ivacwicha-header

Perhatikan Hal ini agar Manfaat Mandi untuk Bayi Lebih Optimal

Konten [Tampil]

Layaknya orang dewasa yang butuh mandi, manfaat mandi untuk bayi justru tak kalah penting. Tak hanya untuk membersihkan dan menyegarkan badan. Masih banyak manfaat penting lainnya dari aktifitas yang satu ini. Hanya saja perlu memperhatikan beberapa hal penting saat memandikan bayi ya Moms, terlebih untuk newborn.

1000 hari pertama kehidupan si Kecil akan menjadi moment yang tak bisa diulang. Pun menjadi waktu krusial bagi orang tua untuk memberikan stimulasi ke anak yang sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembangnya. Jangan merasa karena masih bayi, mereka tidak mengerti dan belum butuh kegiatan yang bisa memberikan banyak manfaat.

Banyak aktifitas harian yang bisa dilakukan bersama si Kecil sejak hari pertama kelahirannya. Tidak hanya sekadar menyusui dan menimangnya saja. Beberapa aktifitas lain pun bisa dilakukan bersama si Kecil untuk memperkuat bonding antara Moms and baby. Salah satunya adalah mandi.

Ya, mandi! Aktivitas harian semua orang yang mungkin dirasa sepele. Tapi untuk bayi, mandi tidak hanya sekadar untuk membersihkan atau menyegarkan badan saja. Mandi menjadi aktivitas harian bayi yang kaya manfaat. Kegiatan skin to skin antara Moms dan buah hati dapat memberikan pengalaman yang banyak manfaatnya untuk bayi lho Moms. 

Mau tau apa saja manfaat mandi untuk bayi? Yuks simak penjelasannya di bawah.
manfaat mandi untuk bayi

Apa saja Manfaat Mandi untuk Bayi?

Seperti sudah aku sebutkan sebelumnya, mandi bisa menjadi satu sarana untuk memberikan stimulasi ke bayi. Asalkan saat mandi, bayi merasa nyaman dan Moms pun berinteraksi dengannya. Jadi, mandi tidak asal kena air, bersabun, lalu bilas ya Moms. Nanti kita akan bahas detailnya. Sekarang, biar semakin semangat untuk memandikan bayi, yuks simak manfaat mandi berikut ini.

Membersihkan tubuh dari kuman

Mandi dapat membuat kulit tubuh menjadi bersih dan sehat. Mandi untuk bayi bisa membersihkan kotoran, keringat dan juga sisa-sisa bekas menyusu di tubuh. Dengan mandi, bayi bisa bebas dari kotoran dan kuman yang bisa menyebabkan masalah kulit, seperti biang keringat atau pun ruam pada kulit bayi.

Membuat tenang dan rileks

Mandi dengan menggunakan air hangat bisa membuat bayi merasa lebih nyaman dan juga rileks. Pastikan air yang digunakan hanya air hangat suam-suam kuku saja ya Moms. Menggunakan air yang terlalu panas justru membuat kulit bayi menjadi kering dan tidak nyaman.

Melancarkan sirkulasi darah

Saat memandikan bayi, Moms bisa sambil memijat lembut punggung, lengan dan kaki bayi. Hal tersebut bisa membuat sirkulasi darah bayi semakin lancar. Saat dipijat bayi pun akan lebih nyaman dan menikmati moment mandi bersama Moms.

Menstimulasi saraf sensorik dan perkembangan kognitif

Mandi menjadi kegiatan menyenangkan yang bisa menstimulasi sensorik pada bayi. Kelima panca indra bayi akan terstimulasi melalui sentuhan tangan Moms, hangatnya air, aroma sabun yang dipakai, serta suasana kamar mandi yang berbeda dengan ruang lainnya. 

Selain itu aroma dari sabun mandi yang dipakai juga bisa menstimulasi otak sehingga ingatan bayi akan terlatih. Dengan demikian kemampuan kognitif dapat terstimulasi dengan baik.

Memperkuat ikatan atau bonding

Salah satu kegiatan skin to skin yang bisa meningkatkan bonding adalah dengan memandikan bayi. Hubungan psikologis antara orangtua dan bayi akan semakin kuat melalui kegiatan mandi. 

Saat mandi banyak stimulasi yang bisa diberikan ke bayi. Mulai dari eye contact atau saling menatap saat memakaikan sabun, ditambah Moms mengajaknya mengobrol. Maka bayi bisa lebih merasa disayangi.

Agar manfaat mandi untuk bayi lebih optimal, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan saat memandikan bayi. Kulit bayi yang masih sangat sensitif, karena kulitnya 30% lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa. Jadi memanglah perlu perawatan khusus. Moms tidak boleh asal-asalan dalam memilih produk perawatan tubuh yang akan digunakan untuk bayi Moms.

Jangan sampai kegiatan yang banyak manfaat ini justru menjadi pencetus timbulnya masalah kulit pada bayi kita hanya karena salah pemilihan produk bayi. Terlebih bagi orang tua yang memiliki riwayat alergi yang seringkali menyerang area kulit tubuhnya. Tentu menjadi PR tersendiri dan harus lebih berhati-hati agar kulit bayi tetap sehat dan bebas iritasi.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Bayi saat Mandi

Sebenarnya bayi baru lahir sampai hari dimana tali pusatnya terlepas, belum butuh mandi setiap hari. Tubuh bayi masih menyesuaikan dengan lingkungan luar setelah sembilan bulan di dalam rahim. Jadi perlu diperhatikan dan disesuaikan kembali dengan kondisi atau pun cuaca tempat tinggal.

Beruntung tinggal di Indonesia dengan suhu yang masih terbilang normal, dimana tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Kebanyakan rumah sakit pun memandikan bayi baru lahir beberapa jam setelah melakukan observasi dan pengecekan kondisi kesehatan bayi.

Setelah bayi di bawa pulang ke rumah, memandikan bayi menjadi tugas yang wajib dilakoni dengan penuh kehati-hatian. Yuks simak beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan memandikan bayi di bawah ini.

Do's & Dont's Mandi untuk Bayi

tips memandikan bayi yang benar


Siapa sih yang ga suka elus-elus kulit bayi yang super halus dan lembut? Rasanya akan betah ya seharian cuddling bersama baby kita. Tapi pernah ga sih Moms merasa heran kenapa bayi sangat mudah berkeringat apalagi ketika menyusu? Saat tidur dalam kamar ber-AC pun bayi masih bisa berkeringat saat tidur. Padahal Moms or Dads merasa kedinginan meski sudah menggunakan selimut.

Ternyata bayi memiliki toleransi daya tahan lebih tinggi terhadap suhu sebesar kurang lebih 5° C dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini dikarenakan tubuh bayi memiliki banyak lemak coklat (brown adipose tissue) yang berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh mereka. 

Oleh karena itu, bayi-bayi imut kita tidak merasa kedinginan meski tidur di ruangan ber-AC sekalipun.  Bahkan sekian detik dipakaikan selimut, bayi akan refleks menyingkirkan selimutnya dengan gerakan kakinya yang lincah.

Meski bayi bisa tidur lebih lelap dan nyaman di ruangan ber-AC, tapi ternyata hal tersebut bisa membuat kulit bayi menjadi kering lho Moms. Sayang sekali jika kulit bayi yang lembut menjadi kering dan membuatnya merasa tidak nyaman. Faktor lain yang juga perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan kulit bayi adalah faktor keturunan alergi yang dimiliki orang tua.

Sebagai ibu dengan kulit super sensitif akibat alergi debu dan juga produk-produk berbahan kimia. Aku pun lebih berhati-hati dalam memilih produk yang aman untuk kulit bayiku. Setelah melahirkan anak ke-2 kulit tanganku mengalami dermatitis atopik atau disebut juga eksim. Pemicunya tidak lain dan tidak bukan adalah sabun cuci piring dan sabun berbahan kimia lainnya, termasuk produk perawatan kulit dengan aroma fragrance.

Ditambah lagi seringnya menggunakan air hangat dan juga minyak balur untuk menghangatkan tubuh anak-anakku di kala cuaca dingin akibat turunnya hujan. Alhasil kulit telapak tangan ku menjadi mengelupas dan pecah-pecah. Tidak hanya itu, kulit pun terasa gatal dan perih saat terkena air dan sabun mandi.

Akhirnya aku pun kontrol ke dokter spesialis kulit untuk mengobati luka-luka di kulit tanganku akibat eksim. Dokter pun memberi mandat untuk selalu menjaga kelembapan kulit tangan serta melakukan berbagai antisipasi lainnya. Seperti menggunakan sarung tangan saat mencuci, tidak boleh terkena minyak telon dan sejeninsnya, serta mengganti sabun mandi khusus agar eksim di telapak tanganku tidak kambuh lagi.

Tidak hanya sabun mandi ku saja yang berganti ke sabun yang bebas dari SLS dan paraben. Tetapi juga produk perawatan kulit untuk anak-anakku, terutama anak ke-2 yang masih newborn. Dengan riwayat alergi dan kulit sensitif dari ku, aku pun berusaha untuk mengantisipasi menjaga kelembapan kulit anak-anak ku sejak dini agar tidak merasakan seperti yang aku alami.

Alhamdulillah, atas beberapa rekomendasi dan review dari Travel Blogger Medan. Aku pun menemukan produk yang cocok untuk ku dan juga buah hati. Aku sekarang beralih menggunakan produk-produk dari Cetaphil. Pasti tak asing lagi kan dengan brand yang satu ini?

produk cetaphil baby

JAGA KELEMBAPAN KULIT BAYI DENGAN PRODUK CETAPHIL  

Cetaphil merupakan derma brand no.1 di Asia Tenggara dan juga Hongkong. Brand yang sudah berdiri selama lebih dari 75 tahun ini sedari awal memang sangatlah fokus mengatasi permasalahan kulit sensitif, terutama untuk kulit bayi. Semua produk-produknya sudah lolos dermatologist tested dan juga no added fragrance, sehingga sangat aman dan nyaman untuk kulit sensitif.

Untuk perawatan kulit bayiku, aku pun memilih rangkaian produk Cetaphil dengan 5 perlindungan untuk kulit bayi.

keunggulan produk cetaphil

Agar manfaat dari produk-produk Cetaphil semakin tersebar luas dan bisa dinikmati para pemilik kulit sensitif sepertiku. Pada kesempatan ini aku akan sharing tentang 3 produk andalan yang aku pakaikan ke baby ku yaa.

CETAPHIL BABY GENTLE WASH & SHAMPOO

Ok, aku mulai dari produk perawatan yang paling basic dulu. Agar manfaat mandi untuk bayi bisa semakin optimal, kandungan produk yang akan dipakai pun harus diperhatikan. Dengan formula yang sudah teruji secara klinis, Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo ini sangat lembut dan aman untuk kulit bayi yang baru lahir sekalipun.

Karena aku tim no ribet dan suka dengan yang praktis, Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo ini sangat membantu dalam proses memandikan bayi. Hanya dengan 1 produk, tapi bisa membersihkan sekaligus membantu menjaga kelembapan kulit dan juga kelembutan rambut bayi.

Jadi tak perlu khawatir digunakan setiap hari untuk rambut bayi ya Moms. Karena formula lembutnya mampu menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala. Yang paling aku suka dari Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo ini adalah aromanya yang khas wangi baby. Meski no fragrance, aroma lembutnya yang khas bisa bertahan lama di tubuh dan rambut bayi.

Selain itu, Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo ini juga aman dan ga bikin pedih di mata bayi. Teksturnya yang lembut, tidak terlalu kental tapi juga tidak cair sangat mudah diaplikasikan di kulit bayi dari ujung rambut hingga ujung kaki. Lalu yang terpenting tidak banyak busa yang justru membuat kulit menjadi kering. Moment mandi bayi pun jadi menyenangkan karena tidak sulit untuk membilasnya dan juga ga bikin licin.

Nah, untuk melengkapi perawatan kulit bayi yang rawan ruam karena pemakaian popok sekali pakai. Aku pilih menggunakan Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream.

CETAPHIL BABY WITH ORGANIC CALENDULA DIAPER CREAM

Penggunaan diapers atau popok sekali pakai memanglah sangat membantu aktifitas harian Moms maupun si Kecil. Tapi jika digunakan terus menerus, maka kulit bayi pun bisa berisiko mengalami ruam. Untuk pencegahan dan juga membantu melawan tanda-tanda ruam popok, Moms bisa gunakan Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream.

Kandungan dalam diaper cream ini dapat menenangkan rasa tidak nyaman akibat ruam popok sejak penggunaan pertama lho. Formula yang diracik khusus, bisa menciptakan lapisan pelindung pada kulit dari faktor penyebab ruam popok. Selain itu, bisa melembapkan dan melembutkan kulit untuk membantu menghindari munculnya ruam popok kembali.

Aku biasa pakaikan Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream ini setelah mandi sore saja. Karena saat berada di rumah, jadwal bayiku pakai diapers hanya saat malam hari saja. Tapi saat weekend yang seringkali jalan-jalan dan wisata sehingga memakai diapers bisa sepanjang hari. Akupun selalu oleskan Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream terlebih dahulu sebelum memakaikan diapers.

Cukup apply secara tipis pada area yang tertutup diapers untuk pencegahan munculnya ruam. Jika ruam sudah muncul, Moms bisa gunakan lebih rutin pada bagian kulit yang iritasi.

CETAPHIL BABY WITH ORGANIC CALENDULA ADVANCED PROTECTION CREAM

Produk Cetaphil selanjutnya yang aku pakaikan untuk bayi untuk membantu merawat kesehatan kulitnya adalah protection cream. Cetaphil Baby with Organic Calendula Advanced Protection Cream merupakan krim multi fungsi yang mampu melembapkan dan menenangkan kulit bayi.

Dengan calendula organik, shea butter, dan glycerin mampu memberikan perlindungan ekstra untuk kulit bayi yang kering dan sensitif. Protection cream ini akan menjaga kelembapan kulit bayi sepanjang waktu terutama di area lipatan kulit dan area yang sensitif. Formulanya yang hipoalergenik sangat cocok untuk kulit bayi yang baru lahir sekalipun.

Dengan pemakaian dua kali sehari, kulit bayi akan terhidrasi sepanjang hari dan membantu menutrisi kulit bayi hingga 8 jam. Krim ini bisa juga dioleskan pada wajah bayi ya Moms, tapi baiknya saat tidur sehingga aman dari masa oral bayi.

Dari ke-3 produk Cetaphil di atas, alhamdulillah kulit bayi ku pun aman dari iritasi dan terawat kelembapannya. Kulit telapak tangan ku pun tidak kering kembali meski memandikan bayi dengan kulit tangan secara langsung. Dengan penggunaan produk yang tepat, manfaat mandi untuk bayi pun bisa dirasakan dengan maksimal. Bayi pun juga menjadi merasa nyaman dan bebas dari masalah kulit seperti ruam atau pun iritasi karena alergi pemakaian bahan kimia dalam produk perawatan tubuhnya.
Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

11 komentar

  1. Produk Cetaphil sepertinya selalu berhasil ya mbak. Bahkan mungkin belum pernah ada yang gagal. Artinya selalu bisa diterima konsumen. Itu sebab bisa jadi salah satu brand besar.

    Btw, terimakasih BLnya mbk... 😍

    BalasHapus
  2. Wah, pake Cetaphil juga, ya? Meski bukan buat baby, tapi udah 3 tahun ini aku rutin beli Cetaphil buat anak remajaku.

    BalasHapus
  3. Sejak punya bayi, entah Kenapa aku jadi sering perhatian sama perlengkapan skincare bayi, sampai mengesampingkan skincare sendiri wkwkwk. Soalnya buat anak harus yang terbaik ya. Kalau dilihat Produk Cetaphil ini lumayan lengkap ya untuk skincare bayi.. Apalagi kulit bayiku juga rentan ruam pospak, bisa jadi pilihan nih baby cream dari produk Cetaphil.

    BalasHapus
  4. Panas suam-suam kuku tuh gimana si mba? hehe
    Btw aku baru tau kalau produk cetaphil ini ada yang khusus bayi, taunya selama ini cuma facial washnya aja.

    BalasHapus
  5. Produk Cetaphil emang bagus sih, eh tapi ada yang buat baby yaa mba.
    Wah, bisa jadi solusi nih Cetaphil Baby buat perawatan kulit bayi yang terpercaya apalagi kandungan Cetaphil Baby sudah disesuaikan dengan kebutuhan kulit bayi.

    BalasHapus
  6. Aku ga berani mandiin bayi masih takut wkwk baru berani waktu udah 2 bulan. Hoo begitu penjelasannya yaa pantes anakku gerah terus dan gak mau diselimutin wkwk.

    Wah baru tau kalau cetaphil ini ada khusus bayinya. Anakku juga sama sensitif sampai ke dokter anak. Dan dokter ga nyaranin minyak telon dan bedak, karena bikin kering

    BalasHapus
  7. Produk cethapil emang rekomen, sih. Apalagi buat bayi. Yang buat dewasa aja bagus2 juga.

    BalasHapus
  8. Menjadi orang tua snagat perlu tahu hal seperti ini mulai dari manfaat memandikan bayi hingga produk yang tepat dna aman untuk baby seperti Cetaphil yang aman untuk baby.

    BalasHapus
  9. Cetaphil menjadi skincare bayi andalan juga ya, Mbak. Emang mau buat anak kok coba-coba :D. Dan memang produknya sebagus itu hasilnya

    BalasHapus
  10. Cetaphil emang tiada duanya. Manfaatnya worth it dengan harganya. Memang cukup mahal tapi enggak tanggung-tanggung buat anak hebe

    BalasHapus
  11. Kok enggak kepikiran Cetaphil aku, waktu masih [ppunya baby. Dududu, auto flashback jaman awal mandiin bayi. Noted deh mbak, thanks atas reviewnya, next semoga bisa pakai prodak ini bila waktunya nanti

    BalasHapus

Posting Komentar