ivacwicha-header

5 Langkah Mudah Menjadi Garda Terdepan Kesehatan Keluarga

6 komentar
Konten [Tampil]

Maraknya penyakit baru yang menyerang anak

Hari demi hari rasanya enggan menyimak berita yang beredar di social media atau pun layar televisi. Sedih dan takut khawatir berlebihan alias parno dengan segala isu penyakit maupun virus baru yang terus bermunculan.

Namun untungnya aku segera tersadar, bahwa sudah seharusnya aku mengikuti perkembangan berita dan informasi yang ada demi kesehatan keluarga tercinta. Tak hanya bersyukur, aku pun harus mampu cakap berdigital menggunakan paket internet cepat agar tidak termakan hoaks, meskipun hanya sebagai Ibu Rumah Tangga saja.

Eits, Ibu tak boleh meremehkan profesi diri sendiri lho. Ibu rumah tangga itu memiliki peran yang luar biasa bagi kehidupan bangsa dan negara di kemudian hari. Dari tangan (yang sepertinya tak bergerak hanya saat tidur saja) inilah, segala aktifitas keluarga bermula.

Jika guru adalah pahlawan tanpa jasa, maka Ibu Rumah Tangga pantas dijuluki dewa 1000 tangan. Coba bayangkan! Mulai membuka mata hingga memejamkan mata kembali, semua aktifitas rumah tak lepas dari tangan piawainya.

Maka dari itu kita harus berbangga diri dan juga terus semangat untuk menjalani peran mulia ini. Jangan merasa minder atau bahkan menutup diri dari keriuhan yang dihasilkan dari paket internet cepat di sekitar kita.

Kesehatan keluarga berawal dari kesehatan rumah

Kembali membahas masalah kesehatan yang rasanya begitu mudah ‘tergadaikan’ pada saat ini. Mulai dari virus baru COVID yang silih berganti, cacar monyet, flu singapore, hingga yang terbaru adalah masalah gagal ginjal akut pada anak. Rasanya membuat kita sebagai Ibu harus terus waspada.

Alih-alih menutup mata dan telinga karena takut cemas dan khawatir berlebihan sehingga overthinking. Lebih baik kita terus berdaya dengan selalu update informasi terkini. Tak hanya itu, menjaga kebersihan rumah dan anggota keluarga pun menjadi fokus kita.

Saat era pandemi awal, dimana pekerjaan suami dikerjakan dari rumah alias Work from Home. Rasanya membuat tenang karena sangat minim interaksi dengan orang lain yang membuat kesehatan keluarga lebih terjaga.

Namun setelah kasus COVID-19 mulai mereda dan menjalani New Normal, bahkan hampir semua kegiatan back to normal seperti dahulu. Ternyata masih banyak penyakit lain yang mengintai. Tak luput satu hari pun, mendapati kabar anak teman yang sedang batuk pilek hingga demam tiba-tiba.

Rasanya bersyukur sekali ketika melihat anak-anak dan juga suami masih dalam keadaan sehat dan jauh dari penyakit. Pun dengan diri ini yang menjadi garda terdepan kesehatan rumah. Kalau kata suami, “Dunia bisa kacau balau jikalau aku yang sakit” 😅.

Mengutip sebuah hadits,
Kebersihan sebagian dari iman,
Tentu menjadi tugas bersama untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar agar tercipta hunian yang sehat, sehingga jauh dari penyakit. Namun sebagai seorang Ibu, sudah selayaknya Ibu menggalakkan hal penting tersebut. Dengan kondisi rumah yang sehat, imunitas tubuh pun semakin terjaga.

Peran Ibu dalam Menjaga Kesehatan Rumah

Ibu, pernahkah merasa bahwa kitalah yang bertanggung jawab atas kesehatan rumah kita? Jika iya, patut dipertahankan! Meski tanggung jawab seorang Ibu, bukan berarti segala urusan rumah begitu pula kebersihannya menjadi tugas Ibu seorang diri.

Saat ini sudah banyak sekali 'sasaran' pendelegasian tugas domestik rumah tangga, selain suami dan anak. Jadi jangan sedih jika suami tak kuasa turun tangan (meskipun hal itu sangat dianjurkan). Jika merasa lelah, Ibu boleh banget kok mendelegasikan beberapa tugasnya.

Bukan masalah tangan siapa yang bekerja, tapi kuasa penuh ada pada seorang Ibu untuk mengaturnya. Lalu, langkah atau tindakan apa yang perlu Ibu lakukan untuk menjaga kesehatan rumah dan keluarga?
Cara menjaga kesehatan rumah dan keluarga

1. Menjaga kebersihan rumah

Lingkungan yang sehat tercipta dari rumah yang bersih. Ibu bisa lho membagi tugas membersihkan isi rumah dengan suami. Misal Ibu yang menyapu, ayah yang mengepel atau pun sebaliknya. Ibu pun bisa memberi tugas ke anak sesuai dengan usianya. Tak hanya terbantukan, tapi sekaligus melatih tanggung jawab, kemandirian dan juga life skills anak untuk bekal masa dewasanya kelak.

Dengan demikian kekompakan keluarga pun semakin terjaga. Rumah dan keluarga menjadi sehat sentosa. Namun, jika memang pembagian tugas ini tidak bisa diterapkan karena kesibukan lainnya. Ibu bisa mendelegasikan beberapa tugas domestiknya di era yang modern ini. Saat ini sudah banyak sekali jasa home service yang bisa digunakan untuk menjaga kebersihan rumah. Hanya mengandalkan paket internet cepat dan biaya jasa, kebersihan dan kesehatan rumah bisa terealisasikan dengan lebih mudah.

2. Menyajikan makanan sehat dan bergizi

Hal lain yang perlu Ibu perhatikan adalah asupan dan nutrisi keluarga. Sudah menjadi tanggung jawab Ibu untuk menyajikan makanan yang syarat gizi seimbang. Tak perlu menu yang mewah, yang terpenting adalah makanan yang higienis dan sesuai dengan program pemerintah, yaitu “Isi Piringku”.

Selain itu hindari makanan kemasan dan juga makanan cepat saji, karena dapat melemahkan imunitas tubuh keluarga. Tak ketinggalan juga, perhatikan asupan mineral dalam tubuh dengan minum minimal 8 gelas per hari. Konsumsi juga buah yang banyak mengandung vitamin C dan juga vitamin lainnya untuk memperkuat daya tahan tubuh.

3. Menjalankan pola hidup sehat

Siapa yang masih rutin berolahraga setiap hari? Patut diacungi jempol deeh! Olahraga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Meskipun hampir sepanjang waktu berada di rumah karena membersamai anak-anak yang masih bayi dan balita. Tak ada alasan untuk tidak berolahraga.

Hanya dengan bermodalkan aplikasi di gawai, Ibu bisa workout mandiri di rumah sekaligus mendampingi anak bermain sambil belajar. Hanya dengan workout 10 menit per hari, kualitas tubuh makin prima. Tak lupa juga untuk memperhatikan waktu tidur, meskipun ini pun masih menjadi PR aku pribadi.

Menjadi Ibu Rumah Tangga waktu 24 jam dalam sehari rasanya kurang. Alhasil seringkali mengorbankan waktu tidur untuk menyelesaikan pekerjaan harian atau tanggung jawab peran lainnya. Meski demikian, usahakan untuk mengganti waktu tidur malam tersebut.

Biasanya aku menggunakan waktu siang saat menyusui anak untuk rehat sejenak. Pernahkah Ibu merasakan tertidur 10 menit saja di siang hari mampu meng-charge energi untuk melanjutkan hari?

5. Upgrade dan update ilmu seputar kesehatan

Langkah berikutnya adalah jangan malas untuk menambah ilmu dan wawasan. Di tengah era digital yang praktis ini, banyak ilmu bisa Ibu dapatkan meski berada di rumah. Dengan bantuan internet cepat, banyak sekali workshop yang dilakukan secara online melalui webinar yang bisa diakses dari rumah. Pastikan sumber informasi dari ahli yang berkompeten di bidangnya.

Selama pandemi, aku pun jadi tahu ilmu seputar Rational Use of Medicine (RUM) sehingga tidak mudah terburu nafsu memberikan obat ke anak yang sedang demam. Makanya, saat marak kasus obat sirup mengandung Etinol Glikol aku pun tak merasa cemas sedikit pun, karena alhamdulillah jarang sekali memberikannya ke anak. Thanks to internet!

Jadi, saat anak demam hal pertama yang aku lakukan adalah skin to skin, kompres dengan air hangat, dan balur Kauniyah Oil ke tubuhnya. Alhamdulillah sejauh ini demam berangsur turun dan anak pun bisa fun learning dengan ceria lagi.

Menjadi Ibu Berdaya yang juga Memberdayakan

Mulai dari Ibu lah, tumbuh anak-anak yang cinta kebersihan diri dan juga lingkungan. Sesimple membiasakan merapikan mainannya sendiri, menaruh piring atau pakaian kotor pada tempatnya. Dari hal-hal kecil seperti itulah yang kelak menjadi habits bagi anak untuk selalu menjaga kebersihan hingga dewasa.

Tak berhenti disitu, Ibu juga bisa 'menularkan' pola hidup sehat kepada lingkungan sekitar Ibu. Karena perubahan besar berawal dari langkah kecil yang dilakukan secara bersamaan. Bayangkan saja, berapa orang yang bisa terinspirasi untuk menjalani hidup sehat berkat unggahan beserta sharing yang Ibu bagikan secara langsung maupun melalui media sosial. Iya, semudah itu saat ini untuk menjadi Empowered Mom.

Ibu berdaya masa kini

Menjadi Ibu Berdaya di Tengah Kecanggihan Teknologi

Kehidupan sosial saat ini hampir sepenuhnya beralih ke media digital. Ditambah efek pandemi 2 tahun lamanya, yang membuat Ibu banyak berinteraksi melalui layar saja. Namun hal tersebut justru menjadi jalan ninja untuk Ibu bisa terus mengoptimalkan kemampuan diri, meski hanya di rumah saja.

Hampir seluruh aktivitas dalam menjaga kesehatan rumah bisa terbantukan berkat kecanggihan dunia digital saat ini. Hanya bermodalkan paket internet cepat dari IndiHome, pendelegasian tugas domestik pun bisa terselesaikan. Pun soal upgrade ilmu dan juga skill yang bisa didapati melalui webinar atau media lainnya yang membutuhkan internet cepat di rumah.

Bayangkan para orang tua dahulu kala, dimana internet belum ditemukan. Hampir semua pekerjaan dilakukan dengan minim bantuan. Namun mereka tetap bisa menyelesaikan dengan apiknya. Nah, sebagai Ibu Milineal jangan sampai kalah donk!

Saatnya kita terus berdaya sebagai Ibu Rumah Tangga yang aktif ikut serta memajukan bangsa ini dengan menjaga dan menerapkan gaya hidup sehat dimulai dari rumah sendiri. Dengan bantuan paket internet cepat IndiHome, banyak hal yang bisa dilakukan dan dibagikan kembali sehingga banyak Ibu lain yang termotivasi.

Menjadi Ibu Berdaya bukanlah semata-mata menjadi Ibu yang aktif di ranah publik. Bukan juga seorang Ibu produktif yang berpenghasilan. Ibu yang berdaya adalah ibu yang mengetahui potensi dirinya dan berusaha mengembangkannya menjadi hal yang bermanfaat bagi sekitarnya.

Jadi, jangan pernah merasa tak berdaya karena menjadi Ibu Rumah Tangga yang hanya di rumah saja. Jika ada kemauan, disitu pasti ada jalan. Manfaatkan teknologi yang ada saat ini untuk bisa mengembangkan potensi diri. Apapun itu passion Ibu di rumah, baik home decor, urusan dapur, healthy lifestyle, atau fokus pada tumbuh kembang anak. Bisa lho dibagikan melalui social media atau pun blog pribadi.

Dengan memanfaatkan internet yang stabil di rumah, selain menerapkan cara-cara menjaga kesehatan rumah yang sudah disebutkan di atas. Ibu pun bisa terus berkarya serta empowers Ibu lainnya. Semua itu bisa berjalan lancar dengan bantuan paket internet cepat dari IndiHome by Telkom Group.

Mudahnya menjadi Ibu Berdaya dengan Paket Internet Cepat 

IndiHome merupakan layanan digital yang menyediakan internet, telepon rumah, dan juga tayangan TV yang interaktif. IndiHome menawarkan berbagai pilihan paket serta layanan tambahan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Ibu dan keluarga di rumah.

Layanan internet dari IndiHome telah menggunakan jaringan fiber optik yang sudah tersebar di seluruh negeri, hingga ke daerah pelosok sekalipun. Indihome hadir dengan banyak pilihan kecepatan internet unlimited hingga 300 Mbps. Akses internet dengan IndiHome menjadi cepat dan lebih stabil dalam berbagai kondisi cuaca.
 
Paket internet cepat indihome
Jadi Ibu tak perlu khawatir dan ragu lagi untuk memulai diri menjadi lebih berdaya bersama IndiHome. Banyak penawaran menarik yang bisa Ibu manfaatkan untuk mengakses internet dengan mudah dan cepat.

Kegiatan Ibu dalam menjaga kesehatan rumah jadi lebih mudah dan efisien bersama paket internet cepat yang tersedia. Mulai kebutuhan berbelanja online untuk menyiapkan makanan sehat untuk keluarga. Order home service untuk deep cleaning rumah dan seisinya. Bahkan mengikuti berbagai webinar tentang kesehatan rumah atau upgrade ilmu serta informasi lainnya pun jadi aman terkendali dengan layanan internet dari IndiHome.

Pun Ibu bisa terus berkarya dengan membagikan aktivitas positifnya dalam menjaga kesehatan rumah. Urusan unggah ke social media pun akan lancar jaya, meski sedang akses webinar sekalipun. Dengan paket internet cepat IndiHome, aktivitas tanpa batas menjadi Ibu Berdaya masa kini meski hanya di rumah saja.

Penutup

Sebagai wanita dengan berbagai peran, khususnya Ibu Rumah Tangga. Jangan pernah merasa tidak berdaya! Hanya karena keadaan yang mengharuskan Ibu berada di dalam rumah membersamai anak sepanjang hari, bukan berarti Ibu tak mampu berkarya. Berbanggalah menjadi seorang Ibu sebagai garda terdepan kesehatan keluarga. Meski hanya langkah sederhana dari rumah, dengan kecepatan paket internet bisa membawa perubahan yang besar untuk sekitar kita.
Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

6 komentar

  1. Aduh keren banget ini tulisan ummu Azka sama baby Kay ❤️, bikin tambah semangat

    BalasHapus
  2. Pwnting banget menjadi ibu berdaya di tengah segala kondisi yang ada. Untung ada internet jadi makin produktif dan makin aware dengan keluarga

    BalasHapus
  3. Biarpun ibu rumah tangga tetep ya berdaya apalagi sekarang jaman Uda canggih bisa berdaya walo di rumah semangat ibu ibu semuanya

    BalasHapus
  4. Saya sebagai ibu baru sangat worry ketika muncul banyak penyakit di kalangan balita.. Bersyukur sekarang ini informasi mudah diakses ya apalagi didukung dengan internet cepat, jadi kita bisa cepat tanggap dalam mencari solusi dari masalah yang ada saat ini.

    BalasHapus
  5. Aku juga pakai IndiHome di rumah mbak. Sejak pandemi pasang. Sebelumnya pakai paket data. Sebulan bisa abis buanyak banget karna aku pakai buat riset dan bikin konten kan. Setelah pakai IndiHome jadi lebih hemat dan mudah.
    Jadi bisa produktif dari rumah deh.

    BalasHapus
  6. Aku juga pake indiHome mbak di rumah.. Alhamdulillah koneksi internet aman jaya terkendali hihi..

    Women empowering women.. Semangat para mama dimanapun berada. Semoga selalu berdaya menjadi garda terdepan di rumah 😘

    BalasHapus

Posting Komentar