih menjadi prioritasku.

Mungkin suatu saat nanti, jika masih ada sisa waktu maupun usia. Ketika anak-anak sudah beranjak mandiri dan tak butuh banyak waktu ku untuk membersamai mereka lagi. Aku bisa melebarkan sayap sebagai blogger dengan lebih tinggi lagi.

Meski blog ini bukanlah hal utama buatku dalam menoreh peran sebagai wanita saat ini. Aku tetap berusaha agar masih layak menyandang gelar blogger itu sendiri. Maka dari itu, sebisa mungkin dalam satu bulan ada beberapa tulisan yang aku bagikan melalui blog kesayangan ini.

Mengapa menjadi Blogger?

Jika ditanya alasan aku menjadi blogger, sebenarnya simple saja waktu itu. Karena aku lebih senang menulis daripada berbicara langsung. Melalui tulisan aku bisa lebih mudah dan lancar mengungkapkan pendapat atau pemikiran secara runut dan detail.

Pun masih banyak alasan lain yang memperkuat aku untuk terjun dalam dunia penulisan digital ini. Intinya, temukan alasan terkuat versimu sendiri sebelum memutuskan memiliki blog. Apalagi jika ingin memiliki Top Level Domain alias domain berbayar.

Kenapa? Karena alasan ngeblog inilah yang akan memandu dan memudahkan langkahmu untuk menjadi blogger, sekaligus bisa menjaga konsistensi dalam ngeblog. Kalau kata Coach Marita, founder Blogspedia Coaching, “temukan big why blogging!

Pada dasarnya ada banyak sekali tujuan dan manfaat menjadi seorang blogger. Mungkin salah satunya bisa menjadi landasan atau alasan untuk kamu memulai cara jadi blogger pemula. 

Alasan ngeblog

#1 Media Aktualisasi Diri

Memiliki blog bisa menjadi wadah untuk mengaktualisasi diri dan terus mengembangkan kemampuan diri. Menjadi blogger itu sebuah profesi yang membanggakan lho. Memiliki website pribadi atau blog bisa menjadi sarana untuk menebar manfaat dan memberi wawasan baru untuk orang lain.

Melalui blog, seseorang bisa terus menjaga eksistensi diri serta mengasah kemampuan otak untuk terus aktif berkarya. Banyak orang bisa terbantukan melalui tulisan yang dibagikan melalui blog. Tak hanya itu, menjadi blogger bisa membuka peluang yang lebih luas, mulai dari public speaker, penulis buku, mentor kelas blogging, dan masih banyak lainnya.

#2 Menyalurkan hobi

Menulis merupakan salah satu hobi bermanfaat yang layak untuk terus diasah dan dikembangkan. Menjadi blogger membuat kita bebas menuliskan berbagai hal yang sesuai dengan minat kita. Selain itu, gaya penulisan di blog juga lebih personal alias tidak kaku.

Tak hanya menulis artikel yang berisi informasi dan berbagai pendapat pribadi. Aktifitas blogging juga bisa diisi dengan menuliskan karya lain berupa puisi, pantun, cerpen, resep, atau tutorial lainnya yang sesuai dengan hobi kita. Jadi jangan takut untuk memulai menulis di blog yaa.

#3 Media Self Healing

Writing for Healing, pernah menjadi tagline dalam blog pribadi ku ini. Sudah menjadi rahasia bersama, bahwa menulis secara ekspresif bisa menjadi media penyembuhan penyakit mental. Mengutip dari Alodokter.com, 
Menulis dapat meredakan stres, memecahkan masalah dengan lebih baik, menuangkan perasaan sesuai keinginan, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan daya ingat. 
Menulis dalam bentuk digital melalui blog seperti ini merupakan media yang mudah serta praktis untuk dikelola dan dibagikan. Sebagai seorang wanita, menulis di blog sangat membantu untuk menyalurkan kebutuhan berkata-kata sebanyak 20.000 per hari.

#4 Jurnal Digital

Mengikuti perkembangan jaman saat ini, dimana sudah memasuki era digitalisasi. Kegiatan journalling bisa dilakukan secara digital melalui blog. Tak sedikit, blogger yang menjadikan blognya menjadi portfolio tentang berbagai hal dan pencapaian.

Sebagai contoh seorang Ibu, bisa mencatat perkembangan atau milestone anak-anaknya melalui blogging. Menuliskannya melalui blog, tak hanya rapi dan mudah ditemukan, bahkan kelak anak-anak kita pun bisa ikut membacanya sendiri.

Selain itu, berbagai pengalaman dan ulasan akan banyak hal lainnya pun bisa dibagikan melalui tulisan dalam blog. Bagi yang suka bepergian, blog juga bisa menjadi salah satu wadah untuk membagikan kisah perjalanannya, dari satu kota/negara ke kota/negara lain.

#5 Ladang Penghasilan

Karena blogger merupakan suatu profesi, tentu saja tak bisa dipungkiri bahwa ngeblog bisa menghasilkan cuan. Yups, memiliki blog bisa dimonetisasi dengan berbagai cara. Mulai dari mengikuti lomba blog, product review, content placement, afiliasi, dan kerja sama lainnya.

Namun hal ini jangan dijadikan alasan utama untuk kamu yang baru saja ingin memulai ngeblog yaa. Karena semua butuh proses, apalagi untuk memonetisasi sebuah blog. Mie instan saja butuh dimasak supaya rasanya lebih enak dinikmati bukan?
 
Cara jadi blogger pemula

8 Cara Jadi Blogger Pemula yang Mudah

Setelah menemukan strong why to be a blogger, sekarang saatnya untuk memulai ngeblog. Segala sesuatu tidak akan berhasil jika tidak dimulai bukan? Nah, sekarang saatnya untuk mempraktikkan cara jadi blogger pemula berikut ini.

1. Luruskan niat dan tujuan ngeblog

"Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan" 
Ok, setelah memikirkan matang-matang dan memutuskan strong why untuk ngeblog. Yuks, bismillah bersama agar apapun alasan dan tujuan membuat blog, menjadi suatu hal yang bermanfaat. Baik manfaat untuk diri sendiri, maupun untuk orang lain dalam jangkauan yang lebih luas.

Dengan niat dan tujuan yang tepat, insya Allah akan ada semangat dan keinginan yang lebih dalam mengembangkan blog yang akan di-maintenance nantinya.

2. Tentukan platform blog

Ada beberapa platform blog yang menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti blogspot, wordpress, medium, tumblr, wix, dan lain sebagainya. Tinggal sesuaikan dengan budget dan kenyamanan yang dibutuhkan.

Sebagai permulaan menjadi blogger, ga ada salahnya kok menggunakan platform gratis seperti blogspot dan wordpress. Seiring berjalannya waktu dan tercukupinya modal, bisa beralih pasang custom domain dengan range harga yang bervariatif, mulai dari Rp 10.000 per tahun.

3. Tentukan target pembaca dan tema blog

Memiliki blog memang kita bebas menulis apa saja sesuai dengan minat atau pun hobi kita. Tapi menurut para senior blogger yang pernah aku ikuti kelasnya, ada baiknya tentukan target pembaca dari blog kita.

Menentukan target pembaca bisa memudahkan kita saat menentukan tema tulisan. Hal ini dimaksudkan agar tulisan blog kita bisa tepat sasaran. 

Semakin spesifik topik dan target pembaca, maka blog kita akan lebih ter-notice Google. Misalnya, blog remaja yang membahas soal skincare atau mental health. Usahakan jangan terlalu campur aduk isi blog kita. 

4. Buat konten artikel yang original

Setelah platform dimiliki, cobalah untuk membuat tulisan yang memiliki ciri khas tersendiri. Gunakan gaya bahasa yang personal, disertai dengan pengalaman pribadi atau story telling yang kuat. Dengan demikian tulisan blog kamu akan lebih mengena ke pembaca.

Hal terpenting yang harus dimiliki seorang blogger (maupun pembuat konten lainnya). Tidak dibenarkan untuk melakukan plagiarisme dalam bentuk apapun. Jika ingin menambahkan tulisan atau pernyataan dari karya orang lain, wajib menyantumkan sumbernya secara jelas.

5. Buat blog plan dan bank data

Untuk memudahkan proses penulisan dan menghindari kehabisan ide, ada baiknya kamu membuat blog plan dan segera menuliskan ide yang suka muncul secara tiba-tiba. 

Meski rasanya hal remeh, tapi mencatat ide atau gagasan yang muncul sebagai bahan menulis itu sangat membantu. Percaya deh, kalau ide yang muncul seperti tahu bulat yg digoreng dadakan ini, kamu abaikan dan mau diingat-ingat saja. Pasti tak selang lama hal itu bisa terlupa dan kamu akan menyesal sendiri nantinya.

6. Upgrade Skill Blogging dengan Mengikuti Kelas Blogging

Blogging memang bisa dibilang hal mudah. Tapi agar bisa mencapai tujuan dari ngeblog itu sendiri perlu banyak mempelajari banyak hal tentang blogging. Mulai dari setting template blog, mempelajari keyword untuk modal menulis. 

Hingga satu hal penting dalam mengoptimalkan blog yaitu SEO (Search Engine Optimation). Daripada mempelajari sendiri hanya bermodal tutorial di Youtube. Lebih baik ikuti kelas Blogging gratis maupun berbayar, dengan berbagai tema atau bahasan yang kamu butuhkan.

7. Gabung dalam Komunitas Blogging

Untuk menjaga strong why blogging kamu terus membara, bergabunglah dalam komunitas blogging. Selain itu, kamu juga bisa mendapat banyak tips blogging dan informasi lainnya seputar ngeblog.

Biasanya dalam komunitas blog juga ada jadwal blog walking untuk saling lebih mengenal dan menambah jumlah viewer blog juga. Pokoknya banyak manfaatnya deh.

8. Lakukan personal branding

Langkah terakhir dalam cara jadi blogger pemula adalah jangan malu untuk memperkenalkan diri dan juga blog yang sedang kamu bangun. Manfaatkan media sosial media yang kamu miliki untuk membangun personal branding sebagai blogger.

Kesimpulan

Menjadi blogger pemula memanglah mudah, cukup dengan memiliki blog pribadi dan membagikan tulisan didalamnya. Namun mempertahankan diri agar terus layak disebut blogger memanglah butuh perjuangan.
Namun jangan ragu untuk memulai ya!

Langsung aja eksekusi cara jadi blogger pemula di atas, biasanya akan banyak jalan terbuka lebar yang akan membawa mu ke tahap selanjutnya. Mungkin nanti di tengah jalan kamu merasa lelah, jenuh, dan kehilangan semangat. Tak apa rehat sejenak, asal jangan berhenti yaa. Ingat saat memulai dan perharui strong why blogging lagi, agar semangat ngeblog terus menghampiri. Happy blogger day!!
Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

4 komentar

  1. Wah, boleh nih mba tips nya. Buat yang tertarik menjadi blogger harus baca artikel ini sih. Agar lebih tercerahkan dan mudah dalam menggeluti dunia blogger.
    Meskipun dari nol tapi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, pasti hasilnya luar biasa

    BalasHapus
  2. baca ini jadi mengingat masa awal-awal saat blogspedia coaching hehe kudu benar-benar memperhatikan big why agar ditengah jalan tidak mudah menyerah hehe

    BalasHapus
  3. Sepakat sekali dengan tips ngeblog dengan cara bergabung dengan komunitas blogger. dari pengalaman bergabung bersama beberapa komunitas blogger Kerasa banget manfaatnya. Bisa kenal dengan teman-teman blogger se-Indonesia bahkan luar negeri dan menimba ilmu dari pengalaman-pengalaman mereka dalam dunia blogging

    BalasHapus
  4. Jadi membaca diri sendiri..jadi blogger itu untuk apa ya...Alhamdulillah jadi teringat lagi seperti yang tertulis di blog setahun lalu

    BalasHapus

Posting Komentar